travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang


Jepang terkenal akan tradisi dan budaya yang menarik untuk diketahui sekaligus dipelajari yang menarik untuk kalangan anak muda jaman sekarang. Kali ini Cheria akan membahas Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang yang menarik untuk kita simak bersama, sebagai berikut :

Tradisi & Budaya Unik Jepang

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang
Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang

Tradisi Unik di Jepang


Hiwatari-Sai

Festival Hiwatari-sai
Festival Hiwatari-sai

Festival Hiwatari-sai atau festival berjalan diatas api ini biasanya dilakukan oleh Yamabushi (pendeta buddha yang bertapa di gunung). Dalam Festival ini, Yamabushi akan berjalan diatas bara api dan berdoa untuk kedamaian dunia. Orang Jepang percaya, siapapun yang datang ke festival ini akan mendapat keberuntungan.

Hanami

Hanami
Hanami

Hanami merupakan acara besar yang di tunggu-tunggu oleh warga Jepang. Karena acara ini di lakukan untuk menyambut berseminya bunga Sakura. Hanami biasa di lakukan saat bulan April, setiap orang akan keluar rumah bersama teman, keluarga atau kerabatnya untuk melihat keindahan bunga Sakura yang mulai mekar dan berwarna merah muda. Tempat-tempat yang ramai dikunjungi saat Hanami adalah Koukyo (Istana Kaiser), Taman Ueno dan Taman Shinjuku Gyoen.

Fuji Matsuri

Fuji Matsuri
Fuji Matsuri

Jika Hanami menyambut mekarnya bunga sakura, maka berbeda dengan Fuji Matsuri yang menyambut mekarnya bunga Fuji. Kamu bisa datang ke Kuil Kameido Tenjin untuk menyaksikan lebih dari 1000 jenis bunga Fuji bermekaran.

Tidak hanya itu, suasana di kuil ini seperti kamu sedang merayakan pesta di wilayah tradisional lho. Jika kamu datang pada malam hari, kamu juga akan merasakan suasana romantis disini.

Koinobori

Koinobori
Koinobori

Koinobori adalah sejenis layang-layang yang biasanya terbuat dari kain dengan berbagai warna corak lukisan dan ukuran.Kebanyakan Koinobori ini bermotifkan ikan. Sesuai dengan namanya Koinobori, yang artinya “Ikan yang memanjat”. Festifal Koinobori,diadakan pada bulan Mei untuk memperingati Hari Anak (Children`s Day),yang jatuh tanggal 5 Mei.

Yamayaki

Wakakusa Yamayaki Matsuri
Wakakusa Yamayaki Matsuri

Awal dari terbentuknya festival ini adalah dari sebuah pertikaian sengit mengenai sengketa perbatasan tanah antara dua Kuil yaitu Kofuku-ji dan Todai-ji. Setelah insiden tersebut masyarakat sekitar di Nara dan kumpulan pendeta Todaiji, Kofukuji maupun kuil Kasuga memperingatinya dengan mengadakan Wakakusa Yamayaki Matsuri.

Tentu saja yang dibakar kali ini bukanlah gunungnya, akan tetapi rumput kering yang dikumpulkan di tempat sengketa tanah tersebut lalu dibakar dalam waktu yang bersamaan. Festival ini diadakan pada setiap tanggal 24 Januari pada tiap tahunnya, namun sewaktu-waktu dapat ditunda jika terjadi hujan.

Mamemaki

Mamemaki
Mamemaki

Setsubun adalah hari libur Jepang yang dirayakan pada malam sebelum musim semi menurut kalender lunar Jepang. Secara tradisional pada hari ini dipercaya bahwa dunia roh datang dekat dengan dunia kita dan setan cenderung muncul.

Pada Setsubun, orang tua di seluruh Jepang memakai masker oni dan mencoba untuk menakut-nakuti anak-anak mereka. Anak-anak pada gilirannya melemparkan kedelai kering untuk menakut-nakuti setan pergi.

Ehomaki

Ehomaki
Ehomaki

Ehomaki adalah tradisi Setsubun yaitu memakan seluruh sushi sambil menghadap kearah yang dipercaya memiliki keberuntungan. Awalnya tradisi ini hanya ada di Osaka, tetapi akhirnya menyebar secara nasional dalam beberapa tahun terakhir untuk pemasaran toko-toko di Jepang. Makan ehomaki merupakan kegiatan yang menguntungkan yang dilakukan dalam kesabaran.

Toro Nagashi

Toro Nagashi
Toro Nagashi

Toro Nagashi merupakan tradisi Jepang yaitu menghayutkan lentera yang akan mengambang di sungai, upacara yang mewakili perjalanan jiwa ke alam baka. Upacara Toro Nagashi juga diadakan untuk memperingati peristiwa tragis seperti Bom Atom Hiroshima.

Hina Nagashi

Hina Nagashi
Hina Nagashi

Merupakan upacara tradisional Jepang dimana anak-anak akan membuang bonekanya ke laut. ini dipercaya untuk mengusir kesialan yang ada dalam diri anak tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi ini sudah sangat jarang dijumpai.

