Panduan Membuka Usaha Travel Untuk Pemula

Panduan Membuka Usaha Travel Untuk Pemula


Wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak lagi tersier atau terlalu mewah, sekarang wisata menjadi kebutuhan sekunder karena kebutuhan penyegaran rohani itu penting untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh, pikiran, dan jiwa kita. Bagi penyuka traveling yang sering mengikuti wisata paket yang diadakan oleh agen tur tahu bagaimana ramainya wisata saat ini.

Seiring berjalannya waktu mungkin akan muncul keinginan untuk membuka usaha perjalanan wisata dan travel. Besarnya animo masyarakat terhadap wisata membuat usaha wisata menjadi cukup menggiurkan karena keuntungan besar yang mungkin didapatkan.
Panduan Membuka Usaha Travel Untuk Pemula
Panduan Membuka Usaha Travel Untuk Pemula

Butuh banyak pertimbangan dan perencanaan matang untuk mendirikan usaha wisata yang resmi dan ingin berkembang pesat. Cara terbaik yang harus dilakukan jika Anda merupakan pebisnis pemula di bidang travel wisata yaitu Anda harus memiliki banyak relasi dan kerjasama dengan banyak pihak sehingga Anda akan dibantu oleh banyak orang jika sedang dalam kesulitan, Anda harus memiliki blog atau website yang dapat dijadikan ajang untuk memperkenalkan usaha kepada orang banyak, dan Anda harus memanfaatkan berbagai social media sebagai alat pemasaran yang harus dikuasai.

Jika dilihat dari industri penerbangan saja pertumbuhannya sangat fantastis. Pada tahun 2014, jumlah penumpang penerbangan pesawat domestic dan mancanegara mencapai lebih dari 60 juta penumpang. Besarnya jumlah penumpang pesawat ini saja sudah menggambarkan bagaimana besarnya potensi wisata di daerah-daerah atau negara tujuan wisata.

Besarnya potensi wisata ini akan membawa banyak keuntungan tidak hanya dari pihak penerbangan atau penjualan tiket saja tetapi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan wisata. Jika Anda cukup berpengalaman dengan perjalanan wisata dan kemungkinan buruk yang biasa terjadi dalam wisata mungkin Anda akan sangat tertarik untuk mengembangkan usaha travel wisata.

Izin Membuka Usaha Travel Wisata


Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuka usaha tour and travel adalah izin usaha perjalanan wisata. Izin Usaha Perjalanan Wisata adalah izin yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada Badan Usaha atau perorangan untuk melaksanakan usaha jasa Biro Perjalanan Wisata (BPW), Agen Perjalanan Wisata (APW) dan Usaha Jasa Impresariat berlandaskan Keputusan Bupati atau pemimpin daerah tingkat II no 49 tahun 2001.

Jika sudah mendapat izin usaha perjalanan wisata dari pemimpin daerah tingkat II ini maka akan masih banyak lagi hal-hal yang harus dipenuhi.

Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan biro travel wisata yang resmi. Tidak cukup mudah untuk mendirikan usaha travel karena pasti ada saja tantangan yang harus dihadapi. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain Akte pendirian Perseroan Terbatas khusus Travel, NPWP Perusahaan (seluruh pemegang saham harus meiliki NPWP), Domisili Perusahaan harus menetap dan jelas, Surat Izin Tempat Usaha – SITU, Surat Izin Usaha Perdagangan – SIUP, Surat Izin Usaha Pariwisata – SIUP, Surat Izin Tetap atau Sementara dari Dinas Pariwisata Pemda Setempat untuk menjadi Anggota ASITA.

Untuk menjadi anggota ASITA pun banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Ada 2 jenis keanggotaan ASITA yaitu keanggotaan penuh (Full Member)  dan keanggotaan peserta (Associate Member).

Untuk menjadi anggota ASITA tidak mudah dan tentunya dikenakan biaya pendaftaran dan keanggotaan. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat keanggotaan ASITA antara lain denah lokasi dan kantor yang jelas, daftar riwayat hidup pimpinan perusahaan dan tenaga ahli, struktur organisasi yang jelas, status kantor tempat usaha dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), berkas permohonan yang dijilid dan direkomendasikan lalu diteruskan oleh DPD ke DPP untuk memutuskan diterima atau tidak, badan usaha berbentuk PT bukan CV dan tentunya membayar biaya administrasi yang berlaku.

Bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Jika Anda memiliki keyakinan dan pengetahuan yang cukup tentang travel wisata maka Anda pasti bisa menjadi pebisnis yang handal.


Baca juga :  Bergabunglah ke Halal Travel Konsorsium Yang Memilik Lebih Dari 1000 produk dan 500 Reseller 

Buku Laris Manis Wisata Halal


Bagi yang mau membukan bisnis wisata halal bisa baca Buku Laris Manis Wisata Halal
Buku Laris Manis Wisata Halal
Buku Laris Manis Wisata Halal
Keywords artikel terkait :

bisnis tour and travel online

memulai bisnis travel wisata

bongkar rahasia sukses bisnis tour dan travel

usaha travel agent tanpa modal

syarat mendirikan travel agent

cara memulai bisnis travel online

cara membuka usaha travel tiket pesawat

Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Panduan Membuka Usaha Travel Untuk Pemula