travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Pengalaman Mengesankan Canakkale Archaeological Museum, Turki

Pengalaman Mengesankan Canakkale Archaeological Museum


Turki adalah sebuah negara yang kaya oleh ragam budaya dan tradisi milik beragam etnis dan agama yang di yakini oleh para penduduknya. Tak heran jika banyak sekali museum yang terbangun di Turki, terutama di kota-kota besarnya. Jika anda penyuka jalan-jalan sekaligus penikmat koleksi item-item arkelogi dan ethnologi, berkunjung ke Canakkale Archaeological Museum akan memberikan pengalaman mengesankan yang tak akan pudar di telan waktu.

Canakkale Archaeological Museum


Canakkale Archaeological Museum
Pengalaman Mengesankan Canakkale Archaeological Museum, Turki

Untuk lebih memperkaya khasanah sejarah, bangunan museum yang di kenal juga oleh warga lokal sebagai Canakkale Musezi tersebut bisa dirangkaikan dengan perjalanan ke Troy, sebuah kota kuno yang berada tak jauh dari pusat kota Canakkale. Destinasi wisata tersebut bisa di datangi sebelum ataupun sesudah berkunjung ke Cannakale Musezi.

Bagi pengunjung yang mau masuk, Cannakale Archeological Museum menjual tiket masuk seharga 5 TL (atau sekitar US $9.5)*. Pengunjung yang berada di sana bisa menikmati beragam barang bersejarah hasil penggalian di 200 situs-situs arkeologi yang lokasinya tersebar di Canakkale dan kawasan sekitarnya. Dinataranya adalah di Troy, Dardanos maupun Assos.

Koleksi-koleksi yang bisa di saksikan sebenarnya bisa lebih banyak jika saja seorang pemburu harta karun bernama Schliemann tidak membawa barang-barang hasil penggalian di Turki ke Jerman secara illegal. Di samping itu, tentara-tentara Rusia yang dulunya juga sempat menjejakkan kaki di Turki pada era Perang Dunia I berkecamuk juga banyak yang merampasnya untuk di bawa pulang ke negara mereka. Namun demikian, destinasi jalan-jalan ini masih menyimpan tak kurang dari 30,000 artifak lain yang bisa di saksikan.

Beberapa diantara koleksinya adalah patung pemusik yang berasal dari Assos, kemarik- keramik dari Tenedos (Bozcaada), serta sebuah ornamen sarkofagus yang di pengaruhi oleh budaya Persia yang berasal dari Atikulak. Sebuah archaic sarkofagus dengan pahatan kisah pembunuhan Polyxena yang seharusnya di kisahkan di atas lembaran-lembaran buku seni juga bisa di nikmati keberadaannya.

Koleksi lain yang dimiliki museum ini adalah semacam peti mati yang di temukan di Dardonus Tumulus serta beragam patung-patung yang indah termasuk patung Aphrodite, sang dewi cinta dan kecantikan yang di kenal dalam kisah-kisah peradaban Yunani kuno.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan batu nisan Agathe – putri dari Papos – yang di makamkan di sebuah kawasan di Turki yang beranam Boule of Abydos. Patung lain yang juga mengisi salah satu sudut ruangan museum Canakkale Archaeological Museum adalah patung Eros dan juga beberapa patung indah berukuran lebih kecil lainnya yang di tata sedemikan rupa serta di terangi oleh tata cahaya yang menarik bagi siapa saja yang memandangnya.

Sebuah patung Hadrian lengkap dengan pakaian perang kebesarannya juga kerap menyita perhatian wisatawan yang bertandang ke Canakkale Archelogical Museum.

Selain patung-patung yang indah, museum ini juga memiliki koleksi-koleksi senjata serta peralatan dan perlengkapan kuno yang bahannya terbuat dari logam. Pengunjung juga bisa menikmati ragam tambikar yang meski di buat beratus-ratus tahun yang lalu namun mempesona siapa saja yang menikmati keindahannya.

Di bagian belakang museum pengunjungnya juga bisa menyaksikan makam Lycean dimana disana keindahan milik beraneka mozaik keramik bisa dinikmati. Selain itu, masih banyak lagi batu-batu nisan, peti-peti mati serta patung-patung berusia ratusan bahkan ribuan tahun yang bisa di saksikan oleh pengunjung museum ini.

Di beberapa ruangannya tersimpan pula beragam perhiasan, cincin-cincin emas, tempat lilin, beraneka hasil tenunan, serta kerajinan-kerajinan kayu yang berasal dari 200 tahun sebelum masehi.

Karena menyimpan begitu banyak barang berharga yang menjadi asset penting bagi generasi manusia yang akan datang, Canakkale Archeolgical Museum telah di lengkapi pula sistem keamanan yang modern selama 15 tahun. Semuaruangan – ruangannya terpantau oleh sistem kamera yang merekam situasi di sana selama 24 jam.

Museum ini juga memiliki sistem alarm canggih yang sangat sensitif. Begitu sensitif nya hingga jika ada serangga yang mendekat ke koleksi-koleksi item yang berada di sana maka alarm akan berbunyi. Pihak kepolisian setempat juga memantau museum ini secara berkala untuk selalu menyempurnakan sistem keamanan yang dimilikinya.

Kota Canakkale yang indah dan penuh dengan sejarah bisa di datangi dari Istanbul dengan menggunakan bis. Hanya saja karena lamanya waktu perjalanan, wisatawan dan penyuka jalan-jalan di sarankan untuk menginap.

Paket Wisata Turki


Penasaran dengan keindahan Canakkale ini? Anda dapat mengambil liburan dengan Cheria Wisata ke Turki, segera hubungi Cheria Wisata untuk info Paket Tour Ke Turki dan Umroh Plus Turki ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Pengalaman Mengesankan Canakkale Archaeological Museum, Turki