Wisata Histori 3 Agama di Yerusalem

Wisata Histori 3 Agama di Yerusalem


Yerusalem saat ini telah menjadi ibukota Israel yang menjadi destinasi wisata terkenal karena memiliki sejarah panjang tentang beberapa agama yaitu Islam, Kristen, dan yahudi. Banyak orang \ yang melakukan ziarah agama setiap tahunnya sehingga Yerusalem diberi julukan Kota Suci atau Holy Land.  Artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kota Yerusalem.

1. Gunung Sion


Yerusalem merupakan ibukota dari Israel yang juga salah satu destinasi wisata terkenal di Israel dan dapat menarik orang-orang yang hendak melakukan ziarah agama tiap tahunnya. Yerusalem juga memiliki sebutan Kota Suci atau Holy Land.  Ketika zaman Romawi dan Yunani, gunung Sion termasuk bagian dari Old City yang berada di luar kota Yerusalem. Menurut cerita, Gunung Sion ini berhubungan dengan alkitab orang Israel. Umat Kristen dan Yahudi sering mendaki bukit tersebut untuk membaca alkitab dan mempelajarinya secara bersama sama di puncak bukit.

2. Gereja St. Anna


Bangunan yang besar dan arsitektur yang indah dibangun untuk Anna dan Joachim yang menurut tradisi bahwa mereka tinggal di tempat ini dan menjadi tempat lahir Virgin Marry (putri dari Anna). Gereja St. Anna adalah peninggalan masa perang salib dan tergolong bangunan paling utuh (tahun 1142).  Gereja ini lebih banyak digunakan untuk wisata religi bagi umat kristen.

Letaknya berada di samping kanan gerbang Singa atau St Stefanus. Orang yang berziarah bisa melihat bangunan yang berukuran besar milik Kongregasi Imam Putih. Bangunan itu diakui secara resmi sejak tahun 108 dan dibangun untuk menyiapkan calon imam yang dikirim ke daerah misi. Saat Perang Salib terjadi di Yerussalem, gereja itu dihancurkan namun dibangun kembali pasca perang berakhir.

3. Kota Tua Yerusalem


Anda bisa melihat banyak bangunan bersejarah di kota tua Yerusalem seperti museum dan kitab agama samawi yerusalem yang disertai pemandangan indah. Kota ini juga menjadi kota suci terutama bagi agama kristen dan Yahudi namun memiliki nilai sejarah islam. Berbagai macam konflik dan perselisihan terjadi di kota ini namun umat-umat dari 3 agama yakni islam, kristen dan yahudi menghormati kota suci ini.

Yerusalem
Yerusalem


Kota ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian wilayah untuk umat kristen, yahudi dan islam. Kota tersebut dikelilingi oleh tembok batu yang kokoh dan masing-masing wilayah agama dibatasi dengan bangunan tembok tersebut..

4. Tembok Ratapan


Tembok Ratapan West Wall merupakan lokasi suci bagi umat yahudi dan sebagian nasrani. Saat berkunjung ke sana, Anda akan lihat banyak orang yang berdoa sampai menangis histeris karena teringat akan dosa-dosa yang pernah diperbuatnya terutama kaum yahudi yang menganggap tempat ini memang tempat ibadah.

Tembok Ratapan
Tembok Ratapan


Tembok ratapan ini dekat dengan western wall tunnel berupa tembok yang dipenuhi lorong-lorong seperti rumah sakit.  Kaum yahudi biasanya menyelipkan kertas berisi permohonan di tembok ratapan ini.

5. The Western Wall Tunnels

The Western Wall Tunnels
The Western Wall Tunnels


Terowongan barat ini sering membuat orang salah kaprah karena terowongan ini dianggap bisa merubuhkan masjid di atasnya namun saat sudah mengunjunginya maka Anda akan anggap hal itu tidak benar. Anda akan menyaksikan terowongan tersebut memiliki pondasi yang cukup kuat sehingga tidak akan runtuh dengan mudahnya. Pada bagian ujung terowongan terdapat sebuah tempat untuk menyaksikan proses pembangunan terowongan ini pada masa lalu dengan rekayasa sains dan animasi film yang begitu menakjubkan. Pada zaman dahulu tembok tersebut dihancurkan oleh pasukan Romawi, namun ada salah satu bagian tembok yang tidak runtuh dan tetap kokoh hingga sekarang.

6. Hezekiah’s Tunnels

Hezekiah’s Tunnels
Hezekiah’s Tunnels


Hezekiah’s Tunnels membentuk saluran air yang penggaliannya di bagian bawah Kota Daud Yerusalem pada masa lalu. Terowongan ini populer karena memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan tarikh pemerintahan Hizkia yaitu Raja Yehuda yang hidup pada akhir abad-8. Terowongan ini dahulu digunakan untuk melindungi air dan dialirkan ke dalam kota pada masa Yerussalem membela diri dari tentara Asyur karena sumber air sangat terbatas. Di atas Hezkeiah’s Tunnels juga terdapat sistem pengaliran air yang mengalir ke sebelah barat kota Daud.

7. Bukit Zaitun


Pegunungan di bagian timur Yerusalem memilikii 3 puncak yang terbentang dari utara ke selatan. Pegunungan itu bernama Bukit Zaitun karena pernah ada kebun zaitun di lereng pegunungan. Di antara beberapa puncak gunung yang ada di sana maka puncak tertinggi adalah At-Tur dengan ketinggian 818 meter. Bukit ini berkaitan erat dengan agama Islam,Yahudi, dan Kristen.

8. Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa


Masjid ini dibangun oleh Al-Walid bin Abdul Malik atas perintah sang Ayah selama 4 tahun yang didesain oleh arsitek dan kontraktor yang profesional. Bangunan ini terletak tepat di tengah halaman Masjid Al-Aqsa. Ada beberapa fakta menarik tentang Dome of the rock. Keberadaan batu tersebut berhubungan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 

Dome of the rock
Dome of the rock


The Dome of Rock menurut agama Yahudi, Nabi Ibrahim menawarkan anaknya Ishak sebagai korban yang menurut agama Islam merupakan asal mula kewajiban qurban Idul Adha. Masjid Al-Aqsa bernilai sejarah dan menjadi tempat yang sangat suci bagi umat muslim. Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah dan seluruh rangkaian peristiwa isra miraj yang penting bagi umat Islam.  Masjid ini berada di kompleks bangunan lama kota lama Yerussalem. 

Tour Halal Masjidil Al-Aqso 


Penasaran ingin mengunjungi Yerusalem? Semua akan menjadi nyata jika Anda ikut wisata ke Yerusalem bersama Cheria Holiday. Tidak hanya liburan namun Anda juga bisa belajar sejarah dan agama bersama kami sambil berwisata dengan Paket Muslim Al-Aqso.

Yuk' Lihat cuplikan Paket Umroh Plus Aqsho bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Wisata Histori 3 Agama di Yerusalem