7 Wisata Lombok menakjubkan

Wisata Menarik Lombok

desa sade lombok adalah desa yang terletak di lombok ini juga menyimpan banyak sejarah yang sangat unik loh!! kalo anda pengen mengetahui sejarah di desa sade ini anda dan keluarga atau kerabat terdekat anda harus berkunjung ke desa sade, lombok

Desa Sade Lombok

Desa Sade berada di Kecamatan Pujut, yang terletak di wilayah bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade Lombok ini merupakan suku Sasak asli Lombok, dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang masih sangat kental dan memegang teguh adat tradisi Sasak tempo dulu. Bahkan arsitektur rumah adat khas Sasak juga masih bisa Anda jumpai berdiri kokoh dan terawat dengan baik di tempat ini.

DESA SADE LOMBOK
Desa Sade Lombok

Bangunan tradisional Sasak yang bisa Anda temui di perkampungan Desa Sade Lombok ini, terdiri dari dua jenis yang disebut dengan Bale Tani dan Lumbung. Bale Tani adalah bangunan yang dipergunakan sebagai tempat tinggal, dan Lumbung adalah bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat menyimpan padi hasil panen atau untuk menyimpan segala kebutuhan.

Masih ada lagi bangunan yang menjadi bangunan khas Sasak. Yakni Berugak, yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu, dan juga biasa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, bersantai selepas bekerja atau sebagai tempat pertemuan internal keluarga. Biasanya Berugak terdapat di depan samping kiri atau samping kanan Bale Tani.

Penghuni di Desa Sade Lombok ini sekitar 715 jiwa. Mata pencaharian penduduk di Desa Sade Lombok Tengah ini adalah bertani dan pekerjaan menenun adalah pekerjaan sambilan kaum wanita, setelah selesai bekerja di sawah. Mereka menenun dengan hanya mengunakan alat tenun tradisional yang sangat sederhana. Hasil tenunan mereka sangat beraneka ragam seperti, taplak meja, kain sarung, kain songket, selendang, dan lain-lain.

Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta Lombok tak hanya ada di Pulau Bali namun juga ada di Pulau Lombok, Pantai Kuta Lombok yang berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini tak kalah cantik dengan Pantai Kuta Bali.

PANTAI KUTA LOMBOK
Pantai Kuta Lombok


Pantai Kuta Lombok memiliki Air Laut yang jernih dengan hamparan Pasir Putih yang sangat indah, saking jernihnya Anda bisa melihat pemandangan di bawah Laut dari atas permukaan Air. Di Pantai Kuta Lombok ini terdapat bukit yang indah yang bernama Bukit Mandalika, para Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Indah di Lombok ini biasanya melakukan berbagai aktifitas air seperti berenang, bermain jet ski, bermain banana boat dan menyelam.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan Upacara Bau Nyale yang sering diadakan Masyarakat setempat di sekitar Pantai Seger. Upacara bau nyale merupakan tradisi penangkapan cacing nyale yang dilakukan masyarakat setempat untuk mengenang kisah Putri mandalika yang diperebutkan para Pria. Untuk menuju ke Pantai Kuta Lombok, jika Anda dari Kota Mataram atau Pantai Senggigi Anda hanya memerlukan waktu sekitar Satu jam saja.

Desa Banyumulek


Banyumulek adalah desa yang berada di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara
 , Indonesia. Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990-an, di mana 80% penduduknya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut.

 DESA BANYUMULEK
Desa Banyumulek


Di sepanjang jalan desa, Anda akan menemui banyak galeri dan toko di kedua sisi jalan. Namun di antara galeri-galeri tersebut Anda akan menemukan sebuah galeri yang cukup besar. Di galeri besar rsebut Anda bisa menemui bermacam gerabah dengan varian yang lebih lengkap. Mulai dari ukuran, bentuk, warna, motif hiasan, keunikan, sampai fungsi yang bervariatif. Gerabah-gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini.

Namun Anda bisa menemui sebuah produk kerajinan gerabah Desa Banyumulek yang khas, yaitu Kendhil Maling. Kendhil yang satu ini cukup unik, karena memiliki desain dan cerita yang berbeda dari kendhil-kendhil biasanya. Kendhil Maling memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang in dipakai untuk memasukkan air ke dalam kendhil. Uniknya, desain yang khusus pada Kendhil Maling membuat air tidak keluar dari lubang tersebut saat kendhil diletakkan kembali.

