Traveling Ke Tempat Wisata Paling Seru Di Turki

 


 Traveling Ke Tempat Wisata Paling Seru Di Turki


Assalamu’alaikum, kali ini saya akan mengajak Sahabat Traveler ke Turki

Turki merupakan sebuah negara besar di kawasan Europe dan Asia. Kenapa bisa dikatakan seperti itu ? Karena Turki berada di Benua Eropa dan Asia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Di mana, Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki ini digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal juga sebagai negara transkontinental. Turki mulai mendeka pada 29 Oktober 1923.
Turki berperan penting dalam penyebaran islam dikawasan benua eropa. Berawal dari kisah konstaninovel, satu- satu nya kesultanan islam yg cukup kuat di benua eropa kala itu. Turki usmania membentuk pasukan janissari, para pasukan yg dikader semenjak kecil untuk menyebarkan agama islam. Tueki usmania menjelma sebagai kekuatan islam yg diperhitungkan di dunia setelah berhasil membebaskan kota konstantinovel dari tentara romawi pada 1453 masehi. 
Adalah sultan mehmed ii atau muhammad al-fatih yg telah berhasil menaklukan pembebasan itu. Dengan peralatan yg tidak pernah ditemukan sebelum nya. Strategi militer yg mempuni, kota konstantinovel bisa jatuh ketangan panglima berusia 25 tahun hanyabeberapa bulan saja. 
Masih panjang kisah nya. Yg para sobat treveler bisa jelajahi setelah berada di turki 
Ibu kota Turki sendiri berada di Ankara namun kota terbesarnya adalah Istanbul. Dikarenakan lokasinya yang strategis yaitu di persilangan dua benua, Turki memiliki budaya campuran antara  budaya Timur dan Barat. 
Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963.[11] Turki juga merupakan anggota negara industri G20 
Mata uang yang Turkish adalah  Lira dengan nilai sekitar 3.500 rupiah. Turki juga terkenal dengan pasarnya tradisional yang unik, Grand Bazaar,  merupakan pasar terbesar dan tertua di dunia. Terdapat setidaknya 4.000 toko dengan pengunjung antara 250.000 - 400.000 orang setiap harinya. Ada banyak souvenir khas Turki yang bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari baju, tas, makanan khas Turki, pernak-pernik dan masih banyak lagi yang tentunya dengan harga yang masih bisa ditawar.
Bagi orang Indonesia yang datang ke Grand Bazaar, biasanya akan disambut oleh sorak-sorak penjual dengan bahasa Indonesia. Karena memang banyak wisatawan Indonesia yang datang ke Turki dan berbelanja disana tentu nya.
Untuk masuk ke turki diperlukan Visa. Tapi tidak perlu khawatir, karena Visa Turki termasuk mudah didapat. Selain mengurusnya bisa secara Online, Turki juga memberlakukan Visa On Arrival.

Turki memiliki 4 musim, yaitu Musim Dingin, Musim Semi, Musim Panas dan Musim Gugur. Untuk Musim Semi, Anda akan disuguhkan dengan cantiknya Bunga Tulip. Jika sedang Musim Panas, akan berganti dengan bunga Lavender dan bunga mawar.
 Perbedaan waktu antara Indonesia dan Turki terpaut 4-5 jam, di mana lebih cepat waktu Indonesia. Jarak tempuh dr indonesia ke turki kutang lebih sekitar 10 jam. Banyak pilihan pesawat menuju turki. Dengan harga bervariasi, mulai dari 5 jutan. 
Beberapa Makanan khas yang bisa anda cicipi ketika berkunjung ke Turki seperti, Baklava, Turkish Delight, Simit dan masih banyak lagi. Jangan sampai  tidak mencoba ya!

25 tempat wisata di turki yg wajib sobat treveler kunjungi.
1. blue mosque, masjid ini berdiri gagah dan menjadi ikon turki. Arsitektur yg mewah dan rumit ini, bergaya ala timur tengah dan romawi. Masjid ini memiliki kuba bertumpuk dan menara yang besar. Masjid ini menjadikan warna biru mendominasi. Apabila malam tiba dihiasi lampu biru membuat gagah blue mosque. Masjid ini memiliki 9 kubah dengan 1 kubah utama serta 8 kubah penyanggah, dan memiliki 6 menara yg menjulang tinggi.
2. Cappadocia atau bisa disebut kota bebatuan, karena jika dilihat hampir semuanya batu yang menjulang tinggi. Bukan sembarang batu, di mana dataran unik Cappadocia ini terbentuk akibat erosi bebatuan vulkanik. Letusan gunung api purba menutupi wilayah ini dengan abu yang sangat tebal, kemudian mengeras menjadi batuan lembut yang disebut tuff. Setelah beberapa lama, angin dan air mengikis batuan tuff ini dan mengubahnya menjadi pilar berbentuk jamur yang disebut fairy chimneys. Batuan ini dulunya dijadikan tempat tinggal warga Cappadocia, namun sekarang sudah tidak lagi. Tapi ada juga yang menjadikannya sebagai hotel, agar wisatawan bisa lebih merasakan kehidupan warga lokalnya.
Jika sobat mengunjungi kota ini, jangan lupa naik balon udara. Sobat bisa melihat pemandangan yg menajubkan dr ketinggian pada saat matahari terbit. Huuuuu seru!!!!!!!
3. Topkapi palace menjadi salah satu peninggalan kejayan masa lampau. Merupakan tempat tinggal dari sultan ottoman turki dan kini telah menjadi musium. Dibuat pada tahun 1459, bangunan ini pernah ditinggali para sultan swlama 400 tahun lama nya dan menjadi pusat pemerintahan. Ada bagian ruangan dr tangunan ini, yaitu dapur istana, yg dulu nya digunakan untuk memasak makan 4.000 prajurit sekali makan.
4. Istiklal Street, sama seperti nama Masjid di Indonesia, namun kawasan yang terdapat di Kota Istanbul ini merupakan area perbelanjaan yang tersohor di Turki. Di sepanjang jalan, Sobat Traveler dapat dengan mudah menemukan banyak toko seperti toko pakaian, roti, cokelat, buku, musik, bahkan ada juga galeri seni, bioskop, restoran, kafe, klub malam, dan masih banyak lagi. Istiklal Street berakhir di Taksim Square, yang merupakan kawasan jantung kota Istanbul. Jangan lupa mampir ke sini ya, karena Tidak pernah sepi oleh pengunjung, bahkan pada akhir pekan, di mana Anda bisa jadi satu dari hampir tiga juta pengunjung di jalanan ini lhoo. Wuahhh ramai ya !!!
5. Galata Bridge, jembatan yang selalu ramai wisatawan baik loka maupun internasional di mana akan lebih seru dan indah jika dinikmati ketika menjelang malam. Di bawahnya terdapat restauran dan kafe, yang juga cocok untuk menikmati hidangan sambil melihat pemandangan yang indah.
6. Konya, selain di Cappadocia, sobat juga bisa melihat Tarian Sufi di Konya, di mana ini bukanlah tarian biasa namun berisi dzikir yang disampaikan secara berbeda. Di sini ada Mevlana Museum, di mana ini merupakan museum dan makam dari penyair tarian sufi terkenal, Jalaluddin Rumi. Bangunannya sangat khas, sederhpakan bangunan yang fenomenal di mana mulanya merupakan gereja pada masa Byzantium Roma kemudia berubah menjadi Masjid oleh penakluk Konstantinopel di mana pada akhirnya dijadikan museum. Jika dilihat di bagian dalamnya, akan terlihat lukisan bunda maria, namun ada juga lafadz Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW. Arsitektur ini menjadi warisan peninggalan Romawi yang indah, juga lukisan-lukisan peninggalan Romawi Timur bersandar bersama dengan kaligrafi-kaligrafi dari era utsmaniyah. Jangan lupa datang ke sini yaa!!!
8. Hippodrome, dahulu orang-orang Romawi sangat suka melihat pacuan kuda. Hippodrome ini dibangun pada masa Kekaisaran Roma Byzantium tapi kemudian direnovasi oleh kaisar constantinovel. pada masa Romawi, tempat ini di hancurkan oleh ke kekaisaran Roma karena tidak mematuhi peraturan mereka.
