Taj Mahal, Pesona yang Tak Boleh Terlewatkan di India

Taj Mahal, Pesona yang Tak Boleh Terlewatkan di India


Taj Mahal dibangun dengan perintah dari Kaisar Mughal Shah Jahan. Monumen ini dibangun selama 22 tahun yaitu dalam kurun tahun 1630 hingga 1653. Taj Mahal pernah menjadi salah satu keajaiban dunia dan menjadi salah satu Situs Warisan UNESCO yang ditetapkan pada tahun 1983.

Taj Mahal begitu menyenangkan untuk dikunjungi karena keindahan dan kemegahan bangunannya. Waktu buka dan tutup Taj Mahal cukup unik, tidak ada jam yang pasti yaitu hanya tertulis untuk waktu buka saat sunrise dan waktu tutup pada saat sunset.

Taj Mahal
Taj Mahal


Tiket masuk Taj Mahal tergolong tidak mahal sehingga bisa dijangkau oleh berbagai wisatawan asing walau memang biaya untuk wisatawan asing jauh lebih mahal daripada wisatawan lokal. Turis Asing dikenakan biaya masuk sebesar 750 Rupee atau sebesar 150.000 rupiah. Sedangkan pengunjung lokal (India) hanya dikenakan biaya masuk sebesar 20 Rupee atau sekitar 4000 rupiah.

Taj Mahal terletak di tepi Sungai Yamuna yang berada di kota Agra. Setelah mendapatkan tiket masuk, Anda akan diberi sebotol kecil air mineral dan pembungkus alas kaki karena untuk masuk ke dalam bangunan dilarang menggunakan alas kaki apapun. Untuk wisatawan asing akan melewati sebuah jalur khusus yang bertuliskan (High Value Ticket)  yang artinya tiket dengan biaya mahal dan bayar murah. Ada lima bagian utama yang dimiliki oleh kompleks Taj Mahal ini yang akan dibahas pada artikel ini.

Darwaza

Darwaza
Darwaza


Para pengunjung yang ingin masuk ke bagian dalam Taj Mahal harus melewati pintu gerbang Darwaza. Pintu gerbang ini satu-satunya pintu masuk ke bagian dalam bangunan utama. Untuk menuju pintu Darwaza ini, pengunjung bisa melewati tiga pintu gerbang yaitu pintu yang berada di selatan, barat dan timur dari area bangunan.

Bageecha


Bageecha merupakan sebuah taman yang memiliki luas 300×300 meter dan cukup indah untuk dilihat sebagai pemanis area. Taman ini bisa dilihat sebelum memasuki gedung utama Taj Mahal. Masjid Bangunan masjid ini terletak di sebelah barat Taj Mahal.

Taj Mahal, Pesona yang Tak Boleh Terlewatkan di India
Taj Mahal, Pesona yang Tak Boleh Terlewatkan di India


Layaknya masjid pada umumnya, masjid ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu. Masjid ini tersusun dari batu merah yang didatangkan dari Uttar Pradesh. Naqqar Khana Bangunan ini bentuknya mirip masjid, namun tidak bisa digunakan untuk tempat beribadah karena letaknya berlawanan arah dengan kiblat.

Rauza


Rauza merupakan bangunan utama kompleks yang memiliki empat menara pada setiap sudutnya. Di dalam Rauza ini terdapat makam Mumtaz Mahal yang terletak di bawah kubah bangunan. Batu marmer putih dari Makrana menghiasi setiap bagian gedung ini dan dindingnya dihiasi oleh kaligrafi ayat-ayat suci Al-quran.

Masuk ke bangunan Taj Mahal bagaikan masuk ke masa kejayaan abadi yang dibangun dengan rasa cinta yang mendalam. Rasa cinta seorang Shah Jahan dijabarkan menjadi mozaik-mozaik yang sangat detail dan menawan. Ukiran marmer, kaligrafi, perpaduan warna dan padu padan simetris sepertinya mustahil dilakukan pada zaman dulu namun ini nyata.

Tak heran bangunan ini selalu mengundang rasa penasaran untuk dikunjungi dan decak kagum para pengunjung dari seluruh penjuru dunia yang mengunjungi Taj Mahal ini. Cobalah masuk ke dalam bangunan ini hingga ke bagian tengah tepatnya di bawah kubah utama.

Terdapat makam sang ratu yang beruntung mendapatkan cinta seorang raja yaitu Shah Jahan yang juga dimakamkan di sampingnya. Pada awalnya makam Shah Jahan tidak berada di bangunan yang sama namun akhirnya dipindahkan ke tempat yang sama dengan sang ratu agar benar-benar terasa betapa besarnya cinta mereka.

Paket Tour India

Bagaimana anda tertarik untuk melihat langsung Taj Mahal yang begitu indah dan penuh dengan sejarah, jangan lupa untuk ajak keluarga tercinta atau kerabat redekat anda dengan Paket Tour Halal India.



Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Taj Mahal, Pesona yang Tak Boleh Terlewatkan di India