Taman Nasional Komodo Yang Menakjubkan

Taman Nasional Komodo Yang Menakjubkan


Taman Nasional Komodo merupakan tempat yang begitu indah di sini anda akan merasaka indah nya kekeyaan alam Indonesia , Pulau Komoda berada di Kepulauan Nusa Tenggara pulau ini sangat sering di kunjungi oleh para wisatawan karena tempat nya yang bigitu indah.

Destinasi Wisata Populer Di Pulau Komoda


Taman Nasional Komodo


Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pula Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini.

Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo yang hanya bisa ditemui di kawasan ini.

Loh Liang


Loh Liang adalah pintu masuk Pulau Komodo. “Loh” dalam bahasa setempat berarti teluk, dan “liang” adalah gua atau sarang komodo. Lewat dermaga Loh Liang inilah wisatawan memulai titik berangkat menjelajahi Pulau Komodo.

Loh Liang
Loh Liang 
Petugas Taman Nasional Komodo, yang disebut ranger, terlebih dahulu akan memberi penjelasan singkat tentang perilaku komodo dan membagi wisatawan dalam kelompok-kelompok. Satu kelompok, terdiri dari 10-15 orang, didampingi tiga ranger.

Untuk meminimalkan risiko wisatawan menjelajah Pulau Komodo harus dalam kelompok-kelompok. Perempuan yang sedang haid, walau tidak dilarang datang, harus berada paling dekat dengan ranger.

Pulau Rinca


Ternyata, kita tak harus pergi ke Pulau Komodo untuk melihat komodo, alternatif lain bisa mengunjungi Pulau Rinca yang lebih dekat dengan pintu gerbang Labuan Bajo dan memiliki jumlah komodo yang lebih banyak.

Pulau Rinca
Pulau Rinca

Di Pulau Rinca, kita akan disambut dengan tulisan kayu yang bertulskan "Selamat Datang di Loh Buaya". Menginjakkan kaki di Loh Buaya, terdapat beberapa ekor komodo yang akan menyambut kedatangan kita hanya beberapa meter dari pintu gerbang. Di Loh Buaya, kita akan bersiap untuk melakukan tracking menuju sarang komodo. Disini kita para wisatawan akan ditemani oleh ranger atau pawang komodo yang akan mengawal perjalanan tracking tersebut.

Sesampainya di sarang komodo, kita akan melihat berbagai macam komodo, mulai dari bayi komodo hingga komodo dewasa. Semua berkumpul dalam sarang yang membuat kita tercengang kagum. Setelah puas melihat komodo, kita dapat mengitari bukit yang ada di sekeliling sarang komodo untuk melihat keindahan alam yang ada di Pulau Rinca.

Pulau Kalong


Pulau Kalong ini terletak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo yang bisa ditempuh dengan perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam. Pulau ini merupakan kawasan hutan bakau yang perannya penting dalam keseimbangan alam khususnya lautan. Sebagai habitat asli kelelawar atau kalong.

Pulau Kalong
Pulau Kalong

Biasanya kawasan pulau kalong ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang mengikuti sailing trip untuk melihat ribuan kawanan kelelawar terbang menuju daratan Pulau Flores saat matahari terbenam. Sambil mengeluarkan suara-suaranya yang gemuruh.

Selain itu, sensasi untuk menginap di habitat hewan yang dianggap simbol horor itulah yang juga meninggalkan kesan tersendiri untuk para wisatawan. Kelelawar/kalong yang tinggal di pulau ini semuanya pemakan buah (herbivora) yang mencari makanannya dari pohon-pohon buah di sekitar Pulau Flores.

Pulau Kanawa


Pulau Kanawa terletak kurang lebih 10 km dari Labuan Bajo, pelabuhan utama di ujung barat Flores. Saat tiba di pulau seluas 32 hektar ini, traveler langsung disuguhi pemandangan laut yang jernih dari dermaga kayu sepanjang 50 meter, view pasir putih yang membentang mengelilingi pulau, serta suasana sepi dan tenang yang membuat siapa pun akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ke pulau ini.

7 Pulau Komoda Yang Menapjubkan
7 Pulau Komoda Yang Menapjubkan

Terdapat sebuah bukit di tengah pulau, di mana dari puncak bukit ini merupakan spot terbaik untuk aerial view Pulau Kenawa. Kita bisa melihat deretan bungalow di pesisir pantai, lautan biru tosca yang jernih membentang dari tepi pulau hingga Labuan Bajo yang terlihat dari kejauhan. Puncak bukit ini juga merupakan tempat favorit traveler untuk menikmati sunset dari Pulau Kanawa.

Snorkeling dan diving adalah kegiatan utama di perairan Kanawa. Menurut Wikitravel, Kanawa merupakan salah satu spot snorkeling dengan keanaekaragaman laut terkaya di Asia Tenggara. Bahkan tanpa nyebur ke air pun keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni sudah bisa dilihat dari atas dermaga.

Pulau Bidadari


Keindahan pesona bawah laut yang begitu menggoda serta pasir putih yang cantik membuat pulau bidadari memang layak dan patut untuk menjadi salah satu destinasi favorit saat berkunjung ke Labuan Bajo. Pulau Bidadari Flores sendiri merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan Snorkling dan Dive, karang laut dan koralnya memberikan keindahan bagi anda.

Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk dapat mengunjungi pulau yang sering disebut The Angle ini, jarak tempuh dari Labuan Bajo hanya memakan waktu kurang lebih 30 Menit saja jika anda menggunakan boat atau kapal kayu biasa.

Begitu tiba di Pulau Bidadari Flores, anda akan disajikan dengan hamparan pantai berpasir putih polos tanpa terlihat karang yang menonjol. Air pantainya juga terlihat begitu biru dan jernih dengan ombak kecil dan tak banyak wisatawan yang membuat pulau ini terasa begitu tenang dan nyaman.

Pulau Kambing


Pulau Kambing Komodo adalah salah satu pulau indah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo. Luas, pulau ini terbilang kecil dibanding pulau – pulau lain yang ada kepulauan komodo. Hanya terdiri dari pantai dan satu bukit pendek. Tapi warna koral di sana cukup beragam.

Bentangan pasir putih serta birunya laut tentu saja menggoda anda untuk langsung berenang dan snorkling di pulau indah ini. Pulau ini adalah paket lengkap dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Selain berenang, kita bisa naik keatas puncak bukit kecil untuk sekedar berfoto dan memandangi keindahan alam. Tak hanya snorkling, kita juga bisa melakukan diving di pulau kambing, tak kalah indah dengan pesona bawah laut di pulau lainnya.

Tour Pulau Komodo


Nah tunggua apa lagi untuk menginjakan kaki anda ke Pulau Komodo sekaligus ajak keluarga tercinta anda atau kerabat terdekat, wisata anda akan terasa lebih tambah seru . bila anda ingin ke pulau komoda Cheria Halal Holiday bisa membantu anda dan keluarga untu liburan di Ke Pulau Komodo.


Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Taman Nasional Komodo Yang Menakjubkan