Live Liputan Langsung Dari Hagia Shopia

#HagiaSophia #AyaSofia #Live Jangan Terlewat ! EXcLUSIVE !





Saksikan LIVE Sholat Jumat Perdana Di Masjid Hagia Sophia

Tour Turki Sholat di Masjid Hagia Sophia / Aya Sofia


Jumat 24 Juli 2020 Pukul 16.00 Wib sd Selesai 
Nara Sumber : Ust Banu Muhammad, SE, M.S.E 
Moderator : Ust Ahmad Husaini 
Kontributor Live : Amjad Safwan Dari Fetih Sultan Mehmed Universitesi 

Subscribe dan Aktifkan Lonceng ( Alert ) Agar Tak Ketinggalan Menjadi Saksi Sejarah 5 Abad Hagia Sophia, Kita Lihat Bagaimana AlFatih Dahulu dan Presiden Turki Erdogan Menjadikan Hagia Sophia Lambang Kebangkitan Islam di Bumi Eropa.

Bismillah Tugas berikutnya adalah viralkan #Viral 

Yuk sampaikan berita gembira ini kepada Generasi Pemuda Islam !


Transkrip Video


 [00:00:00] Ya Ustadz Ahmad bisa dimulai udah Life baik kita sudah ya assalamualaikum warahmatullah. Alhamdulillah kita bisa berkumpul pada kesempatan sore hari yang berbahagia ini atau siang hari waktu Istanbul sekarang di Istanbul kurang lebih jam 12 siang ya jam 12 siang adzan Jumat jam 12.30 baik sekarang kita akan melaksanakan

[00:00:59] Life siaran dari Istanbul kemudian juga di sini sudah hadir rekan-rekan kita sebagai pembukaan marilah kita buka pertemuan dengan baca Basmalah Bismillahirrahmanirrahim yang sekarang ini menyaksikan siaran langsung LiveScore Jumat perdana dari Aya Sophia Istanbul di sini ada Bang Ustadz Muhammad beliau adalah dari Fakultas Ekonomi bisnis Universitas Indonesia sekaligus pengamat dan pemerhati sejarah Islam pertama

[00:01:55] Charger Sony kemudian data syariatnya dari cheria halal holiday dan ada saya sendiri Ahmad Husaini yang ikut tentang Bandung untuk Pakistan Bun yang di stan gue juga sudah ada amjat Safa beliau adalah mahasiswa Fatih Sultan Mehmet yang sekarang masih ilmu di Istanbul yang juga adalah alumni Pesantren Darul Istiqamah Maros Makassar

[00:02:32] Baik untuk memulai pertemuan kita pada sore hari yang berbahagia ini kita dengarkan mungkin kita dari citambur kita dengarkan pendahuluan dari Ustad Somad tentang bagaimana ya yang rame sekarang ini apakah dari berasal dari wakaf ataukah berasal dari apa namanya pemberian Sultan atau beli dan sebagainya. Jadi kita akan bagi segmen ini menjadi segmen yang pertama adalah kita akan kasih

[00:03:18] Latar belakang Sofia sebelum penaklukan Konstantinopel Kemudian yang kedua kita akan bercerita tentang periode penaklukan konstatinopel Bagaimana Ayo Sofia itu menjadi simbol penaklukan oleh Sultan Muhammad Al Fatih kemudian yang ketiga adalah periode sekularisasi Turki Usmani Mustafa Kemal ataturk merubah masjid Aya Sofia menjadi museum dan yang keempat adalah bagaimana periode perjuangan untuk merubah Aya Sofia yang baik kepada peruntukan sebagai tempat peribadatan baik untuk segmen pertama pada saya lepaskan kepada Muhammad untuk menyampaikan tentang latar belakang Ayo Sofia sebelum ditaklukkan oleh resultan

[00:04:18] Rahmani Rahim salamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh teman-teman sekalian yang luar biasa Pak cari anaknya Pak Ahmad khusaini dan para pendengar pemirsa sekalian Luar biasa ini sudah banyak sekali baru mulai padahal mungkin kita juga masih tunggu ya Life dari sampulnya dengan mas abjad yang masih masih ada kendala jaringan mungkin Sepertinya kalau kita perhatikan animal dunia hari ini saya pikir enggak cuma Indonesia Nggak cuma Turki Turki pastilah ya hp-nya Luar biasa

[00:05:03] Sangat dahsyat gitu karena memang ini bukan-bukan kerinduan sehari dua hari tapi ini kerinduan 86 tahun jadi bayangkan orang menunggu sekian lama mungkin di mimpinya bisa jadi masuk ke mana-mana dan kemudian hari ini apa yang mereka tunggu-tunggu dari generasi ke generasi terwujud dan mereka bisa merasakan kembali kalau saya pernah diskusi dengan seseorang di Turki

[00:05:37] Waktu ke Turki gitu terakhir dia denger cerita salat di Hagia Sophia dari kata ibu Yadnya dan itu dan itu memori itu kemudian diturunkan dari cucu dari anak cucu cicit dan seperti yang kemudian hari ini terjadi mungkin sebuah kenyataan yang luar biasa ambil apalagi dari tadi Kalau bapak ibu juga mungkin melihat channel yang lain bacaan Quran tanpa putus dibacakan takbiran juga sudah masuk bulan Dzulhijjah mereka kebanyakan masih panas ya di takbiran sudah dari awal bahkan sudah ada takbiran mereka perlukan di luar sudah masuk ke ruangan masjid yang sekarang karpet hijau bagus sekali saya sendiri secara personal matiin Seperti apa ya Ada sesuatu yang membuncah di dada luar biasa.

[00:06:31] Tak terbayang begitu ini sesuatu yang menjadi menjadi kenyataan tanggal 29 Mei kemarin rencananya saya di Turki sudah ada tiket dan segala macam bisa yang belum diurus Teh udah beli tiket karena saya tuh selalu suka seperti tanggal 29 Mei menikmati hari penaklukan airnya juga luar biasa dan hadits dan tahun penaklukan tahun ini melakukan kelima apa peringatan k 567 itu juga ada pembacaan surat al-fath di Hagia Sophia Jadi kemarin di tengah Corona sebenarnya sudah dimulai ini rentetan-rentetan aktivitas sampai kemudian hari ini 24 Juli menjadi momen yang yang luar biasa

[00:07:15] Kembali ke pertanyaan Mas Ahmad Ya ini Hagia Sophia ini bangunan yang luar biasa ini sejarah dunia mungkin gereja terbesar pertama di dunia yang berfungsi sebagai gereja hampir 1000 tahun jadi menjadi seperti Hagia Sophia yang sekarang dengan kubahnya yang terkenal itu dan itu menjadi sebuah karya arsitek yang luar biasa sekaligus menjadi apa ya menjadi bangunan termegah di dunia Selama ratusan tahun sebenarnya aslinya itu dulunya tidak seperti yang sekarang ketika awal dibangun di zaman di zaman pekan pinus. Jadi baru bentuknya sekarang itu baru tolong 537 jawaban Kaisar justinianus setelah itu

[00:08:05] Apa namanya menjadi tempat ibadah yang luar biasa Dan terus melewati masa-masa sempat dijarah tahun 1204 sempat melewati fase-fase yang naik turun sampai kemudian sempat kena gempa juga sampai kemudian 14.13 kan malah aku pasti pengelasan Al Fatih ini menjadi moment yang spesial karena memang ini sesuatu yang sudah diramalkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di kalau bapak ibu Mungkin ingat sebuah hadis yang berpola Imam Ahmad nabi bersabda latuftahannal konstantin ia jalani amal Amir Amir akan takluk kata Rasulullah dan yang menaklukan sebagai panglima adalah sebaik-baiknya menaklukan itu dan pasukannya adalah sebaik-baik bakso

[00:08:57] Jadi itu janji nabi habis itu tahun ke-5 Hijriyah dan Sejak sejak tahun ke-5 Hijriyah sampai dengan sampai melewati tahun ke tahun masuk ke eranya Khulafaur Rasyidin masuk ke Umayyah masuk ke Dinasti Abbasiyah di tengah-tengah itu ada ayyubiyah ada demi Allah ada apa murabithun wahidun kekuasaan di Andalusia dan seterusnya hadits ini tidak pernah hilang dari ingatan kaum muslimin termasuk kemudian ketika orang-orang Ottoman waktu itu mulai dari pendahulunya bernama Nurul memiliki cita-cita besar ini karena merasa Konstantinopel semakin dekat inget kita pada waktu itu belum punya peta belum ada Google Map belum ada peta dunia seperti hari ini kalau kita ingat bahkan penaklukan Spanyol pada WA

[00:09:57] Itu dibayangkan salah satunya itu menuju Konstantinopel saking belum ada petanya itu tapi itu tahu semangat dan niatnya itu sudah sudah dimulai.

[00:10:07] Kalau kita ingat angkatan laut dimulai di zaman Utsman bin Affan khalifah, Kita ketiga kemudian menjadi angkatan yang kuat daerahnya muawiyah kemudian di arahnya Yazid sudah dimulai Yazid itu anaknya mau ya Dan kita tahu di masa muawiyah itu ada sebuah rencana besar penyerangan dan nanti Serangan yang paling signifikan sebenarnya sebelum Fatih itu Zaman Harun ar-rasyid yang pada waktu itu sudah sampai tinggal menaklukkan saja tapi ya qodarullah kemudian damai ada Papa orang-orang kosan trouble memilih memberikan upeti dan seterusnya sehingga tidak terjadi apa yang di apa namanya apa yang diharapkan oleh hadis itu tapi Mungkin takdir habis itu mau buka buat Muhammad Al Fatih Bukan untuk Harun ar-rasyid, tapi rencana itu ini ini kerja 8 abad itu

[00:11:04] Kerja peradaban 8 abad dan untuk Dinasti Ottoman sendiri ini kerja 7 generasi jadi ide itu mulai dari ertugrul masuk ke Usman Usman waktu itu ibuku sayang masih di sebut itu kalau bakteri yang mungkin pernah sering seperti bisa membayangkan di eskisehir Mbak kalau naik kereta cepat hari ini les di share ke Angkara tuh SD seher sekitar itu belum wilayahnya Usman kemudian mereka mengerahkan pasukannya merebut bursa itu 13 01 13 26 zaman anaknya orhan merebut bersama-sama kami Osman makami orhan itu di bursa-bursa banyak Sultan di situ termasuk murah 1. Setelah itu murah satu yang pertama melakukan ekspansi ke rumah Eli jadi nulis setelahnya ada anadolu dan Romawi Asia rumeli itu from Eropa masuk dari dardanella Kalau mungkin Bapak Ibu yang pernah ke Turki masuk melalui yang ada

[00:12:04] Sekarang ada patung kuda ada film Troy Kana kali Namanya masuk ke sana kemudian masuk sampai kemudian nanti menaklukkan Adriano polis-polis adrianople itu nanti jadi ibu kota yang kedua setelah bursa itu di zaman Sultan bayazid jadi ada Osman orhan.

[00:12:28] Murad 1 bayar Z1 penakluk Eropa Eropa itu hampir tuh luar biasa seluruh Balkan plus Eropa Timur sebagian besar kemudian tinggal menyisakan sedikit saja sedikit sekali itu baru nanti masuk ke ra Sultan berikutnya itu Muhammad satu tapi di arahnya

[00:12:53] Apa bayar bayar itu tuh ada serangan dari dari timur lenk ke Angkara jadi konsentrasinya pecah masuk ke antara dan takdirnya bayar sekolah albertini Panglima paling top pada waktu itu sampai beberapa sejarawan mengatakan kalau ada Panglima paling top di masa itu ya dia Jadi itulah yang juga membuat Timur lain yang juga muslim sebenarnya nggak suka tahu dengar ada orang lebih hebat dibanding dia nggak salah satu yang hebat itu julukan Dream Park cari itu bisa menggerakkan kalau sejarawan Rp10.000 pasukan muslim itu lebih cepat dan lebih senyap dibanding pergerakan 100 pasukan salib 10000 banding 100 lebih cepat dan lebih lebih jadi bisa luar biasa nah, tapi kalau 1402 di ankara kalau bapak Angkara ke atas ya udah Subuh Subuh itu Danau tempat apa Battle menentukan

[00:13:53] Pulang dengan bayazid salah tertawan dan kemudian masuk ke Sultan kelima Muhammad 1 Muhammad 1 tentu tugasnya merapikan konsolidasi ulang menata ulang setelah kekalahan besar telah kehilangan sultan yang luar biasa Dan Bi asit julukan saya lebih-lebih itu orang yang cerdas dan sukses merapikan itu semua dan bahkan nanti kalau dikaitkan dengan Indonesia Muhammad satu ini salah satu inisiator yang mengusulkan pengiriman Dai ke wilayah timur sampai ke Indonesia jadi Wali Songo itu salah satunya perintah dari Sultan Muhammad satu tapi agak jauh kita nggak akan bahas itu dari Muhammad atuh, Kemudian beliau tidak lama meninggal dan kemudian diganti oleh Sultan Murad 22 ini kekuatannya sudah di FB atau Adrian Noval Noval is silakan pakai bahasa yang kita suka aja dari Sultan Muhammad Muhammad dua kan udah ada ada Messenger 10 tanggal 5 Maret

[00:14:53] Sultan-sultan ke-72 beliau lahir dan kemudian singkat cerita 1453 beliau menyiapkan sebuah mimpi besar misi penaklukan 6 Januari berangkat terus sampai akhirnya 29 Mei hari penaklukan yang kita kenang sampai dengan sekarang kemudian berubah lah itu aja Istanbul belum Istanbul Konstantinopel namanya kemudian menjadi suasananya Islami kemudian masjid apa kemudian Hagia Sophia menjadi masjid dan orang-orang non muslim diberikan kehormatan untuk hidup berdampingan kecuali yang tidak mau dan beberapa orang yang tidak mau beberapa kemudian dia pergi ke Italy kalau secara peradaban orang Turki hari ini sebenarnya orang Asia Tengah

[00:15:46] Orang Itali hari ini adalah orang-orang darah Turki hari ini jadi ada pergerakan manusia secara makan masih ada peranakan pertemuan dan kita bisa melihat secara umum mungkin suasana besarnya begitu dan hari ini kita memperingati sebuah hari yang begitu hebat hari penaklukan

[00:16:10] Yang bukan cuma Elu kalau mau saya hari ini kembali menjadi masjid Masya Allah luar biasa saya nontonnya aja bisa merinding Dan mudah-mudahan ini menjadi kebahagiaan hiburan buat kamu slimin di tengah sungai ini menjadi luar biasa karena memang suasana kita hari ini yang sedang berada Opit termasuk juga suasana kaum muslimin secara umum yang memang

[00:16:40] Kita sudah lama nggak punya kabar gembira di antara kaum muslimin kira begitu ya kita sedih dengan Palestina kita sedih dengan suasana di rumah apa pengungsi rohingya di uighur hampir semua kisah-kisah sedih itu terus menerus datang hadir Suriah Yaman dan tiba-tiba Ada kabar gembira ini rasanya luar biasa dan mudah-mudahan kebahagiaan ini bisa menjadi momen kebahagiaan kebahagiaan yang lain yang akan berkelanjutan mungkin itu pacar yang mengantarkan diskusi hari ini masih suasana di Istanbul masih pengajian masih tilawah kebiasaan orang Turki ya nunggu adzan itu ada yang pas nih di depan Made belakang jamaahnya mendengar Jadi kalau Bapak Ibu yang belum pernah ke Istanbul kalau di masjid besar tuh biasanya mereka akan sembuh nya agak belakang itu imamnya sebelum Amin balik badan dulu Bu atas nih orang dengerin Nanti begitu selesai

[00:17:37] Baru komat Nah baru salat salatnya aja ke belakang kalau HC Hanafi kilo 7 sekarang mereka belum adzan masih nunggu masih banyak tilawah dan seterusnya terakhir sambil kita nunggu sambungan langsung ya Dari tadi Mas nih yang mungkin masih belum dapat sinyal yang Oke kayaknya begitu pesat Banu ya bapak ibu semua pemirsa saat ini kita sambil nunggu saluran langsung dari Istanbul dengan saudara aku salah satu mahasiswa yang sedang studi di sana dan Nanti insya Allah juga kita akan kehadiran ya Ustadz Agung nurwijoyo MSC ya beliau dari pengamat politik dunia Islam dan Timur Tengah Timur Tengah ya dari hubungan internasional FISIP UI Insya Allah

[00:18:37] Sambil nunggu sambungan ke Beliau juga. Nah saat ini menjelang salat Jumat ya presiden Erdogan sudah dikabarkan masuk ya Dan ini sambungannya ke Istanbul emang agak sulit karena luar biasa orang yang hadir padahal nggak diundang ya resmi untuk hadir tapi ternyata dari semalam orang-orang yang sudah berdatangan untuk bisa ya kalau pacar ya Inget ke sana sebentar aja Sofia banyak Paman ada pada bulan 4 11 semalam informasinya orang udah pada bangun kan dah di situ gimana kan di dekat harga Sofia itu ada masjid biru kan biru itu sejarahnya. Kenapa jadi masjid berdekatan itu sebenarnya sejarahnya

[00:19:37] Secara umum yang namanya penguasa penguasa atau Sultan secara umum yang di Turki itu memang salah satu hasilnya mereka apalagi pemimpin yang memimpin dalam waktu yang lama memang pasti mau ke masjid Pak itu standar begitu makanya ketika Erdogan misalkan Bangun masjid yang bagus banget yang baru itu dianggap emang begitu pertanyaan orang di situ gitu aku tuh Presiden bukan kalau sama Sultan itu punya Pak yang Masjid Sultan Murad kalau di channel Sultan Ahmed Al Sultan bayazid Fatih Fatih sendiri bukan Hagia Sophia dia punya punya nomor Simpati yang di daerah Pati kemudian dia juga tahu tahun berikutnya selang Sulaiman yang paling terkenal kan yang jadi masjid paling megah itu salah satunya Sultan Sultan Sulaiman mungkin sekarang udah kalau kamu gak jadinya gara-gara Hagia Sophia

[00:20:35] Jadi itu nanti jadinya di rumahnya Pak ya, Jadi kalau misalnya Sultan Sulaiman tuh dia Sultan dia apa Sultan keempat setelah Fatih gitu ya. Makanya itu aku baca Sultan ke-10 ada ubah-ubah kecil 10 Min ada tempat-tempat itu dia Sultan keempat setelah hati itu jadi tanda maka masing-masing jumlah minaret musuh jumlah menara dan jumlah kubah kecil itu ada ceritanya tuh termasuk misalnya

[00:21:06] Apa namanya sultanahmet nih Bapak tanya sebelahnya ka Sultan Ahmad itu ada 6 untuk makan udah protes sama orang karena itu dulu jumlah peminatnya Masjidil Haram

[00:21:17] Kemudian beliau sampai sengaja datang ke Mekah dan membangun Menara ke-7 untuk mengatakan tetap kita menghormati Masjidil Haram di Mekah itu itu ada atau ketika sosok lambat bangun tidur itu kan suasananya lagi nih sebenarnya itu banyak dikritik dan dan Kan Adik waktu itu mereka lagi bersaing dengan orang-orang di Persia yang kemudian mereka tanda kutip apa ya mengirimkan bantuan untuk mencela punya duit aja mohon bangunan mudah Bapak kan waktu itu belum ada bangunan tinggi bangunan megah ya Jadi kalau ada Hagia Sophia dulu sendiri itu kan berdiri sendiri Pak jadi belum ada gedung-gedung tinggi di sekitar situ belum ada bangunan apa cakar langit sama sekali nggak ada Jadi kalau ada mungkin satu begitu luar biasa menjadi kaya persis kalau

[00:22:17] Ibu lihat foto dong of The Rock itu waktu abad 18/19 sudah ada kamera tuh itu kayak dia sendiri aja yang lain kali jadi kayak ada apa-apa sama sekali jadi dulu Masjid Sultan Ahmed itu luar biasa dan dibangun dalam keadaan krisis dan juga dikritik atau dekat dengan mesin saya Sofiani kan sama-sama masjid gitu kan Tapi kan pada waktu itu Mama Istanbul adalah salah satu kota terbesar di Eropa yang jumlah penduduknya juga sangat banyak di waktu itu kalau nggak salah udah 800 ribuan Pak jumlah penduduk aja udah udah udah sangat banyak udah anak Metropolis lah Kosmopolitan di zaman itu

[00:22:56] Jadi dia diketik termasuk tadi dikritik oleh oleh musuhnya oleh orang-orang syafawi dikirimin emas perak dan segala macam sampai bebatuan mulia yang kemudian sama Sultan Ahmad ditumbuk bareng sama temennya Pak menjadi salah satu menara di Masjid Sultan Ahmed itu kayak kayak persaingan itu kayak apa ya hari ini lebih ke ya melihat bagaimana apa memperlakukan musuh itu kayak apa gitu ya, Tapi secara umum kalau kembali ceria ya memang juga nggak lepas dari kritik itu hari ini menjadi ikon ya ya itu beda cerita lagi itu pada pada masa itu ketika pembangunannya sebenarnya penuh dengan detik apalagi memang ada Hagia Sophia kira-kira begitu

