Menapaki Jejak Islam di Ningxia

Menapaki Jejak Islam di Ningxia


Mengenal sejarah perjalanan muslim di Ningxia Tiongkok menjadi salah satu destinasi menarik yang ditawarkan oleh Cheria Holiday. Saat tiba di kota Ningxia pasti Anda akan merasakan pemandangan yang berbeda. Di Bandara Yinchuan, terdapat beberapa orang yang memakai baju muslim seperti baju koko, kerudung dan kopiah putih. Pemandangan berbeda juga terlihat selama perjalanan, bangunan-bangunan seperti masjid dan beberapa rumah atau toko bertuliskan arab terlihat menjulang tinggi.

Menapaki Jejak Islam di Ningxia

Pemeluk agama Islam di Ningxia di dominasi oleh suku Hui yang merupakan keturunan dari suku Han berpadu dengan bangsa Persia dan Arab sejak zaman Dinasti Tang. Pada abad ke- 7, para pedagang Persia dan Arab mulai menguasai perdagangan Tiongkok. Dahulu para pedagang yang datang melalui Jalur Sutra menetap di Chang’an dan sekitarnya. Sedangkan jika datang melalui jalan laut menetap di daerah Quanzhou dan Zhangzhou di pesisir Fujian. Lama kelamaan mereka berasimilasi dengan suku Han sehingga memiliki keturunan suku Hui yang tersebar di seluruh Tiongkok.

Ningxia

Ningxia
Ningxia


Suku Hui termasuk suku terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Suku ini beragama Islam dan sudah tersebar di seluruh provinsi Tiongkok. Namun sebagian besar dari Suku Hui menetap di Ningxia, Hainan, Gansu, Yunnan dan Qinghai. Suku Hui mayoritas beragama Islam dan merayakan 3 hari besar Islam setiap tahun yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi. Masjid dibangun untuk menjadi tempat beribadah, berinteraksi dan bermasyarakat di kalangan Suku Hui. Gaya hidup Suku Hui benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sehingga sangat menentramkan saat melihat kehidupan mereka secara langsung.

Masjid Na Jia Hu

Masjid Na Jia Hu
Masjid Na Jia Hu


Sejak era reformasi dan keterbukaan di Tiongkok (tidak lagi komunis), kondisi umat Muslim mulai membaik. Agama Islam tumbuh subur terutama di provinsi Ningxia. Data statistik resmi menunjukkan bahwa lebih dari 20 juta warga Tiongkok beragama Islam. Pemerintah setempat terus mengawasi semua aktivitas umat Islam layaknya negara- negara mayoritas nonmuslim lainnya. Masjid Na Jia Hu di provinsi ini telah berumur 500 tahun sehingga menjadi salah satu masjid tertua di Tiongkok.

Xinjiang
Xinjiang 


Suku Hui dianggap lebih baik dalam berintegrasi ke dalam masyarakat dibandingkan suku Uighurs di Xinjiang yang berbicara dengan bahasa berbeda. Pemerintah Tiongkok mempertahankan 10 universitas negeri islam di seluruh negeri dan mengizinkan munculnya lembaga-lembaga swadaya
Islam. Supaya mendapat izin untuk menjadi imam maka perlu sertifikat dari pemerintah. Ningxia memiliki keindahan alam yang patut dikunjungi. Jadi harus ke mana di Ningxia? Pergi ke Sungai Kuning yang legendaris dan diagungkan di China harus masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Sungai ini terbentang sepanjang 5.464 km sehingga menjadi sungai terpanjang keenam di dunia. Di Ningxia, para pengunjung bisa menyusuri sungai ini di sebuah spot wisata Muslim yakni Shapotou Tourist Site. Dengan menggunakan perahu tradisional China, wisatawan akan berlayar menikmati derasnya aliran sungai, terdapat Chinese Yellow River Altar di Wuzhong yang terbentang sejauh 1 km. Arsitektur Chinese Yellow River Altar menjelaskan tentang perpaduan budaya China kuno dengan nuansa islam khas timur tengah. Perpaduan budaya ini terlihat dari gerbang yang atapnya berkubah mirip masjid. Anda mungkin akan merasa seperti bukan di China saat melihat bangunan-bangunan itu.

Gurun Pasir Shapotou

Gurun Pasir Shapotou
Gurun Pasir Shapotou


Jika Anda ingin merasakan suasana Timur Tengah di China lainnya yaitu Anda bisa mengunjungi Gurun Pasir Shapotou. Sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah bukit pasir tanpa ujung. Mungkin Anda akan merasa sedang bertualang di negeri Aladin. Para wisatawan juga bisa menikmati beragam permainan yang disediakan seperti naik unta, hingga sand sliding. Untuk memompa adrenalin maka Anda patut mencoba naik mobil off-road dan mencoba flying fox di gurun tersebut. Gurun pasir juga ada di Kota Shizuishan yang menjadi destinasi wisata Muslim lainnya yang terkenal. Anda juga bisa melihat pertunjukan sulap China di arena yang telah disediakan sambil menikmati suasana gurun pasir yang tentunya panas.

Tour Halal China


Mari berwisata dengan Cheria Holiday di Ningxia. Anda akan memperoleh pengalaman yang tak akan terlupakan dan kebahagiaan hakiki. Cheria Holiday memang terkenal dengan konsep wisata halal sehingga paket wisata yang kami tawarkan memang cocok untuk kaum muslim. Namun jangan salah, orang-orang nonmuslim juga banyak yang ikut berwisata dengan kami karena mereka merasa lebih nyaman dan aman. Paket Tour China




Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Menapaki Jejak Islam di Ningxia