travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Kuil Akshardham Arsitektur Megah Kaya Budaya India

Kuil Akshardham Arsitektur Megah Kaya Budaya India

 

Swaminarayan Akshardham
Swaminarayan Akshardham

Swaminarayan Akshardham atau kuil Akshardham adalah salah satu kompleks kuil hindu terindah dan terbesar yang ada di India. Paduan budaya hindu yang kental, Arsitektur yang hebat dan spiritualitas yang kental membuat komplek hindu ini begitu di gemari serta diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke India terutama New Delhi. Kuil ini berada di daerah Noida Mor, New Delhi, India. Kuil begitu menarik perhatian pengunjung yang datang ke Delhi hal ini terlihat dari catatan dan prosentase pengunjung yang berwisata ke Delhi 70% menyempatkan diri untuk mengunjungi kuil Yang indah ini.

swaminarayan akshardham 300x225 Mengunjungi Swaminarayan Akshardham, Komplek Hindu Terindah dan Terbesar di India Pembangunan Kuil sudah dirintis sejak tahun 1968 dimana Yogiji Maharaj yang merupakan seorang pemimpin spiritual dari BAPS Swaminarayan Sanstha menginginkan pembangunan sebuah kuil yang besar yang dibangun di tepi sebuah sungai yamuna, namun belum juga bangunan dan proyek berhasil Yogiji Maharaj sudah meningal terlebih dahulu pada tahun 1971. Perancangan dan pembangunan kemudian diterusakan oleh Pramukh Swami Maharaj yang merupakan penerus dan pemimpin spiritual pengganti Yogiji Maharaj di BAPS Swaminarayan Sanstha.

Pada bulan April 2000 kemudian atas tawaran otoritas pembangunan Delhi, pihak Pramukh Swami Maharaj ditawari tanah seluas untuk 60 hektar pembangunan kuil. Setelah melalui berbagai persiapan dan rencana pendukung pada tanggal 8 November 2000 pembangunan kuil pun dilaksanakan dan berjalan serta berhasil selesai, untuk kemudian resmi dibuk pada tanggal 6 November 2005.

Setelah dibuka, kuil pun menampakan pesona dan daya tariknya, otoritas pembangunan Delhi tidak salah untuk mempercayakan pembangunan kuil yang indah tersebut karena saat ini kuil semakin dikenal di dunia dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di India. Pada tanggal 17 Desember 2007, Swaminarayan Akshardham kemudian dinobatkan menjadi Candi Hindu Komprehensif Terbesar di Dunia oleh Guinness World Records, kepercayaan ini semakin menambah daya tarik dan keunggulan Swaminarayan Akshardham sebagai kuil hindu yang besar dan indah di dunia.

Untuk menunjang Swaminarayan Akshardham sebagai tempat wisata yang menarik I tempat ini juga sering diadakan berbagai pertunjukan lengkap dengan alat teknologi canggih dan modern sebagai penunjang pertunjukannya seperti pertunjukan Theatre, Musical fountain, Hall of Values, Boat ride. Namun pembangunan dan perjalanan Swaminarayan Akshardham sebagai tempat wisata yang diakui serta dimintai juga tidak selalu berjalan mulus, penobatan Guinness World Records kepada Swaminarayan Akshardham sebagai kuil hindu terbesar mendapatkan tentangan dari beberapa pihak yang merasa memiliki kuil hindu lebih besar dari yang dimiliki oleh Swaminarayan Akshardham. Kuil-kuil tersebut adalah Amman Kuil Meenakshi di Madurai, Ranganathaswamy Temple Sri yang berada di Srirangam dan Kuil Annamalaiyar di Thiruvannamalai.

Selain itu penggunaan berbagai alat teknologi modern dalam pertunjukan yang diadakan Kuil Swaminarayan Akshardham juga mendapat kritikan karena sebuah kuil harusnya sakral dan suci. Namun pihak Swaminarayan Akshardham memiliki pandangan sendiri, mereka berpendapat mencoba menghadirkan suasana lama dalam dunia baru yang lebih modern. Dan terbukti wisatawan menyukai berbagai pertunjukan tersebut. Penasaran kan pastinya keseruan apa yang ada di dalamnya, segera hubungi kami ya untuk paket tour India.

» Thanks for reading Kuil Akshardham Arsitektur Megah Kaya Budaya India