Wisata Ke Derawan Cheria Holiday

Wisata Ke Derawan Cheria Holiday

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata wisata yang menarik seperti pulau Kakaban dan Pulau Gusung, bagi para peyelam dunia itu adalah surga mereka.

Apa Saja Destinasi Wisata Populer Di Kepulauan Derawan

Wisata Ke Derawan Cheria Holiday
Wisata Ke Derawan Cheria Holiday

Pulau Derawan

Kepulauan Derawan adalah salah satu wisata andalan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan terdiri dari tiga Kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua dan Biduk Biduk. Di sini terdapat empat pulau yang terkenal indah, yakni pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban yang ditinggali penyu hijau dan penyu sisik.

Salah satu destinasi paling menawan di Kepulauan Derawan adalah Taman Bawah Laut yang sangat diminati wisatawan mancanegara terutama penyelam kelas dunia. Selain menyelam, kegiatan wisata di kepulauan Derawan kita bisa melihat proses penyu bertelur, serta menikmati pantai yang indah dan bersih.

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan

Fasilitas di Kepulauan Derawan sudah baik, resort dan penginapan banyak tersebar di pinggir pantai dengan harga yang cukup murah, kepulauan ini juga sudah dijangkau sinyal 3G. Ekosistem pesisir di Kepulauan Derawan yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau. Di sini juga terdapat banyak spesies dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumbam kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan spesies lainnya.

Pulau Kakaban

Pulau yang terletak di kecamatan derawan, kabupaten Berau, Kalimantan TImur ini sudah sangat terkenal dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik local maupun mancanegara.

Pulau yang memiliki pantai dengan suguhan kejernihan air bak berlian ini juga menawarkan sesuatu yang disebut dengan “dunia lain”. Di pulau Kakaban terdapat sebuah Danau yang konon terbentuk dari air laut yang terperangkap ini cukup unik. Pasalnya, Danau ini dihuni oleh habitat ubur-ubur yang tidak menyengat.

 pulau Kakaban
 pulau Kakaban 

Setidaknya, ada 4 jenis ubur-ubur yang tinggal dan menempati danau Kakaban ini, diantaranya adalah Mastigias papua, jenis ubur-ubur yang paling banyak ada di danau Kakaban. Ubur-ubur dengan jenis Aurelia aurita dengan warnanya yang bening dan transparan. Selain itu juga ada jenis Tripedalia cystophora yang bentuknya sangat imut serta ubur-ubur dengan keunikan berenang secara terbalik yaitu Cassiopeia ornata .

Pulau yang memiliki luas sekitar 774.2 hektar ini juga akan memanjakan mata anda dengan pemandangan terumbu karangnya yang indah. Bukan hanya itu, saat menyelam di pulau ini, adrenalin anda juga akan di uji. Diantara terumbu-terumbu karang bawah laut pulau Kakaban terdapat sebuah tebing yang curam yang langsung mengarah ke kedalaman laut. Tentu pemandangan ini merupakan surganya para penyelam yang menyukai keindahan laut.

Pulau Maratua


Sebenarnya, Kalimantan Timur memiliki "surga" yang tak kalah indah dibanding Derawan, yakni Pulau Maratua. Pulau berpenghuni yang terletak di Laut Sulawesi ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.

Pulau Maratua
Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Untuk mencapai pulau ini, butuh waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kapal cepat dari Pulau Derawan. Keindahan laut biru jernih di Maratua akan menghipnotis mata siapa pun yang memandangnya.

Lebih istimewa lagi, di pulau ini Anda dapat menemukan resort dengan bangunan khas seperti di Maladewa. Cobalah menjajal penginapan di atas air dengan kamar yang memiliki akses langsung ke laut. Suasana di Pulau Maratua masih relatif tenang, cocok bagi para wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dan menjauh sejenak dari kebisingan di ibukota.

Pulau Sangalaki Derawan


Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau kecil seluas sekitar 15 hektar di Kepulauan Derawan. Pulau Sangalaki lokasinya berada di bagian utara perairan Kabupaten Berau. Pulau ini terkenal sebagai rumah para penyu di Kepulauan Derawan. Pulau Sangalaki ini juga merupakan tempat bertelur utama bagi penyu hijau di kawasan sekitar Kepulauan Derawan dan Asia Tenggara. Tidak mengherankan jika Pulau Sangalaki ini memiliki fasilitas konservasi penyu dalam kondisi yang sangat baik.

Pulau Sangalaki
Pulau Sangalaki

Walau begitu, bukan berarti tidak ada fasilitas untuk wisatawan. Ada pengelola pariwisata yang menyediakan berbagai fasilitas kegiatan di laut sekitar pulau. Misalnya kegiatan snorkeling, menyelam, hingga penginapan berupa resort juga ada disini. Hal menarik lainnya yang bisa kalian lakukan di Pulau Sangalaki adalah menyelam bersama pari manta yang eksotis. Pari manta ini adalah hewan laut langka yang jarang ditemui.

Gusung Sanggalau


Pulau yang biasa disebut dengan Pulau Gosong atau Pulau Gusung yaitu pulau kecil tidak berpenghuni yang ada atau muncul jika air laut sedang surut. Sekilas lokasi ini mirip dengan Pulau Pasir di Belitung. Banyak orang memanfaatkan berfoto cantik di lokasi ini karena seolah-olah terdampar di satu pulau kecil yang dikelilingi oleh pasir yang bersih dan air laut yang bening warna hijau dan biru tosca.

Pulau Gosong
Pulau Gosong

Menuju lokasi ditempuh sekitar 15-20 menit dari Derawan. Pulau Gusung Sanggalau berupa tumpukan pasir yang bersih yang memanjang dan cukup luas seperti gurun pasir. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang, duduk bersantai-santai dan berenang di Pulau Gusung. Birunya langit berpadu dengan warna laut yang bersih semakin menambah indahnya foto-foto yang dicapture.

Oleh-Oleh Khas Derawan


Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Derawan kita bisa mendapatkannya di toko souvenir yang berada di sela-sela pemukiman warga di Pulau Derawan. Selain itu kita bisa juga mencari toko oleh- oleh di Berau Daratan. Kalau kita menginginkan oleh-oleh khas Derawan, kita bisa memilih aneka pernak-pernik penyu.

Oleh-Oleh Khas Derawan
Oleh-Oleh Khas Derawan

Kalau kita menginginkan oleh-oleh Khas Kabupaten Berau, kita bisa memilih aneka olahan makanan dari bahan udang dan teri. Terasi khas Berau juga bisa jadi pilihan bahan makanan khas untuk dibawa pulang. Aneka batu akik khas Berau juga tersedia disini. Disini tersedia juga makanan khas Kalimantan yakni amplang. Juga tersedia kain motif Dayak dan sarung Samarinda.

Destinasi Wisata Di Derawan

Ayo, tunggu apa lagi tuntuk berwisaata ke pulauan derawan di sana begitu indah bagi anda yang suka dengan pemandangan laut anda akan di ajak melihat peyu peyu yang lacu sekali dan anda akan melihat ubur-ubur  yang sangat banyak sekali anda juga akan di kagumkan dengan pemandangan dalam laut nya jadi mtunggu apa lagi untuk bergabung bersama Cheria Halal Holiday dengan Paket Tour Lombok.

Cheria Halal Holiday, Pulau Derawan





Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Wisata Ke Derawan Cheria Holiday