Mengenal Masjid Istiqlal di Bosnia. Kembaran Masjid Istiqlal Indonesia!

Masjid Istiqlal di Bosnia dan Herzegovina
Image : Shutterstock/as-artmedia

Ternyata Masjid Istiqlal punya kembaran loh. Lebih tepatnya bernama Istiklal Dzamija di Negara Bosnia dan Herzegovina. Masjid ini terletak di Sarajevo, ibu kota negara yang berada di Semenanjung Balkan. Nama "istiqlal" sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti "kemerdekaan" dalam bahasa Indonesia.

Dilansir dari travel.kompas.com, selain disebut Masjid Istiqlal, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Suharto atau Masjid Indonesia. Faktanya memang Pak Suharto yang memprakarsai pembangunan masjid yang punya luas 2.800 meter persegi dan mampu menampung hingga 3.000 jamaah di bagian dalam saja.

Sejarah Masjid Istiqlal Sarajevo

Di bulan Maret 1995, Presiden Suharto melakukan kunjungan ke Sarajevo dan mempertimbangkan untuk membangun masjid sebagai hadiah bagi masyarakat di Bosnia dan Herzegovina saat di tengah peperangan.

Untuk mewujudkan Masjid Istiqlal Sarajevo ini, Pak Harto pun menunjuk seorang arsitek bernama Fauzan Noe'man yang telah berpengalaman mendesain banyak masjid, salah satunya adalah Masjid At-Tin di Taman Mini Indonesia Indah.

Pembangunan masjid sempat tertunda lantaran peristiwa lengsernya Presiden Suharto pada Mei 1998. Hingga pada September 2001, masjid ini pun diresmikan. Ada beberapa elemen di dalam masjid ini yang mewakilkan Bangsa Indonesia, di antaranya adalah pintu masjid yang dibuat dari kayu jati asli. Pintu masjid ini sendiri dibuat di Jepara dan dibawa menggunakan kapal dari Indonesia ke Bosnia dan Herzegovina.

Masjid Istiqlal di Bosnia dan Herzegovina
Image : Image : Shutterstock/as-artmedia

Selain itu ada juga mihrab yang dibawa langsung dari Indonesia dan dihadiahkan oleh B. J. Habibie dan Ibu Ainun. Mushaf-mushaf atau kitab yang ada di masjid itu juga dibawa langsung dari Indonesia. Sampai saat ini, masjid ini tetap digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat Muslim di Sarajevo. Sekaligus juga bisa digunakan untuk menggelar acara pernikahan Islam dan pusat budaya Indonesia di Sarajevo.

Sobat traveler ada yang tertarik untuk berkunjung ke Bosnia dan Herzegovina? Yuk langsung saja pesan Paket Wisata Balkan di Cheria Holiday ya.

Terima kasih dan selamat liburan!

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Masjid Istiqlal di Bosnia. Kembaran Masjid Istiqlal Indonesia!"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel