Zhangye Danxia, Gunung Pelangi yang Mewarnai Hari

Zhangye Danxia, Gunung Pelangi yang Mewarnai Hari


Ada sebuah fenomena alam menakjubkan di China yang terletak di kawasan Inner Mongolia. Bahkan kenampakan alam ini terdapat dalam Al Quran tepatnya pada surat Fathir ayat 27. Apakah itu? Gunung yang berwarna-warni bernama Zhangye Danxia atau yang biasa disebut Gunung Pelangi.

The Zhangye Danxia Geological Park Nasional

Gunung Zhangye Danxia
Zhangye Danxia, Gunung Pelangi yang Mewarnai Hari

Danaxia Landform berada di tenggara dan barat daya China berupa tebing-tebing lengkung warna-warni di Kota  Zhangye, di Provinsi Gansu, China. The Zhangye Danxia Geological Park Nasional memiliki luas 510 kilometer persegi (200 sq mi) dan menjadi geopark nasional pada November 2011. Gunung pelangi ini sangat menakjubkan karena bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Tidak dapat ditemukan tumbuhan atau hewan apapun di sana karena kondisi tanahnya yang tandus.
The Zhangye Danxia Geological Park Nasional
The Zhangye Danxia Geological Park Nasional

Menurut Telegraph, warna-warni itu berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak periode Kapur sekitar 24 juta tahun lalu. Formasi batuan itu mengalami pergeseran lempeng tektonik yang membentuk pegunungan Himalaya juga. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga turut membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia.

Konon gunung ini menyediakan pola warna yang berbeda-beda tergantung kondisi cuaca dan waktu seperti siang atau sore juga memengaruhi keindahan warnanya. Sejumlah trotoar dan jalan telah dibangun untuk memudahkan para pengunjung terutama setelah UNESCO menetapkan tempat ini  dalam Daftar Warisan Dunia pada 1 Agustus 2010.

Saat pertama kali Danaxia Landform diketahui khalayak melalui foto-foto yang beredar di dunia maya, banyak yang menganggap pola pelanginya adalah hasil rekayasa komputer. Namun sekarang tempat ini menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China sehingga menghasilkan pendapatan cukup tinggi bagi penduduk Zhangye.

The Zhangye Danxia landform juga dikenal sebagai eye candy dari Zhangye. Banyak seniman mengagumi karya ini laksana lukisan sempurna di atas kanvas. Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda harus sedikit mendaki dan tidak boleh lama berada di puncak bukitnya sehingga Anda harus sesegera mungkin memanfaatkan waktu untuk mengabadikan momen indah di gunung pelangi itu.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung dalam waktu yang tepat sebaiknya Anda tidak datang di musim dingin. Zhangye Danxia terletak di tengah daerah Hexi Corridor sehingga pada musim dingin biasanya diterpa angin yang cukup kencang. Bahkan di musim panas pun, para pengunjung dianjurkan untuk membawa jaket karena temperatur udara cenderung menurun dengan drastis. Waktu terbaik untuk mengunjungi Zhangye Danxia adalah saat matahari terbenam dan saat matahari terbit karena warna pelanginya terlihat nyata dan sangat bagus.

Pancaran sinar kemerahan matahari akan membuat warna-warni Zhangye Danxia bertambah cantik. Sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca cerah karena bebatuan Zhangye Danxia tampak paling cerah dan cantik saat diterpa cahaya matahari, terlebih lagi saat sehabis hujan. Jangan lupa juga untuk membawa minuman saat berkunjung karena di daerah Zhangye Danxia tidak ada toko atau warung. Anda juga dianjurkan untuk membawa masker sebab banyak debu yang tertiup angin di kawasan tersebut.

Paket Wisata Halal Inner Mongolia


Keunikan dari pegunungan Zhangye Danxia yang membuatnya sangat indah ini sehingga wajib masuk dalam daftar tempat wisata untuk dikunjungi. Namun bingung bagaimana cara untuk pergi ke sana? Tenang saja Cheria Holiday memiliki Paket Wisata Inner Mongolia yang bisa mengantarkan Anda untuk melihat gunung pelangi.
Paket Wisata Inner Mongolia
Paket Wisata Inner Mongolia

Rasa takjub pasti akan menyertai hati Anda dan segala perasaan tidak enak di hati pasti sirna. Hanya perlu hubungi customer service kami dan voila semua akan beres termasuk pengurusan visa akan kami tangani juga. Selamat berwisata dengan Cheria Holiday!

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik China :



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Zhangye Danxia, Gunung Pelangi yang Mewarnai Hari