Wisata - Wisata Indah di Cappadocia, Turki

Wisata - Wisata Indah di Cappadocia, Turki


Cappadocia terletak di Anatolia timur, di tengah-tengah Turki. Lokasinya di pedalaman dan dataran tinggi lebih dari 1000 m, Cappadocia memiliki iklim yang kering dan panas pada musim panas dan musim dingin bersalju. Cappadocia merupakan tujuan wisata yang populer, termasuk dalam situs world heritage UNESCO karena memiliki kondisi geologi, sejarah, dan budaya yang unik. Keunikan alamnya dengan bebatuan berbentuk fairy chimney (cerobong peri) seperti di negri dongeng.

Cappadocia memiliki beberapa kota bawah tanah, sebagian besar digunakan oleh umat Kristen awal sebagai tempat persembunyian sebelum agama Kristen menjadi agama yang diterima. Kota-kota bawah tanah memiliki pertahanan dan banyak perangkap di dalamnya terutama digunakan melawan Romawi. Perangkap ini sangat kreatif, termasuk perangkat seperti batu bulat besar untuk memblokir pintu dan lubang di langit-langit.

Goreme Nasional Park


Cappadocia dikenal dengan julukan “Land of Fairy Chimney”. Sebutan ini muncul karena ciri khas daerah ini berupa bebatuan berbentuk seperti cerobong asap atau piramida yang pipih. Bebatuan ini tak hanya bisa dilihat di dalam taman nasional, namun juga di luar taman nasional pun sangat jelas terlihat. Bebatuan ini menjadi rumah-rumah bagi penduduk lokal. Bayangkan rumah-rumah batu dengan atap yang berbentuk seperti cerobong asap. Uniknya, hingga kini masih banyak penduduk lokal yang tinggal di gua-gua batu tersebut.

Goreme Nasional Park
Goreme Nasional Park


Ada juga yang membuka restoran atau kafe di gua batu sebagai mata pencaharian, karena memang kota ini mempunyai peluang banyak sebagai daerah pariwisata. Guest house yang ada di daerah ini pun hampir semua menempati gua-gua peninggalan 3 juta tahun yang lalu.

Goreme Open Museu

Goreme Open Museum
Goreme Open Museum


Mengunjungi Goreme National Park jangan lewatkan mengunjungi Goreme Open Museum, kita dapat menyusuri kompleks Goreme Open Museum ini yang sebenarnya adalah kompleks gereja kono dan biara yang telah ada sejak abad ke 3 dan 4, disebut juga dengan Land of The Three Saints (St.Basil, St. Gregory of Nysaa, dan St Gregory of Nazianzus ) yang adalah para penyebar injil di daerah ini. Ada 11 gereja kuno yang ada di Goreme Open Museum, bukan gereja biasa karena arsitekturnya sendiri sungguhlah unik, dipahat dari batu putih khas Goreme dan di dalamnya penuh dengan lukisan dari pahatan yang diberi warna natural.

Pasabag (Monk Valley)


Diucapkan Pah-shah- bah, daerah ini terkenal dengan fairy chimney ( peri cerobong asap ) yang khas. Struktur alam yang menakjubkan adalah hasil dari erosi yang terjadi jutaan tahun yang lalu dan penduduk setempat sering menyebut batuan raksasa ini sebagai peri cerobong asap berbentuk jamur.
Menurut legenda, area ini dipercaya dihuni oleh peri yang tinggal di bawah tanah.

Pasabag
Pasabag


Sesuai namanya, pada abad ke 4 dan 5 banyak biarawan yang mengungsi dan bersembunyi disini karena Cappadocia telah menjadi komunitas monastik yang berkembang dan St Simeon adalah salah satu dari banyak biarawan yang datang. Ia hidup sebagai seorang pertama di salah satu cerobong asap yang ada disana, dan lalu kemudian tempat tersebut dijadikan kapel yang didedikasikan untuk St Simeon.

Love Valley


Area ini menawarkan pengalaman liburan yang berbeda bagi pengunjung, dari hiking, bersepeda, sampai balon udara indah berterbangan. Daerah ini mempunyai curah hujan yang jarang sehingga lembah yang berada di dataran tinggi lebih dari seribu meter tampak gersang. Di tempat ini kita akan menemukan pilar-pilar raksasa terbentuk secara alami oleh erosi batuan vulkanik.

Love Valley
Love Valley


Batu-batu raksasa ini terbentuk dari hasil letusan gunung berapi kuno sekira 9 hingga 3 juta tahun yang lalu selama zaman Miosen akhir hingga Pliosen. Material abu tebal dari letusan gunung berapi lama kelamaan memadat menjadi batuan lunak setebal beberapa meter. Lalu erosi angin dan air membuat batuan-batuan ini terkikis membentuk pilar lanskap kurucut seperti jamur dan cerobong asap yang tidak biasa.

Kota Bawah Tanah Derinkuyu

Derinkuyu
Derinkuyu 


Derinkuyu terletak di cappadocia, daerah bersejarah yang terletak di Anatolia Tengah, Provinsi Nevsehir, Turki. Wilayah ini terkenal karena lansekap yang tampak seperti permukaan bulan. Selain itu daerah ini merupakan rumah bagi kota-kota bawah tanah paling mengagumkan. Di antara sekian banyak kota bawah tanah yang ditemukan di Cappadocia, Derinkuyu merupakan salah satu yang paling besar dari yang sudah ditemukan. Kota tersebut dapat menampung hingga sekitar 20.000 orang beserta hewan ternak dan bahan makanan mereka.

Cave Hotel & Hot Air Ballons

Goreme National Park
Goreme National Park


Dua hal aktifitas yang wajib juga dilakukan ketika berada di Goreme National Park adalah menginap di hotel tradisional yaitu berbentuk goa yang dipahat dari batu putih khas Goreme. Lalu tentunya terbang dengan balon gas saat matahari terbit, saya pastikan kedua hal ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan ketika Anda berada di Goreme.

Uchisar Castle


Istana Batu di Cappadocia Turki. Uchisar Castle ini diberi nama Uchisar karena terletak di desa Uchisar, yang terletak di Nevsehir dan Goreme. Memiliki posisi yang sangat geostrategic, merupakan tempat yang mendominasi seluruh kota, istana batu yang sangat artistic dan megah ini menyajikan berbagai macam hal menarik untuk pengunjung, seperti panorama dengan landskap yang unik untuk merenung ataupun untuk berfoto.

Wisata - Wisata Indah di Cappadocia, Turki
Wisata - Wisata Indah di Cappadocia, Turki


Uchisar Castle, Istana Batu di Cappadocia Turki ini memiliki lingkungan yang sangat indah dan memberikan warna-warna yang fantastis seperti warna merah pada gunung Erciyes ada saat sunset, lembah-lembah di sekeliling Uchisar Castle yang tenang sangat menyejukkan hati, beruntung sekali bagi kamu yang sedang berkunjung ke Uchisar Castle, Istana Batu di Cappadocia Turki jika melihat pelangi, karena perpaduannya sungguh sangat menajubkan! Selain itu, untuk dapat mencapai titik tertinggi dari Cappadocia, diperlukan sekitar 120 langkah untuk sampai diatas banteng atau istana batu megah Uchisar Castle ini.

Guray Museum

Guray Museum
Guray Museum


Terletak di Avanos, setiap perjalanan ke Cappadocia tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat ini. Hal ini tidak biasa museum ini cukup istimewa di dalamnya, kita akan menemukan salah satu ruang museum yang paling spektakuler di dunia. Kuno dengan potongan keramik yang modern, serta ruang pameran, kafe, ruang kerja dan kamar mandi, untuk di kunjungi semua orang. Tempat ini benar-benar harus dilihat untuk menjadi sepenuhnya dihargai. Gua bawah tanah lapang yang luas membuat tempat yang cukup spektakuler untuk mengunjungi museum ini.

Paket Tour Halal Turki

Cappadocia memang menjadi salah satu tujuan liburan anda karena sangat banya sejaha sejaha yang sangat luar biyasa. Kali ini Cheria Halal Holiday menawarkan kepada anda Paket Tour Turki, untuk liburan akhir tahun ini dan menghabisakan momem momen indah bersama keluarga tercinta. 

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Wisata - Wisata Indah di Cappadocia, Turki