Tempat Wisata Turki Ini bisa Membuatmu Ketagihan

Tempat Wisata Turki Ini bisa Membuatmu Ketagihan

Mencari tempat liburan sekaligus belajar sejarah peradaban di Turki, kenapa tidak ? ajak sanak keluarga dan orang tercinta untuk menikmati indahnya liburan dan mengenal banyak peradaban di negara besar  kawasan Eurasia.

BURSA


Bursa terletak di Turki bagian barat, ditepian laut Marmara yang memisahkannya dengan Istanbul. Bursa juga merupakan wilayah Turki yang berada di tanah Benua Asia. Bursa juga menjadi destinasi favorit turis karena menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Kota Bursa, Banyak tempat tempat bersejarah yang bisa dikunjungi disana. Seperti mesjid-mesjid yang menjadi tujuan wisata, seperti Masjid Agung Bursa (Ulu Cami) yang merupakan mesjid terbesar di Turki.

bursa
bursa 
Green Mosque, Emir Sultan Ildirim Bayezit Cami, dan Orhan Cami. Selain dari itu, kota Bursa konon juga merupakan asal muasal dari Kebab Turki yang terkenal itu. Dan di Kota Bursa ini juga, menjadi tempat peristirahatan terahir pendiri Emperium Usmaniyah, Osman dan putranya Orhan Gazi.


LAUT MARMARA


Laut Marmara ialah laut pedalaman yang menghubungkan Laut Hitam ke Laut Aegea, dan memisahkan Turki Asia dengan Turki Eropa. Selat Bosporus menghubungkannya ke Laut Hitam dan Selat Dardanella ke Laut Aegea. Luasnya 11,350 km² dengan kedalaman terbesar mencapai 1.370 m. Ada 2 kelompok pulau utama yang dikenal sebagai Pulau Pangeran dan Pulau Marmara(termasuk Avşa dan Paşalimanı).

laut marmara
laut marmara 

BURSA – TROY – KUSADASI



ULUCAMI GRAND MOSQUE


Masjid Agung Bursa atau Bursa Grand Mosque atau Bursa Ulu Cami adalah masjid tua yang berada di kota Bursa. Lokasi masjid ini berada di Atatürk Boulevard di kawasan kota tua Bursa. Dibangun dengan perpaduan gaya Seljuk - Usmaniyah, pada tahun 1396 hingga tahun 1399, atas perintah dari Sultan Yıldırım Bayezid I. Rancangan dan pembangunan masjid ini dilaksanakan oleh Arsitek Ali Neccar di tahun 1396–1399.
Bursa Grand Mosque
Bursa Grand Mosque
Pembangunan masjid ini merupakan janji dari Yıldırım Bayezid I pada saat memenangkan perang Battle of Nicopolis in 1396 Masjid Agung Bursa merupakan masjid terbesar di Bursa sekaligus merupakan landmark arsitektur Seljuk karena memang menggunakan begitu banyak elemen dari arsitektur dinasti Seljuk yang sangat kental, dan pembangunannya pada Era awal emperium Usmaniyah. 

Badan dunia UNESCO telah memasukkan Masjid Agung Bursa (Ulu Cami) ke dalam daftar warisan budaya dunia di tahun 2014 dengan menyebut Masjid Agung Bursa sebagai salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam. Ada dua puluh kubah dibagian atapnya yang menjadi ciri khas masjid ini. kubah kubah tersebut terdiri dari empat baris, masing masing baris terdiri dari lima kubah, ditopang oleh 12 tiang persegi empat yang juga berukuran sangat besar.

Bagian yang cukup unik dari masjid Agung Bursa ini adalah, adanya tempat wudhu di dalam masjid, yang dalam Bahasa setempat disebut şadırvan. Letaknya setelah melewati pintu utama dibawah kubah kaca yang juga menjadi sumber cahaya matahari yang lembut ke dalam ruangan masjid.

GREEN MOSQUE


Masjid Hijau atau Green Mosque ini dibangun oleh Sultan Mehmed I Celebi dan selesai pada Desember 1419 atau lebih tepatnya pada bulan Januari 1420. Green Mosque ini merupakan sebuah perpaduan sempurna antara arsitektur serta dekorasi, bukti bahwa karya-karya yang ada di dalam Masjid Hijau atau Green Mosque ini merupakan seni yang diproduksi di negara di mana bertemunya berbagai macam pengaruh serta peradaban yang ada.

Green Mosque
Green Mosque

Seperti perkomplekan masjid di Turki pada umumnya, Masjid Hijau atau Green Mosque ini memiliki Turkish Bath dan juga Madrasah sebagai penunjangnya. Sekitar 100 meter jarak dari masjid itu. Juga dikelilingi oleh halaman persegi panjang dan beranda dengan kubah, madrasah berisi pusat pelatihan dan kamar bagi siswa. Masjid Hijau ini merupakan masjid megah dengan kapasitas dua ribu orang. Masjid Hijau adalah contoh yang paling indah perpaduan antara kayu dan pengerjaan marmer, kaligrafi dan ornamen di wilayah Anatolia ini.

GREEN TOMB


Tidak jauh dari kawasan hijau terdapat pula sebuah bangunan yg berisikan makam, bangunan tersebut dinamakan dengan Green Tomb (Yesil Turbe). Bangunan tersebut menjadi trademark kota Bursa. Di dalamnya terdapat beberapa makan yaitu makam sultan Mehmet I dan Sultan ke-5 dinasti Ustmaniyah. Bangunan ini memakai keramik gaya klasik sehingga memberikan kesan yang menawan, dengan jendela kayu tertutup dengan mahkota kaligrafi, mihrab di Green Tomb (Yesil Turbe) ini dipasang keramik dengan motif seperti batik tersusun rapih dan berwarna hijau, biru, coklat dan kuning.
Green Tomb
Green Tomb


SILK MARKET


Toko ini memiliki beragam syal sutra dan sutra. Pemiliknya meluangkan waktunya untuk menjelaskan sutra, campuran sutra (seperti sutra dan bambu, atau dengan wol). Lalu mengeluarkan nomor untuk menunjukkan ke setiap pelanggan. Bila berminat bisa menegosiasikan harganya.


Silk Market
Silk Market 


PATUNG KUDA TROYA


Patung kuda troya yang terdapat di Turki tersebut merupakan sebuah bukti sejarah, kalau perang troyamemang pernah terjadi di masa lalu. Patung kuda tersebut masih berdiri dengan gagah di salah satu kota bernama Canakkale, yang ada di negara Turki. Patung yang merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Perang Troya tersebut cukup menarik perhatian masyarakat dunia, sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing.
Patung Kuda Troya
Patung Kuda Troya

Pembuatan patung kuda Troya tersebut bukanlah tanpa alasan. Ada sejarah mengerikan yang melatarbelakangi pembuatannya. Sejarah yang dimaksud adalah sejarah tentang Perang Troya. Perang Troya ini merupakan salah satu perang terdasyat yang pernah terjadi dalam sejarah peradaban Yunani Kuno. Perang ini terjadi antara Bangsa Yunani yang dikenal sebagai Bangsa Akhaia dengan sebuah bangsa yang mendiami sebuah kota bernama Troya.


KUSADASI


Kusadasi merupakan kota resor di pesisir di Provinsi Aydin di kawasan Aegean Turki. Tempat ini menjadi kawasan resor popular untuk berlibur terutama bagi para wisatawan dari Eropa Utara dan Barat. Memiliki 50.000 penduduk dengan jumlah yang meningkat pada musim sibuk sekitar Mei hingga Oktober. Kusadasi mendapatkan namanya dari bahasa Turki yang berarti “Pulau Burung”, dan memiliki Pigeon Island yang terhubung ke pulau utama.

Kusadasi
Kusadasi


KUSADASI – EPHESUS – PAMUKKALE


LEATHER FACTORY OUTLET



Di sini kita akan disambut dengan fashion show terlebih dahulu, yang dibawakan oleh beberapa model yang ganteng dan cantik, sambil memperagakan jaket-jaket kulit. Seperti layaknya fashion show sebenarnya, tiap jaket dipasang nomor-nomor tersendiri, sehingga jika kita tertarik, kita bisa tinggal menyebutkan nomor nya saja. Atau jika tidak ada yang cocok, bisa melihat ratusan jaket kulit yang sudah terpajang di toko mereka. Tinggal pilih, dan kalau cocok harganya, tinggal bungkus. Harga paling murah sekitar US$ 500.
Leather Factory Outlet
Leather Factory Outlet 


EPHESUS


Ephesus pada awalnya adalah kota Yunani kuno, namun kemudian direbut dan mengalami kejayaannya pada masa kerajaan Romawi. Sejarahnya kota ini pernah hilang akibat gempa bumi, namun kemudian dibangun kembali dan menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi jika sedang berkunjung ke Turki. Adalah Kota Selcuk di Provinsi Izmir yang beruntung memiliki situs reruntuhan kota kuno ini. Celsus Library dan Grand Theatre adalah dua dari sisa bangunan yang masih berdiri.
Ephesus
Ephesus
Celsus Library dahulu kala adalah sebuah perpustakaan dan konon merupakan perpustakaan terbesar ketiga pada masanya. Bangunan ini memang sudah tidak utuh, namun bentuk depan dengan pilar- pilarnya masih berdiri kokoh dengan megah. Grand Theatre terletak di punggung sebuah bukit, teater ini berbentuk setengah lingkaran dengan undakan-undakan tempat duduk layaknya stadion dan di bagian tengahnya terdapat sebuah tempat panggung pementasan. Teater ini selain sebagai tempat pertunjukan seni dan pementasan drama juga merupakan balai pertemuan serta adu gladiator dengan binatang khas dinasti Romawi.

ISA BEY MOSQUE


Masjid ini mungkin tak sepopuler masjid lainnya, tapi biasanya banyak juga wisatawan muslim yang menyempatkan diri berkunjung ke sini lantaran penasaran dengan sejarah dan bentuk arsitekturnya yang unik. Masjid Isabey dibangun pada tahun 1374 dan merupakan salah satu karya tertua serta paling menarik dalam sejarah seni arsitektur peninggalan Beylik Anatolia.
Isabey Mosque
Masjid ini terletak di antara Gereja Santo Jean dan Kuil Artemis di pinggiran Bukit Ayaslug di Selcuk, Izmir, yang dahulunya Efesus, Turki Terdapat dua pintu masuk pada masjid ini. Satu di timur dan satu lagi di barat. Dinding baratnya dihiasi ukiran tulisan dan bentuk-bentuk geometri. Sementara dindingnya dibangun dari bebatuan marmer. Karena usianya yang sangat tua, beberapa bagian masjid ini sudah tidak utuh alias rusak. 

Salah satunya, menaranya yang di sebelah barat kini sudah hancur seluruhnya. Mihrab masjid ini pun kabarnya telah dipindahkan ke masjid lain.


COTTON CASTLE


Pamukkale dalam bahasa turki berarti Benteng Kapas dan mudah dilihat kenapa dikasi nama kaya gitu. Keajaiban geologi ini juga merupakan situs kota kuno Hierapolis dan selama berabad-abad keduanya telah melebur menjadi satu. Faktanya kuburan tua di kota ini telah menjadi bagian dari pemandangan alam. Situs ini merupakan serangkaian dari travertine dan sumber air panas. Travertine disini memiliki tampilan yang tipis dan berwarna putih memberikan kehalusan disekitarnya.
Cotton Castle
Cotton Castle
Sumber air panas mengendapkan karbonat pada permukaan dan menghasilkan tampilan stuktur aneh. Dilihat dari atas jurang atau kejauhan, kolam travertine ini seperti sederet kolam renang raksasa yang terbuat dari kapur. Situs ini tidak cuma punya satu sumber air panas tetapi ada 17 sumber dengan variasi temperatur dari hangat sampai panas banget seperti air mendidih. 

Salah satu keanehan dari Pamukkale adalah bangunan-bangunan kuno yang setengah terkubur oleh endapan kalsium karbonat selama seribu tahun. Hierapolis adalah kota spa Yunani kuno, yang terkenal karena kemakmurannya selama berabad-abad. Kota ini mulai ditinggalkan sepenuhnya pada abad ke-14. 

