9 Wisata Alam Sumbawa, Yang Membuat Anda Jatuh Hati

9 Wisata Alam Sumbawa, Yang Membuat Anda Jatuh Hati


Wisata sumbawa adalah wisata yang sanggat menarik perhatian anda untuk dijadikan sebagai referensi liburan bersama keluarga, anda akan melihat alam-alam yang sanggat indah dan menawan sekali yang akan membuat Anda terpikat untuk menjelajahi Sumbawa. Disana Anda juga akan menemukan pantai-pantai yang tak kalah berbeda loh! sebagai berikut :

Wisata Menarik Alam Sumbawa


Pulau Paserang

Pulau Paserang
Pulau Paserang

Pulau Paserang memiliki pemandangan dan pantai yang tidak kalah menarik. Keindahan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang siap memanjakan wisatawan yang ingin menyelam. Saat sampai di pulau ini, pengunjung akan disambut oleh hamparan pasir putih.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau cantik ini. Pengunjung dapat mengitari dan menjelajahi pulau, hingga menemukan laguna (danau air tawar) tepat di sekitar pulau, lalu menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas bukit, sampai mencari ikan atau kerang untuk dimakan. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda dan bermalam di dalam suasana yang sangat mengasyikkan.
Melihat Bawah Laut Pulau Paserang
Melihat Bawah Laut Pulau Paserang

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga dapat bermain dengan ikan-ikan kecil, penyu dan lainnya saat menyelam. Tidak perlu jauh dari bibir pantai, di tepi pantai pun pengunjung sudah menemukan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Jangan pernah lupa dengan kamera bawah laut, serta alat menyelam lengkap dengan sepatu katak dan maskernya jika tidak ingin melewatkan keindahan terumbu karang dan cantiknya ragam biota laut Pulau Paserang.

Pulau  Kenawa

Pulau Kenawa
Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat. Dari kejauhan, pulau ini terlihat begitu cantik dengan warna hijau yang begitu dominan. Ya, Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang dipenuhi oleh padang rumput. Di tengah-tengah pulau ini ada gundukan bukit tempat dimana kita bisa menyaksikan keindahan pemandangan laut di sekitarnya.

Pulau ini tidak berpenghuni. Perjalanan ke Pulau Kenawa dapat dimulai dari Pelabuhan Pototano di Sumbawa Barat. Perjalanan ke Sumbawa Barat sendiri bisa dimulai dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur.

Untuk menuju ke Pulau Kenawa kita bisa menyewa perahu dari para nelayan di Pototano karna belum ada kapal khusus yang membawa ke Pulau Kenawa Pulau Kenawa dikelilingi oleh pantai berpasir putih dengan ombak yang cenderung tenang. Para pantai yang dalamnya tidak seberapa. Beberapa meter dari bibir pantai kita sudah bisa menikmati keindahan bawah laut di Pulau Kenawa.

Tiga Gili Sumbawa


Obyek wisata tiga pulau atau tiga gili yakni Gili Bedil, Temudong dan Keramat, yang terletak di Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara, untuk mengisi liburan bersama teman dan keluarga.

Gili pertama yang bisa kita kunjungi adalah Gili Bedil. Perjalanan menuju Pulau Bedil bisa ditempuh menggu akan berbagai jenis kendaraan, selama satu jam dari Kota Sumbawa Besar dan satu jam dari pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat.

Saat kita tiba, maka keindahan dasar laut jelas terlihat dari atas perahu serta hamparan pasir putih yang begitu indah. Keindahan pulau mungil ini biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk foto bareng di pantai pasir putih serta di bawah pohon kelapa yang banyak terdapat di tengah pulau.

Setelah sekitar dua jam berada di Gili Bedil, maka perjalanan kembali dilanjutkan ke pulau kedua yakni Pulau Temudong. Perjalanan dari Bedil ke Temudong hanya ditempuh selama lima belas menit. Di pulau Temudong ini juga tidak kalah menarik, para wisatawan di lokasi ini bisa menghabiskan waktu di pantai pasir putih serta melihat-lihat keindahan terumbu karang di dasar laut.

Setelah mengunjungi Gili Bedil dan Temudong, maka perjalanan terakhir menuju Gili Kramat. Di lokasi ini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan ilalang yang luas. Cukup membayar Rp250.000 untuk satu speed boat, kita bisa mengelilingi tiga gugusan pulau indah ini.

Wisata Pulau Moyo


Air TerjunMata Jitu


Karakteristik air terjun ini sendiri terbilang unik dan sangat berbeda dari air terjun biasanya. Airnya sangat bersih terlihat biru muda seperti air laut. Batu-batu di sekitar air terjun bukan batu padat melainkan batu kapur. Keindahan air terjun berundak-undak ini tidak hanya pada air yang turun dari atas. Bebatuan yang telah terbentuk sejak ribuan tahun lalu juga dapat disaksikan di sini.
Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu

Keindahan Air Terjun Mata Jitu ini sudah terkenal hingga ke manca negara. Bahkan, mendiang Putri Diana pernah berkunjung ke air terjun ini. Hingga mendapat julukan “Queen Waterfall”. Kebersihan di Air Terjun Mata Jitu terlihat sangatlah terjaga. Karena larangannya untuk tidak mandi disitu sangatlah dipatuhi sekali, sehingga membuat airnya sangat jernih dan bersih.

