10 Destinasi Wisata Populer Di Uzbekistan

10 Destinasi Wisata Populer Di Uzbekistan


Uzbekistan adalah sebuah daratan tua di Asia Tengah yang hidup dengan banyak legenda dan sastra. Negara ini punya eksotisme yang luar biasa. Identik dengan padang pasir tanpa batas disertai deretan karavan unta, menara-menara anggun, madrasah-madrasah, makam berarsitektur oriental, lembar-lembar sutra cantik, sulaman emas kelas dunia hingga pemandangan budaya Islam abad pertengahan yang menawan.

Di samping itu, kalau kamu berkunjung ke Uzbekistan, ada banyak spot wisata indah yang menanti untuk disambangi. Apa saja ya? Kamu penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya.

1. Tashkent


Objek wisata pertama yang wajib dikunjungi saat berada di Uzbekistan adalah Tashkent. Tashkent adalah kota tua yang usianya sudah berabad-abad. Dahulu kota ini disebut Chach, Shash atau Binkent.

Tashkent
Tashkent


Tashkent dulunya merupakan lokasi pemberhentian dalam rute perdagangan Jalur Sutra dari Asia menuju Eropa. Nah di kota ini kamu bisa melihat keindahan tempat-tempat bersejarah seperti Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Amir Temur Square & Museum, Kukeldash Madrassah, Old Town, sampai Independence Square.

2. Samarkand


Kota lain yang tak kalah penting untuk dikunjungi tentu saja adalah Samarkand. Samarkand adalah kota tua yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Samarkand
Samarkand


Pesona bangunan-bangunan tua yang bertengger megah di kota ini dijamin mampu memikat para pelancong untuk datang dan kembali lagi. Samarkand juga merupakan kota penting dalam sejarah Islam di Asia Tengah lho.

Sejumlah bangunan tua hingga kini masih kokoh berdiri menjadi saksi kejayaan Islam di masa lalu. Samarkand memiliki sederet monumen bersejarah. Dan Kubah Pirus Samarkand merupakan simbol arsitektur kota itu yang paling luar biasa.

3. Registan Square


Registan Square, sebuah komplek pendidikan atau perguruan tinggi dari abad pertengahan yang terdiri dari tiga gedung madrasah besar dan satu buah masjid.

Registan Square
Registan Square


Komplek Registan Square ini merupakan tujuan wisata utama di Samarkand yang tidak pernah sepi dari wisatawan baik asing maupun lokal. Saat ini kamar-kamar tersebut dipergunakan para pedagang untuk menjajakan hasil-hasil kerajinan tangan dan produk khas setempat.

4. Makam Imam Al Bukhari


Kompleks Makam Imam Al Bukhariy terletak di dekat Samarkand. Komposisi arsitektur dari kompleks ini menggunakan tradisi dan arsitektur nasional. Kompleks yang disatukan itu terdiri dari sebuah makam, masjid, kantor administratif, dan beberapa bangunan lain yang dibangun di sekitar pinggiran halaman.

Makam Imam Al Bukhariy
Makam Imam Al Bukhariy


Makam Imam Al Bukhariy terletak di tengah-tengah kompleks. Merupakan bangunan berbentuk kubus yang ditutupi kubah sepanjang 17 meter. Pintu di sebelah kanan makam mengarah ke dahma – yang merupakan tempat beribadah – dan terus ke bawah. Terletak di atas sebuah panggung, makam teolog ini ditutupi dengan marmer. Masjidnya terletak di sisi kiri halaman bagian dalam, dimana sekitar 1.500 Muslim dapat sembahyang. Dinding bangunan didekorasi dengan lembaran mengkilap berwarna hijau, biru, dan putih, juga marmer, onyx, dan granit. Begitupun dengan lantainya yang diberi banyak dekorasi. Bagian dalam kubah ditutupi dengan pola-pola ornamen berwarna cerah.

5. Bukhara


Bukhara terletak tak jauh dari sebuah sungai panjang yang mengairi seluruh negeri Asia Tengah. Orang-orang Yunani menyebutnya Sungai Oxus. Orang Arab mengenalnya dengan nama Jeyhun. Sementara pujangga Persia menjulukinya Mulyan.

Kini, Bukhara menjelma menjadi sebuah kota tua yang cantik. Banyak wisatawan sengaja datang ke Uzbekistan sekadar ingin menyambangi kota kelahiran Imam Bukhari ini. Di kota ini, wisatawan dapat menikmati beragam bangunan indah yang menjadi saksi berkembangnya peradaban Islam masa lampau.

Bukhara
Bukhara


Bangunan-bangunan unik nan cantik seperti Benteng Arc Fortress, Chashma Ayub, Mausoleum Ismail Samani, Masjid Kalon dan Masjid Magoki Attori tetap berdiri kokoh di Bukhara sejak berabad-abad lalu. Banyaknya bangunan peninggalan sejarah membuat kota ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Di antara Dua Nama Besar

Imam Bukhari seorang ilmuwan yang namanya selalu dinisbatkan dengan Bukhara. Ulama besar bernama asli Abu Muhamm ad bin ismail bin Ibrahim bin mughirah bin Bardzibah al Ju'fi al Bukhari kesohor perowi hadis masyhur. Kitabnya Shahih Bukhari menjadi rujukan baku para ahli fiqih.

Lalu Ibnu Sina ahli kedokteran yang namanya masih harum hingga sekarang. Bapak kedokteran modern ini termasuk ulama yang profilik alias melahirkan banyak buku hasil buah pikirannya. Terhitung ada 450 buah buku. Sebagian besar mengupas filsafat dan kedokteran. Salah satu yang paling terkenal adalah Qonun fi at tibb.

6. Khiva


Khiva memiliki arsitektural yang sangat khas gaya Timur Tengah. Dinding kota yang kuno tidak terkesan angker, malahan membuat suasana kota menjadi seperti terkesan antik dan sangat bagus diabadikan dalam foto.

Khiva
Khiva


Di Khiva sendiri akan diberikan sensasi ‘kembali’ ke masa yang telah lampau. Kota-kota yang unik dan menarik bisa dengan mudah ditemukan di tempat satu ini. Jika sudah lelah berjalan-jalan di Khiva, Anda bisa langsung datang ke pasar yang menyajikan banyak sekali dagangan.

Mulai dari panganan tradisional sampai dengan baju-baju juga bisa dibeli. Jajanan dengan citarasa yang sangat khas dan sangat lezat tentu saja akan membuat Anda terhibur dan betah untuk berada di Khiva dalam jangka waktu yang cukup lama.

7. Jizzakh


10 DESTINASI WISATA POPULER DI UZBEKISTAN
10 DESTINASI WISATA POPULER DI UZBEKISTAN


Jizzakh terletak di sebelah utara kaki Gunung Nuratau, di dekat sungai Sanzar. Kota ini termasuk rute yang dilalui oleh Jalan Sutera. Jizzakh menawarkan pemandangan alam yang indah dan menawan. Di sana masih terdapat permukiman dan benteng-­benteng kuno.

8. Nukus


Nukus
Nukus


Daerah yang berbatasan dengan Rusia ini memang bukanlah tujuan wisata populer, tetapi patut dikunjungi karena memiliki peninggalan sejarah yang unik, yaitu di Galeri Savitsky. Dikenal sebagai Museum Seni Terlarang, di sini terdapat koleksi terkemuka dari abad ke-20 seniman Rusia, termasuk karya seni Sokolov, Komarovskiy da Amaravella. Karya seni tersebut dikumpulkan oleh seorang kurator dari Karakalpakstan State Museum of Art di Sixties.

9. Fergana


Lembah Fergana adalah salah satu tempat perkembangan peradaban Khanate pada abad ke- 19. Sebuah kawasan yang pernah menjadi bagian dari jalur budaya, Jalur Sutra.

Fergana
Fergana


Cermin tingginya peradaban masa lalu itu terpelihara hingga kini pada Istana Khudayar Khan, istana termegah pada era Dinasti Kokand Khanate (1709-1876 M) di Kota Kokand, Lembah Fergana.

Kokand adalah kota benteng utama, pemerintahan Dinasti Kokand Khanate selama 150 tahun. Walaupun tidak setenar Dinasti Khanate di Bukhara, menurut catatan sejarah, setidaknya ada 29 khan yang memerintah dari kota ini.

10. Gerbang Neraka , Uzbekistan


Gerbang neraka
Gerbang neraka



Gerbang neraka (Hell&gate) sering digambarkan dengan tempat di mana api membakar dengan tingkat panas yang mengerikan. Kondisi yang hampir terlihat seperti ini dapat ditemukan di sebuah lubang api menganga di Uzbekistan, Asia Tengah. Posisi ini dekat kota kecil Davas. Itu sangat panas, penduduk setempat menyebutnya "gerbang neraka". Sebuah api unggun yang besarnya sekitar dua kali lapangan sepak bola dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Lubang itu pertama kali ditemukan pada 1975, ketika lubang itu tidak sebesar seperti sekarang.

Paket Halal Uzbekistan


Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bergabung di Tour Halal Uzbekistan bersama dengan Cheria Wisata. Hubungi kami segera untuk mendapatkan info lengkap seputar program umroh regular dan program ibadah lainnya.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading 10 Destinasi Wisata Populer Di Uzbekistan