travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Keindahan Masjid Al Azhar Di Kairo Mesir~Cheria Selalu

Keindahan Masjid Al Azhar Di Kairo Mesir

Masjid Al Azhar
Masjid Al Azhar

Salah satu tujuan wisata umroh plus kairo mesir kita akan mengunjungi Masjid Al Azhar, Dari universitas tertua di dunia ini awalnya adalah sebuah masjid. Di dalamnya sering berlangsung kajian-kajian tentang Islam. Pada perkembangannya, masjid yang mengawali kehidupan intelektual masyarakat Islam di Mesir ini perlahan bertransformasi menjadi sebuah universitas Islam bergengsi di dunia.

Universitas Al-Azhar merupakan sekolah tinggi yang sangat diperhitungkan keberadaannya di dunia Islam. Universitas bergengsi ini merupakan sekolah tinggi tertua kedua di dunia setelah University of Al-Karaouine di Maroko. Dibangun dua tahun sebelum dibukanya pada tahun 972 oleh Jahwar El-Sequili, seorang komandan dari pasukan yang dikirim Khalifah Fatimid untuk menaklukkan Mesir.

Pada mulanya, bangunan yang didirikan hanya berbentuk masjid. Tiga setengah tahun kemudian mulailah terbentuk kelompok kajian yang dimulai oleh Abu El-Hassan Ali ibn Al-Nu’man El-Kairawany, yang kemudian diikuti dengan berbagai kajian berikutnya sehingga menjadikan masjid ini sebagai pusat perkembangan kehidupan intelektual di masa periode Fatimid [909-1171].

Kini masjid dan kampus dibedakan fungsinya, namun tetap berada di satu area. Yang terlihat di gambar adalah foto Masjid Al-Azhar, sedangkan Kampus Al-Azhar terdapat pada beberapa gedung di seberang bagunan masjid. Luas bangunan Masjid Al-Azhar 6,5 acre, berbentuk empat persegi panjang yang dindingnya terbuat dari batu tatah berwarna terakota sehingga tampak kuat dan kokoh. Pada gerbang masuk dihiasi ukiran zaman Mamluk, yang juga tergambar pada keseluruhan desain bangunan

Ruangan diterangi dengan puluhan lampu qindil berbentuk bulat serta cahaya yang masuk dari kaca patri berwarna-warni di leher kubah dekat mihrab. Di area depan terdapat beberapa mihrab yang dibuat untuk mewakili masing-masing mazhab yang ada, sedangkan dekat mihrab utama terdapat mimbar yang terbuat dari ukiran kayu bertatah gading gajah yang indah.

Ayo tunggu apalagi segera hubungi Cheria Wisata yang akan membuat liburan Anda menyenangkan, Anda dapat mengatur perjalanan sesuai dengan jatwal yang Anda miliki. Ayo berpetualang !

Paket Tour Promo Lengkap


Cheria Wisata juga masih menyediakan pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda ikuti. Ayo daftar segera dan jangan sampai melewatkan keseruan berlibur ke berbagai destinasi bersama dengan Cheria Wisata! Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Tour Wisata Muslim ini silahkan menghubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Keindahan Masjid Al Azhar Di Kairo Mesir~Cheria Selalu