Air Terjun Diwu Mbai


Hijaunya pepohonan yang mengelilingi tempat wisata air terjun ini menciptakan suasana asri serta menjadi daya tarik tersendiri saat sampai di Air Terjun Diwu Mbai. Tiga gundukan yang merupakan ciri khas dari Air Terjun Diwu Mba;i ini menjadikan tempat ini sangat cantik untuk dinikmati.

Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu banyak terdapat binatang buaya di sekitar air terjun ini. Sebab itu, air terjun ini sering sekali disebut juga dengan sungai buaya. Namun, anda tidak perlu kawatir jika sedang bermain dan juga menikmati air terjun satu ini, karena buaya yang dahulu kala menempati lokasi air terjun ini sudah tidak pernah ditemukan lagi.

Berayun-ayun dengan seutas tali yang diikatan di sebatang pohon layaknya seorang Tarzan akan menambah keseruan anda ketika berkunjung ke lokasi wisata air terjun ini. Dibutuhkan keberanian lebih untuk melakukan sebuah lompatan dari atas air terjun dengan ketinggian hingga mencapai 5 (lima) meter ini. Bergelantungan dan juga mengakhirinya dengan terjun tepat ke tengah kolam sungguh pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Takat Sagale


Pulau Moyo memang memiliki spot snorkeling yang banyak dan indah. Salah satunya di Takat Segele. Ribuan ikan berwarna-warni bisa Anda lihat saat melakukan snorkeling ataupun diving. Jarak tempuh Takat Segele hanya memerlukan waktu 20- 30 menit dari Dermaga Labuan Aji, Pulau Moyo.
Takat Segele
Takat Segele

Ketika Anda masih berada di kapal, dari kejauhan akan Nampak seperti gundukan karang putih. Tumpukan tersebut merupakan pecahan karang-karang karang yang hancur akibat pengeboman ikan di tempat ini.

Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan diri saat snorkeling dan bertemu bersama ikan warna-warni. Jika ingin berkunjung ke pulau Moyo, bulan yang paling tepat yaitu Juli hingga Agustus karena gelombang ombak laut yang masih tenang.


Pulau Satonda


Pulau satu ini merupakan sebuah daratan yang terbentuk oleh letusan gunung api dari dasar laut jutaan tahun lalu. Di daerah pesisir Pulau Satonda, Anda akan mendapati hamparan pasir putih pantai yang bersih dan mempesona. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas snorkeling atau diving untuk melihat ragam terumbu karang indah serta fauna dasar lautnya.
Pulau Satonda
Pulau Satonda

Daya tarik utama di Pulau Satonda adalah danau air asin yang hanya berjarak 200 meter dari tepi pantai. Padahal, danau tersebut tidak memiliki jalur atau celah sama sekali yang terhubung dengan laut. Uniknya lagi, riak air danau seolah bergerak seiring pasang-surutnya air laut yang mengepung Pulau Satonda itu sendiri. Sungguh suatu fenomena alam yang mengesankan.

Awalnya Danau Satonda merupakan danau air tawar seperti kebanyakan danau di tengah pulau lainnya, namun letusan Tambora mengakibatkan tsunami dan mengubahnya menjadi danau air asin. Karena kadar keasinannya yang cukup tinggi, tidak banyak jenis ikan atau biota air lainnya yang hidup di danau ini.

Pantai Tanjung Pasir


Pantai Tanjung Pasir memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Terumbu karangnya masih sangat terjaga. Jika Anda penghobi diving, pantai ini wajib menjadi destinasi liburan Anda di Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tengara Barat.

Sesampainya Tanjung Pasir yang terlihat adalah hamparan pasir putih yang menjadi lanskap utama pantai ini. Gugusan bukit mewarnai panorama di sekeliling pantai tersebut. Perairannya sangat tenang. Tak ada ombak yang menghempas, berbeda dengan perairan Labuhan Aji yang sangat ganas. Hal ini disebabkan karena Tanjung Pasir berada sebelah timur pulau.

Begitu Anda menyelam, maka terlihatlah aneka warna terumbu karang masih sangat terjaga. Ikan- ikan di Tanjung Pasir pun memiliki habitat yang sempurna. Itu sebabnya saat diving Anda akan dikerumuni hewan air yang lincah berlarian kesana kemari. Tanjung Pasir terletak di ujung selatan Pulau Moyo. Untuk mencapai Tanjung Pasir diperlukan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan dari Ai Bari. Ai Bari adalah titik terdekat dari Tanjung Pasir dan berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Sumbawa Besar.

Destinasi Wisata Menarik Sumbawa


Destinasi bagi anda yang sanggat suka jalan jalan denggan melihat alam alam yang menarik dan cukup menawan sekali, Cheria Holiday menghadirkan Paket Wisata Sumbawa yang menarik untuk liburan bersama keluarga tercinta.



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading 9 Wisata Alam Sumbawa, Yang Membuat Anda Jatuh Hati