Hasil kerajinan gerabah Desa Banyumulek ternyata sudah merambah sampai ke pasar internasional. Misalnya New Zeland dan beberapa negara di Eropa. Di desa ini, Anda bisa membawa pulang hasil seni tersebut dengan harga yang bervariatif. Tergantung dari bentuk, ukuran, motif hiasan, serta tingkat kesulitan saat proses pembuatannya.

Selain melihat hasil seni yang bewarna-warni tersebut, Anda juga bisa belajar dan ikut serta dalam proses pembuatannya. Awalnya jenis gerabah ataupun keramik yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya gentong yang berfungsi sebagai tempat air, kendi yang berfungsi sebagai tempat minum, tong sampah yang berfungsi untuk tempat pembuangan sampah, dan lain- lain.


Wisata Gunung Rinjan


Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

WISATA GUNUNG RINJANI
Wisata Gunung Rinjan

Gunung Rinjani mempunyai pemandangan alam yang paling indah bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia. Karena panorama alamnya yang indah inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang biasanya merupakan mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing.

Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata- rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut.

Biasanya untuk dapat mencapai puncak, pendaki akan membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh karena itu anda harus bersiap membawa bekal yang cukup dan peralatan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini.

Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep


Air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile merupakan 2 air terjun di Lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah dan keindahan airnya yang jatuh dari tebing bertingkat dan juga trek untuk mencapainya seperti menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing akan membuat jiwa petualangan pasti tertantang.

AIR TERJUN SENDANG GILE DAN TIU KELEP
Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep


Ke dua air terjun ini lokasinya berdekatan dan paling populer karena berada di kehidupan liar huta rimbun di bawah kaki Gunung Rinjani, keduanya menawarkan beberapa hal yang sangat mempesona ketika di kunjungi dengan cara soft trekking. Agar dapat benar-benar merasakan keindahnya Anda bisa mencoba rute yang berbeda.

Berlokasi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga merupakan trek pendakian menuju Gunung Rinjani, daerah ini merupakan kawasan subur di daerah ini terdapat persawahan yang hijau tersusun rapi dan indah dari puncak sampai kaki bukit.


Bukit Malimbu


Bukit Malimbu merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sunset di Pulau Lombok. Bukit Malimbu terletak sekitar 24 Kilometer dari pusat Kota Mataram, atau sekitar 10 Kilometer sebelah Utara Pantai Senggigi. Jalan untuk mencapai bukit ini cukup menantang, sehingga Anda akan menempuh perjalanan sekitar 45 Menit dengan kendaraan pribadi.

BUKIT MALIMBU
Bukit Malimbu


Menikmati pemandangan sunset di Bukit Malimbu akan lebih sempurna ketika langit dalam keadaan cerah. Pada keadaan tersebut Anda tak hanya disuguhkan pemandangan sunset yang indah. Namun Anda juga bisa melihat dua gili yang paling terkenal, yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno dari kejauhan, dengan latar belakang sunset. Anda juga bisa melihat Gunung Agung dari kejauhan.

Bukit Malimbu merupakan tempat yang tepat untuk mengakhiri hari Anda yang penuh petualangan. Setelah menjelajah seharian Gili Trawangan,gili Meno, dani  Air, menikmati pemandangan sunset di Bukit Malimbu merupakan penutup yang sempurna. Jika Anda ingin mengunjungi ketiga gili tersebut dari Mataram, Anda pasti akan melewati bukit ini.


GILI MENO

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung- burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami.

GILI MENO
Gili Meno

Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik. Meskipun sunyi, sebenarnya Gili Meno juga dihuni oleh warga setempat namun hanya sekitar 400 orang. Sebagian besar penduduk tinggal di sekitar jalan yang belum puas hanya dengan berkeliling dan melihat pantai saja, cobalah untuk bersnorkeling. Bersnorkeling di Gili Meno sangat mengasyikkan karena selain air lautnya yang sangat jernih, Anda juga sudah dapat melihat ikan bahkan penyu bermain-main di pantai yang cukup dangkal. jika Anda penggemar diving, ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan di Meno. Dengan air laut yang sangat jernih, Anda bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga, hiu karang, dan penyu.

Wisata Lombok


Wisata ini cocok untuk anda dan keluarga tercinta, untuk menghabiskan liburan bersama mereka yang kamu cintai jadi jangan sampai terlewat untuk bergabung bersama Cheria Halal Holiday dengan  paket  tour halal lombok







Salam +Cheria Holiday Jika Berminat Hubungi cs Kami


» Thanks for reading 7 Wisata Lombok menakjubkan