4/11/2017

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Indonesia

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Indonesia

Tradisi Di Indonesia Juga sangat unik loh, begitu juga dengan wisata wisata nya yang bergitu indah dan ber kuliner di Indonesia anda tikad akan meyesal karena masaka masakanya enak enak.

Tradisi Unik

Makepung - Bali


Makepung dalam bahasa Indonesia berarti Balapan Kerbau. Tradisi ini bukan sebagai upacara peringatan perayaan tertentu. Pada awalanya, tradisi ini merupakan sebuah permainan para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah saat musim panen. Semakin berkembang dan

Makepung
Makepung
semakin diminati oleh banyak kalangan membuat kegiatan iseng-iseng ini menjadi salah satu atraksi budaya di Bali yang cukup menarik perhatian para turis khususnys turis asing hingga kini tradisi Makepung dilakukan rutin dan menjadi agenda tahunan wisata di Bali.

Debus - Banten

Debus merupakan salah satu kesenian bela diri yang tujuannya menunjukkan kemampuan manusia yang luar biasa. Tradisi satu ini bisa dikatakan sangat ekstrim karena mempertunjukkan bagaimana seseorang memiliki kemampuan untuk kebal senjata tajam, kebal terhadap air keras, dan segala kemampuan lainnya yang cukup menantang dan menaikkan adrenalin bagi siapa saja yang menyaksikan. Meskipun dinilai ekstrim, Debus tetap diperbolehkan dilakukan untuk kepentingan kebudayaan atau upacara adat.

Karapan Sapi - Madura

Bermula dari keringnya tanah Madura yang kurang subur untuk lahan pertanian, kini masyarakat Madura beralih profesi menjadi nelayan di daerah pesisir dan beternak sapi. Upacara ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Agustus atau September. Karapan sapi merupakan ajang pesta rakyat dan

Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Indonesia
Keunikan Tradisi Dan Budaya Khas Indonesia
tradisi yang prestis bahkan dianggap bisa menaikkan status sosial seseorang. Karapan Sapi dilaksanakan setelah masyarakat Madura sukses menuai hasil panen padi atau tembakau.

Kasada - Bromo

Kasada Bromo
Kasada Bromo

Upacara Kasada merupakan upacara persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi yang dilakukan setiap bulan Kasada hari ke-14 di gunung Bromo. Upacara ini merupakan bentuk syukur masyarakat asli Tengger sekaligus sebagai media untuk meminta panen yang melimpah dan kesembuhan untuk segala macam penyakit.

Ritual Tiwah - Kalimantan

Ritual Tiwah - Kalimantan
Ritual Tiwah - Kalimantan

Ritual ini dipercaya dan dilaksanakan oleh masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah, khususnya suku Dayak yang menganut kepercayaan Kaharingan. Tradisi ini merupakan ritual yang bertujuan untuk mengantarkan roh leluhur ke alam baka dengan cara menyucikan lalu memindahkan sisa jasad mereka dari liang kubur ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan sandung.

Kebo Keboan - Banyuwangi

Kebo Keboan - Banyuwangi
Kebo Keboan - Banyuwangi
Tradisi yang rutin diadakan sekali dalam satu tahun (tepatnya pada tanggal 10 Suro) ini diadakan di Desa Alasmalang, Singojurun, Banyuwangi. Ritual ini merupakan gabungan antara upacara untuk meminta hujan saat musim kemarau atau sebagai ungkapan syukur ketika panen mereka berhasil.

Mapasilaga Tedong - Toraja

Mapasilaga Tedong
Mapasilaga Tedong
Mapasilaga Tedong dalam bahasa Indonesia berarti Adu Kerbau. Kerbau yang diadu merupakan Kerbau Bule atau Kerbau Lumpur. Kedua kerbau ini akan beradu kekuatan menggunakan tanduk untuk menjatuhkan lawannya. Tradisi ini dilaksanakan dalam rangka pemakaman leluhur masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Pasola - Sumba


Tradisi yang satu ini merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba rutin setiap tahunnya pada bulan Februari atau Maret. Tujuan dari pelaksanaan tradisi unik ini adalah memohon restu para dewa agar panen tahun tersebut berhasil. Pasola

Pasola - Sumba
Pasola - Sumba
merupakan tradisi ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda yang terdiri lebih dari 100 orang per kelompoknya. Mereka menggunakan senjata tombak berbahan kayu dengan diameter sekitar 1.5 cm.

Dugderan - Semarang

Dugderan
Dugderan
Upacara Dugderan merupakan tradisi di Semarang yang rutin dilaksanakan pada 1 hari sebelum bulan puasa. Dugderan meliputi pasar rakyat yang dimulai satu minggu sebelum Dugderan berlangsung. Ciri khas diadakannya ritual ini adalah warak ngendok (sejenis binatang rekaan yang berupa hewan bertubuh kambing, berkepala naga, dan bersisik emas).

Tabuik - Pariaman

Tabuik - Pariaman
Tabuik - Pariaman


Perayaan ini merupakan tradisi di Pariaman yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Asyura yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatera Barat. Tabuik adalah istilah untuk mengusung jenazah yang dibawa selama proses upacara. Upacara melabuhkan tabuik ke laut selalu dilakukan rutin setiap tahun pada tanggal 10 Muharram sejak 1831.

Budaya Khas

Seni Dan Budaya

Wayang

Ada berbagai macam versi dan bentuk wayang, mulai dari wayang kulit yang berbahan dasar kulit sapi yang telah dijemur, dipotong, dan diberi warna, kemudian wayang golek yang berbahan dasar kayu. Ada pula wayang orang yang dimainkan secara langsung oleh orang yang mengenakan kostum

wayang
wayang

sesuai dengan karakter yang dibawakan. Cerita yang dibawakan berkisah tentang dewa dewi, persilatan, percintaan, dan kepahlawanan. Pertunjukan wayang selalu diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang harus lihai dalam memainkan wayang, karena kemampuan dalang akan
menambah daya tarik dalam pertunjukan wayang.

Angklung


Angklung selama ini dikenal sebagai alat musik khas daerah Jawa Barat. Menggunakan bahan dasar bambu, angklung dimainkan dengan cara digetarkan sehingga benturan antara pipa bambu dengan tiangnya akan menghasilkan bunyi tertentu. Ada 2 laras (titi nada) dalam angklung, yakni laras

Angklung
Angklung
slendro dan pelog. Pada awalnya, Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri supaya turun ke Bumi, sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan subur. Angklung telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya.

Keris

Keris merupakan senjata tradisional asli Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Pada zaman dahulu, logam pembuat keris diambil dari meteor yang jatuh ke bumi. Raja-raja di Nusantara pada zaman dahulu menjadikan keris sebagai senjata pusaka. Keris telah digunakan sejak

Keris
Keris

abad ke-9 dan dibuat oleh para pengrajin yang disebut mpu. Bilah pisau pada keris dibuat dari campuran beberapa logam, sementara gagangnya dibuat dari tulang, tanduk, atau kayu.

Batik

Batik dihasilkan dengan cara menuliskan lilin panas ke atas kain dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar di atas kain katun atau kain sutera. Kain batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga hari ini dengan berbagai macam motif dan kreasi. Para

Batik
Batik
pelukis batik melukis keadaan alam dari sudut pandang yang lebih dalam. Para pelukis batik mencari pola dasar dari suatu fenomena yang dilihatnya, kemudian menambahkannya dengan beberapa aturan sederhana.

Tarian

Tari Saman


Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Syair yang digunakan dalam Tari Saman menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Gayo. Beberapa literatur menyebutkan bahwa Tari Saman diciptakan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari

Tari Saman
Tari Saman
Gayo. Tari Saman termasuk salah satu tarian yang unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan anggota tubuh bagian atas. Tari ini diakui dan masuk ke dalam daftar warisan budaya oleh UNESCO sebagai warisan budaya bukan benda.

Tari Kecak

Tari Kecak digolongkan ke dalam kelompok sendratari karena seluruhnya menggambarkan seni peran dari cerita pewayangan seperti Rama dan Sinta, dan tidak digunakan secara khusus digunakan untuk ritual dalam agama Hindu seperti pemujaan dan upacara lainnya. Dalam tari ini, bentuk sakral biasanya ditunjukkan dalam hal kekebalan fisik sehingga para penari tidak terbakar oleh api. Jika

Tari Kecak
Tari Kecak

tarian dari Bali lainnya menggunakan gamelan sebagai musik pengiring, Tari Kecak hanya memadukan suara mulut dan teriakan yang berbunyi, “cak cak ke cak cak ke”, sehingga tari ini dikenal sebagai Tari Kecak.

Reog

Reog
Reog

Reog adalah sebuah pertunjukan yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut, dan Kota Ponorogo dianggap sebagai kota asal reog yang sebenarnya. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih kental dengan hal-hal berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Adegan yang paling dinanti oleh penonton adalah singa barong, dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat topeng ini bisa mencapai 50-60 kg.

Masakan


Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam

Sate
Sate

budaya nasional Indonesia secara umum. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah. Contoh makanan khas nusantara di antaranya gado-gado, sate, rendang, gudeg dan masih banyak lagi.

Tour Halal Indonesia

Wisata Indonesia sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan liburan dengan yaman, ajak juga keluarga anda atau kerabat terdekat, jagan lewat kan kesempatan anda untuk liburan dengan Paket Tour Lombok.





Salam +Cheria Holiday jika berminat hubungi cs kami
logoblog
Previous
« Prev Post

Disini Pasarnya Tour Halal Promo

Disini Pasarnya Tour Halal Promo