Meskipun sudah ditinggalkan dan menjadi kota tak berpenghuni, Pamukkale dikunjungi oleh banyak turis setiap tahunnya untuk menikmati kolam air dan keindahan alam di musim semi. Travertine, terbentuk sebagai air terjun kecil di atas tebing, 12 mil sebelah utara Denizli, dan menjadikannya sangat spesial.


PAMUKKALE – KONYA – CAPPADOCIA


KONYA



Konya adalah kota yang identik dengan tokoh sufi besar – Mevlana. Merupakan kota yang dihuni pertama kali dalam sejarah umat manusia, dan masih memiliki jejak sejarah dari peradaban kuno yang memberikannya atmosfer sebagai kota museum. Karena lokasinya di tengah-tengah padang tandus Anatolia, kota ini menjadi salah satu pusat perdagangan penting di Jalur Sutera.


Konya
Konya
Tanahnya yang subur di sekitar kota menjadikan Konya pusat industri gandum di Turki, dengan skala industri pertanian yang besar. Kental akan tradisi, kota ini adalah tempat paling konservatif dan religius di Turki dan terkenal sebagai rumah dari Jalaludin Rumi, sufi mistis yang menemukan Whirling Dervish (Tarian Darwis). 

Saat ini masih menjadi pusat pembelajaran dan pengajaran sufi dan salah satu atraks wisata utama yang wajib dikunjungi adalah Melvana Museum, yang dahulu digunakan sebagai pemondokan para darwis.


MEVLANA MUSEUM


Jalaludin Rumi atau nama lengkapnya Maulana/ Mevlana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri adalah sang pujangga sufi dari tanah Persia. Selain penyair dia juga tokoh sufi yang berpengaruh di zamannya. Lahir pada 30 September 1207 Masehi di Balkh sebuah kota kecil di kota Khurasan, Afghanistan dan meninggal pada 17 Desember 1273 Masehi di Konya ,Turki. Tempat dimana Rumi mendirikan sekolah dan tempat dimana kemudian beliau dimakamkan itulah kemudian didirikan museum Mevlana.
mevlana museum
mevlana museum
Museum ini juga disebut Istana Kebun Mawar atau Rose Garden karena banyak ditanam bunga mawar aneka warna. Di musim semi, akan tampak ribuan bunga mawar yang mekar dan semerbak mewangi diseluruh area museum. Di dalam museum, terdapat dapur para darwis (Matbah) dan Hurrem Pasha. Makam terletak di sisi kanan. Di sisi kiri adalah 17 bilik darwis yang berjejer dan ilustrasi Rumi yang sedang berdiskusi dengan sahabatnya. 

Konon, Rumi bisa menghabiskan waktu berhari-hari lamanya untuk berdiskusi dan dari diskusi itu menghasilkan ide-ide karyanya. Disebelah kiri, terdapat koleksi Masnavis (buku puisi yang ditulis oleh Mevlana), Al-Quran dan sajadah bergambar, juga sebuah kotak tertutup kaca berisi jenggot nabi Muhammad, SAW. Satu philosophy dari Mevlana Rumi yang akan terus teringat adalah bahwa manusia terlahir untuk mati, jadi berbuat baiklah kita kepada semua orang.

SULTANI CARAVANSERAI


The Sultanhani Caravanserai, peninggalan Kesultanan Turki Saljuk ini dikenal sebagai caravanserai terbesar di Anatolia, Turki. Bangunan yang mempertemukan para pedagang di masa lalu ini menarik minat wisatawan. The Sultanhani Caravanserai ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama dipergunakan ketika musim panas tiba. Bagian lain dikhususkan untuk musim dingin. Luas bagian pertama mencapai 4.868 meter persegi dan memiliki sebuah masjid kecil.
 The Sultanhani Caravanserai
The Sultanhani Caravanserai
Pada era Seljuk, caravaserai ini mencapai puncak kejayaannya. Namun, ketika pergantian kekuasaan di Turki Ustmani tak lagi memanfaatkan caravanserai ini. Kejayaan itu pun meredup. Namun, sisa sisa kejayaan masih terlihat, Banguna inilah cermin murni gaya arsitektur era Seljuk.


