travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Umroh Plus Istambul

Umroh Plus Turki
Umroh Plus Turki

Jika Kairo mendapat julukan negeri seribu menara, mungkinkah Istanbul berhak menyandang gelar yang sama? Karena hampir sama dengan di Kairo, di seluruh daratan kota Istanbul dihiasi masjid-masjid berasitektur indah. Bentuknya juga nyaris mirip satu sama lain, memiliki kubah besar dan beberapa kubah kecil dan tentu yang menjadi ciri khasnya adalah bentuk menaranya yang lancip. Mengingatkan saya pada Masjid Muhammad Ali Pasha, Citadel Kairo. Kontur tanah yang berbukit-bukit, semakin menonjolkan bangunan masjid yang dalam bahasa Turki disebut camii.

Istanbul merupakan kota bersejarah, sebagian kota seolah masih berada di abad masa lalu karena bangunan kunonya masih cukup terjaga kecantikan dan keutuhannya. Secara geografis, kota Istanbul berada di dua lempengan benua, sebagian ikut benua Eropa sedangkan bagian lain merupakan bagian dari Benua Asia. Antara dua lempengan ini terhubung oleh jembatan yang cukup panjang.

Makanan Turki merupakan perpaduan antara barat dan timur, sebagian beroma layaknya makanan Timur Tengah dan sebagian lagi tawar seperti makanan Eropa pada umumnya. Harga makanan sangat terrgantung lokasi dan pilihan menu. Secara umum harga makanan lebih murah dari harga Eropa, namun lebih mahal dari Asia. Harga berkisar antara 4 YTL – 25 YTL (YTL = lira Turki, 1 YTL sekitar Rp.6.000,-).



Ada banyak sekali objek wisata di Istanbul, yang datanya sangat banyak tersedia di internet, namun berikut obyek wisata yang sayang sekali apabila terlewati karena indah dan menarik :
Interior Hagia Sophia



1. Hagia (Aya) Sophia : bangunan bersejarah ini sungguh sangat memiliki cerita yang panjang. Didirikan sebagai Gereja Ortodoks pada 360 Masehi dan berfungsi sebagai gereja hingga tahun 1453. Pada tahun 1453, Turki dikuasai oleh Dinasti Ottoman Turki dan bangunan Haga Sophia berubah menjadi masjid hingga tahun 1934. Pada masa itu terjadi perubahan atas beberapa bangunan gereja untuk disesuaikan fungsinya sebagai masjid, seperti pelepasan lonceng gereja, penutupan lukisan gereja (terbuat dari keramik), pemasangan mimbar, simbol dengan huruf Arab, hingga pemasangan empat menara di bangunanan luar. Setelah dinasti Ottoman berakhir tahun 1934, maka bangunan ini berubah menjadi museum. Harga tiket masuk 20 YTL.
Interior Blue Mosque

Interior Blue Mosque

2. Blue Mosque : Terletak berhadap-hadapan dengan Hagia Sophia. Masjid ini didirikan oleh Sultan Ahmed pada tahun 1609 sd. 1616. Masjid ini dikenal sebagai Masjid Biru karena ubin biru menghiasi dinding interiornya.

Di komplek masjid terdapat makam pendiri, madrasah, dan rumah perawatan. Hingga saat ini Blue Mosque masih digunakan sebagai masjid. Tidak ada tiket masuk, namun perhatikan jam waktu sholat, karena saat tiba waktu sholat maka masjid tertutup untuk wisatawan.


3. Yerebatan Cistern : Terletak di bawah tanah kota Istanbul yang berfungsi sebagai waduk pada saat jaman Konstantinopel. Nama lainnya adalah Sumur Basilika (Yerebatan Sarniçi). Ukurannya 138 meter panjang dan 64,6 meter lebarnya, meliputi hampir 1.000 meter persegi (2,4 hektar); kapasitasnya (80.000 kubik meter-lebih dari 21 juta galon) dan 336 pada kolom marmer. Dibangun oleh Justinianus setelah 532, harga tiket masuk 10 YTL. Lokasi : samping Hagia Sophia, hanya terpisah jalan.


4. Topkapi Sarayi (Palace) Museum : merupakan kediaman resmi Sultan dinasti Ottoman selama 400 tahun dengan ratusan kamar yang sebagian untuk selir Sultan, dengan pemandangan Selat Bosphorus dan laut Marmara. Istana ini dibangun oleh Mehmed II setelah memenangkan perperangan melawan Constantinopel pada tahun 1453. Dari beberapa ruangan yang terbuka untuk umum, yang paling menarik adalah kamar harta Sultan yang berisi perhiasan, baju, peralatan makan dan perang yang penuh bertaburan permata. Harga tiket masuk 20 YTL. Lokasi sekitar 500 m dari Hagia Sophia.
Bosphorus Cruise


5. Bosphorus Cruise : perjalanan menyusuri selat Bosphorus untuk meliat view selat dengan berbagai bangunan yang menarik seperti : Istana Dolmabahce Palace, Anadoluhisari (benteng dari Anatolia), Küçüksu Kasri (Istana), The Hidiv Kasri (Villa yang dibangun tahun 1900), restoran cantik tepi pantai di Tarabya. Harga tiket kapal 20 YTL. Untuk cruise ini ada beberapa operator kapal. Informasi dari travel agent, yang terbaik karena tepat waktu adalah Cruise yang berada di Port terakhir yang terdekat dengan Bridge (ada 6 port). Kapal ferinya besar, muat hingga 300 orang, 3 tingkat, dan tanpa nomor tempat duduk.

6. Hypodrome : merupakan taman kota yang dahulunya merupakan tempat pertandingan kereta jaman Constantinopel. Di Taman ini terdapat 3 batu obelisk. Terletak disamping Blue Mosque. Free tiket masuk.

Banyaknya obyek wisata di Istanbul (selain yang tersebut diatas) harus membuat kita pintar mengatur waktu dan prioritas. Untuk obyek wisata nomor 1 hingga 4 lokasinya berada di satu komplek, sehingga sangat disarankan untuk melakukan perjalanan sendiri tanpa menggunakan travel biro, selain itu menghemat biaya, dan juga karena pertimbangan kebebasan dan keleluasaan dalam waktu.

Ikuti Paket Umroh Plus Turki dengan Cheria Wisata ya ^O^

Liputan Wisata Umroh Plus Turki 2016 2017 Cheria Wisata



NOW! Paket Umroh Plus Turki Promo Desember 2016
Limited...



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Umroh Plus Istambul