Budaya Khas Jepang


Kimono

Kimono
Kimono

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa.

Yukata

Yukata
Yukata

Yukata (baju sesudah mandi) adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin, yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas.

Menurut urutan tingkat formalitas, yukata adalah kimono nonformal yang dipakai pria dan wanita pada kesempatan santai dimusim panas, misalnya sewaktu melihat pesta kembang api atau menari pada perayaan obon.

Upacara Minum Teh

Upacara Minum Teh
Upacara Minum Teh

Upacara minum teh (sadō, chadō, jalan teh) adalah ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Teh disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu.

Tuan rumah juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan situasi yang menyenangkan untuk tamu seperti memilih lukisan dinding (kakejiku), bunga (chabana), dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang.

Ikebana

Ikebana
Ikebana

Ikebana adalan kesenian merangkai bunga yang berasal dari Negara Jepang. Bunga memiliki kehormatan dalam kebudayaan Jepang, karena Bungan dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan, sang pencipta. Bunga dirangkai dalam bentuk tertentu dan diletakkan di altar utama. Awalnya dalam pembuatan bunga sangatlah sederhana, namun saat ini pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks dan di butuh pembelajaran keahlian dalam pembuatannya.

Tako

Tako
Tako

Kesenian Layang-layang ini sudah ada sejak jaman periode Nara (649-793 AD). Design layang layang dari negeri ini cukup unik dan sangat mudah dibedakan dengan design layang layang dari negara atau wilayah lain.

Mainan ini dianggap berbahaya karena talinya bisa bersentuhan dan mengganggu aliran kabel listrik yang bisa berakibat fatal bagi pelaku dan orang lain. Layang layang hanya bisa dijumpai di event khusus atau dalam festival budaya saja yang mau tidak mau harus mereka hadirkan.

Matsuri

Matsuri
Matsuri

Matsuri adalah suatu festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera) yang kebanyakan diselenggaran pada musim panas, pada saat ini matsuri tidak selalu berarti berdoa atau sembahyang, hal itu sudah pasti karena kebanyakan orang datang hanya untuk melihat saja.

Kabuki

Kabuki
Kabuki

Kabuki merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang termasuk jenis seni teater karena memiliki unsur cerita yang dipadukan dengan seni tari dan musik. Para pemain mengenakan kostum mencolok dan sangat mewah. Make-up-nya terbilang dramatis untuk menonjolkan sifat dan karakter tokoh.

Origami

Origami
Origami

Origami berasal dari kata ori yang berarti lipat, dan kami yang berarti kertas ­merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami sudah dikenal dibanyak Negara, secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami.

Perbedaannya hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah.

Bonsai

Bonsai
Bonsai

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Penanaman dilakukan di pot dangkal yang disebut bon (盆). Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman.

Furoshiki

Furoshiki
Furoshiki

Furoshiki merupakan seni membungkus barang dengan menggunakan selembar kain lebar berbentuk persegi empat. Furoshiki ini sangat populer karena sangat praktis dan bisa dipakai untuk membungkus berbagai macam barang baik berbentuk kotak polos persegi seperti kotak nasi sebagai bekal perjalan pada masa itu, berbagai benda berbentuk bulat seperti semangka ataupun benda berbentuk botol.

Perayaan Hanami

Hanami
Hanami

Hanami (hana wo miru = melihat bunga) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan- makan di bawah pohon sakura.

Cosplay

Cosplay
Cosplay

Cosplay merupakan singkatan dari Costume Play. Salah satu subkultur Harajuku yang berpakaian ala karakter manga, anime, dan game di Jepang. Di kawasan Akihabara, Tokyo, bahkan ada cafe Cosplay tempat berkumpul penggemar style ini. Mereka yang berpakaian Cosplay seakan karakter yang timbul langsung dari Inuyasha, Naruto, Bleach, sampai Final Fantasy.

Anime

Anime
Anime

Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton.

Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon".

Masakan

Makanan Jepang
Makanan Khas Jepang

Masakan dan makanan Jepang tidak selalu harus berupa "makanan yang sudah dimakan orang Jepang secara turun temurun." Makanan orang Jepang berbeda-beda menurut zaman, tingkat sosial, dan daerah tempat tinggal.

Cara memasak masakan Jepang banyak meminjam cara memasak dari negara-negara Asia Timur dan negara-negara Barat. Di zaman sekarang, definisi makanan Jepang adalah semua makanan yang dimakan orang Jepang dan makanan tersebut bukan merupakan masakan asal negara lain. Makanan khasnya antara lain onigiri, tempura, sushi, ramen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Paket Tour Murah Jepang


Banyak sekali hal yang menarik dari negeri sakura ini yang wajib Anda ketahui untuk menanbah wawasan Anda, Tentunya setiap negera punya keunikan tradisi, budaya khas dan objek wisata yang menarik para wisatawan untuk berkunjung kenegara itu sendiri. Jadi sudahkah Anda tertarik untuk mengikuti Paket Tour Ke Jepang 2017 bersama Cheria Holiday? Semoga artikel ini bermanfaat^^




Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Jepang