CAPPADOCIA


Cappadocia adalah tempat yang sangat unik dan bersejarah. Tempat ini memiliki bangunan tempat tinggal di bebatuan yang terproses secara unik dan terlihat alami. Rumah, restoran, museum dan hotel berada tersembunyi di dalam batu-batu tersebut. Para wisatawan bisa merasakan pengalaman tinggal di cappadocia dengan menyewa bungalow atau hotel yang jumlahnya sangat banyak.
Cappadocia
Cappadocia
Harga untuk akomodasi di Cappadocia cukup bervariasi, dari hotel yang murah sampai yang harganya mahal, di sana tersedia. Terdapat beberapa tempat yang menjadi daya tarik di Cappadocia, di antaranya adalah museum dan gereja tua yang terletak di dalam gua. Museum yang paling terkenal adalah Goreme Open Air Museum. Pengunjung harus membeli tiket seharga 20 Lira Turki (sekitar Rp 90 ribu) untuk masuk ke tempat itu.

Sementara gereja peninggalan era Konstantinopel yang terkenal adalah Forgotten Cave Churches yang terletak di lembah Cappadocia. Tempat-tempat bersejarah tersebut kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia setiap harinya. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika wisatawan berkunjung ke Cappadocia adalah merasakan naik balon udara di senja atau pagi hari. Di dua waktu tersebut, langit di kawasan Goreme akan tertutupi oleh puluhan balon udara.


PASABAG VALLEY


Cappadocia, salah satu daerah di bagian tengah Turki yang memang menyimpan sejarah dan alam yang indah. Bebatuan vulkano tersebar dimana-mana dengan bentuk beragam nan cantik. Ada yang bentuknya seperti cerobong asap (pasabag). Tapi ada juga yang menilai, bebatuan yang lancip dan diatasnya terdapat sebongkah batu bentuknya mirip seperti jamur. Pasabag Valley ini menjadi salah satu destinasi wisata di Cappadocia.
Pasabag Valley
Baik, wisatawan dari mancanegara maupun warga lokal Turki. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa menaiki unta yang disediakan oleh masyarakat setempat.


CAMEL VALLEY


Setelah terpuaskan dengan melihat bebatuan Pasabag. Anda juga bisa menyaksikan bebatuan yang berbentuk unta (Camel Valley). Sayangnya, oleh otoritas setempat batu yang berbentuk unta itu dipagari agar tidak dinaiki oleh pengunjung. Pengunjung pun hanya bisa mengabadikan momen dengan latar belakang Camel Valley.


PIGEON VALLEY


Pigeon Valley jadi salah satu lokasi wajib kunjung. Sesuai namanya, lembah ini ini dihuni oleh ribuan burung merpati. Di sini ada hiking trail yang dapat dimulai dari Uchisar atau Goreme, cocok ketika musim panas.
Pigeon Valley
Pigeon Valley

UCHISAR CASTLE


Uchisar Village adalah tempat yang memiliki titik tertinggi di Cappadocia, yaitu Uchisar Castle, yang sejatinya merupakan sebuah tebing yang diukir untuk dijadikan tempat tinggal. Akibat erosi yang terjadi, banyak tempat di Uchisar Castle yang kini tidak dapat diakses, dan malah dijadikan tempat memelihar burung merpati oleh warga lokal.

Uchisar bukan hanya seputar Uchisar Castle, karena di sini juga terdapat permukiman penduduk yang dibentuk dari bangunan-bangunan baru, termasuk adanya hotel-hotel butik mahal yang menjamur di sini.