9. Kastil Bodrum, kini sudah beralih fungsi sebagai museum yang menyimpan banyak sejarah panjang Republik Turki. Letaknya ada di Bodrum bagian barat daya Turki dan Kastil Bodrum mulai dibangun pada tahun 1402 sebagai Castle of St. Peter. Kastil yang dibangun dari tumpukan batu ini pernah menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia kuno lhoo! Di sini juga terdapat Museum of Underwater Archaeology, yang mana Museum ini mempunyai koleksi dengan harga jutaan dolar berupa karya seni dari kapal yang karam di Laut Aegean. Sobat traveler tidak akan merasa bosan, karena akan diajak melihat bagaimana peradaban masa lalu dengan koleksi marinir yang masih asli.
10. Gunung Nemrut, menjadi salah satu tujuan menarik yang tak boleh terlewatkan, gunung ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Tinggi gunung ini sekitar 2.134 m dan berlokasi di dekat kota Adiyaman, tepatnya di bagian Tenggara Turki. Sekitar tahun 62 SM, Raja Antiochus I Theos of Commagene membangun tempat pemakaman yang diapit oleh patung-patung dirinya yang super besar, juga 2 singa, 2 burung elang, dan berbagai macam Dewa Yunani dan Persia yang terletak di puncak gunung. Namun semua itu jatuh dan berserakan akibat dari konstruksi. Menyaksikan sunrise di atas puncak gunung ini adalah daya tariknya. Masya Allah, pasti Indah banget ya..
11. Library of Celcus, menjadi tempat yang menyimpan sejuta peristiwa di masa lalu ini selalu menarik perhatian setiap orang. Meninggalkan sebuah perpustakaan di mana dulunya dibangun untuk menyimpan sebanyak 12.000 gulungan kertas lhoo. Selain itu, juga terdapat Great Theater yang dulunya dijadikan sebagai arena gladiator. Dulu, Kota Ephesus sangat terkenal karena terdapat Kuil Artemis, yang merupakan tujuh keajaiban dunia kuno yang selanjutnya dirusak oleh massa yang dipimpin oleh Uskup Agung Konstantinopel pada tahun 401 AD.
12. Pamukkale, Cotton Castle atau juga dikenal dengan Kolam Air Panas. Merupakan tempat yang berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir. Di sini, sobat traveler juga bisa menaiki Hot Air Balloon untuk melihat kecantikan Kota Pamukkale dari udara lhoo! Di sini, para pengunjung bebas berendam di kolam-kolam mata air panas yang berundak atau terasering yang tercipta secara alami. Airnya dipercaya mampu mengobati penyakit asma, rematik dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, Hierapolos memang tersohor dengan kolam renang kesehatannya, juga sisa reruntuhan bangunan Romawi di dasar kolam dan teater Romawi di atas bukit.
13. Selçuk, di kota ini kita masih bisa melihat peninggalan kekaisaran Romawi yang dulunya sangat berjaya. Sisa peninggalan yang masih bisa ditemukan seperti Kuil Arthemis, The Great Theater, dan Terrace House terdapat di Ephesus Archaeological Site. Bagi pecinta sejarah, jangan lupa ke sini ya !!!
14. Fethiye, dulunya merupakan kota terpadat pada masa Konstantinopel. Kelebihan kota ini yaitu memiliki pantai yang Indah, di mana akan semakin ramai dikunjungi pada saat musim panas. Kota ini bisa diakses dengan pesawat sekitar 1 jam dari Antalya atau Dalaman. Selain pantai yang menjadi objek wisata, sobat juga bisa melakukan Hiking, Naik Kapal Cruise dan Paralayang. Its so cool !
15. Galata Mevlevihanesi, menjadi destinasi untuk melihat tarian sufi yang di mana sebelumnya bisa disaksikan di Konya dan Cappadocia. Tarian Sufi atau Whirling Dervish, Galata Mevlevihanesi atau Tekke adalah yang pertama dan paling populer. Terletak di Galipdede Caddesi, sebelah selatan Tünel Square, di ujung Istiklal Caddesi, Sobat bisa mencobanya untuk datang ke sini!
16. Blue Lagoon, merupakan destinasi yang cocok bagi Sobat Traveler yang suka dengan wisata air. Karena di sini, Anda akan menemukan pantai Turki yang begitu bersih dan jernih. Salah satunya pantai Belcekiz yang menjadi favorit wisatawan jika berkunjung ke Turki. Untuk bisa ke sini jangan lebih dari pukul 18.00 waktu Turki ya. Yukk ikut ramaikan pantai ini !
17. Izmir Clock Tower, ketika berkunjung ke Izmir, sempatkan untuk melihat Menara Jam Izmir ya karena ini menjadi salah satu objek wisata yang jangan terlewatkan. Menara ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Prancis, Raymond Charles Père untuk memperingati pemerintahan Abdul amid II ke-25 pada 1901 dengan tinggi mencapai 25 meter. Pada tahun 1983 – 1989, Menara ini juga sempat diabadaikan dalam uang kertas bernilai 500 Lira lhoo...
18. Süleymaniye Mosque, sekilas mirip dengan Blue Mosque yang sama-sama terdapat di Istanbul. Masjid ini juga menjadi favorit para wisatawan lhoo... Masjid yang tidak jauh dari Universitas Istanbul ini merupkan terbesar kedua di mana memiliki nilai sejarah yang sangat erat dengan kejayaan Turki Ustmani. Masjid ini dibangun pada masa Sultan Sulaiman dan merupakan hasil dari karya Mimar Sinan.
19. Ortakoy Mosque, merupakan masjid yang terletak di tepi selat Bosphorus dan sangat dekat dengan Bosphorus Bridge. Megahnya masjid ini juga menjadi objek yang tidak boleh sobat lewatkan, di mana akan semakin terlihat indah saat sore dan malam hari. 
20. Sokullu Mehmet Pasha Mosque, menjadi masjid yang bisa Sobat kunjungi ketika di Istanbul. Jaraknya tidak jauh dari Blue Mosque, di mana Masjid ini merupakan hasil karya dari Arsitektur terkenal turki pada masa nya, yakni Mimar Sinan. 
21. Galata Tower, menjadi objek wisata menarik selanjutnya. Kenapa ? Karena bisa melihat keindahan Turki dari ketinggian, yang mana menara ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Ingin makan di restoran dengan suasana berbeda ? Anda bisa mencoba di Galata Tower ini, karena di sini menjadi salah satu tempat makan favorit, di tambah restoran yang menyajikan aneka kuliner lezat khas Turki. Wuahh seru!!!
22. Benteng Rumeli Hisari, yang menjadi salah satu saksi kejayaan Turki Usmani pada masa lampau. Sultan Mehmed II atau Muhammad al-fatih lah yang membangun benteng ini. Benteng yang masih kokoh ini dapat sobat saksikan secara dekat, agar bisa melihat gagahnya benteng pertahanan ini.
23. Bosphorus Bridge, sudah tidak asing bukan dengan kata Bosphorus ? Yaps, jembatan ini merupakan penghubung antara Turki sisi Eropa dan Turki sisi Asia. Jembatan ini menjadi salah satu dari 5 jembatan terindah di Dunia lhoo!. Selain itu, Jembatan ini juga pernah menjadi saksi keberhasilan Erdogan saat memerintah Turki sejak 2002.
24. Grand Bazaar, merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua di dunia. Pasar ini terletak di Istanbul, yang di dalamnya terdapat setidaknya 4.000 toko dengan pengunjung antara 250.000 - 400.000 orang setiap harinya. Ada banyak souvenir khas Turki yang bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari baju, tas, makanan khas Turki, pernak-pernik dan masih banyak lagi yang tentunya dengan harga yang masih bisa ditawar. Kalau beli oleh-oleh, jangan lupa mampir ke sini yaa...
25. Bursa, ingin menikmati kuliner lezat ? Cocok sekali datang ke kota Bursa, seperti dengan mencoba Kebapci Iskender, di mana pertama kali kebab diciptakan oleh Iskender Efendi. Selain sebagai kota di mana kebab pertama kali diciptakan, Bursa juga merupakan ibu kota pertama kerajaan Ottoman. Bursa juga merupakan sentra sutra di Turki pada 1491. Salah satunya yang bisa Sobat datangin, ada di dekat Green Mosque. 

Gimana ? Asik bukan ? Yukk rencanakan perjalanan liburan Sobat ke Turki bersama Cheria Holiday

Belum ada Komentar untuk "Traveling Ke Tempat Wisata Paling Seru Di Turki"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel