travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Sejarah Perang Troy The Torjan Horse Di Canakkale, Turki

Sejarah Perang Troy The Torjan Horse Di Canakkale


Canakkale, Kota ini terletak di region Laut Aegean dan terlihat tampak cantik di segala musim. Keelokannya terlukis dari pemandangan bukit hijau, deretan pantai yang cantik dan bersih,.Di Canakkale ini terdapat sisa reruntuhan legenda kejayaan masa lampau Kota Troy dimana kota tersebut sudah berusia 4000 tahun.

Sejarah Perang Troy The Torjan Horse


Sejarah Perang Troy The Torjan Horse
Sejarah Perang Troy The Torjan Horse Di Canakkale, Turki

The Trojan Horse, Kuda Kayu Raksasa. Patung kuda aslinya memang sudah tak ada, namun dibuat replikanya untuk dinikmati para turis. Ada 2 kuda Trojan di kota Canakkale. Reruntuhan kota Troy pertama di temukan oleh Charles Mc. Lahren di tahun 1822. Penggalian dilanjutkan oleh arkeolog Jerman Schlieman dari tahun 1870-1890. Troy menjadi situs sejarah favorit wisatawan dan makin naik daun berkat film Brad Pitt berjudul Troy dan patung kuda raksasa yang legendaris.

Saat ini situs Kota Troy diberi nama Hisarlik dan berada di dekat Desa Hisarlik, 30 km barat laut ibu kota Canakkale, Turki. Sebagai situs arkeologi, reruntuhan kota ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1998. Banyak turis datang karena rasa penasaran akan cerita Perang Troya.

Dalam sejarahnya berawal dari perang Troya yang menggunakan strategi kuda yang terjadi di kota Troy di Antalya,Turki, 3000 SM. Di zaman tersebut diperkirakan telah berdiri satu kerajaan bernama Troy dengan pusat kota didekat laut Aegean. Masyarakat pada saat itu telah memiliki peradaban budaya yang cukup canggih, hal ini terbukti dengan ditemukannya tembikar untuk tempat penyimpanan minyak zaitun, sistem saluran air, dan teater kecil. Runtuhnya kota Troy dipercaya akibat dari serangan pasukan Yunani yang bersembunyi di dalam perut patung kuda kayu raksasa.

Ketika pasukan Troy berpesta pora merayakan kemenangan (mereka mengira bahwa patung tersebut kiriman dari Poisedon atau dewa kuda). Prajurit Yunani keluar dari dalam perut patung kuda lalu membuka gerbang kota sehingga Troy dikepung pasukan musuh. Peperangan tersebut pecah akibat dari penculikkan istri raja Sparta, Helen oleh Paris, Pangeran Troy.

Selain sarat dengan sejarah dan mitos, reruntuhan kota ini juga diisi banyak pemandangan indah. Di sini terdapat sisa tembok panjang yang legendaris di cerita Troy. Diduga, tembok ini menjadi tempat dimana terjadinya perang Troya. Kini tembok tersebut terhias dengan rerumputan dan bunga yang menyelip di sela tembok.

Reruntuhan kota ini juga menyisakan amfiteater yang tidak terlalu hancur. Bebatuan sisa bangunan pun tersebar alami tanpa ada yang memindahkan. Sisa pondasi bangunan rumah dan lainnya juga masih dapat terlihat denganjelas. Rumput hijau yang menjadi karpet alami di reruntuhan Kota Troy melengkapi keindahan situs ini. 

Selain patung kuda Troy, di kota Canakkale ini dapat anda temukan situs reruntuhan kota Troy yang mempunyai nilai sejarah. Tak hanya itu, di kota ini juga terdapat teater kecil peninggalan pada masa itu yang melengkapi jejak sejarah kota ini. Adap Assos, situs bersejarah lainnya yang juga berada dalam distrik Canakkale.  Kota ini terletak di perbukitan, 235m diatas permukaan laut dan hanya berjarak 15km dari Lesbos, sebuah pulau di Yunani.

Disini terdapat reruntuhan kuil Athena yang dibangun di tahun 530 SM. Dari kuil di dataran tertinggi Acropolis ini terlihat cantiknya teluk Edremit. Di kawasan ini ditemukan agora-area pasar di jaman Yunani dan sebuah reruntuhan teater yang konon bisa menampung 5000 penonton.

Selain situs bersejarah berusia ribuan tahun, Canakkale juga menyimpan catatan sejarah penting di abad yang lebih modern. Gallipoli Peninsula yang memisahkan Laut Marmara dan Laut Aegan ini menjadi saksi perang Canakkale, salah satu perang paling berdarah di era perang dunia pertama yang menewaskan lebih dari 250.000 jiwa tentara. Di tahun 1915, Mustafa Kemal Ataturk-dikenal sebagai Bapak Bangsa Turki memimpin kemenangan Turki melawan lawan yang terdiri dari aliansi Inggris, Prancis, Italia, Australia dan New Zealand ini. Gelibolu Peninsula Historical Park pun dibangun untuk menghormati para pejuang yang tewas dalam perang Gallipoli. Taman luas ini mencakup kawasan pemakanan dan monumen yang dikelilingi oleh perbukitan hijau, danau, tebing dan pantai cantik.

Sejarah Negara Turki


Penasaran dengan keindahan Canakkale ini? Anda dapat mengambil liburan dengan Cheria Wisata ke Turki, segera hubungi Cheria Wisata untuk info Paket Liburan Ke Turki dan Umroh Plus Turki ya .



Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Sejarah Perang Troy The Torjan Horse Di Canakkale, Turki