Tempat Wisata Mengagumkan di Rusia

Tempat Wisata Mengagumkan di Rusia


Pernahkah Anda merencanakan untuk berkunjung ke Rusia? Atau sekedar bermimpi untuk sekali dalam seumur hidup mengunjungi negara dengan julukan Tirai Besi ini? Rusia atau Uni Soviet dulunya adalah negara terbesar di dunia sebelum akhirnya perang dunia kedua yang menyebabkan beberapa negara bagian dari negara ini memecah diri dan menjadi negara kesatuan sendiri.
Tempat Wisata di Rusia
Tempat Wisata Mengagumkan di Rusia

Di negara maju, segala sektor diolah dengan sangat baik termasuk sektor pariwisata. Sektor ini bisa menjadi sumber pendapatan yang fantastis apabila tempat-tempat tertentu dikelola untuk menjadi tujuan wisata terpopuler tingkat internasional. Berikut ini ada 20 tempat wisata yang akan membuat Anda terkagum-kagum dengan Rusia.

Tempat Wisata di Rusia


1. Lembah Geiser (Valley of The Geysers)

Valley of The Geysers
Valley of The Geysers

Di Mesir mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang Valley of The King yang merupakan lembah tempat peristirahatan terakhir para raja. Sedangkan di Rusia, Anda akan menemukan sebuah lembah yang merupakan lembah geiser terluas kedua di dunia. Sejak ditemukannya tempat ini oleh para ilmuan pada tahun 1941, lembah ini seketika langsung populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke negara Rusia.

2. Gunung Elbrus

Gunung Elbrus
Gunung Elbrus

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi di Rusia yang terletak di area pegunungan kaukasus. Gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh kelompok pendakian pada tahun 1874 yang dipimpin oleh Florence Crauford Grove. Gunung ini sangat indah sehingga dijuluki surganya para pendaki.

3. Danau Baikal

Danau Baikal
Danau Baikal

Danau apakah yang tertua dan terdalam di dunia? Jawabannya adalah Danau Baikal. Danau ini terletak di sekitar jalur trans-Siberia. Julukan untuk danau baikal adalah "Mutiara Siberia". Keindahan dan kejernihan dari danau tersebut konon sekitar 15-20 persen air terjenih yang ada di dunia terletak di danau ini.

Di kawasan danau ini disediakan beberapa resort yang mendukung para pengunjung untuk dapat menikmati dan bercengkerama secara langsung dengan flora dan fauna di sekitar Danau Baikal yang masih terjaga dengan baik.

4. Kamchatka

Kamchatka
Kamchatka

Semenanjung Kamchatka yang ada di Rusia ini menjadi tempat wisata yang menarik dan tidak ada duanya di dunia. Mengapa demikian? Karena bukan hal yang biasa dari suatu negara memiliki bentang alam seperti ini.

Nama Kamchatka diyakini dulunya diambil dari nama sungai yang mengalir di kawasan tersebut. Daya tarik dari Semenanjung ini yang paling menonjol adalah keindahan gunung-gunung berapinya. Keunikan lainnya adalah di antara tiga ratus gunung api yang berjajar hanya sekitar tiga puluh yang memiliki status gunung aktif.

5. Altai Mountains 

Altai Mountains
Altai Mountains

Selain pegunungan di Kaukasus (gunung elbrus), ada lagi satu kawasan pegunungan yang tidak kalah populer yaitu Pegunungan Altai. Pegunungan ini merupakan salah satu cara untuk menghubungkan antara kedua etnis Siberia dan Mongolia pada zaman dahulu.

Banyak ditemukan bukti-bukti dari masyarakat kuno primitif yang diperkirakan menghuni kawasan ini sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Bukti ini diperkuat dengan ditemukannya gundukan, patung batu, lukisan-lukisan dari batu serta banyak lagi.

6. Karelia

Karelia
Karelia

Lokasi ini merupakan lokasi pertama keberadaan umat manusia yaitu ditemukannya sebuah pemakaman yang diperkirakan sudah ada sejak 3 milenium Sebelum Masehi. Terlepas dari itu, tanah basah dan hawa dingin yang Anda rasakan saat berkunjung ke tempat ini, tidak akan menyulutkan semangat ketika mata mulai dimanjakan karena melihat saat panorama keindahan Karelia ini.

Semua keindahan alam danau, hutan, ladang, sungai dan segalanya menyambut Anda dengan senyum ramah. Sebutan lain untuk tempat yang indah ini adalah keindahan alam bawah langit utara yang menyatu selaras dengan jiwa manusia.

7. Padang Di Kutub

Padang Di Kutub
Padang Di Kutub

Bagian utara dari Rusia ini sangat menakjubkan terutama bagi para wisatawan dari Asia yang jarang melihat kawasan perbukitan di daerah kutub. Hanya ada lumut, semak-semak, rumput dan hewan yang hanya mampu melewati panjangnya musim dingin di daerah ini. Anda pasti akan mensyukuri keindahan pemandangan putih yang diciptakan untuk dinikmati ini.

8. Sungai Volga

Sungai Volga
Sungai Volga

Pemberian nama Volga sudah ada sejak abad kedua. Sungai ini merupakan sungai terbesar di kawasan Eropa. Selain sumber mata air utamanya berasal dari Volgoverkovye yang cukup melimpah, sungai Volga akan bertambah intensitas airnya saat memasuki Maret dan April. Meluapnya air berasal dari salju es yang mencair karena perubahan musim. Aneka ragam dan elemen air yang berlimpah menjadi daya tarik tersendiri dari sungai ini.

9. Siberia

Siberia
Siberia

Keindahan panorama alam yang ada di Siberia tidak diragukan lagi. Daerah khusus federasi Rusia ini dibagi menjadi tiga bagian, yang masing-masing bagian memiliki keunikan alam tersendiri. Di siberia barat Anda bisa menemukan berbagai jenis spesies flora dan fauna yang masih terjaga karena dilindungi oleh pemerintah Rusia.

10. Taiga

Taiga
Taiga

Taiga mendapat julukan paru-paru bumi karena Taiga merupakan wilayah terluas dari federasi Rusia yang terdiri dari sebuah daerah kawasan taman terluas di dunia. Taiga sendiri dibagi menjadi tiga zona bagian yaitu selatan, utara dan tengah.

Sebagian besar wilayah ini tertutup oleh Hutan Coniferous yang menjadikan tumbuhan dan pepohonan seperti cemara, larch, pinus, cedar dan konifer adalah karakteristik khas dari tempat ini. Berbagai jenis fauna juga hidup bebas di kawasan ini.

11. Jalur Kereta Trans-Siberia

Jalur Kereta Trans-Siberia
Jalur Kereta Trans-Siberia

Jalur kereta ini menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan mancanegara. Untuk menempuh perjalanan dengan kereta yang melajur di atas jalur terpanjang di dunia ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Membentang di sepanjang benua Eurasia dari Moskow hingga ke Vladiovostok yang merupakan kota perbatasan dengan Cina dan Korea Utara.

Bisa dipastikan Anda tidak akan jenuh dan hanya tidur berselimut saat berada di dalam kereta. Kepala Anda akan terus menerus menoleh berlawanan dengan laju kereta saat melihat pemandangan yang disajikan di sebelah kiri dan kanan kereta ini. Tak lain yang Anda lihat adalah pemandangan indah dari puluhan kota yang akan dilalui seperti Sungai Volga, Sungai Yenisei, Pegunungan Ural, Pegunungan Barguzinsky, Baraba, Hutan Siberia, Khektsir, dan Danau Baikal.

12. Pulau Kizhi

Pulau Kizhi
Pulau Kizhi

Pulau Kizhi merupakan sebuah pulau yang terletak di Karelia yang berbatasan langsung dengan Finlandia. Sebutan lain untuk pulau ini adalah museum terbuka yang luar biasa. Perpaduan dari dua kebudayaan yaitu barat dan timur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

13. Kremlin Moskow

Kremlin Moskow
Kremlin Moskow

Kremlin merupakan karya arsitektural wisata andalan yang terkenal di Moskow. Bangunan ini meliputi gedung-gedung perkantoran pemerintahan, katedral-katedral dan Diamond Fund Exibition. Salah satu koleksinya adalah berlian dengan 190 karat milik Katherine yang sangat dikagumi.

14. Museum Hermitage

Museum Hermitage
Museum Hermitage

Pada tahun 1764, Khaterine yang Agung mendirikan museum ini. Warisan budaya dan berjuta-juta karya seni tersimpan apik dalam kompleks bangunan yang megah ini. Terdapat pula enam bangunan paling bersejarah, salah satunya adalah sebuah istana musim dingin yang menjadi tempat serta kediaman keluarga Romanov pada zaman dahulu.

15. Suzdal

Suzdal
Suzdal

Suzdal merupakan kota kuno yang sengaja dilestarikan oleh pemerintah Rusia sebagai museum karena usianya yang diperkirakan lebih dari seribu tahun. Di sekitar kawasan ini, Anda dapat menemukan beberapa warisan budaya lainya yang masuk dalam daftar kategori UNESCO. Dari sedikit deskripsinya tentu Anda sudah bisa membayangkan betapa berharganya kawasan ini bagi Rusia.

16. Katedral S.t Sophia

Katedral S.t Sophia
Katedral S.t Sophia

Tujuan wisata religi yang paling populer di Novgorod adalah gereja S.t Sophia. Gereja ini disebut-sebut sebagai gereja tertua di Rusia dengan tinggi 125 kaki. Bangunan ini memiliki tiga gerbang mewah serta lima kubah yang megah. Di dalamnya pun banyak terdapat artefak peninggalan yang bersejarah. Tempat ini lebih di fungsikan sebagai museum pada sekarang ini oleh pemerintah Rusia.

17. Katedral S.t Basil

Katedral S.t Basil
Katedral S.t Basil

Gereja Ortodoks yang didirikan di Lapangan Merah Moskow ini dibangun sekitar enam tahun dimulai dari tahun 1555. Gereja ini merupakan bangunan gereja untuk memperingati penangkapan Kazan dan Astrakhan. Hal yang menarik dari tempat ini untuk dikunjungi adalah arsitektur bangunan ini sangat unik karena menyerupai api unggun merah yang menyala-nyala.

18. Heart Of Chechnya Mosque

Heart Of Chechnya Mosque
Heart Of Chechnya Mosque

Akhmad Kadyrov yang merupakan presiden pertama Republik Chechnya memberikan nama The Heart Of Chechnya Mosque (Hati Chechnya). Bangunan masjid terbesar di Eropa ini mampu menampung lebih dari sepuluh ribu orang di dalamnya.

Masjid ini dikelilingi empat menara setinggi 63 meter yang merupakan menara masjid tertinggi di Rusia. Kemegahan interior dan eksteriornya sangat memukau, terlebih ketertarikan Anda akan terpusat pada kaligrafi yang tertulis dengan tinta emas di sepanjang dinding bangunan ini.

19. Masjid Kul Sharif

Masjid Kul Sharif
Masjid Kul Sharif

Masjid ini dibuka untuk merayakan ulang tahun kota Khazan yang ke seribu tahun. Masjid ini merupakan masjid paling spektakuler yang ada di dunia. Menara masjid setinggi 52 meter ini mampu menampung 1500 jamaah. Bahkan alun-alun masjid yang sanggup menampung hingga 10 ribu jamaah. Masjid ini terbangun karena dukungan dari empat puluh ribu orang dan organisasi yang berinfaq menyumbangnya.

20. Masjid Mukhtarov

Masjid Mukhtarov
Masjid Mukhtarov

Masjid ini dibangun dengan gaya Mesir. Anda dapat melihat keindahan bangunan melalui artefaknya yang menyerupai aula-aula yang ada di Universitas Al-Azhar Kairo. Berdiri di tepi sungai Terek Masjid Suni ini merupakan salah satu lambang dari Vladikavkaz, Rusia.

Tour Ke Rusia


Setelah membaca artikel ini pasti Anda langsung terbuai dengan keindahan Rusia dan mungkin memasukkan negara ini dalam bucket list traveling Anda. Menabunglah dan bermimpi tidak ada salahnya lho sehingga suatu hari nanti Anda pasti bisa mengunjungi negara ini.

*Hubungi cs kami untuk harga dan itinerary paket tour rusia bersama cheria holiday


Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Tempat Wisata Mengagumkan di Rusia