Wisatan Manado Cheria Holiday

Wisata Keren Manado


Wisata Manado adalah wisata yang sanggat populer dan menarik sekali,bagi anda yang suka berjelajah di mana pun anda pasti akan suka berwisata ke Manado, denggan pemandanggan alam yang sanggat indah dan menawan sekali loh!!.

Wisata Waruga

Waruga adalah kubur atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian. Bagian atas berbentuk segitiga seperti bubungan rumah dan bagian bawah berbentuk kotak yang bagian tengahnya ada ruan, dapat anda temukan oranamen ukiran yang menandakan status sosial, taman kubur batu ini lebih dikenal masyarakat bernama waruga.

 wisata waruga
 Wisata Waruga

Banyak objek wisata situs purbakala kubur batu waruga yang dapat anda temui di minahasa antara lain di daerah Airmadidi, Rap-Rap, serta Sawangan namun wisatawan lebih mengenal desa sawangan sebagai tempat melihat obyek wisata kubur batu waruga.

Tata cara penguburan waruga telah ada pada abada ke 9 oleh leluhur minahasa tepatnya dilakukan suku Tonesea Kumelembuay. Tubuh jenazah diletakkan pada posisi menghadap ke utara. Jenaza kemudian didudukkan dengan tumit kaki menempel pada bokong dan kepala mencium lutut.

Hiasan tangkub ukiran ornamen terbentuk indah membuktikan bahwa leluhur masyarakat minahasa begitu trampil dalam mengukir pahatan batu menggunakan tangan tangan mereka. Ukiran ini tak sembarang seni pahatan tapi melainkan kelakuan dimasa hidup dari jenazah, percaya atau tidak uniknya sipemahat terampil ini adalah calon penghuni waruga yang telah dibuatnya.

Tarsius Spectrum


Cagar Alam Naemundung – Bitung Cagar alam ini terhampar dari tepi pantai sampai ke gunung gunung dan merupakan rumah bagi sejumlah flora dan fauna. Ada monyet hitam, burung maleo, ular, babi hutan, babirusa, burung rangkong, tetapi daya tarik utama diberikan oleh sejenis kera kecil (Tarsius – Tangkoko) yan melakukan aktivitasnya di malam hari. Bentuknya yang sangat kecil untuk ukuran kera membuatnya disebut kera terkecil di dunia dan menarik untuk dilihat (beratnya hanya 250 gram). Anda bisa melihatnya di koleksi Taman Nasional Naemundung – Bitung.

 Tarsius Spectrum
 Tarsius Spectrum

 Lokasinya berada di utara Bitung dan meliputi area sebesar 3.196 hektar. Perjalanan ke tempat ini mungkin cocok bagi para petualang karena perjalanan sampai kesana memerlukan waktu sekitar tiga jam dan akan melewati satu kawasan berpasir dengan jalan berbatu. Tapi bagi mereka yang siap untuk melakukan perjalanan seperti ini, daya tarik hutan menunggu.

Taman Nasional Bunaken


Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado - Sulawesi Utara Di sini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua ( Mantehage dan Siladen ). untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam kedalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.


 Taman Nasional Bunaken


Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar 25 - 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken.

Yang menyukai scuba diving, tempat ini adalah salah satu tepat terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada sekitar 20 titik yang bisa digunakan untuk penyelaman, dimana Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berenang kedalam laut dengan disekelilingi beragam biota laut yang sangat mempesona. Pada tahun 2005 Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNIESCO.

Bukit Kasih


Masyarakat Sulawesi pada umumnya, dan masyarakat Minahasa pada khususnya mempraktekkan sebuah semboyan dalam kehidupan kesehariannya. Semboyan itu berbunyi “Torang Samua Ba’saudara”, yang artinya “Kita semua bersaudara”. Semboyan ini juga tercermin pada satu tempat wisata yang juga sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tempat wisata tersebut adalah sebuah bukit wisata rohani, sebuah bukit yang berada di kaki Gunung Soputan, bernama Bukit Kasih.

Bukit Kasih
 Bukit Kasih   

Di dekat pintu masuk kompleks wisata ini, Anda akan menemui sebuah monumen Tugu Toleransi. Dinamai Tugu Toleransi karena tugu ini berbentuk segi lima, dan disetiap sisinya tedapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat Kitab Suci dari masing-masing agama. Tugu Toleransi merupakan monumen pengingat akan kehidupan yang saling bertoleransi antar umat beragama.

Area wisata Bukit Kasih berada di wilayah sumber belerang, sehingga ketika beralan-jalan Anda akan menemui beberapa kawah yang akan Anda lintasi. Akan tetapi, pemAndangan di sekitar bukit ini sangat asri dan hijau. Anda bisa menyaksikan beberapa bukit nan hijau yang mengitari tempat wisata ini.

wisata wolan


Bagi Anda yang suka dengan wisata kerajinan, Desa Woloan sangat cocok untuk dikunjungi, karena desa ini sudah sangat terkenal di Nusantara dan Mancanegara karena rumah kayunya. Terkenalnya rumah kayu tersebut di kancah dunia internasional tidak luput karena memang kerajinan tersebut unggul baik dari segi kualitas dan nilai jual. Beberapa rumah kayu tersebut selain digunakan untuk rumah pribadi, juga difungsikan untuk cottage atau bungalow bagi para pengusaha wisata.

 wisata wolan
 wisata wolan

Untuk bahan baku kayu sebagian besar didatangkan dari Palu, Sulawesi Tengah. Namun ada juga yang didatangkan dari Sulawesi Tenggara. Jenis kayu untuk pembuatan rumah kayu tersebut yaitu kayu cempaka dan meranti. Kayu cempaka mempunyai ciri khas berserat lurus, liat, tidak mudah patah, dan memiliki tekstur yang halus, begitu juga dengan kayu.

desa pulutan


Desa Pulutan adalah desa dengan luas kurang lebih 247 hektar, dimana masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai pengrajin kerajinan gerabah keramik. Berbagai kerajinan gerabah keramik yang dihasilkan para pengrajin di desa Pulutan seperti belanga, porno (sebutan warga Minahasa untuk tungku), vas bunga dengan berbagai macam corak dan ukuran, maupun berbagai macam kerajinan yang bisa menjadi dekorasi rumah.

desa pulutan
desa pulutan
Adapun bahan baku yang digunakan masyarakat untuk membuat kerajinan ini di desa Pulutan pada umumnya adalah tanah liat dan sisanya menggunakan kaolin,pelfar dan talk.


Bagi anda yang sanggat suka berwisata anda harus mencoba berwisata ke Manado denggan keluarga tercinta anda,wisata ini sanggat menarik perhatian anda dan keluarga anda,dan sekaranng cheria holiday menghadirkan paket tour manado.


salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami

» Thanks for reading Wisatan Manado Cheria Holiday