travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh

Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh


Sudah menjadi kemestian bagi jamaah haji atau umrah yang berkunjung ke Tanah Suci membeli buah tangan untuk sanak keluarga di kampung halaman. Namun, tentu saja berbelanja di negeri yang masih asing bagi jamaah, ada beberapa hal yang mesti diketahui. Hal yang kerap dilakukan oleh jemaah haji manapun, bukan hanya jemaah Indonesia adalah berbelanja.

Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh
Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh


Kok belanja? Ya, di seluruh pelosok tanah suci Mekkah dan Madinah begitu banyak pusat perbelanjaan, toko, pasar yang menyediakan berbagai macam keperluan para jemaah haji. Mulai dari yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, alat cuci-mandi, bahkan hingga menjual berbagai kebutuhan oleh-oleh haji yang bisa dibawa ke tanah air.

Berbagai model barang dan harga ditawarkan di sana, dan boleh diketahui bahwa jemaah umroh maupun haji yang paling gemar berbelanja adalah Jemaah Indonesia. Maka tak heran, hampir semua pedagang yang berada di kota suci Mekkah dan Madinah lancar bahasa Indonesia karena memang bangsa Indonesia adalah jemaah haji yang paling banyak memberi keuntungan bagi pedagang di sana.


Paket Umroh 2014
Jamaah Indonesia Berbelanja Di Tanah Suci

Belanja memang amat mengasyikkan bagi sebagian jemaah. Malah tidak sedikit dari jemaah haji yang sudah bercita-cita ingin membeli sesuatu di tempat tertentu karena ia mendapatkan referensi kisah dari sahabat atau familinya yang pernah pergi ke tanah suci sebelumnya.

Bahkan meski sudah diberitahu bahwa Pasar Seng sudah digusur, sebagian jemaah memaksakan diri untuk berkunjung ke sana agar sekembalinya ke tanah air, mereka bisa menjawab pertanyaan orang tentang keberadaan pasar tersebut sekarang.


Paket Haji Plus 2014
Pasar Seng Mekkah

Sebab itu, agar jemaah haji dapat menjalani ibadah lebih khusyuk dan tidak membuang tenaga dan energi karena sibuk berbelanja, berikut ini kami tuliskan beberapa tips berbelanja selama di tanah suci:

Bawa Uang Riyal
Saat berbelanja di tanah suci, satu-satunya uang yang bisa digunakan adalah Riyal. Namun Anda tidak perlu terlalu banyak bawa uang riyal dari rumah. Karena ternyata di Makkah, Medinah, dan Jeddah sangat mudah ditemukan money changer (tempat penukaran uang). Kursnya juga sudah standar.

Paket Umroh Plus 2014
Money Changer Saudi Riyal Di Tanah Suci


Berani Menawar
Sebagian besar penjual atau penjaga toko di Tanah Suci mengerti bahasa Indonesia. Bahkan banyak juga penjaganya warga Indonesia. Karena itu tidak ada salahnya menawar sebelum membeli. Sebelum membeli suatu barang, anda bisa survei dan membandingkan harga dulu dari toko yang lain.'

Haji Non Kuota
Jamaah Indonesia Yang Sedang Menawar


Perhatikan Kualitas Barang
Ada harga, ada rupa. Barang yang bagus harganya juga mahal. Misalnya, minyak wangi. Sangat banyak jenis dan tampilan kemasan minyak wangi. Kita terkadang bingung untuk memilih. Tapi apabila ditawar agak sulit, biasanya barang itu kualitasnya memang baik.


haji plus kuota
Kualitas Barang Belanjaan Di Tanah Suci

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh jemaah haji maupun umroh yang berkeinginan untuk berbelanja saat mereka berada di tanah suci. Namun jangan sampai kegiatan berbelanja terlalu banyak menyita perhatian, waktu dan tenaga karena sesungguhnya tujuan utama berkunjung ke tanah suci adalah memanfaatkan waktu untuk giat beribadah demi mendapat ridho Allah SWT.

Info Paket Umroh Haji Plus 2014

Bagi Anda yang ingin atau telah memiliki rencana untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji, Cheria Wisata memiliki berbagai program haji dan umroh yang bisa dijadikan referensi untuk Anda, diantaranya adalah :

Paket Haji ONH Plus 2014

Paket Umroh 2014

Untuk berkonsultasi langusng mengenai perencanaan ibadah umroh maupun daftar haji plus kuota depag Anda, silahkan menghubungi kami ke :

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74


Semoga artikel Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh ini dapat menjadi info yang bermanfaat bagi Anda semua ya. Selamat menunaikan ibadah umroh dan haji!

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2016 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2016 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2016 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Tips Belanja Ketika Haji dan Umroh