Tips memilih KBIH yang Tepat

kbih
KBIH lembaga yang memiliki peranan penting di Indonesia
Umat muslim di Indonesia yang berangkat menunaikan ibadah haji, dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Peluang ini dibaca dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa pemberangkatan ibadah haji atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dengan baik. Ratusan hingga ribuan biro jasa pemberangkatan ibadah haji tersebar di kota-kota besar hingga kota-kota kecil di kabupaten.

KBIH sangat penting terutama yang belum pernah menunaikan ibadah haji dan yang sudah berusia lanjut. KBIH diharapkan dapat membantu para jemaah, sehingga diharapkan tidak ada jemaah yang tersasar/hilang.

Alasan lainnya kebanyakan jemaah haji masih awam tentang ilmu manasik haji sehingga harapan mereka terhadap KBIH begitu tinggi supaya mereka dapat menggapai haji mambrur. Selain itu, para jemaah juga tidak mengerti prosedur pendaftaran dan tetek bengek lain yang berhubungan dengan urusan administrasi seperti pendaftaran SPIH, pengurusan paspor, pembukaan rekening haji, dan sebagainya. Untuk kemudahan ini, mereka lalu rela membayar berapa saja ke pihak KBIH agar perjalanan haji menjadi mudah, lancar dan selamat mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan ke tanah air.

Nah, para pelaku bisnis jasa perjalanan ibadah haji ini menawarkan berbagai paket dan kemudahan, termasuk layanan ibadah haji plus dengan Ongkos Naik Haji (ONH) Plus. Mereka berlomba-lomba memberikan pelayanan yang nyaman, aman, dan berkelas bagi konsumennya konsumen pun dibebasakan memilih biro perjalanan ibadah haji mana yang layak dipilih dan cocok baginya, regular atau plus.

Agar tidak salah pilih biro perjalanan ibadah haji sebaiknya Anda berhati-hati dan teliti memilihnya. Sebab, sudah ratusan hingga ribuan calon jemaah haji yang salah pilih dan berujung raibnya uang puluhan hingga ratusan juta rupiah karena tertipu dengan iming-iming biro perjalanan haji atau KBIH yang abal-abal alias palsu.


Berhati-hati memilih KBIH karena ada yang motifnya bisnis, misalnya megambil dan mengelola uang living cost jemaah dengan memungut uang tambahan yang tidak jelas kepada jemaah.



Berikut tips memilih KBIH yang tepat:


1. Teliti legalitas usahanya (KBIH) misalnya menayakan izin usahanya, NPWP, izin domisili, izin umrah dan izin hajinya. Utamakan memilih KBIH berstatus akreditasi serta memilih izin operasional resmi.

2. Jangan tergiur nama besar KBIH tersebut yang mempromosikan banyaknya frekuensi mereka memberatkan calon jemaah haji.


3. Mintalah saran kepada sanak famili, sahabat, dan rekan yang pernah menggunakan jasa KBIH. Tanyakan secara detail tentang pelayanannya kepada konsumennya, bagaimana progam bimbingannya dan tanggung jawabnya kepada para jemaah.


4. Piilihlah KBIH yang bagus memimpin jemaah/rombongannya dan menegakkan aturan Allah Ta’ala.


5. Jika sudah menentukan pilihan KBIH, jangan ragu menanyakan rincian biaya yang dibebankan kepada Anda (calon jemaah haji) kemudian cross check dengan KBIH lain.

Selamat menunaikan ibadah haji.

Semoga menjadi haji yang mabrur bersama travel haji onh plus Cheria
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips memilih KBIH yang Tepat di blog Cheria Wisata Informasi lebih lanjut silahkan hubung bagian marketing Cheri Wisata.

Artikel terbaru :

1 comments :

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Cheria Tour Travel

Menyediakan Paket Umroh Plus dan Reguler Berangkat Setiap Pekan Dengan Pesawat Garuda Indonesia, Emirat, Turkish, Etihad dan Maskapai Ternama Lainnya.

Silahkan Menghubungi Kami Untuk Request Paket Wisata Halal

Dan Apakah mereka tidak Mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. dan telah datang kepada mereka Rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak Berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang Berlaku zalim kepada diri sendiri (QS Ar-Ruum [30] 9).