Langsung ke konten utama

Kuil Kuil Di Kompleks Monumen Khajuraho India

Menengok Kompleks Monumen Khajuraho


Sesuai dengan namanya, Kompleks Monumen Khajuraho merupakan sekumpulan kuil dan bangunan suci di kawasan Khajuraho, Madhya Pradesh, India. Kawasan ini disebut-sebut memiliki kompleks kuil Hindu dan Jain terbesar di India. Hampir sleuruh kuil dan bangunan di kompleks Monumen Khajuraho terbuat dari batu pasir yang direkatkan dengan tanggam dan duri. Satu hal yang membedakan kuil di Khajuraho dan kuil-kuil di kawasan India lainnya adalah reliefnya yang memiliki tema erotis.

Kuil Khajuraho
Kuil Khajuraho
Kuil-kuil di Khajuraho memiliki konsep pahatan erotis yang sangat indah dan detil. Kuil-kuil ini sendiri kebanyakan didedikasikan ke dewa Shiva, Vaishnava dan Jaina. Keseluruhan ruang di dalam kuil terhubungkan secara eksternal dan internal, sebagai satu aksis dari timur ke barat, sehingga merupakan konsep ruang yang terstruktur. Elemen utama tiap kuil adalah “ardha-mandapa” (pintu masuk), “mandapa” (hall), “antrala” (pintu masuk tempat pemujaan), dan “garbha griha” (tempat pemujaan). Atap-atap kuil Khajuraho sangat tinggi dan berundak-undak berbentuk piramida. Interior di dalam kuil memperlihatkan detil dekorarif yang sangat luar biasa, dari mulai pilar, dinding, lantai, hingga plafon. Motif gemotris dan bunga banyak dipakai di sini dan menunjukan tingkat keahlian pahat yang tinggi.

Kandariya-Mahadeva
Kandariya-Mahadeva
Kandariya-Mahadeva adalah kuil terbesar yang cukup menyolok keberadaannya di kompleks kuil di barat ini dan merupakan kuil yang memiliki keseluruhan konsep elemen utama. Dengan tinggi sekitar 30 meter dengan desain yang simetris dan proporsional, kuil ini sangat indah. Pahatan di kuil ini tampak lebih tinggi dan langsing, namun konturnya lebih halus. Di dalam kuil Varaha, bisa ditemui struktur Varaha yang merupakan salah satu dari bentuk inkarnasi dewa Vishnu. Menariknya, menurut mitos, Vishnu menyelamatkan bumi dari banjir dengan meletakkannya di atas moncongnya. Sebaliknya, struktur Nandi setinggi 1,8 meter bisa ditemui di dalam kuil Visvanatha. Nandi merupakan kendaraan dari Dewa Shiva. Chitragupta adalah satu-satunya kuil di kompleks ini yang didedikasikan untuk Surya, dewa matahari. Beberapa reliefnya memperlihatkan aksi gajah sedang berperang atau aktivitas berburu lainnya. Totalnya ada 11 kuil dalam kompleks bagian barat. Tidak ada tradisi tertentu, hanya tiap hendak memasuki kuil harus melepas alas kaki dan dilarang mengabdikan foto dari Vyala. Jangan kaget bila kadang turis lokal ingin mengajak berfoto bersama, hal ini biasa terjadi di India.

Di kompleks bagian timur terdapat tiga kuil Brahma dan tiga kuil Jain, sedangkan bagian selatan memiliki dua kuil, bisa dicapai dengan sepeda atau mobil dalam waktu 20 menit dari kompleks kuil bagian barat. Kuil-kuil di kompleks timur dan selatan ini lebih sederhana desain pahatannya. Walau disebut kuil Brahma, kuil-kuil ini ternyata didedikasikan untuk Dewa Vishnu. Yang menarik waktu saya melihat pahatan di kuil Chaturbuja yang justru menunjukan hubungan monogami dewa dengan dewi pasangannya, seperti Shiva dengan Parvati atau Vishnu dengan Lakshmi. Chaturbuja di bagian selatan adalah satu-satunya kuil tanpa pahatan erotis di Khajuraho.

Bila Anda ke India jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Kuil ini. Segera masukan list destinasi India ke liburan Anda. Hubungi Cheria Wisata ya yang siap membantu Anda untuk referensi perjalanan wisata ke India.

Pos populer dari blog ini

Cara Cek Tahun Kepergian Dari Nomor Porsi Haji

Cara Cek Tahun Kepergian Dari Nomor Porsi Haji
Ada yang belum mengetahui secara pasti tahun kepergian haji, padahal calon jamaah sudah mendaftar namun tidak tahu secara jelas kapan berangkat, berikut panduan cara mengetahuinya secara online: atau anda bisa mengeceknya di sini

Masukan Nomor Porsi Anda Disini* * Perkiraan berangkat dapat berubah, sesuai dengan regulasi.




Contoh surat nomor porsi

1. Setelah mendaftar jamaah akan mendapat bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor porsi haji.
2. Silahkan menghubungi Call Center Haji di No. 021-500 425 untuk mengecek tahun keberangkatan dari nomor porsi haji Anda.
atau anda bisa secara online mengeceknya disini
3. Mintalah bantuan travel bila anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal anda adalah jamaah yang yang terdaftar di Depag.
4. Jamaah harus sabar dalam menunggu antrian berangkat, walaupun haji plus saat ini harus antri beberapa tahun.
5. Dengan mendapat nomor porsi berarti anda adalah jamaah haji kuota Depag Resmi ( haji …

Paket Tour Korea Selatan 2017 Dengan Menu Halal

Paket Tour Korea Selatan 2017 By Garuda PromoKorea Selatan menjadi salah satu negara dengan tingkat wisatawan yang tinggi dalam beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat Indonesia pun turut ikut serta ingin merasakan indahnya dan uniknya berbagai objek wisata.

Nah melalui paket tour korea selatan ini, Cheria Holiday ingin memberikan kesempatan bagi anda semua untuk menjelajahi Korea Selatan yang terkenal akan berbagai objek wisata nya yang mendunia seperti Nami Island, Namsan Tower, Teddy Bear Museum dan masih banyak lagi.

Paket Tour Korea Selatan Cheria Holiday Dengan Menu Halal Muslim Friendly
Bagi anda penggemar berbagai serial Drama ataupun Music Pop maka sungguh tak sabar rasanya untuk mengikuti Paket Tour Korea Muslim 2017 (GA) ini untuk mengunjungi langsung berbagai objek wisata yang ada di drama tersebut ataupun tempat-tempat menarik lainnya.


Paket Tour 2017 Yang Paling Digemari Adalah Korea Selatan
Bagi anda penggemar berbagai serial Drama ataupun Music Pop maka sungguh tak …

Paket Umroh Untuk Eksekutif

Kenyamanan dalam ibadah adalah fokus dalam pelayanan yang prima dari paket umroh untuk para eksekutif di cheria travel, Jamaah bisa leluasa memilih jadwal perjalanan umroh yang bisa di customize sesuai dengan keinginan, akomodasi seperti pesawat kelas bisnis dan hotel bintang 5 di mekkah dan madinah bisa didapatkan pada program umroh eksekutif ini dengan harga yang pantas.

Berikut adalah beberapa dokumen persyaratan yang mesti dilengkapi :
Menyerahkan Paspor RI masih berlaku minimal 7 bulan.(nama tercantum dalam pasport min. 3 suku kata),contoh : Muhamad Ilham SalimKartu Keluarga dan surat nikah bagi suami-istri (Asli ).Akte Kelahiran/ijazah bagi anak-anak (Asli).Fotokopi KTP.Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 = 8 lembar, background putih, tampak wajah 80% (untuk wanita berjilbab dan pria bebas).Pelunasan min. 1 bulan sebelum keberangkatan
Paket Umroh Promo Lengkap
Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Umroh Lengkap silahkan menghubungi kami.
Salam +Cheria Halal Wisata Tour Tr…