Mount Halla yang Selalu Indah, Korea

Mount Halla yang Selalu Indah, Korea

Jeju merupakan pulau terbesar di Korea Selatan yang letaknya di selatan semenanjung Korea dan menjadi provinsi tunggal di Korea Selatan yang memiliki otonomi khusus. Pulau jeju terbentuk akibat aktivitas gunung vulkanik 2 juta tahun lalu. Di tengah Pulau Jeju terdapat Hallasan (Gunung Halla), gunung tertinggi di Korea dengan ketinggian 1,950 meter. Lereng gunung ini landai karena terbentuk dari lava sebagai akibat dari aktivitas vulkanik gunung ini dari waktu ke waktu, tetapi bagian puncaknya cukup curam. Di bagian kawah gunung ini terdapat sebuah danau yang bernama Baengnokdam.

Sejarah Pulau Jeju


Gunung Hallasan

Pulau Jeju bercuaca hangat sepanjang tahun, pada musim dingin tidak turun salju sehingga banyak tanaman subtropis tumbuh subur dan lebat di sini. Hallasan dijadikan landmark Pulau Jeju yang juga dinamakan Mt. Yeongjusan yang artinya gunung cukup tinggi yang dapat menarik galaksi. Mt. Halla merupakan tempat yang tepat dijadikan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti dan ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1970.

Gunung Hallasan
Gunung Hallasan


Gunung Hallasan juga terkenal di kalangan para peneliti karena gunung ini merupakan habitat dari berbagai macam flora dan fauna terutama spesies tanaman dan binatang yang sudah hampir punah. Lebih dari 1800 jenis tumbuhan dan 4000 jenis binatang yang didominasi dengan serangga hidup di gunung ini.

Dengan demikian tempat ini ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tahun 1970 dan sangat dilindungi. Dengan alasan penelitian, para akademisi dan peneliti profesional mengunjungi gunung ini untuk meneliti flora, fauna, dan batuan yang ada di gunung ini. Untuk menjelajahi kekayaan yang ada di gunung ini, Anda hanya menyusuri jalan yang sudah disedikan dengan berjalan kaki.

Gunung ini relatif mudah untuk didaki karena area jalan yang kurang dari 10 km panjangnya sangat memungkinkan bagi para pendaki untuk naik dan turun gunung dalam waktu satu hari. Namun Anda tetap harus waspada dengan cuaca yang cepat berubah dan angin kencang yang sering terjadi.

Pulau Jeju

Pulau Jeju
Pulau Jeju

Pastikan Anda mempunyai persiapan yang cukup untuk mendaki ke puncak gunung. Dari puncak gunung Halla, Anda dapat menikmati pemandangan Pulan Jeju dari ketinggian. Gunung ini terbuka untuk pendakian sepanjang tahun, namun saat cuaca buruk maka dilarang untuk melakukan pendakian. Ada 5 jalur

pendakian di gunung ini yaitu:


1. Eorimok – Puncak Eoseoungsangak  (1,3 km)
2. Seongpanak – Puncak Dongneung (9,6 km)
3. Eorimok – Nambyeok Bungijeom (6,8 km)
4. Yeongsil – Nambyeok Bungijeom (5.8 km)
5. Kuil Gwaneumsa – Puncak Dongneung (8,7 km)

Kuil Buddhis

Di gunung Halla terdapat kuil Buddhis tertua di pulau Jeju yang bernama Gwaneumsa yang pertama kali dibangun pada masa Dinasti Goryeo. Gwaneumsa pernah dimusnahkan seperti kuil-kuil lainnya di Korea Selatan dan dibangun kembali pada abad ke-20. Di luar bangunan kuil ini terdapat sebuah monumen yang memperingati para korban pemberontakan di Jeju pada tahun 1948 dan 1950.

Gwaneumsa
Gwaneumsa


Gunung Halla terbentuk pada Zaman Cenozoikum saat terjadi letusan masif yang mengarah ke udara. Pulau Jeju ikut berubah bentuk sejak 25.000 tahun yang lalu akibat letusan tersebut. Kawasan Gunung Halla memiliki beberapa iklim yang berbeda. Puncak gunung selalu bertahan dengan iklim dingin, bagian tengah beriklim sedang dan dataran dekat pesisir beriklim subtropis. Puncak Halla diselimuti salju dalam iklim subtropis secara keseluruhan.


Danau di puncak gunung bernama Baengnokdam yang bermakna (kolam yang dihuni oleh rusa putih). Pada masa lalu gunung ini memang dihuni rusa namun kini rusa-rusa tersebut telah punah. Jenis mamalia yang masih tersisa di gunung ini adalah roebuck.

Tour Halal Korea

Bagaimana wisata ini sangat untuk anda dan keluarga atau kerabat terdekat, Pulau Jeju bukan hanya indah loh tapi bersejarah pulau jeju juga merupakan tempat wisata yang populer di korea  karena keindahan alamnya, jika anda berminat untuk berlibur ke Korea segera hubungi Cheria Halal Holiday dengan Paket Tour Halal Korea.

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Korea :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Korea Halal bersama Cheria Holiday ^O^






Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Mount Halla yang Selalu Indah, Korea