travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Uniknya Kota Tabuk Madinah

Uniknya Kota Tabuk Madinah


Negara Arab Saudi memiliki banyak kota dan provinsi. Semuanya memiliki berbagai macam objek wisata dengan keunikan masing-masing. Pengunjung dari mancanegara yang pergi ke Arab Saudi biasanya hanya untuk umrah atau haji di kota Mekkah, Madinah, dan Jeddah.

Tetapi saat ini, banyak juga pengunjung yang pergi ke negara ini untuk berlibur di kota-kota lain selain ketiga kota tersebut. Artikel ini akan membahas satu kota lagi yang berada di Arab Saudi yaitu Kota Tabuk. Seperti kota-kota yang lain, Kota Tabuk juga mempunyai beberapa objek wisata.

Sejarah Kota Tabuk


Uniknya Kota Tabuk Madinah
Uniknya Kota Tabuk Madinah

Kota Tabuk merupakan ibukota dari Provinsi Tabuk yang lokasinya berada di sebelah utara Provinsi Madinah. Kota Tabuk mempunyai banyak objek wisata yang berkaitan dengan sejarah kota maupun Provinsi Tabuk itu sendiri.

Contohnya seperti sebuah sumur yang dibangun pada abad keenam sebelum masehi dan sebuah kastil yang telah dibangun sejak tahun 3500 sebelum masehi.

Objek wisata pertama yang bisa anda kunjungi di kota Tabuk adalah Wadi Dam. Wadi Dam adalah suatu bendungan kering. Di tempat ini, anda dapat melihat ratusan kesenian yang terbuat dari batu dan prasasti-prasasti yang indah. Seni bebatuan dan prasasti yang ada di wadi ini berasal dari beberapa periode yang berbeda.

Ada prasasti-prasasti yang berasal dari zaman paleotik dan ada juga yang berasal dari periode Islam. Seni batu dan prasasti tersebut mengungkapkan gambaran tokoh manusia dan hewan yang hidup pada zaman prasasti ini dibuat.

Selain prasasti-prasasti Islam, di Wadi Dam Tabuk ini ada prasasti-prasasti periode lain seperti Prasasti Yunani dan Nabatean Thamudic yang jumlahnya puluhan.

Setelah mengunjungi Wadi Dam Tabuk, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi objek wisata bersejarah yang kedua yaitu Kastil Tabuk. Kastil ini juga dikenal sebagai benteng yang berasal dari Ashab Al Ayka yang disebutkan di dalam Al Qur'an.

Kastil atau Puri Tabuk ini sudah ada sejak tahun 3500 sebelum masehi. Kastil Tabuk yang juga merupakan benteng ini adalah salah satu dari benteng yang dibangun sepanjang rute ziarah Suriah. Bangunan kastil ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdiri dari halaman terbuka, masjid, sumur, kamar, ruangan-ruangan, dan tangga yang hanya boleh dipakai para penjaga kastil untuk menuju menara jam.

Pengelola kastil sudah melakukanrenovasi beberapa kali untuk menjaga kondisi bangunan kastil agar tetap bagus. Kastil ini pun di anggap sebagai landmark arkeologi yang terlindungi tetapi tetap dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

Jika anda sudah selesai mengunjungi Wadi Dam, Kastil Tabuk dan semua objek wisata di Tabuk, tetapi masih ingin mengunjungi objek wisata lain, anda bisa mengunjungi objek wisata yang berada di Provinsi Tabuk. Salah satunya bernama Sumur Hajad. Sumur Hajad terletak di daerah Tayma yang berada 260 kilometersebelah tenggara dari pusat kota Tabuk.

Sumur ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena merupakan salah satu sumur terbesar di Arab Saudi. Selain itu, kondisi sumur ini sangat terawat sehingga anda akan merasa nyaman untuk berkunjung. Sumur yang memiliki diameter seluas 18 meter inimulai digali sejak abad keenam sebelum masehi.

Disekelilingnya banyak ditumbuhi perkebunan kelapa sawit. Sumur Hajad juga dilengkapi dengan Mih’ala. Mih’ala adalah roda kayu yang pada zaman dahulu digunakan untuk mengambil air dari sumur. Jumlah Mih’ala tersebut ada 40 buah.

Untuk anda yang benar-benar ingin mengelilingi kota Tabuk secara menyeluruh, anda akan memerlukan waktu lebih dari satu hari. Anda harus bermalam di hotel-hotel atau penginapan lain yang tersedia di kota ini.

Di kota Tabuk hanya terdapat satu penginapan yang anda bisa pesan secara online. Hotel tersebut adalah Hotel Makarim Tabuk. Lokasi hotel ini sangat strategis karena hanya berjarak 3 kilometer dari Bandara Internasional Tabuk. Kamar di hotel ini memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang seperti pendingin ruangan, televisi dengan saluran internasional, akses internet gratis, minibar, dan perabotan klasik yang modern.

Selain itu, hotel ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang outdoor, pusat kebugaran, dan area permainan. Di area permainan ini anda bisa bermain bola pingpong. Harga per malam yang dirilis hotel ini cukup terjangkau yaitu mulai dari 1.200.000 Rupiah untuk standard room hingga 6.400.000 Rupiah untuk royal suite yang bisa menampung hingga 8 orang penginap.

Jangan terlewatkan untuk menunaikan ibadah umroh Anda bersama keluarga dengan Paket Umroh Promo Cheria Wisata.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2017 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2017 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2017 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Berikut Dokumentasi Video Haji Khusus Bersama Cheria Wisata.



Peta Haji - Haji ONH Plus
Perjalanan Haji

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Uniknya Kota Tabuk Madinah