Menjelajahi 7 Kota Biru ( Blue City ) di Seluruh Dunia

Mejelajahi 7 Kota Biru di Seluruh Dunia yang Wajib Para Traveler kunjungi


Assalamualikum^^ Hello sobat Traveler, What's Up? I'm Cheria...

Pastinya sobat Traveler tahu kota biru Chefchaouen, Ya kota Chefchaouen yg berada di Maroko ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit para turis Dunia karena mempunyai daya tarik kota dengan nuansa biru di seluruh bangunannya yang membuat kamu seperti menjelajahi dunia berbeda dan memiliki spot foto yang instagramable di setiap sudut kota Chefchaouen.

Kota Chefchaouen di Maroko
Kota Chefchaouen di Maroko

Tak hanya di Maroko saja yang mempunyai Kota Biru, Terdapat berbagai kota biru di seluruh Dunia loh sahabat Traveler! Mau tahu dimana saja? Yuk, simak....

1. Juzcar - Spanyol

Kota Juzcar di Spanyol
Kota Juzcar di Spanyol

Juzcar berdiri di sebuah perbukitan, terpisah dari pemukiman lain. Terletak di Provinsi Andalusia, 113 km dari Kota Malaga. Awalnya Juzcar merupakan salah satu Kota Putih Andalusia. Namun pada tahun 2011 mendadak Juzcar diselimuti warna biru. Masih ingat film Smurf? Ya, film animasi yang digarap pada tahun 2011 itu mengambil setting di kampung ini. 

Bertahun-tahun kemudian dan sampai saat ini, warga Juzcar masih mempertahankan warna biru yang menjadi daya tarik wisata bagi pemukiman tersebut. Tempat ini pun menjadi salah satu desa wisata yang populer di Spanyol.

2. Jodhpur - India

Kota Jodhpur di India
Kota Jodhpur di India

Kota Biru dari India ini Terletak 335 kilometer (208 mil) barat dari ibukota negara bagian Jaipur dan merupakan kota terbesar di kawasan Rajasthan. Kota Jodhpur menjadi tempat wisata yang unik, karena desain bangunan yang serba biru laut. Awalnya hanya rumah kaum Brahmana yang dicat dengan warna biru, namun kini semakin banyak rumah-rumah yang dicat dengan warna biru. Warna biru dianggap sebagai simbol kelas sosial, jadi tak sedikit warga yang mengecat rumah mereka dengan warna biru. Selain itu tempat ini juga menawarkan keindahan Benteng Mehrangarh, yang menjadi salah satu benteng bersejarah di India. 

3. Chefchaouen - Maroko

Kota Chefchaouen di Maroko
Kota Chefchaouen di Maroko

Kota Chefchaouen
atau disebut juga permata biru merupakan sebuah kota kecil di Barat laut Maroko yang terletak di pedalaman dari kota Tangier dan kota Tetouan. Chefchaouen salah satu destinasi wisata favorit para turis karena daya tarik kota dengan nuansa biru di seluruh bangunannya dan ganggang yang membuat kamu seperti berada di dunia lain.

Chefchaouen didirikan pada tahun 1471 oleh Moulay Ali ibn Rashid al-Alami yang dipercaya sebagai salah satu keturunan nabi Muhammad. Awalnya tempat ini hanyalah sebuah benteng yang disebut dengan Kasbah, yang digunakan sebagai perlawanan terhadap invasi Portugis di Maroko bagian utara.

Bagi warga setempat, biru merupakan warna suci. Jadi tak heran mereka pun akhirnya mengecat rumah dengan bubuk berwarna biru. Nuansa biru diyakini bisa melindungi kota dari perbuatan dosa.

4. Sidi Bou Said - Tunisia

Kota Sidi Bou Said di Tunisia
Kota Sidi Bou Said di Tunisia

Rumah-rumah yang berwarna putih dengan pintu dan jendela bercat biru laut menjadi ciri khas unik Sidi Bou Said, sebuah pemukiman di atas bukit yang ada di Tunisia. Kota ini menghadap langsung ke Teluk Tunisia dan menawarkan pemandangan laut yang indah.

Sidi Bou Said dinamai sesuai Abu Said al-Baji, murid ahli sufi ternama Abu Madyan. Namun yang menjadikan Sidi Bou Said sebagai kota biru adalah Baron Rodolphe d'Erlanger, pelukis dan pakar musik yang bermukim di sana selama 23 tahun.

Terdapat ribuan orang terutama kaum muda Tunisia dan wisatawan asing menjelajahi Sidi Bou Said dengan berjalan kaki, tak kurang dari 2 kilometer. Mereka menapaki bukit untuk menikmati lepas pantai Teluk Tunisia dan Pelabuhan Sidi Bou Said yang menawan.

5. Oia - Yunani

Kota Oia Santorini di Yunani
Kota Oia Santorini

Kota Oia Santorini berada di pinggir tebing pantai laut di Yunani yang Indah. Rumah-rumah yang ada di desa wisata ini tertata unik, dengan warna cat biru putih rapi menawan. Belum lagi lorong dan pintu kecil penghubung lorong satu dengan yang lain, menambah kecantikan kawasan ini.

Terdapat banyak kafe-kafe unik yang siap melayani wisatawan menikmati senja sore di Oia Santorini. Pemandangan langit senja di Oia tak bisa dielakkan keindahannya. Dari balkon kafe kita bisa duduk2 cantik melihat langsung hamparan pantai dan langit senja yang mempesona. Wah sudah terbayang bukan betapa Indahnya?

6. Kampung Biru Arema - Indonesia


Kota biru tak hanya ada di luar negeri loh sobat Traveler, di Indonesia pun mempunyai Kota Biru atau lebih dikenal sebagai Kampung Biru Arema yang berlokasi di kota Malang, Jawa Timur. Lokasi tepatnya di Embong Brantas.

Kampung Biru Ini adalah pemukiman di bantaran Sungai Brantas yang dicat seragam dengan warna biru, sesuai warna klub sepakbola kebanggaan kota tersebut. Diresmikan pada 6 Februari 2018 dan kini menjadi salah satu spot Instagramable di tengah kota Malang!

7. Hua Hin - Thailand

Hua Hin di Thailand
Hua Hin di Thailand

Dan yang terakhir berada di Hua Hin atau lebih tepatnya di Park Cha-am merupakan daerah wisata yang tidak terlalu jauh dari Bangkok. Hanya dua jam perjalanan saja dari kota Bangkok.

Hua Hin menghadirkan sebuah taman rekreasi yang didesain mirip seperti Kota Santorini di Yunani. Bangunan-bangunan di taman wisata ini kebanyakan didominasi oleh warna biru laut dan putih selayaknya kota Santorini. Tak heran jika banyak wisatawan yang menganggap jika taman rekreasi ini sebagai salah satu tempat favorit wisatawan di Thailand.

Nah, Itu dia beberapa info kota-kota biru yang berada diseluruh Dunia yang wajib ditambahkan sebagai List kunjungan yang harus dikunjungi para sobat traveler^^ Terimakaih dan Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Yuk Simak Video Menjelajahi 7 Kota Biru ( Blue City ) di Seluruh Dunia


Menjelajahi 7 Kota Biru ( Blue City ) di Seluruh Dunia


Belum ada Komentar untuk "Menjelajahi 7 Kota Biru ( Blue City ) di Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel