Wisata Halal Terbaik Aceh

Wisata Halal Terbaik Aceh


Aceh telah membuktikan dirinya sebagai provinsi yang baru bangkit dalam industri pariwisatanya pascakonflik panjang yang menyedihkan dan Tsunami 2004 yang sangat menghancurkan sehingga mampu bersaing serta berdiri sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia yang terlebih dahulu maju di sektor industri pariwisata.

Wisata Halal Terbaik di Serambi Mekah

Wisata Halal Terbaik Aceh
Wisata Halal Terbaik Aceh

Serambi Mekkah ini berhasil menjadi pemenang untuk tiga kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI), yaitu “Aceh sebagai Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik”, “Bandara SIM sebagai Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik” dan “Masjid Raya Baiturrahman sebagai Daya Tarik Wisata Terbaik”.

Ada banyak hal menarik sepanjang perjalanan menginjak kaki di Aceh. Pertama, pemandangan Aceh yang begitu kaya. Kedua, kebersihan yang terjaga karena adanya penerapan denda bagi si tangan ringan. Ketiga, hal paling utama bagaimana para muslim Aceh yang begitu open minded sehingga sangat welcome bagi para pengunjung. Namun Aceh masih perlu melakukan sinkronisasi dan koordinasi rencana Pengembangan Wisata Halal Aceh termasuk menyiapkan (hotel, restoran, spa, pusat perbelanjaan dan lain-lain, red) yang halal friendly beserta paket-paket wisata halal unggulan Aceh.

Rencana tersebut juga perlu ditunjang dengan keberadaan sumber daya manusia yang mumpuni. Pemerintah Aceh berencana membuat program sertifikasi tour guide dan tour planner. Selain itu pemerintah juga akan mengadakan sertifikasi usaha pariwisata Aceh dan pendidikan khusus kepariwisataan di perguruan tinggi seperti pengembangan program studi D IV Kepariwisataan di Politeknik Aceh.
Kuliner Khas Aceh
Kuliner Khas Aceh

Sebagai daerah yang sudah memberlakukan syariat Islam, wisata Aceh, termasuk kulinernya dipastikan sudah halal. Hanya saja, pihak industri pariwisata Aceh yang belum merasa perlu pentingnya ada label halalnya. Aceh memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan menarik. Pulau Weh menjadi salah satu ikon wisata laut dan pantai yang telah membuat Aceh semakin dikenal oleh masyarakat.
Becak Khas Aceh
Becak Khas Aceh

Ratusan abang becak, tukang ojek, dan supir taksi di Banda Aceh mendapat pembekalan untuk melayani wisatawan dengan ramah. Para penyedia jasa transportasi lokal ini juga diminta untuk tidak mengambil kesempatan dengan mematok harga tinggi. keberadaan jasa transportasi lokal khususnya becak di Banda Aceh cukup menarik perhatian wisatawan karena modelnya yang unik. Becak juga menjadi salah satu sarana transportasi yang patut dicoba saat berkunjung ke Tanah Rencong.

Jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri terus meningkat setiap tahunnya. Dahulu wisatawan yang datang sebanyak 10 ribu setiap tahun, namun kini menjadi 35 ribu lebih per tahunnya. Kunci pariwisata di Aceh adalah kebersihan, keunikan, ramah tamah, jujur, serta menerapkan IT seperti penyediaan wifi gratis di becak maupun alat transportasi lainnya.

Banda Aceh telah menjadi kota tujuan bagi para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Pelayanan prima dan kenyamanan yang diberikan mulai dari penginapan, kuliner, hingga jasa transportasi akan semakin mendorong wisatawan untuk datang ke Banda Aceh.
Masjid Agung Baiturrahman
Masjid Agung Baiturrahman

Aceh yang terkenal dengan Masjid Agung Baiturrahman menjadikan tempat ini sangat ingin dikunjungi oleh umat muslim. Masjid tersebut memiliki daya tarik tersendiri terlebih setelah peristiwa tsunami, masjid ini tetap berdiri kokoh padahal bangunan di sekelilingnya sudah luluh lantak.

Banyak muslim yang ingin melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana keagungan dan keindahan bangunan ini sebagai rumah Allah yang terlindungi dan terjaga. Bagi masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman tak sekedar rumah ibadah. Masjid yang terletak di jantung Kota Banda Aceh ini telah melewati pembabakan sejarah yang panjang sebelum seperti sekarang.

Masjid ini memiliki wajah baru, ada payung-payung elektrik yang menaungi lantai marmer menggantikan hamparan rumput hijau yang dulunya membalut sekeliling pekarangan. Masjid ini dianggap seperti Masjid Nabawi di Arab Saudi.


Wisata Halal Aceh



Terdapat hal menarik peminat wisatawan luar maupun dalam negeri untuk menjadikan Aceh sebagai referinsi liburan Wisata Halal Terbaik yang bisa Anda ikuti bersama keluarga dan Cheria Holiday mempunyai banyak Wisata Halal Indonesia seperti Lombok, Jakarta, Batam, Yogyakarta, Sumbar, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan masih banyak lagi yang menarik untuk diikuti. Jangan lewatkan liburan ke Aceh ya...

Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Wisata Halal Terbaik Aceh