travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Danau Dal, Surga di Bumi India

Danau Dal, Surga di Bumi India

Danau Dal
Danau Dal
Wisata Muslim India - Sahabat wisata muslim, Srinagar adalah sebuah kota yang berada di wilayah Jammu dan Kashmir, India. Daerah ini merupakan wilayah terbesar kedua di negara bagian integral dari pariwisata dan rekreasi di Kashmir yang dijuluki "Heaven on Earth"  atau surga di bumi.

Obyek wisata terkenal yang ada di Srinagar salah satunya adalah Danau Dal. Bisa dibilang, Danau Dal merupakan “Permata Mahkota Srinagar”. Wow, jadi penasaran!


Dalam bahasa Sansekerta, Danau Dal disebut Mahasarit. Menurut sejarah kuno Sansekerta, terdapat sebuah desa bernama Isabar di sebelah timur danau ini yang merupakan tempat tinggal Dewi Durga.  Danau Dal memiliki luas 18 km2 dengan kedalaman maksimal 6 meter.

Sebagian danau tertutup taman Lotus yang biasanya bersemi pada bulan Juli dan Agustus. Pada musim dingin, temperature di danau ini bisa mencapai -11° C. Selain berfungsi sebagai obyek pariwisata, Danau Dal juga dimanfaatkan sebagai tempat pemanenan tumbuhan air komersial.


Untuk sahabat wisata muslim yang sengaja berkunjung ke negeri India, tidak berlebihan rasanya jika menyempatkan singgah sebentar ke Danau Dal. Pemandangan Danau Dal nan indah dapat dinikmati dari tepi kebun-kebun Mughal, yaitu Shalimar Bagh dan Nishat Bagh yang dibangun pada masa kekuasaan Raja Jahangir.

Shikara, cara asyik menikmati Danau Dal
Pengunjung bisa berkeliling menikmati keindahan alam di sepanjang tepi Danau Dal dengan menggunakan perahu dayung beratapkan terpal. Penduduk setempat menyebut nya dengan Shikara.
Dalam kehidupan sehari-hari, shikara juga digunakan untuk memancing, mengantar anak-anak sekolah, dan mengangkut barang ke pasar.

Shikara mempunyai ukuran bervariasi yang disesuaikan dengan keperluan. Sebagai contoh, untuk transportasi orang, Shikara dibuat agak lebih besar dan luas. Shikara ini juga dipakai oleh warga miskin sebagai tempat tinggal atau rumah mengambang bagi mereka.


Shikara menjadi atraksi wisata yang populer di Srinagar. Biasanya turis-turis wisata mengadakan pelayaran di sepanjang Danau Dal, Anchar, dan Nageen. Dengan shikara inilah mereka asyik mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Bagi sahabat wisata muslim yang gemar traveling, pastinya tidak mau ketinggalan, bukan?

Wah, kira-kira...berapa tarif naik shikara ini, ya? Jangan khawatir, warga pemilik Shikara menyewakan perahunya kepada pengunjung dengan tarif per jam sekitar 200 R¬¬s per orang. Namun, harga tersebut masih bisa ditawar lagi. Ketika harga sudah disepakati, para wisatawan akan diajak pemilik perahu berkeliling mengitari indahnya Danau Dal.

Obyek wisata apung di Danau Dal
Apa saja pemandangan yang bisa dinikmati? Di Danau Dal, pengunjung bisa menikmati pemandangan kebun mengambang, bunga mengambang, dan pasar apung. Wah, asyik sekali, bukan?
Pasar apung ini dibuka mulai pukul 05.00. Jika hendak ke sana, pengunjung harus memesan perahu terlebih dahulu agar pemilik perahu tidak beroperasi pada jam tersebut.


Di atas perahu, puluhan petani menjual hasil panenannya. Tak jarang ada yang saling barter barang dagangan. Para pedagang juga menjual berbagai macam suvenir unik dan antik untuk oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung. Menjelang pukul 07.00, suasana di pasar apung mulai sepi. Para petani pun mendayung perahunya dan meninggalkan tempat ini.

Dalam perjalanan pulang, sang pemilik Shikara akan mengajak sahabat wisata muslim untuk menyisir Danau Dal dan menikmati pemandangan pagi hari yang sejuk. Sungguh sayang untuk dilewatkan!

Dal Lake
Dal Lake
 
Penginapan di sekitar Danau Dal
Penginapan di sekitar Danau Dal relatif murah dengan penginapan seperti yang ada di House Boat. Tempatnya terpencil, tetapi berdekatan dengan Taman Moghul. Taman Moghul memiliki pemandangan yang fantastis di seberang danau, di pegunungan dan Ladang Lotus.

Jika sahabat wisata muslim ingin bermalam di Danau Dal ini, cukup  menyiapkan uang sebesar 2.000 Rs atau sekitar 400.000 rupiah untuk setiap malamnya. Harga tersebut sudah termasuk makan pagi, makan malam, plus tour seharian ke tempat tujuan pilihan. Setibanya di sana, pengunjung akan disambut dengan menu makanan pot yang super lezat. Tak lupa teh Kashmir yang memiliki citra rasa yang khas menyegarkan.


Tinggal di rumah perahu adalah pengalaman unik yang harus dicoba. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya mobil perjalanan. Namun, bagi pelancong dengan anggaran pas-pasan, tersedia pula penginapan murah yang berada di pemukiman warga.

Tepatnya di belakang danau dengan harga sekitar 750 Rs - 1.500 Rs per malam. Penginapan tersebut memang tidak berhadapan langsung dengan Danau Dal, tetapi keramahan pemilik penginapan membuat para wisatawan akan merasakan homey saat bermalam di sana yang tidak kalah nyamannya dengan House Boat.

Nah, sahabat wisata muslim, demikian deskripsi singkat tentang Danau Dal, Surga di Bumi India. Ingin berkunjung ke Danau Dal atau obyek wisata menarik India lainnya? Ikuti paket wisata muslim India yang diselenggarakan oleh Cheria Tour & Travel. Dengan paket wisata muslim Cheria Tour & Travel, perjalanan wisata menjadi lebih tenang dan menyenangkan. Selamat berwisata!

Paket Tour Promo Lengkap


Cheria Wisata juga masih menyediakan pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda ikuti. Ayo daftar segera dan jangan sampai melewatkan keseruan berlibur ke berbagai destinasi bersama dengan Cheria Wisata! Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Tour Wisata Muslim ini silahkan menghubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Danau Dal, Surga di Bumi India