AVANOS VILLAGE


Menuju Avanos Village, tempat produksi kerajinan karpet Turki yang sangat terkenal. Disana akan dijelaskan asal mula pembuatan karpet tersebut hingga menjadi sebuah karpet yang indah. Karpet karpet tersebut ada yang terbuat dari bahan katun, bahkan ada yang dari bahan sutera. Karpet permadani Turki diproduksi dengan dua cara, yaitu dengan mesin dan buatan tangan (handmade).
Avanos village
Avanos village
Karpet buatan tangan sangat halus dan memiliki motif yang sangat indah. Karena buatan tangan maka sangat eksklusif dan karpet satu dengan lainnya memiliki motif yang tidak sama. Apabila kita berminat, bisa langsung melakukan tawar-menawar harga.


ANKARA – ISTANBUL


ANKARA


Ankara adalah ibu kota Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Kota ini juga menjadi ibu kota Provinsi Ankara. Sebelumnya, Ankara dikenal dengan nama Angora atau Engürü. Kota terbesar kedua di Turki ini sangat penting dilihat dari sisi ekonomi dan industri. Sebagai pusat pemerintahan Turki, di Ankara terletak seluruh kedutaan besar negara-negara lain.

Ankara
Ankara
Kota ini terletak di daerah terkering di Turki dan dikelilingi daerah stepa dengan berbagai situs arkeologi dari masa Ottoman, Byzantium, dan Romawi.


ATATURK MAUSOLEUM


Mausoleum yang disebut juga Anıtkabir (makam memorial) merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk, pemimpin perang kemerdekaan Turki sekaligus pendiri dan president pertama Turki. Mulai dibangun pada 1941 di Ankara dan rampung pada tahun 1953.
Ataturk Mausoleum
Ataturk Mausoleum
Terdapat empat bagian utama di Anitkabir, yaitu :
1. Jalan Singa (Road of Lions)
2. Alun-alun (Ceremonial Plaza)
3. Aula Kehormatan (Hall of Honor)
4. Taman Perdamaian (Peace Park)

Mausoleum Ataturk juga menyimpan berbagai memorabilia hasil karya Ataturk, perpustakaan pribadi, sejumlah dokumen, koin, buku, dan mobil.


ISTANBUL


Kota Istanbul terletak di wilayah Marmara, termasuk bagian Benua Eropa, tepatnya di perbatasan antara Eropa dan Asia. Posisi ini menjadikan Istanbul sebagai pintu gerbang Asia menuju Eropa atau sebaliknya. Selain itu, kota itu berada di antara Selat Bosporus, Laut Marmara, dan Tanjung Emas (Golden Horn), tiga perairan yang membuat kota ini begitu hidup dan indah.

Istanbul
Istanbul
Istanbul dahulu bernama Konstantinopel (Constantinople) yang dibangun oleh suku bangsa Negaria pada 650 SM. Pada 330 M Kaisar Konstantin I mengganti namanya menjadi Roma Nova yang kemudian diganti lagi menjadi Konstantinopel. Pada 1922, yakni ketika dihapusnya kesultanan Turki Usmani, nama Konstantinopel diganti dengan Istanbul.


ISTANBUL “CITY TOUR”


AL FATIH CAMII


Sebagaimana diketahui, Masjid Muhammad Al Fatih atau Fatih Camii (bahasa Turki), dikenal sebagai kompleks masjid besar. Masjid itu dikenal menjadi pusat sebuah kulliye (kompleks) yang luas, terdiri berbagai kegiatan, pusat lembaga pendidikan, klinik, rumah sakit, dapur umum, pasar hingga makam. Salah satunya kemudian menjadi tempat peristirahatan Sultan Al Fatih.


Alfatih camii
Alfatih camii
Selain itu, Sultan Al Fatih juga mendirikan sebuah kompleks imaret (sebuah kawasan terpadu yang menyatukan kegiatan keagamaan dan kesejahteraan umum). Di era Utsmaniyah, tradisi membangun imaret itu sudah menjadi darah daging. Usman Nuri Ergin, peneliti sejarah Turki, menuliskan bahwa imaret itu berisikan masjid, madrasah, rumah sakit, tempat makan, wisma tamu, makam, puri, bahkan minaret. Semua dimanfaatkan untuk umat.


MAKAM SULTAN AL FATIH


Terdapat pemakaman (turbe) yang cukup luas tak jauh dari Masjid al-Fatih. Terdapat nama tokoh yang dimakamkan di pemakaman ini, di antaranya adalah Ibu dari Sultan Mahmud II, yaitu Naksh-i Dil Sultana. Terdapat pula pemakaman di belakang bangunan Masjid al-Fatih. Di antara tokoh yang di makamkan di pemakaman ini adalah Sultan Muhammad al-Fatih dan istrinya, Gulbahar Hatun.

Makam sultan Al fatih
Makam sultan Al fatih
Makam Sultan muhammad al-Fatih terlihat sangat indah dengan interior yang dihiasi dengan hiasan mewah. Sedangkan makam Gulbahar Hatun terlihat cukup sederhana. Selain itu, terdapat pula beberapa makam pejabat negara terkemuka, seperti Usman Nuri Pasya.

BLUE MOSQUE


Mesjid ini disebut “mesjid biru” karena kubah penutupnya berwarna biru. Bangunan ini berada di Istambul Turki dan dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609 dan selesai pada 1612. Sultan Ahmed membangun Masjid Biru untuk menandingi bangunan Hagia Sopia buatan kaisar Bizantium yaitu Constantin I, Hagia Sopia berada satu blok dari Masjid Biru.

Blue Mosque
Blue Mosque
Hagia Sopia dulunya adalah Gereja Bizantium sebelum jatuh ke daulah Turki Otoman pada tahun 1453 M . Masjid Biru memiliki 6 menara, diameter kubah 23,5 meter dan tinggi kubah 43 meter, kolom beton berdiameter 5 meter. Masjid ini adalah satu dari dua buah masjid di Turki yang mempunyai enam menara, yang satu lagi berada di Adana.  

Kabarnya, akibat jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekkah saat itu, Sultan Ahmad mendapat kritikan tajam sehingga akhirnya beliau menyumbangkan biaya pembuatan menara ketujuh untuk Masjidil Haram. Yang menarik, sebuah rantai besi yang berat dipasang di atas pintu gerbang masjid sebelah barat. Di masa lalu, hanya Sultan yang boleh memasuki halaman masjid dengan mengendarai kuda, dan rantai ini dipasang agar Sultan menundukkan kepalanya saat melintas masuk agar tidak terantuk rantai tersebut. Ini dimaksudkan sebagai simbol kerendahan hati penguasa di hadapan kekuasaan Ilahi.

TOPKAPI PALACE


Istana Topkapi adalah tempat tinggal para Sultan Ottoman selama kurang lebih 400 tahun. Istana megah ini terletak di suatu puncak bukit di Istanbul, kota terpenting di Turki. Saat ini menjadi salah satu atraksi wisatawan yang paling diminati. Di dalamnya tersimpan sejumlah relik suci Islami, termasuk jubah dan pedang nabi Muhammad. Istana ini dibangun atas perintah Sultan Mehmed II, dimulai pada tahun 1459. Selama berabad-abad kompleks istana ini mengalami ekspansi.

Topkapi Palace
Topkapi Palace
Terdapat empat halaman utama dan beberapa bangunan kecil seperti mesjid, rumah sakit, toko roti, dan tempat pembuatan koin di dalamnya. Konon istana ini pernah menampung empat ribu orang Setelah masa kekaisaran Ottoman berakhir pada 1921, istana Topkapi dijadikan museum oleh pemerintah Turki. Ratusan ruangan dapat dilihat oleh para wisatawan untuk menikmati arsitektur yang didominasi gaya Timur Tengah, koleksi porselen, senjata, kitab-kitab Islami, mural, lukisan, serta perhiasan peninggalan Ottoman. Istana Topkapi telah diresmikan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1985.


HIPPODROME


Awalnya merupakan tempat pacuan kuda terbesar di dunia yang bisa memuat sampai 100.000 penonton. Di era Byzantium, Hippodrome juga difungsikan sebagai tempat berbagai upacara, kegiatan sosial, olahraga, dan pusat aktifitas utama selama lebih dari 1.000 tahun. Kini area di sekitar tempat yang dulunya adalah Hippodrome yang sempat terlantar, sudah menjadi sebuah taman umum dan berisi 3 monumen yang tersisa.

Hippodrome
Hippodrome
Salah satunya yang boleh dibilang sebagai landmark tempat ini adalah sebuah obelisk setinggi sekitar 25 meter, dibawa ke Istanbul oleh Kaisar Roma pada abad 4 Masehi. Dulunya obelisk ini dipindahkan dari kuil Karnak di Thebes (sekarang Luxor). Pada obelisk dari batu granit tersebut terdapat ukiran Kaisar Theodosius dan keluarganya yang sedang menyaksikan pacuan.


HAGIA SOPHIA


Salah satu bangunan dengan sejarah panjang di Turki adalah Hagia Sophia. Setelah sempat menjadi gereja dan masjid, Hagia Sophia kini menjadi museum. Banyak bangunan yang akhirnya berubah fungsi. Sebab, Kekaisaran Romawi yang termasuk umat kristiani sudah banyak membangun gereja di Istanbul. Saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II pada hari 27 Mei 1453 dan memasuki kota itu, Mehmed II turun dari kudanya dan pergi ke Gereja Hagia Sophia untuk mengubahnya menjadi masjid yang dikenal dengan Aya Sofia.

Hagia sophia
Hagia sophia 
Sepanjang pemerintahan Kesultanan Turki, masjid ini mengalami beberapa renovasi, terutama di bagian corak dan gaya bangunan agar sesuai dengan masjid pada umumnya. Salah satunya adalah mengganti tanda salib di puncak kubah dengan hiasan bulan sabit. Sampai pada tahun 1937, Mustafa Kemal Atatürk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum. Pada saat itu, mulailah proyek renovasi kembali Hagia Sophia dengan cara mengerok dinding dan langit-langit dari cat-cat kaligrafi hingga ditemukan kembali lukisan-lukisan sakral Kristen.

GRAND BAZAAR


Grand Bazaar adalah pasar terbesar dan tertua di dunia yang diramaikan oleh lebih dari 4.000 toko. Terletak di Istanbul, pasar yang menguasai 60 jalanan ini sehari-harinya dikunjungi oleh setidaknya 250.000 orang. Pembangunan Grand Bazaar dimulai pada 1455 dan dibuka untuk umum sejak 1461. Perhiasan, rempah-rempah, karpet dan pecah belah merupakan barang dagangan yang paling populer di sana.

Grand Bazaar
Grand Bazaar
Meskipun telah mengalami kerusakan akibat sepuluh kali kebakaran dan dua kali gempa bumi, pasar ini berhasil diselamatkan. Hingga kini terdapat dua mesjid, empat air mancur, sejumlah rumah makan dan kafe yan telah melengkapi fasilitas di pasar ini. Selama berabad-abad para pengunjung Istanbul tidak pernah bosan meluangkan waktu ke pasar yang menyerupai kota di dalam kota ini. Suasana yang eksotis dan barang dagangan yang dijajakan di sana sangat memikat.

BOSPHORUS CRUISE


Di dermaga banyak sekali yang menwarkan tiket Bosphorus Cruise. Ada short circle cruise. Ada juga Full Bosphorus Cruise yang melintasi jarak lebih jauh, dan juga Sunset Cruise untuk bisa menikmati sunset sembari menikmati selat ini. Di atas kapal para penumpang bisa menyaksikan beragam landmark dan bangunan berarsitektur khas eropa, asia, bahkan mediterania. Pemandangan mengagumkan seperti ini akan terus ‘bermunculan’ mulai dari sisi utara bosphorus maupun di bagian sebelah selatannya.

Bosphorus Cruise
Bosphorus Cruise

Tour halal turki

Ingin menikmati indahnya panorama keindahan alam istanbul dan melihat langsung segala sejarah peradaban turki, berkunjung ke Angkara ibukota turki serta melihat tempat sejarah ditopkapi palac yang pernah dihuni oleh para Sulthan. Cheria Holiday mempunyai paket menarik untuk membantu perjalanan anda dengan Paket Tour Turki.

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Tempat Wisata Turki Ini bisa Membuatmu Ketagihan