travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Tanda Cinta Yang Terkenal Dari India

Tanda Cinta Yang Terkenal Dari India

wisata taj mahal
wisata taj mahal

Anda pastinya tidak asing lagi dengan tarian India yang Anda lihat di film bollywood atau pakaian khas India. Kali ini Cheria Wisata akan memberikan ulasan Taj Mahal di India, sebagai referensi destinasi liburan Anda.

Travelling ke India?  tak pernah terpikirkan oleh Anda, keinginan biasanya ingin pergi ke negara-negara maju seperti Eropa yang komplit dengan kemajuan teknologi, seni dan budaya tua yang sangat indah. Tapi India wajib masuk list destinasi iburan Anda. Teknologi arsitektur dan rancang bangun kini semakin maju. Beragam bentuk bangunan menjadi landmark kota-kota modern di dunia. Tapi siapa sangka jika ribuan tahun lalu teknik seperti itu sudah dikenal dan diterapkan. Tak percaya ? datanglah ke India, tepatnya di Taj Mahal yang berada di Agra, Uttar Pradesh.
pelataran taj mahal india
pelataran taj mahal india

Taj Mahal adalah lambang cinta Kaisar Shan Jahan untuk istrinya Mumtaz Mahal. Mumtaz yang bernama asli Arjuman Bano Begum meninggal pada usia 39 tahun ketika melahirkan anak ke-14 pada tahun 1931. Sebelum meninggal Mumtaz menginginkan agar dibuatkan makam untuk mengenang dirinya saat ia tak lagi berada di dunia yang fana ini. Maka, Kaisar Mogul ke-5 inipun membangun istana mahkota (terjemahan dari Taj Mahal) sejak tahun 1631 – 1648.


Sudut Taj Mahal yang paling istimewa adalah makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal. Interiornya sangat indah dengan beberapa bagian yang bertatahkan batu mulai. Warna dan nuansa yang dihasilkan dari tatahan ini membuat corak daun dan bunga yang berhasil dibentuk tampak nyata. Keempat menara Taj Mahal juga istimewa karena menyebabkan efek tiga dimensi pada keseluruhan bangunan. 


Bagian lain yang istimewa adalah kompleks di sebelah makam yang merupakan gerbang utama. Dari sinilah terlihat jelas kemegahan Taj Mahal. Saat menuju bangunan utama Anda akan menyusuri jalur pejalan kaki yang dibelah dengan kolam serta taman rumput di kanan kirinya. Burung-burung berterbangan dengan bebas. Saat masuk ke dalam Anda harus melepas alas kaki. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi lantai marmer.

interior masjid serta  makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal
interior masjid serta  makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Dari segi arsitektur, Taj Mahal dianggap sebagai contoh terbaik arsitektur Mughal. Mughal adalah nama dinasti yang meninggalkan warisan berupa seni arsitektur yang sangat indah. Dengan ciri khas Islam, gaya Mughal memadukan corak arsitektur Persia, Ottoman dan India. Arsitektur Mughal juga menggabungkan gaya Hindu dan Islam dalam satu bangunan. Adalah Raja Akbar, penguasai Dinasti Mughal di India pada abad ke-16 sebagai perintis model arsitektur ini. Nah, diantara banyaknya bangunan yang mengadopsi gaya Mughal, Taj Mahal-lah yang paling terkenal.


Dengan segala kemegahan serta cerita yang melatarbelakanginya Taj Mahal pun menjadi Situs Warisan Dunia versi UNESCO pada tahun 1983. Bangunan di tepian sungai Yamuna ini luasnya mencapai hampir 17 hektar. Anda bisa melihat dari dekat keindahannya dengan membayar tiket masuk sebesar 750 rupee bagi turis asing dan 20 rupee untuk wisatawan domestik. Taj Mahal buka sejak pukul 6 pagi hingga 7 malam. Dua hari setelah dan sebelum bulan purnama Taj Mahal bisa Anda kunjungi di malam hari yakni pukul 20.30  – 00.30.  Khusus pada hari Jumat, destinasi wisata ini tidak dapat dikunjungi alias tutup.

wisata sungai yamuna india
wisata sungai yamuna india

Penasaran bukan dengan keindahan Taj Mahal? Hubungi segera Cheria Wisata yang siap sedia membantu Anda untuk perjalanan wisata terbaik Anda bersama keluarga. Ikuti berbagai Paket Tour Promo India dengan Cheria Wisata ya...


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Tanda Cinta Yang Terkenal Dari India