travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Siskohat Generasi 2 Dan Transparansi Pelayanan Haji 2014

Siskohat Generasi 2 Dan Transparansi Pelayanan Haji 2014


Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Generasi 2 (Siskohat Gen-2) telah diluncurkan secara resmi pada tanggal 3 April 2014 lalu. Sistem komputerisasi terbaru merupakan perbaikan dari sistem sebelumnya yaitu siskohat Gen-1. Siskohat Gen-2 ini sudah bisa diakses oleh 420 Kabupaten/kota di Indonesia. Fungsi utamanya adalah untuk membangun database jamaah haji, pendaftaran haji, pelunasan BPIH, pengurusan paspor, sistem nomor urut porsi, penerbangan, pengelompokan jamaah dan pelayanan lain. Dengan kata lain, Siskohat Gen-2 adalah transparansi dan inti dari penyelenggaraan haji Indonesia secara real time. 

Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Generasi 2
Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Generasi 2

Siskohat Gen-2 adalah salah satu upaya perbaikan penyelenggaraan haji yang digagas sejak tahun 1990 lalu. Pada awal berdirinya masih menumpang di database PT Garuda Indonesia karena kurangnya SDM. Pada akhirnya Siskohat gen-1 berhasil diluncurkan, dan kali ini diperbaiki lagi platform dan sistem database-nya sehingga lebih real time serta mampu memisahkan analisis dan transaksi yang terjadi.  Perjalanan panjang tersebut memberikan banyak perubahan-perubahan berarti pada proses perbaikan database penyelenggaraan haji yang secara transparan dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan para calon jamaah haji Indonesia pada khususnya.

 Siskohat mempunyai fungsi sebagai interaksi dua arah untuk pelayanan publik dan lembaga terkait.   Siskohat juga berarti keterbukaan informasi dengan penyediaan tools untuk memberitahu tahun rencana keberangkatan hajinya melalui nomor porsi yang ia peroleh setelah pembayaran setoran awal BPIH. Nomor porsi ini secara otomatis tersimpan di database sehingga bisa diakses kapan saja melalui tool di web http://haji.kemenag.go.id/. Nomor porsi ini menjadi waiting list atau daftar tunggu yang menjadi acuan rencana keberangkatan haji termasuk kapan pelunasan dan kapan keberangkatannya. 

Dari database Siskohat Gen-2 ini nantinya pemerintah sebagai penyelenggara resmi ibadah haji dapat menerbitkan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) bagi jemaah yang dokumen hajinya telah lengkap, pengelompokan kloter, standar pelayanan yang didapatkan sebelum penerbangan, dan lain-lain. Semua pelayanan ini dapat diberikan secara realtime tanpa bolak-balik menanyakan ke kantor Kemenag Kabupaten/kota setempat. Tak menutip kemungkinan, siskohat Gen-2 ini akan berkembang menjadi lebih baik dengan menyediakan informasi selama penyelenggaraan haji secara real time melalui media-media sosial yang berkembang di masyarakat sehingga fungsi siskohat sebagai jantung pelayanan penyelenggaraan haji dapat dimaksimalkan manfaatnya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kita tunggu perkembangannya bersama.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2016 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2016 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2016 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Siskohat Generasi 2 Dan Transparansi Pelayanan Haji 2014