[00:23:50] Ya Baik saya terdengar jelas ya kaya gini emang kalau misalnya kita baca gitu ya. Kemudian ini kan kita masih bisa kan pertama apa keterlibatan Yunani kemudian apa namanya dalam instalasi zaman dulu nya aja Sofia apa keterlibatan mereka singgah kemudian sekarang Yunani terlihat begitu gerah ketika Ayo Sofia itu diubah kembali menjadi masjid ini mungkin nanti yang lebih tepat jauh Mas Agung soalnya kan ada pakar hubungan internasional ya saya memberikan waktu sedikit saja satu hal memang nama Yunani sama tuh gitu nggak pernah akur Pak dari zaman dulu juga jadi Kalau apa ya ya mirip-mirip

[00:24:50] Palestina mungkin yang dalam walaupun Sarinya agak beda ya Yunani itu nggak pernah akur sama topi sampai hari ini dari zaman dahulu kala masalah Siprus masalah apapun mereka menaburkan Mamang padahal karena memang ada ada yang ada suasana masa lalu mungkin ya Abang Fatih itu orang yang sangat terobsesi dengan Yunani sudah baca banyak buku-buku pemikiran Yunani masuk zaman masih kecil kan Makanya begitu dia menaklukkan konstantinopel berikutnya menaklukkan Yunani thessaloniki dan selesai dan waktu itu saya sama Ahmad udah Mas 4 masa perundagian Yunani dari dari dulu ya Pak ya. Nah itu itu jalur-jalur penaklukan efektif pada waktu itu nah sejak sebelum itu mereka orang-orang Yunani ini kan meyakini kalau jadi gini mungkin Status kalau ke sana takut agak bahaya jadi gini di Ortodoks itu jadi

[00:25:50] Bapak Ibu mungkin beda antara Ortodok dengan Protestan dengan Katolik kalau Katolik itu punya paus ibukota kalau nggak punya dia cuma punya uskup-uskup besar ada uskup-uskup yang Agung jelek Kira begitu Itu markasnya di Istanbul sampai hari ini memang bukan di gereja Hagia Sophia ada gereja sensor Kalau nggak salah satu artinya apa ya kalau saya mau lihat di itu saya itu di mana namanya nanti masuk di wilayah Istanbul juga Istanbul itu punya 400 lebih gereja Turki 400 lebih gereja Ortodoks 430 sekian gereja Ortodoks dan itulah. Kenapa ada ada kedekatan kalau Bapak kalau Pak Ahmad Huseini mampir ke Istanbul main ke gereja gereja produktifnya ketemunya orang-orang Yunani orang-orang Bulgaria orang-orang Balkan orang-orang Serbia yang mereka anggap persis kayak orang Katolik ke

[00:26:48] Ke Vatikan kira-kira begitu suasananya begitu sehingga mereka nganggap Istanbul secara keseluruhan itu sebenarnya tanahnya mereka jadi termasuk itu gereja mereka Walaupun memang sebenarnya juga paham ini berubah jadi masjid kan udah udah 600 tahun yang lalu gitu 1453 sudah berubah menjadi masjid dan kemudian apa namanya sudah melewati fase yang begitu panjang tapi kemudian dengan dengan dengan selesainya Khilafah menaik yang bohong Mustafa Kemal kemudian dia Mustafa Kamal diubah menjadi gereja menjadi museum maka mereka sudah nganggap gua udah jadi memang ini juga sama Allah ada semacam pemahaman turun-temurun dari orang-orang Yunani ketika mereka melihat bangunan itu mereka merasa itu gereja Ortodoks yang mereka padahal sebenarnya nggak gitu juga kan namanya

[00:27:48] Sudah dikuasai Ya sudah selesai persis sebagaimana banyak sekali gereja-gereja yang dulunya adalah masjid kita kalau Niki di Athena dan di beberapa wilayah di Yunani biasa aja sebenarnya dalam konteks namanya orang perang yang kalah perang ya tanahnya dikuasai yang menarik dari Fatih itu ketika kemudian dia menguasai Istanbul Dia kemudian ingin meniru apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kita atau nabi ketika ketika masuk ke Madinah mencari titik mesjid kemudian dia beli tanah yang punya anak yatim adalah Patih kemudian melihat tanah bagian Sofia dan sekitar itu ada pemiliknya Hagia Sophia nya enggak tapi sekarang Kirim sebenarnya diperluaskan maka kemudian dia beli dan diwakafkan yaitu yang kemudian wakafnya itu yang jadi sertifikat wakafnya kira-kira di tahun 45 oleh akar

[00:28:48] Oleh Mustafa Kemal Maka sekarang keputusan majelis tingginya itu kayak mengembalikan lagi saja sebenarnya begitu

[00:28:55] Ditungguin Pak tambahan penjelasannya.

[00:29:00] Silakan Pak Ahmad kabur lagi belajar ya saya kembalikan ya.

[00:29:05] Set kemarin Kebetulan saya pulang dari Yunani juga ya. Jadi emang di sana tidak ada sama sekali masjid yang sangat sulit karena ada ada pak. Cuma nggak kelihatan ada itu kebanyakan yang tadinya situs mesjid semuanya dihancurkan gitu udah berubah jadi gereja ada yang hancur dan sebagainya seharusnya mereka kan enggak protes karena mereka sendiri mereka sebenarnya bahkan kalau bapak lihat dengan seksama nanti kalau bapak ke sana mudah-mudahan masih sesuai dengan yang jadi jadi yang di yang ada Bunda Maria di tengah itu tuh nggak di Bapak sama sekali Pak ditutup aja nanti secara elektronik itu begitu udah nggak salah dibuka lagi Mbak Jadi kalau orang kalau bapak ke apa namanya Hagia Sophia kalau sekarang lagi Ditutup nih.

[00:30:05] Tapi nanti kalau kalau udah selesai salat itu bisa dilihat lagi pak. Makanya Hagia Sophia ini tapi nanti museum juga kan orang tetap bisa masuk cuma nggak bisa masuk wilayah Maksudnya seperti biasa, tapi dia tetap bisa ngambil foto ada gambar Bunda Maria yang yang di atas itu tetap masih bisa makan kalau saya lihat yang Life di saluran TV di Turki sekarang kanan kiri itu gambar Jibril yang ada sayapnya itu nggak ditutup Masih kelihatan tuh jadi di tengah-tengah tulisan tulisan Allah Muhammad Abu Bakar Umar Utsman Ali Hasan Husen itu masih masih dipisahkan masih terlihat ornamen-ornamen sisa-sisa itu yang Bunda Maria yang di tengah anak kan posisinya tengah-tengah mungkin salat menghadap itu mah ketika salah tu ditutup pak. Jadi nggak nggak nggak kelihatan Nanti kalau udah udah selesai bisa kayak semacam fire dibuka kelihatan lagi

[00:31:05] Jadi jadi kembali ke yang tadi Bapak sampaikan sebenarnya harusnya orang Yunani itu nggak boleh protes lagi karena dia lebih jahat Kalau mau jujur orang Turki itu sangat menghormati perbedaan masjidnya nggak digusur mesjidnya kan Kalau waktu itu menjadi Google bisa-bisa aja kan, tapi kan itu tidak dilakukan dan banyak gereja Hari ini juga ada di wilayah Turki gereja Ortodoks dan dihormati posisinya juga menjadi tempat wisata sebaliknya di Yunani malah mereka bukan cuma meng-convert tapi bahkan menghancurkan sebagiannya harusnya mereka nggak usah protes walaupun tanda kutip yang mereka berhak protes karena aku titip karena mereka merasa Ya tapi kan itu Ibukota gua kayak gitu loh gitu nggak sama gitu kalau masjid yang kita kalau Saya membayangkan diri orang Yunani itu cuma kecil bukan ininya bukan bukan utamanya yang kalian ubah itu yang

[00:32:05] Utamanya ketikannya orang Tapi tentu itu juga terbantahkan dengan sendirinya karena kan aturan perang dari zaman ke zaman juga siapa yang menaklukan yang menguasai walaupun saya lagi ini yang saya bilang di Facebook kayak di Instagram saya pada waktu kita harus memahami bahwa yang dilakukan Erdogan ini bukan kerja 2 tahun bukan hantu bangun tidur terus ah kayaknya bagusnya di convertkit nggak juga kan kan Sebenarnya Tuhan ini udah jadi Walikota Istanbul tahun 94 pacar ya bulan 4 jadwal ke Istanbul sampai 98 kemudian 2002 AKP menang Pemilu dan kemudian

[00:32:48] Apa namanya Ide ini sudah mulai bermunculan karena kemenangan AKP dianggap bagian dari kebangkitan Islam walaupun sebelumnya partai Reva sempat menang ya zaman ide itu sebenarnya maka dapat di masyarakat Turki Enggak cuma menjadi janji politik sehingga sampai kemudian hari ini ketika suasananya

[00:33:11] Mungkin dianggap memungkinkan kemudian baru komen di diputuskan. Jadi ini kalau saya sering mengatakan dalam konteks peradaban inilah sebenarnya kerja ideologisnya dan AKP jadi kalau kita Indonesia sedang sibuk dengan HIV ada PPIP dan seterusnya Turki ini kan dipaksa sekuler oleh Mustafa Kemal adzan belakang dilarang pakai bahasa Arab musik-musik diubah menjadi gudang menjadi museum dan seterusnya orang-orang tiarap lah yang yang benar-benar taat

[00:33:47] Jilbab dilarang di forum-forum formal sampai kemudian zaman Adnan menderes baru akan kembali ke bahasa Arab tapi sebenarnya keinginan orang agar Hagia Sophia kembali menjadi keinginan yang udah luar biasa tapi ada tradisi yang sudah dipaksakan yang namanya sekularisme liberalisme itu yang memang dipaksakan di masyarakat Turki Erdogan hari ini menghadapi fakta dia harus menjaga Ideologi itu kalau kita ke sana kita nggak melihat ada patung Mustofa Kamal yang di rubuhin kan ada foto Johan sebelahnya Mustafa Kamal biasa aja di stasiun Stasiun ada patung Mustafa Kamal juga atau bahkan kalau bahasa Saya bahkan makamnya Mustofa Kamal dia Angkara masih sangat dihormati menjadi tempat yang yang luar biasa

[00:34:38] Jadi dia memasukkan Islam ke Indonesia bagi nasionalisme Turki kalau baca saya Pak ceria ini ini ini kerja peradaban namanya jadi Islam yang aslinya adalah identitas masyarakat yang kemudian dinegasikan diubah menjadi sekolah sistem liberalisme nasionalisme Turki kemasannya kemudian Erdogan ini pelan-pelan kembali memasukkan Islam ke identitas nasionalnya Turki ini perlu tahun dengan sangat bagus hari ini Hingga hari ini orang melihat Turki seolah-olah Islam kepada dia tetep sekuler ideologinya tetap nasionalis sekuler tapi citarasa Islam ia kemudian masuk mau internalisasi nilai ini kerja berat beban yang kita sebagai bangsa di Indonesia belum selesai Pak Islam sama sales to berantem terus kalau nggak Islam masa nabi bahkan kemudian dibangun suasana itu di ciptakan suasana itu untuk kepentingan

[00:35:38] Dan seterusnya kalau di Turki sebaliknya orang Turki itu emang aslinya Islami aslinya taat aslinya orang yang dekat dengan masjid aslinya tarekat tumbuh subur di mana-mana ketika dimakan sekuler mereka nggak bisa hilang sedemikian rupa sehingga tugas AKP Daniel Johan Kalau bahasa saya saya tidak mewakili Mereka cuma yang saya lihat sebagai pengamat sosial mereka pelan-pelan mengembalikan identitas Islam ke Nusantara lis motor gitu. Nah salah satunya adalah kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid ini. Jadi ini momen ideologis kalau menyebutnya Bukan Cowok momen kebangkitan ini momen Dimana mereka kembali menemukan jati diri mereka sebagai bangsa yang aslinya mereka Islam dibangun oleh semangat berislam.

[00:36:25] Yang sempat hilang sejak tahun 1920 12 24, 11 34 terus sampai kemudian dikembalikan sejarah secara semut sangat lembut oleh dan kerja peradaban memang harus begitu Pak mengintegrasikan nilai itu mesti lembut dan ini kalau mau saya kalau saya sebagai pengamat sosial Salah satu keberhasilan yang luar biasa bandingkan dengan Avanza Prancis pada Revolusi Perancis Napoleon dan berdarah-darah nya luar biasa kalau sejarah tari bentar lagi ini ini mengembalikan jadikan pada zaman itu orang itu membenci agama membenci kekuasaan apa namanya dia jadi agama dibenci karena dianggap terlalu mendoktrin Sultan dan monarki itu dibenci karena kenapa sih mereka doang yang punya hak yang memasarkan nggak punya hak kita kan Ceritanya begitu Jadi kemudian berubah

[00:37:25] Revolusi Perancis bergerak secara cara pemikiran masuk ke ide-ide baru tentang republik dan seterusnya termasuk ke Dedi itu masuk disebarkan ke orang-orang Istanbul dan sekitarnya kemudian berubah jadi Republik Turki singkat cerita dan kumpulan dipaksakan nanggung jadi kayak gitu. Kalau bahasa Mustofa Kamal mungkin nanggung sekalian aja lah dibikin sekuler gitu betul betul dipaksa sampai adzan bahasa Turki jilbab dilarang sekolah sekolah apa pesantren pesantren ditutup dan seterusnya bahkan berapa masjid dipaksa jadi gudang dan seterusnya pelan-pelan berubah karena memang identitas Turki aslinya Islam Mbak yang dilakukan oleh Bapak Johan ini dan juga secara umum kerja-kerja mereka adalah mengembalikan mengembalikan itu mengembalikan nilai-nilai Islam ke nasionalismenya Turki ke prinsip-prinsip dasar bernegaranya Turki dan ini kalau mau cairan

[00:38:25] Kalau bahasa saya ini udah udah udah berhasil udah tapi tinggal Bagaimana menjaganya ini masalah-masalah makin menarik pesat namun sebelum kita lanjut tak kita lanjutkan mungkin ada rekaman suasana sebelum salat Jumat ya yang langsung diambil oleh bank abjad yang sedang berada di sana ya yang masih belum selesai sampai sekarang karena ini Abang sangat kredit di sana jadi rebutan jaringan ternyata sebentar saya siapkan

[00:40:12] Mungkin sambil nunggu itu buat teman-temannya sambil komen ya sambil melihat suasana kalau ada dua device sebelah Mungkin HP pakai komputer juga di dalamnya itu lagi ada life life. Instagram juga tuh kalau itu lebih ke suasana dalam masjidnya jadi bagus nih Nontonnya di apa louhan dengerin soalnya di sini ambil kita terhadap undang-undang Mas abjad bisa bisa dapatin yang dapat jaringan yang memadai untuk bisa melaporkan langsung ke sini.

[00:41:05] Nih orangnya nih, kalau bapak ibu belum kenal orangnya yang pakai ikat kepala merah itu.

[00:41:51] Yaitu suasana saat menjelang salat sekarang sudah salat ya

[00:42:03] Belum belum Kalau saya perhatiin masih ngaji tuh mungkin mau menghatamkan tapi belum Tadi baca surat Maryam tadi saya Kebetulan nggak dengerin suaranya cuma ngelihat soalnya kan ke sini lihat gambarnya belum belum eh salah ya Bagi yang sedang Life juga nggak sih kan Life ini bisa bertanya lewat YouTube atau FB nanti muncul di layar di sini ya pertanyaan-pertanyaannya Dan ini kan Berapa tahun lalu ada kudeta dari militer ya nih. Bagaimana hubungan presiden dengan militer boleh kita tahu jadi ke mana-mana ya ya Sebenarnya aku Dita kudeta militer di Turki ini sesuatu yang

[00:43:01] Apa ya enggak jadi yang terakhir itu bukan yang bukan yang pertama Pak Militer Turki itu udah terlalu biasa berpuasa kemudian tiba-tiba nggak berpuasa itu jadi nggak biasa jadi kalau kalau saya perhatikan suasananya begitu Tuhan menurut saya dan AKP dan pemerintahan rezim ini secara umum Termasuk yang sukses sebagai orang sipil Membangun hubungan dengan dengan militer terutama Angkatan Udara Badan Intelijen yang selama ini menjadi Backbone nya militer jadi militer yang biasanya Angkatan Udara intelijen itu kan kalau orang pintar ngumpul di situ walaupun bukan berarti yang di tempatnya nggak pintar dan Tuhan kemudian bisa apa ya Kalau saya bilang

[00:43:58] Bisa belajar lah kalau anak saya saya saya pikir orang Turki itu semuanya memahami betul sejarah penaklukan dan sejarah penaklukan itu kalau pacar yang mungkin pernah belajar dengan seksama itu bukan kerja Muhammad Al Fatih sendiri gitu bukan kerja Audi A3 bulan ngepung dan kemudian berhasil dia naikin kapal berhasil bahkan game kapal itu 22 April kan baru takut 29 Mei sebulan lebih kemudian Pak ada juga orang suka menulis berlebihan gitu lu malamnya kapal naik besok kita kok nggak juga Pak itu lama betul sebulan kemudian jadi Istanbul itu banteng yang sangat tokoh yang Sangat kokoh dari laut dari darat dari yang yang dia lemah sisi kanan saja yang Selat bosphorus itu Golden Horn masuk yang itu kemudian ditutup dengan rantai jadi orang Turki memahami bahwa

[00:44:58] Bahkan kalau hari ini kita masih bisa melihat di kalau kita jalan apa tour bosporus nanti bersama cheria travel itu kalau udah normal nih kita bisa melihat di sebelah kiri benteng rumeli hisari namanya sebelah kanan ada anadolu hisari yang kiri dibangun sama cucunya yang kanan itu dibangun sama kakeknya.

[00:45:21] Jadi ini kerja penaklukan ini kerja antar generasi bahkan kick off nya itu ya kira-kira Mulai dari ibukota dipindah ke ajurno oleh Sultan Murad ya, kalau kita mau lebih lama tarik ke ra Utsman yo sepatu guru Osman orhan murah, tapi kalau betul-betul misi penyerangan yang yang ngomong udah disiapkan dengan serius kalau bacaan saya sih mulai dari Murad Murad bayazid, maka bahas itu berupaya menguasai Arafah Balkan menutup jalur bantuan yang bisa membackup Konstantinopel Jadi kalau Bapak Ibu yang di rumah lihat peta Turki hari ini Istanbul itu yang yang dibatasi oleh tembok itu itu segitiga kecil yang tersisa

[00:46:10] Dari sebelumnya wilayah-wilayah Romawi itu wilayah Konstantinopel itu adalah seperti wilayah

[00:46:21] Ottoman abad ke-17

[00:46:26] Bahkan lebih dari itu karena dulu orang-orang itu sampai bilang waktu tengah itu adalah danau yang mereka karena mereka dulu kekuasaan Romawi kan sampai ke Afrika Utara dan sebegitunya oleh kakek buyutnya Fatih ini satu-satu tuh di pipi lupa ambil ambil ambil ambil sifat tinggal itu dilingkupi jadi kalau kalau biasanya di PT itu misalkan di bukunya David Nicolas itu dibedain warna hijau dan warna merah itu warna hijau itu bener-bener tadinya kecil cuma di So Good di Bursa masuk ke sana kali masuk ke jurnal masuk ke Bulgaria apa Yunani sebagian kemudian masuk ke rumah Nia masuk ke semua wilayah Balkan nutup kanan anadolu dikuasai full kecuali Trabzon sedikit

[00:47:18] Tinggal menyisakan segitiga kecil itu yang di yang di benteng itu itu baru di generasi keempat setelah nya jadi kalau bahasa pemain bola Muhammad Al Fatih itu striker Pak ngegolin aja udah dapet umpan yang sangat manis dari bapaknya dari kakeknya udah dibangun semua infrastrukturnya termasuk benteng-benteng kecil jadi kalau bapak bapak ke Jalan Turki bedanya benteng Konstantinopel dengan benteng Ottoman itu adalah bentuk pertemuan itu khas yaitu lingkaran Mbak kalau yang itu kan agak kotak segi delapan ini ini lingkaran dan ini secara fisika menarik Pak kalau di zaman itu senjata itu apa namanya meriam kan bola-bola itu kalau kena kalau bentuknya lingkaran itu ini Pak kayak mental jadi tingkat kehancurannya itu lebih lebih rendah kalau Bentuknya itu bulat benteng pertama Ottoman itu yang otomatis bapak bisa lihat di sana kalian lihat di seberang laut ke darat

[00:48:18] Dari apa namanya dari Asia ke Eropa di sana kali itu keleletan itu di antara benteng pertama yang yang dibangun oleh khas nya orang Ottoman itu biasa jenius secara fisika kalau nggak ada saya dan itu dijadikan bangunan dan hidup secara sipil karena kemampuan orang Ottoman ini Pak dari Murad bayazid Muhammad 1,1 nggak banyak bangun ganteng ya kemudian murah tua itu kemampuan mengundang itu sangat cepat termasuk rumeli hisari itu dibangun tidak lebih dari 4 bulan dan kan sebesar itu bapak bisa jalan enggak terlalu suka kalau ke Istanbul naik Ferry paling cepat turun di bawah naik ke atas sampai 4 bulan itu kalau di Indonesia mungkin terjadi perang strategi nasional bertahun-tahun gak jadi-jadi itu barang serius itu gitu banget jadi Masya Allah memang kerja peradaban kerja Fatih ini Kalau saya bilang ditentukan juga oleh kerja

[00:49:18] Pendahulunya dan saya meyakini cita-cita penaklukan itu sesuatu yang diceritakan ketika masih bayi itu didongengin Jadi kalau Saya membayangkan kalau saya saya Sultan Murad gitu bohong Fatih bayi gitu dari itu dari bursa kan kelihatan tinggi itu-itu banteng itu sampai kamu Taklukan ya gitu Jadi itu kalau dicekokin Betul Pak dengan memang misi mereka yang di kepala mereka itu bagaimana melakukan usaha dan semangatnya dari mana Dari hadis Hasan dan hadis itu pak. Kalau bapak ke Ayah Sofia itu masih ada hari Bapak kalau masuk kalau dulu ya saya sekarang setelah Jadi sebelum melaksanakan baru hari ini jadi Masjid itu kalau kita masuk pas pintu keluar tekanan itu habis itu nempel ditulis dengan sangat walaupun tidak sangat indah, tapi kalau gitu kayak ukiran lama yang kalau bacanya itu bergetarlah Kalau ngerti bacaan-bacaan yang sama yang deket

[00:50:18] Makamnya Fatih modelnya sama Pak apa Jadi kalau orang orang-orang atau menentukan punya Tugu Raya punya tanda tangan yang kayak mirip mirip aku udah bilang resultan itu beda-beda kalau bapak masuk ke Madinah ada yang banyak tuh tanda tangannya Sultan Abdul Majid kan ada yang marah pasti Masjid Nabawi kan itu itu dibanyakin tututu geraknya dia itu beda sama Muhammad Al Fatih Nah kalau di pintu keluar atau Hagia Sophia yang masih museum lutut kanan keluar ada tuh masih hijau. Nah itu yang mirip tapi warnanya agak kemerahan kalau saya Saya biasanya selalu bahagia Sofia mungkin ada beberapa kali ya lebih dari 46 kali mungkin rasanya selalu di titik itu Pak saya paling merasakan Getaran yang luar biasa yang membayarkan Kalau hari ini orang salat di situ mungkin rasanya lebih dahsyat lagi cuma duduk di situ

[00:51:18] Bayangkan aja udah udah lebih dari udah lebih dari bergetar itu insya Allah bisa bisa menghentikan air mata. Bagaimana kemudian kita bisa melihat sebuah peradaban tata kelola kehidupan dihadirkan dan Memang luar biasa dampak jadi kalau kalau hari ini Tuhan melakukan hal yang sama memiliki kesabaran yang sama dia Jadi Walikota Bapak kalau udah pengen tuh Mungkin dia bisa maksain sebagai walikota kan nunggu jadi Perdana Menteri 3 kali jadi presiden di ubah dulu konstitusi itu kan ada kerja ada kerja konstitusional yang berkelanjutan sampai kemudian dia rasa sudah cukup kuat untuk merubah termasuk kesiapan menghadapi tekanan dari asing terutama dari tetangganya Yunani tetangga yang berisi dari Rusia menang. Mana kan dan komen luar biasa

[00:52:18] Sabar betul, Kenapa kan aneh juga tahu lu pendahulunya menaklukkan juga dengan penuh kesabaran bertahap bertahap nggak ada yang instan Pak dalam kerja penaklukan Konstantinopel lagi itu yang dilakukan juga oleh-oleh kan cuma kan Kerjanya kerja konstitusional dia bangun 11 sampai berubah konstitusi sampai dia berkuasa jadi presiden Sebelumnya kan enggak begitu Walaupun mungkin ada orang yang mengatakan dia itu sisi yang lain lah itu nanti bahasanya bisa beda tapi poin saya adalah di tengah suasana.

[00:52:53] Ideologis masyarakat-masyarakat yang yang sekolah dan surut itu pelan-pelan dia bisa ubah bahkan dulu kalau saya masih ingat Saya melihat betapa cerdas Erdogan itu Ketika suatu hari dia membuat jilbab jilbab itu baru boleh lagi di parlemen di acara-acara nasional upacara kemerdekaan parade militer tuh jilbabku nggak boleh Pak Ada undang-undangnya apa yang untuk membolehkan itu namanya apa dia menggunakan ini adalah demokrasi demokrasi sistem nilai 10 hari Senin nasionalisme

[00:53:30] Abis abis abis demokrasi dimasukin bahwa ini maunya publik maunya masyarakat Semua orang punya hak equal dihadapan hukum jilbabnya jilbab itu sama kedudukannya itu pelan-pelan sekarang dia sukses memasukkan nilai Islam ke ideologi besarnya tuh jadi kalau kalau ini kerja peradaban yaitu kerja peradaban yang terjadi kalau hari ini atau setelah ini nggak lama kemudian meninggal misalnya begitu rasanya Dia udah meninggal dengan bahagia gitu karena satu misi besarnya sudah bisa dia sukses itu ideologis misi peradaban di konstitusional yang ini mungkin tidak banyak dilihat orang kan orang lebih suka melihat pertentangan antar partai nya apa besok Main HP sama ces HP dan perutnya kemalis tidak kembali sekularisme Islami sudah begitu ini kerja semut betul sampai masuk gitu Masya Allah mungkin ini perlu ditiru oleh oleh bangsa ini kalau mau saya ketika memang

[00:54:30] Islamisasi Indonesia ingin Sebenarnya kalau saya melihat Pancasila itu udah udah formula itu cuma ya kemudian jalanannya kan dipertentangkan tetapi kita ngomong ke sana Jadi kita kembali ke Erdogan dan kerja tadi itu termasuk diantaranya adalah ketika dia Membangun hubungan dengan militer pacar ya. Jadi jadi militer itu betul-betul didekati dengan sangat baik sehingga ketika terjadi kudeta yang membela dia siapa militer juga waktu itu kan semua akses itu ditutup ya aset komunikasi yang bisa cuma FaceTime pakai Apple Apple lagi di Jerman itu kan informasi face-to-face gitu masuk kalau HP lewatin PR nya emailnya Turki Pak yang isinya minum air doang Minta rakyat untuk melawan dikudeta dan kita tahu

[00:55:30] Ceritanya dia kan jalanan penting isinya rakyat yang menolak tank-tank itu masuk ke menguasai Istanbul Istanbul ankara dan kota-kota penyusutan itu rakyat turun melawan pemberontak itu perintahnya coklat es krim itu Pak karena semua jalur itu jadi ada lagi pergi kemudian diri apa sama saluran ditutup ada satu aja kebuka semua Twitter Facebook YouTube nggak ada di waktu itu Cuma freestyle masuk dan itu jadi perintah yang masuk jadi kayak perintah-perintah rakyat kemudian yang terjadi kan kegunaan jalanan di sini manusia yang melawan melawan para pemberontak itu apa ya kita mungkin Mas suasana itu

[00:56:20] Dandan dan paham betul militer itu nggak bisa dikalahkan di dalam merangkum dan mendekatkan dengan baik tapi tetap dengan atas nama kuasa rakyat dipilih secara demokratis. Dia menang di parlemen menang di Pemilu presiden dan gitu pacar ya pengamatan saya dari agak jauh ya naik Bang Banu ini kan sebetulnya kerja antar ya untuk luka itu memang sering anda melihat cuci paling ujung ya saja sih paling ujungnya tentang apa Namanya Muhammad Al Fatih sebetulnya Bagaimana model apa transformasi pendidikan antargenerasi sehingga mereka cukup matang begitu sehingga berada pada titik Muhammad al-fatih

[00:57:18] Sebelum masuk ke sana lagi nonton ini lagi rame tuh kan itu udah mau mulai jumatannya. Ya Allah ini harus dengan hati Luar biasa ini sudah mulai berdiri yang streaming di YouTube ini mohon maaf ya jaringan dengan masa sebelumnya Bu nggak papa tapi saya tadi 9 ceritanya di sini sambil nonton RT RW hantu Instagram lainnya itu bisa kita lihat ini momen yang ditunggu 86 tahun baru Ibu sekalian Masya Allah

[00:58:00] Ya Ane mau nampilin kiriman video terbaru suasana-suasana di sebentar.

[00:58:15] Otw berdiri duduk lagi tapi udah pindah ke depan ke pindah ke depan Pakde Erdogan ya lagi jalan ke depan.

[00:59:00] Yang boleh berdiri itu kalau siang itu bisa ngerasain 212 mungkin ya cuma 212 versi versi yang lebih top lagi ini mah level itu kiriman yang terbaru dari abjad belum bisa streaming karena internetnya rebutan kita sepaham ig-nya pertanyaan Mas Ahmad dosen Iya kalau kalau saya melihatnya memang itu udah mulai

[01:00:00] Ada siaran langsung

[01:00:17] Iya, silakan saudara Bang Anjar

[01:00:44] Ya ini mungkin bisa dikomentari sesat suasana di sini ya. Jadi ini Animo masyarakat luar biasa saya pikir tadi juga Mas Anjas cerita di grup kita sebelum beliau masuk antriannya sampai 3 km kita toh Istanbul itu kota yang sangat bagus ya ininya apa namanya transportasinya semuanya ada gitu, tapi karena mungkin ratusan ribu atau bahkan jutaan orang suasananya memang kalau Saya membayangkan Ini Suasana semangat orang-orang yang sudah merindukan.

[01:01:40] Hagia Sophia menjadi masjid sejak berpuluh-puluh tahun sampai kemudian Allah bukakan kesempatannya Hari ini Melalui melalui proses yang luar biasa indah yang bisa kita ambil pelajaran tahapan-tahapannya

[01:02:05] Sekarang masuk waktu Azan zuhur ya di Istanbul nggak jadi lambat nggak nggak papa kan enggak boleh kalau lebih maju lebih lambat mau boleh ini yang adzan di atas menara Aya Sophia ya bang. Banu Sepertinya begitu cuma enggak dilihatin itu.

[01:02:35] Jadi RT Erdogan terlihat itu

[01:02:40] Oh ya ya betul betul betul udah di Al Fatih itu ketika menaklukkan dia bangun dua Menara Dua menara itu di era Sultan siapa ya saya lagi lupa ra dua suku berikutnya Sultan Salim mungkin kalau nggak salah murah tidak murah 3 Kalau nggak salah dalam bulan tiga baru nambah dua menara lagi kita harus paham bikin Menara di zaman itu belum ada alat-alat teknik sipil seperti hari ini dengan ukiran yang indah masalah dilihatin adanya di menara Masya Allah

[01:03:30] Kalau menara yang digunakan untuk adzan sekarang pun menara yang dibangun oleh Sultan Murad ya harus harus mulai dari atas buat bisa ketiknya saya kebayang cuma mesti di ini Saya butuh gambar lebih jadikan gambar-gambar langsung orang dan orang yang ngomong kalau di zoom out.

[01:03:54] Udah tapi kalau melihat ornamen Si Sultan Murad yang lebih banyak betul Sultan Murad yang yang yang yang ke arah laut itu yang yang dibangun pabrik yang coklat itu yang dibangun Sultan Murad 33 Kalau enggak salah nanti kalau salah mungkin temen-temen dicat bisa Insya Allah itu orang satu ujung itu kalau kalau bapak ibu suka nongkrong antara Sultan Ahmad sama aja Sofia ada air mancur tuh konten itu itu sampai belakang sudah mati sini orang semua sampai arah laut itu semua

[01:04:35] Ini juga menjelaskan anime-anime masyarakat dengan semangat kita kalau kita ada di sana juga pasti kita lihat di Youtube dia lagi ngomong di Amir Hamzah tuh kalau orang selalu semangat begitu Pak saya bisa membayangkan rasa rasa di hati.

[01:05:15] Suaranya kurang jelas ya.

[01:05:21] Nggak keluar suaranya terputus ya, kalau kita lihat kemudian lingkungan di seputaran teman-teman dengan orang-orang Turki dengan menggunakan apa ikat kepala kemudian bawa bendera bendera Turki warna biru Warna merah kemudian bendera Lailahaillallah kira-kira menggambarkan evoria yang seperti apa ini apa namanya kondisi di Istanbul saat ini Saya membayangkan hari ini ya Bahkan Nggak cuma di masjid Hagia Sophia Saya yakin musik-musik kecil di ujung dan di rumah di travel di sebelah danau sapanca di danau van sana kayaknya juga hari ini sedang membicarakan yang sama semua membayangkan baterainya sudah Kalaupun kita di rumah Gitu Jumatan juga rasanya fotonya sedang

[01:06:21] Sedang membahas ini ya kalau saya melihatnya ini ini ini apa ya ini semacam apa ya Allah saya kalau saya sih sering-sering membayangkan kita melihat suatu hari kita salat di Masjidil Aqsa dan seterusnya begitu cuma Masjidil Aqsa masih dikuasai itu hari ini kita seperti Masjidil Aqsa yang nggak ada penjaga tentara Israel nih gitu loh sayang Makanya abang mengatakan ini langkah menuju pembebasan momen-momen yang yang sedahsyat itu ini persis seperti ketika mungkin suasana orang-orang di sekitar Muhammad Al Fatih ketika penaklukan mungkin suasana hatinya sama-sama semacam itu mungkin nggak sekuat itu dalam beberapa dimensi tapi secara umum rasa-rasa

[01:07:21] Rasa kebahagiaan yang luar biasa pasti sedang sedang apa lagi tadi yang saya bilang di awal sebelum ini sebelum sebelum masuk ke banyak bicara Jadi tuh kita tuh sedang dalam kondisi dimana umat ini nyaris tidak banyak kabar gembira kita nggak punya kabar gembira yang ada kisah menyedihkan di Palestina blocking ya Surya tiba-tiba jadi ini kayak apa ya kayak kita sebagai umat dan umatnya seperti satu tubuh begitu dari sekian banyak kesedihan yang kita tapi gara-gara tiba-tiba masuk sebuah kabar gembira yang membuncah di kita dan ini sesuatu yang rasanya juga di ada di hati semua orang yang hari ini berjamaah di Hagia Sophia itu barusan baca di TV

[01:08:21] Misalnya dari 11 titik pengamanan dari 5 pintu masuk itu semuanya udah udah 10 orang jadi kita bisa membayangkan 11 penjuru Itu orang udah udah udah udah berkumpul mungkin mungkin melebihi jumlah penduduk Istanbul jalan-jalan kalau udah ngumpul sambil yang bisa macet macet macet Jadi mungkin mungkin begitu kali suasana penggambarannya Allah kalau besok kembali ke yang tadi Bang mereka begitu konsisten membangun mimpi antargenerasi mulai dari apa namanya nggak kasih para gaji Kemudian Kemudian berikutnya apa Rahasianya mereka begitu apa namanya konsep membangun mimpinya sehingga sampai kick off nya di Muhammad al-fatih.

[01:09:17] Bukan Kick Off bagi cover justru dari Sultan Murad 3 itu sudah sudah

[01:09:33] Ada nggak ya sebelum kita diskusi ya? Kenapa dia kayak suaranya juga enggak terlalu jelas maksudnya Ya saya saya melihatnya Sebenarnya bukan cuma dari zaman Utsman Pak Ahmad bahkan sebenarnya ini kan sudah sampai ke begitu sampai di telinga para sahabat semua sahabat itu pengen menjadi bagian dari sejarah apa Lagian hadis nabi yang lain yang mengatakan Allah akan mengampuni orang yang pertama kali mengirimkan pasukan ke Konstantinopel makanya ketika kaum muslimin pertama kali penaklukan Siprus laut Mediterania pada waktu itu yang kita tahu kalau kita ketik terus masih ada makam beberapa sahabat di sana terus Shahabiyah yang terkenal Ummu haram yang waktu habis tidur di rumahnya kemudian mimpi dan dia minta menjadi bagian dari orang yang naik kapal menaklukan apa?

[01:10:33] Melewati laut tengah itu mimpi itu keinginan itu sudah ada dari zaman itu termasuk kalau bapak ibu ke Istanbul mampir di dekat galak ada Arab kami ada masjid Arab itu kalau kita lihat tanggalnya itu ada Muhammad bin maslamah jadi itu itu kira-kira sudah erani Umayyah berdiri itu kira-kira belum sampai 100 tahun sejak rasulullah wafat Jadi kalau kemudian orang-orang yang dari Arab orang-orang yang dari Baghdad Baghdad lebih jauh lagi kan Pak Harun ar-rasyid dari bank

[01:11:09] Kemudian orang-orang yang dari mana-mana kesana apalagi orang yang sudah begitu dekat

[01:11:16] Saya membayangkan kalau saya orang yang hidup di zaman eosen mangazi atau orhan atau Sultan Murad sultan, pertama ke-2 ke-3 nya Ottoman Dinasti Ottoman kita loh yang paling dekat di antara semua kaum muslimin kita yang paling dekat dengan apa yang dijanjikan oleh nabi kita yang paling dekat dengan tembok Konstantinopel dan itu yang diwariskan apa yang mewariskan saya kan bukan cuma Raja ke anak raja Sultan ke anak sultan, tapi lebih dari itu juga masyarakat sehingga ketika Fatih memobilisasi pasukan yang ikut 250.000 bayangan zaman itu ngumpul seperempat juta orang dalam satu konvoi pasukan bergerak dari mana namanya hari ini kakak Santi nopol itu pergerakan massa yang dahsyat di luar biasa sampaikan sampai diceritakan itu ketika mereka jamaah aminnya aja itu ratusan ribu.

[01:12:16] Amin itu bisa menggetarkan orang di dalam benteng itu amin amin sebegitunya.

[01:12:23] Jadi sampai orang sampai penulis Kristen itu mengatakan orang-orang di dalam Istanbul itu sudah mengatakan mungkin ini saatnya memang akan runtuh dan kita yang dulu mereka percaya diri betul nggak akan bisa runtuh itu ganti tiga lapis yang di darat yang di laut pelapis tapi sebelahnya laut jadi memang mereka PD betul hari itu pertama kali mereka nggak pede cuma gara-gara Amin artinya apa Saya membayangkan ini bukan cuma Sultan ke anak sultan, tapi juga orang biasa ke anaknya dan seterusnya nanti kalau ada Supandi mobilisasi ke ke Istanbul ke Konstantinopel dan bergeraklah semuanya dalam sebuah pasukan yang sangat besar di siapkan teknologi yang paling canggih kenapa-kenapa Al Fatih misalkan mau apa ya membayar sangat mahal untuk membuat meriam besar itu korban Kenapa karena

[01:13:23] Untuk untuk mewujudkan cita-cita besar itu memang perlu sesuatu yang spesial Kenapa dia bisa mikir gitu doktrin dari bapaknya sesimpel itu doktrin dari gurunya saya akan menjadi namanya yang difoto manapun pasti ada aja tuh dipikir itu yang pakai jubah putih itu jadi betul-betul ada pewarisan isu mereka kalau Saya membayangkan Kalau saya bilang itu mereka itu selalu dicekoki kita adalah orang yang tinggalnya paling dekat dengan benteng Pesantren persis seperti orang-orang Palestina hari ini mungkin saya Saya pernah dengan Pak Ahmad bareng-bareng kalau ku ingat waktu kita ngobrol dengan orang Imam di masjid Nabi Yunus dia mengatakan kita itu orang yang paling dekat dengan dengan dengan Baitul Maqdis sehingga tanggung jawabnya kita jadi izinkan kami yang muslim dunia untuk untuk untuk anda bayangkan Pada masa itu ketika kaum muslimin sudah udah menyeli bumi

[01:14:23] Curug benteng itu yang ada di benak mereka. Apa hadis itu dan mereka orang yang paling dekat untuk bisa merealisasikan habis itu dan mereka tahu betul upaya-upaya dari sejak abad 8 masehi sampai abad 13 semuanya gagal dan mereka tidak mau menjadi orang yang gagal dan Papi juga nyaris gagal bahkan Sempat terpikir untuk mundur ketika mengepung berbulan-bulan tidak berhasil sampai kemudian 29 Mei hari penaklukan itu tentu mau main ya aku memang sudah mereka aja jadi kalau saya ibu roknya buat kita hari ini memang saya pikir semua keluarga Mesti punya cita-cita Pak membayangkan kalau kita punya cita-cita besar kemudian kita wariskan ke anak kita cita-citanya diwariskan lagi ke anak berikutnya memang game Rasidi buat kita hidup dengan sebuah nilai-nilai Luhur cita-cita besar kerja kerja kerja kerja peradaban yang membuat mereka itu kemudian fokus pada kerja peradaban.

[01:15:23] Jadi yang terjadi kalau Saya membayangkan dari ra sultan pertama Osman Sultan kedua orang Murad 1 bayazid Muhammad 1 Muaradua Muhammad 2 yang kemudian dapat setelah penaklukan dilanjutkan ke anaknya Pak Jokowi ke anaknya nggak kerja-kerja peradaban itu kemudian tak dan itu yang rasanya terjadi mungkin nanti detail kita bisa tanya langsung banget kalau ketemu Sultan Muhammad Al Fatih di surga nanti kita ngobrol-ngobrol Baik Pak dari bank Bandung mungkin nanti kita akan selesai Menjelang magrib di Jakarta ya

[01:16:10] Kita artinya apa?

[01:16:18] Saya ada pertanyaan yang terkait hadis-hadis apa butuhnya Konstantinopel juga di situ disebut Roma ini bayangannya gimana nih boleh boleh dikasih tahu sebelum yang seperti Erdogan bicarakan jadi betul hadits penaklukan Konstantinopel itu ada beberapa dan salah satunya menarik Ketika Nabi 1 hari bahwa bahwa Romawi akan Sabtu kemudian salah seorang sahabat bertanya ya Rasulullah Romawi yang mana Kan dulu ada ada Holy Roman Empire yang kekuasaannya di Roma hp-nya lagi adalah Byzantium atau is the Roman Empire Romawi Timur timur. Itu kekuasaannya di Konstantinopel

[01:17:16] Kemudian Nabi Muhammad akan yang akan takluk lebih dulu adalah apa namanya ke rumahnya heraklius itu salah satu di Byzantium dan itu yang kemudian terwujud di apa namanya terwujud di Arabnya Muhammad Al Fatih 8 abad setelah Nabi mengatakan itu setelah itu kemudian kita masuk ke hadis lanjutan ya kan berarti akan ada satu masa juga di mana Romawi Barat akan takluk

[01:17:52] Romawi matikan sekarang Insya Allah 1 hari akan di bawah ini kapan kalau besok tapi juga salah satu janji nabi Pak dan kalau saya ingat ucapan saya super Doi ketika Indonesia tahun 90-an adalah serta ingat

[01:18:15] Tentang hadits ini belum mengatakan ia mengatakan dengan Insyaallah Romawi barat juga akan tahu kalau kita tapi dia tidak akan takluk lagi oleh Miriam tapi dia kan tak lupa oleh-oleh ilmu oleh peradaban dan teknologi Jadi PR umat ini kata beliau adalah bagaimana kita mengembalikan kualitas kita kedekatan kaum muslimin dengan ilmu kita pemikir-pemikir besar ilmu ilmu baik ilmu agama ilmu sains ilmu sosial berkembang di kalangan kaum muslimin kaum muslimin luar biasa memimpin dunia dengan peradaban maka itu momen dimana semuanya akan takut juga kaum muslimin termasuk nanti seperti janji nabi Romawi sekarang Roma sering takut sama Inter Milan sama AC Milan gitu ya, Tapi itu bukan ini yang lain kalau bapak ibu ingat dulu ketika jadi di antara musik

[01:19:15] Di Eropa itu di rumah mungkin pacar Ya benar sekali 2011 Kalau enggak salah itu dulu di paling gede Pak belum ada masjid masjid di Moskow belum berdiri tu orang tu mikir apa ini ya maksudnya tetangga itu cuma masjid dibangun raja Arab aja kebetulan dia tidak mengubah masyarakat sama sekali Kan itu itu lebih-lebih ke luar bangunan tapi menarik juga di sebuah kota Roma ada duit yang waktu itu paling besar di tahun 2009 jadi Insya Allah pak jadi ya mudah-mudahan nanti di manakah pacar ya udah punya yang Islami gitu Nanti azannya orang salat sunah gitu ya atau di mana begitu kita enggak Tapi itu sebuah janji dari Rasulullah akan takluk baik Romawi Timur ataupun Romawi barat yang Timur udah direalisasikan oleh

[01:20:15] Muhammad Al Fatih dan insya Allah nanti Romawi barat juga akan takluk pada masanya dan itu sebenarnya dimulai Pak mungkin belajar agar dalam tentang sejarah di eranya sultan-sultan setelah Fatih dan sebelum Sultan Sulaiman Al qanuni itu pergerakannya biasa sampai masuk itu itu udah udah udah sampai menjelang penis Mbak kamu jadi itu sudah kalau ada di itu ada laut adriatik nama yang memisahkan antara balok a dengan Italia itu kan kalau udah lewat penis tinggal Turun ke bawah Ya udah ke arah rumah Pak dilanjutkan kalau Saya membayangkan coba kemudian setelah kekalahan di Wina mungkin yang pernah ke Wina masih kebaya ya itu awal orang-orang barat kenal kopiitukata nanti kau punya kamu

[01:21:15] Mereka baru kenal abis-abis kekalahan di Wina di Austria itu jadi titik yang kemudian selesai tuh. Setelah itu mereka fokus untuk ekspansi bukan ekspansi yang menguatkan hubungan dengan Timur maka setelah itu abad 16 yang kita kenal adalah perang di laut di Samudra Hindia antara Portugis dengan benar Ottoman ada perang di dieu di goa di daerah-daerah India perebutan Yaman pangkalan Portugal di membahasa ada socotra Island yang di bawah Yaman yang menjadi titik hutan sampai nanti termasuk di Selat Malaka ketika ketika Aceh yang dibantu oleh Ottoman berperang melawan Portugis di Selat Malaka itu semuanya itu rangkaian setelah setelah misi misi penaklukan Romawi barat, versi orang-orang Ottoman dianggap udahlah cukup dulu kita mau fokus ke yang lain kena pengalihan itu disebabkan dua hal

[01:22:15] Satu karena pada waktu itu kaum muslimin adalah yang paling unggul dalam ilmu kelautan dulu ada Armada Ada Laksamana piri. Reis namanya yang luar biasa dia orang yang pertama bikin peta ada kutub selatannya kita sekalinya punya bukunya di perpustakaan dan kedua waktu itu kita juga punya armada, laut yang sangat kuat karena itu sementara wilayah-wilayah waktu itu kan sudah udah pernah udah didaratkan telah kita menaklukkan banyak tuh wilayah wilayah Balkan dan sekitarnya sampai mentok di Wina kemudian kita memutuskan mundur Sultan Sulaiman Al qanuni Sultan ke-10

[01:22:54] Tanggal 10 Ottoman kemudian memindahkan Fokusnya ke Yaman ke India ke nusantara dan melakukan hubungan dan relasinya ternyata sampai hari ini Pak Termasuk ekspor impor benih dari Jawa itu ada semuanya. Saya punya bukunya di rumah saya ada catatan apa surat-menyurat antara Raja Aceh dengan apa namanya dengan Ottoman Kesultanan Jambi Raja Jawa dan jadi hubungannya udah-udah meluas setelah itu fokusnya lebih ke lebih ke timur dan termasuk fokus untuk menjaga haromain menjaga 22 tanah suci karena kan zaman Fatih orang-orang orang-orang Ottoman ini belum puasa ramadhan maka sering belum jadi Khilafah utsmaniyah Belum baru baru Kesultanan Ottoman saja disebut apa itu kan salah satunya kalau dia menjadi ramai jadi ra sultan sultan sultan.

[01:23:54] M2s Sultan Salim ya Quddus ya Jalil menaklukkan Mesir dan kemudian setelah itu menaklukkan apa menguasai haromain dan memberikan memberikan perlakuan yang istimewa ke-2 Tanah Suci Madinah dan Mekkah termasuk pembangunan pembangunan masjid Nabawi dan Masjidil Haram sampai hari ini ketika renovasi Masjidil Haram dilakukan orang-orang tahu di hari ini Walaupun mungkin hubungan politik luar negeri tidak terlalu damai kelihatan Pak karakter bangunan itu masih dipertahankan Kenapa karena mereka orang yang menghias masjid al-haram berabad-abad 4 abad setidaknya hampir 4 abad mereka memberikan perlakuan yang sangat kecewa termasuk memastikan kecukupan kebutuhan logistik per 3 hasil panen Mesir itu buat haromain. Nah itu juga momen dimana kemudian fokus Sultan Sulaiman itu mah lebih fokus ke selatan ke Turki ke bawah Ya kalau

[01:24:54] Dan ke timur sampai ke sampai ke nusantara pertanyaan lagi nih sambil menunggu magrib ya kita selesai tadi Ustad sebut eropah takluk nanti akan lewat peradaban ilmu dan peradaban ini yang kekinian sekarang Militer Turki ini sedang dipertanyakan karena nggak tahu dia paling besar di Eropa saat ini kekuatan militernya juga sekarang dia sudah masuk ke Iraq Syria juga ke Libya yang terbaru ini baru di mana apa-apa lagi setelah menang lewat perang Drone itu bagaimana San kalau saya sih merasa rasanya agak agak berat ya hari

[01:25:54] Sehebat-hebatnya Turki secara itung-itungan kasar ya di atas angka pesawat tempur sistem pertahanan udara dan seterusnya kita tuh belum punya meriam semacam ayamnya korban di penaklukan kota tua kalau kalau kalau ngambil senjata Rusia kemudian Amerika dan mungkin Israel rasanya masih perlu lebih unggul sepengetahuan bacaan kemudian juga posisi Turki di NATO juga dalam kondisi yang tidak sangat aktif Mungkin Nanti kalau kita nanya ke ahli hubungan sosial lebih paham tapi secara umum ada beberapa memang kerja-kerja Militer Turki rasanya masih masih jauhlah dari dari dari ke sana kalau saya termasuk yang yakin tadi bukan karena saya Pak belajar yaitu kata-kata saya super duit yang termasuk sangat meyakini memang kita

[01:26:54] Kita menaklukkan dunia dengan peradaban jadi ketika mengetik kualitas pendidikan kita kualitas riset kerja-kerja mencerdaskan masyarakat ini bisa sukses dengan optimal gitu Mungkin dua tiga abad lagi malam besok kita bisa melihat atau mendengar dari kubur kita kabar gembira dari cucu kita tentang ilmu ibarat ketawa, tapi Saya membayangkan itu bukan belum hari ini agak berat apalagi oleh kekuatan militernya Turki hari ini rasanya lepas loh dia oke compare to yang tidak Oke Rasanya masih jauh Apalagi apalagi suasana apa namanya suasana politik luar negeri hari ini kan juga petanya sedang laptopnya sedang berubah jadi Kira begitu.

[01:27:54] Rahmat Ustadz Agung masuk nggak sempat Agung belum masuk ke saya sudah invite tapi belum macet pacar dilanjutkan sebentar.

[01:28:07] Ya kalau kita lihat di ini life Instagramnya Erdogan

[01:28:12] Sedang berkumandang azan sepertinya

[01:28:16] Cuma tadi ya karena sambungan kita dengan mata menjadi Istanbul terbatas kayaknya jadi belum bisa didengar di chat ini ya kalau ibu juga sedang lihat Instagramnya Pak Johan Instagram

[01:28:55] Menampilkan video yang terbaru dari Istanbul

[01:30:47] Yaitu video yang terbaru sedang berdoa

[01:30:57] Ya silakan Ustaz Ahmad

[01:31:00] Bang Banu sebentar lagi masuk waktu maghrib di Indonesia terkait dengan apa namanya periode sekularisasi di kecamatan terakhir prestasi tahun 1935 ya begitu Pak Kemal attaturk naik ke tampuk kepemimpinan sebagai Turki muda gitu kemudian akan sekularisasi yang begitu masih termasuk kepada Aya Sophia Bagaimana masakan-masakan apa yang di pikiran atau kira-kira yang dihapus aja Sofia Selain sebagai simbol dari penaklukan itu sendiri

[01:31:54] Kalau saya sih nggak bisa membayangkan karena saya bukan temennya dia Ya saya tidak tertarik membayangkan saya menjadi begitu tapi yang saya melihatnya. Ya ini ini kalau bahasa orang sewa alat pesta ada anti jadi antitesa sebuah ideologi sekuler sebuah ideologi kebebasan sebuah ideologi yang dipaksakan yang sebenarnya memang tidak cocok dengan suasana kehidupan masyarakat Turki secara umum mereka basisnya tetap orang Islam yang rajin rajin beribadah dan seterusnya dan seterusnya.

[01:32:40] Tidak ketika itu dipaksakan sedemikian rupa tapi masyarakatnya tidak sanggup untuk melawan yang ada adalah

[01:32:51] Mereka bertahan di tempat-tempat tersembunyi dan seterusnya mukanya hidup saya itu kan tarekat tarekat tarekat yang tumbuh pada tokoh besar mungkin Bapak Ibu kalau bisa belajar ada video Ultraman nggak sih itu ya itu ya murobbi nya para para ahli tarekat yang di sana yang sabar hari ini sangat eksis dengan jejaring apa peradaban yang dia bangun itu suasana yang respon yang bisa dilakukan masyarakat Turki pada waktu itu makanya saya tadi awal mengatakan mimpi HG terjadi mesti tunggu 86 tahun bukan Erdogan bangun tidur terus pengen kaya bagus juga nih secara politik kalau dia tuh jadi meskipun dia bikin pasti nggak begitu ada di hati masyarakat apa sana sejak baru apa namanya bertahun-tahun yang lalu

[01:33:49] Mungkin mungkin itu perspektif jadi ketika dia mau makan ya begitu tapi ya begitulah sejarah naik turun makanya kadang-kadang menyenangkan belajar sejarah itu Ya kita seperti menonton sebuah drama hebat begitu kita nggak di situ kalau di situ bukan itu nggak bisa cerita banyak juga kita sekarang melihatnya kan udah bayar kan kalau kita hidup di Turki itu 19 39 40 mungkin itu hari-hari yang sangat menyesakkan dada mungkin adzan di Istanbul sepertinya sudah selesai waktu Azan zuhur kita Pakde Erdogan tempat

[01:34:49] Di dalam masjid ya

[01:35:24] Mungkin sekarang kita masuki terakhir sebelum adzan maghrib waktu Jakarta jadi sebagai penutup Mungkin Bang Banu kita ke mana tadi kita sebetulnya sudah di depan tenaga mana perjuangan antar generasi logam yakinkan masyarakat Turki secara konstitusional untuk Mbak di apa namanya Aya Sophia sehingga perjalanannya begitu mulus pasca kudeta justru Aya Sofia menjadi masjid begitu karena didukung penuh oleh masyarakat muslim di tanggul bahkan kita lihat juga tadi euforianya seperti kita mungkin kemarin di 2

[01:36:24] Kita pakai ikat kepala kemudian bawa bendera dan sebagainya ini kita mau dapat apa namanya dapat undangan dari bank Bandung terkait Bagaimana kedepannya apa yang mungkin kita

[01:36:52] Apa dapatkan sebagai seorang muslim selain cuma jalan-jalan ke Ayah Sophia nantinya setelah Panda minta say? Apa yang kira-kira akan kita dapatkan dari ayat Safia lain kita jalan-jalan 18 demi sesuatu yang mungkin bisa sangat enak ketika kita jalan-jalan ke Turki

[01:37:16] Ya karena sponsori cheria-travel Ustad Danu pertama-tama saya selalu berpikir bahwa yang hilang dari umat ini hari ini sebenarnya semangat membela agama jadi yang hilang dari banyak memuat ini hari adalah hedonism apa karena karena hedonisme karena individualism kemudian orang jadi lalai dengan agama?

[01:38:01] Yang sholeh ya cuma salah sendiri ndak pernah berfikir perubahan yang besar di masyarakat dan hari ini dan juga kalau kita berkaca ke proses penaklukan 1453 waktu itu Semua orang punya satu misi besar yaitu ingin meninggikan agama Ilahi kalimat nggak rasanya happy rasanya kalau ketemu lihat bendera Islam itu berkibar dengan tegak bahagia Rasanya ketika kita melihat islam, itu tidak lagi ditindas dianiaya direndahkan bantu yang tinggi dan semangat semacam ini harus semangat yang lahir dari pemahaman dan untuk bisa hamil kuncinya belajar 1 belajar bagaimana tadi proses dari Osman orhan, bahkan kalau tarik mundur dari Sultan sultan sultan Abbasiyah bahkan kalau tarik mundur lagi kalau beli buku

[01:39:01] Jambul bersama ceria pasti di mampir kan ke mesjid Ayub namanya itu sahabat nabi yang hidup di zaman nabi yang mendengar langsung habis tadi makamnya di sana karena ketika dia bersama rombongan kaum muslimin yang pertama ke pesantren novel Ketika dia meninggal usia sudah 94 tahun Ia berpesan tolong dimakamkan saya di titik terdekat dengan tembok Konstantinopel

[01:39:28] Jadi kita melihat ada pemahaman yang dibentuk dari sebuah dari sebuah kesadaran yang basisnya adalah sunnah nabi Shallallahu Alaihi Wasallam percaya kita dengan apa yang lebih katakan apapun yang lebih katakan pasti menjadi kenyataan di antaranya ialah takutnya Konstantinopel yang bekerja 800 tahun kemudian yang kedua itu juga dibentuk dari kita mau mau jalan-jalan ke sana karena kalau saya termasuk orang yang melihat Kebanyakan orang itu akan haqqul yaqin atau ainul yaqin, ketika dia sampai dan kemudian merasakan suasana. Coba bayangkan kalau bapak ibu baca sirah Nabi sambil sandaran di Masjid Nabawi kita bawa buku Sirah Nabi kemudian kita ada di roudhoh itu kemudian baca Ketika Nabi dan para sahabat interaksi itu rasanya nggak sama kisah yang biasa-biasa aja mungkin bisa bikin kita nangis atau bagaimana kita membahas kisah Nabi Ibrahim

[01:40:28] Ada di Al Khalil di mesjidnya Ibrahim Adam makam Nabi Ibrahim pada makamnya Siti Sarah ada makamnya nabi Ishaq di situ dan kita membayangkan itu rasanya nggak sama demikian juga suasana lakukan ketika kita menyusuri tembok-tembok yang masih tersisa hari ini melihat bagaimana rantai di Museum militernya Turki di museum apa Angkatan lautnya Turki masih ada rantai yang perlu diputus oleh pasukannya Fatih dan seterusnya yang itu itu itu akan memberikan kesan yang kuat memberikan semangat dan pemahaman yang muda-muda. Setelah itu lahir Keinginan kita menyiapkan generasi yang lebih baik karena kita belajar kerjanya ini kerja antar generasi bukan kerja orang perorang Erdogan hari ini juga harus ngelihat Bapak ibunya Siapa gurunya siapa pasti ada efeknya nggak mungkin nggak itu itu bukan mimpi yang datang tiba-tiba itu bentukan dari zaman Kecamatan sandai akan begini akan begini akan

[01:41:28] Ini dan mereka orang-orang yang yakin bahwa islam itu pasti akan menang dengan atau tanpa kita tinggal kita mau milih bersama orang-orang yang menang atau nggak kadang-kadang kita memang tidak hidup di zaman yang menang. Jadi kita hidup di zaman yang sedang menyiapkan kemenangan mungkin sukses ya baru di cucu kita atau kita tapi pasti kan kita orang yang punya saham terhadap kemenangan itu kita punya saham terhadap tegaknya kalimat Allah di atas muka bumi ketika itu semuanya bahagia seperti yang lebih janji kalau Islam pintunya yang bahagia Enggak cuma orang ikan-ikan di laut burung di udara itu bahagia dengan kejayaan islam. Hari ini kita hidup di zaman ikan-ikan di laut merana karena karena Polusi air dan seterusnya burung-burung kita mengalami global warming itu bukti kalau bukan Islam yang memimpin memimpin kata nabi yang bahagia Enggak semua orang burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut akan bahagia dan kapan tapi pasti dengan atau tanpa kita tugas kita

[01:42:28] Memastikan terhadap kemenangan itu insya Allah sebagai penutup para pemirsa di YouTube mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan jadi latihan Maafkan salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Waalaikumsalam warahmatullahi semangatnya akan menurun bismillah ya sama tutup bisa sore ini dapat pencerahan dari Ustad Danu cari. Terima kasih banyak sudah kita ketemuan kita di sore hari ini di atmosfer kebangkitan di ya di istana dan mudah-mudahan saya berdoa dan berharap mudah-mudahan bulan Agustus ini kita sudah bisa ke Istanbul pacari siap.

[01:43:28] Udah dibuka juga di sana jadi dibuka di bulan Agustus ini mudah-mudahan kita bisa ke Intan gue dalam waktu dekat agustus-september gitu Oktober tiap bulan kita bisa kita apa namanya baru di Istanbul kemudian saya bisa memberangkatkan peserta tour-nya ke Istanbul dan mudah-mudahan juga dengan semangat dan wajah baru Turkinya Semangat ya Semangat menaklukan bukan sekedar semangat jalan-jalan nanti ya ya betul yang salah Makasih ya nanti kita agendakan untuk jalan-jalan barang ceria travel dengan

[01:44:28] Jalan yang penuh makna kasih banyak teman-teman semuanya Terima kasih banyak sudah bergabung di YouTube dan di Facebook tertutup subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa Anta Makasih banyak pacarnya assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Waalaikumsalam.

Belum ada Komentar untuk "Live Liputan Langsung Dari Hagia Shopia"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel