travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Menyusuri Kota Kyoto Melalui Air Jepang

Menyusuri Kota Kyoto Melalui Air Jepang


Menyusuri Kyoto Jepang dengan transportasi publik? Itu sudah biasa. Lalu menyusuri Kyoto dengan berjalan kaki maupun naik sepeda? Itu baru variasi alternatif wisata yang menarik untuk dicoba. Namun jika ingin merasakan sensasi wisata yang lain saat berada di Kyoto, mengapa tidak mencoba menyusuri Kyoto melalui jalur air?

Tunggu dulu, jangan langsung membayangkan sungai di Kyoto seperti sungai di Tokyo ya, yang memiliki lebar permukaan yang cukup besar dan banyak dilalui oleh transportasi air seperti water bus (atau suijo bus). Sungai di Kyoto memang tidak sebanyak dan selebar sungai di Tokyo, namun bukan berarti disini sama sekali tidak ada atraksi wisata yang menawarkan pengalaman menjelajah sungai. Coba saja Anda pergi ke daerah Kameoka. Di daerah ini terdapat sebuah atraksi menyusuri sungai yang disebut Hozu-gawa River Boat Ride atau Hozu River Cruise, atau dalam bahasa Jepang disebut Hozugawa-kudari.

Hozu-gawa River Boat Ride merupakan sebuah atraksi menyusuri sungai Hozu, sebuah sungai yang titik awalnya berasal dari Pegunungan Tanba. Sungai ini dulunya memang populer sebagai jalur transportasi air, terutama untuk mendistribusikan kayu, beras, dan bermacam jenis barang lainnya.

Sungai ini pun disebut dalam berbagai literatur klasik dan sempat pula mengalami masa-masa keemasan dimana banyak orang suka menaiki perahu menyusuri sungai Hozu untuk menikmati keindahan suasana di tepi sungai. Namun setelah dibukanya jalur JR Sanin Line pada tahun 1895, dan disusul dengan berkembangnya jalur transportasi darat, saat ini aktifitas menyusuri sungai Hozu dikembangkan sebagai aktifitas wisata (tidak lagi sebagai jalur transportasi) dan akhirnya menjadi salah satu daya tarik wisata di Kyoto.

Lalu sebetulnya apakah daya tarik dari Hozu-gawa River Boat Ride ini? Mari mulai membedah satu persatu keunggulan wisata unik ini. Atraksi wisata ini menawarkan petualangan menyusuri sungai Hozu dengan panjang rute tempuh kira-kira 16 kilometer, yang akan ditempuh dalam waktu selama kurang lebih 2 jam. Dan di sepanjang rute 16 kilometer ini Anda dapat melihat berbagai pemandangan yang menakjubkan di keempat musim.

 Hozu-gawa River Boat Ride


Menyusuri Kota Kyoto Melalui Air
Menyusuri Kota Kyoto Melalui Air Jepang


Di musim semi, Anda dapat melihat bunga Sakura yang bermekaran, dan saat angin bertiup, Anda sekaligus dapat merasakan indahnya hujan kelopak bunga Sakura yang bisa terbawa sampai ke atas perahu. Di musim panas, giliran bunga Azalea yang bermekaran.

Di musim ini Anda juga dapat melihat berbagai hewan yang tinggal di air, seperti kodok Fujika yang akan memperdengarkan suara khasnya. Musim gugur disebut-sebut sebagai musim terbaik untuk menikmati perjalanan menggunakan Hozu-gawa River Boat Ride ini.

Betapa tidak? Rute sungai yang membelah lembah akan menampilkan keindahan pepohonan yang daunnya sudah berubah warna. Indah sekali..^^ Dan tak perlu khawatir jika Anda berwisata di musim dingin. Pemandangan salju di tepi sungai ditambah dengan daun-daun yang meranggas juga merupakan sebuah pemandangan yang menarik untuk diamati.

Selain faktor keindahan pemandangan yang dilalui di sepanjang jalur perahu, konsep dari Hozu-gawa River Boat Ride ini juga terbilang menarik. Alih-alih menggunakan perahu motor, disini pengunjung akan diajak untuk naik perahu dayung.

Di setiap perahu akan ada 2-3 petugas, sebagian berada di depan dan sisanya berada di belakang. Uniknya, petugas yang berada di depan akan mengendalikan perahu dengan menggunakan tongkat bambu untuk menghindari bebatuan yang terdapat di sungai Hozu.

Tak perlu khawatir dengan keamanan perahu ini ya. Walau sekilas terlihat dari kayu, perahu yang digunakan dalam atraksi wisata ini menggunakan bahan fiberglass, jadi lebih aman terhadap benturan. Anda juga tak perlu khawatir jika bepergian pada musim dingin, maupun saat hari hujan.

Pada musim tersebut, perahu akan dilengkapi dengan tenda plastik transparan dan dilengkapi dengan pemanas. Wisatawan pun akan diminta untuk duduk di dasar perahu yang telah dialasi dengan karpet merah sehingga akan tetap merasa hangat. Perahu juga tetap beroperasi di hari hujan, kecuali jika hujan turun terlalu lebat dan debit air sungai terlalu banyak, barulah perjalanan akan dibatalkan.

Hozu-gawa River Boat Ride


Hozu-gawa River Boat Ride
Hozu-gawa River Boat Ride




Mau tahu poin menarik lainnya? Di Hozu-gawa River Boat Ride ini memang tidak disediakan fasilitas makanan. Namun begitu mendekati Arashiyama, akan ada kapal khusus yang menjual berbagai kuliner khas Kyoto. Anda dapat membeli makanan di kapal tersebut untuk dinikmati di sisa perjalanan. Menarik bukan? Jadi jangan ragu untuk berwisata dengan Hozu-gawa River Boat Ride saat berada di Kyoto. anda bisa mengambil paket Cheria Wisata dengan Wisata Halal jepang

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminat hubungi cs kami

» Thanks for reading Menyusuri Kota Kyoto Melalui Air Jepang