travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Masjid Berkiblat 2 Masjid Qiblatain Madinah

Masjid Berkiblat 2 Masjid Qiblatain Madinah


Masjid Qiblatain
Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain merupakan sebuah masjid bersejarah, masjid tersebut milik kabilah Bani Salimah dari suku Khazraj, letaknya sejauh 5 km dari Masjid Nabawi, tepatnya di arah barat laut dari Masjid Nabawi.

Disebut Masjid Qiblatain karena ada sebuah riwayat yang mengatakan: "Sesungguhnya para Sahabat Nabi melaksanakan satu shalat dengan menghadap ke dua arah kiblat yang berbeda ketika turunnya ayat perpindahan kiblat".

Masjid ini direnovasi beberapa kali, terakhir pada masa pemerintahan Pelayan Dua Tanah Suci pada tahun 1408 H/1987 M, dijadikan dua tingkat, tingkat dasar meliputi: tempat wudhu, gudang, dan unit-unit asrama untuk Imam dan Muadzin. Tingkat atas meliputi: tempat shalat seluas 1.190 m2 dan ruangan untuk shalat wanita seluas 400 m2. Masjid juga dilengkapi dengan dua menara dan dua kubah tinggi yang istimewa.

Ada banyak masjid bersejarah di Makkah dan Madinah. Kisah-kisahnya pun berbeda-beda dan selalu jadi daya tarik umat muslim untuk berkunjung serta menjalankan ibadah di sana. Kalau Anda datang ke Madinah, jangan lupa sempatkan datang ke Masjid Qiblatain.

Masjid Qiblatain menjadi saksi penting bagi sejarah Islam. Sebab, di masjid inilah wahyu Allah diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk mengubah arah kiblat salat menjadi ke arah Ka'bah di Makkah.

Sebelumnya, Nabi Muhammad dan umat Muslim saat itu menghadap arah kiblat salat ke Masjidil Aqsha yang ada di Yerusalem, Palestina. Masjidil Aqsha adalah tempatnya Nabi Muhammad melakukan Isra Miraj, yaitu perjalanan menghadap Allah dan menerima perintah tentang ibadah salat.

Dalam sejarah , saat itu Nabi Muhammad sedang melakukan salat menjadi imam bersama jamaah lainnya. Lalu, saat itulah Allah menurunkan wahyu yang berisi tentang perubahan arah kiblat dari Masjidil Aqsha ke Ka'bah di Masjidil Haram.

Lantas, Nabi Muhammad pun dengan segera mengubah arah kiblat menuju Ka'bah. Sejak saat itulah, umat Muslim melaksanakan ibadah salat dengan kiblat ke arah Ka'bah hingga sekarang. Peristiwa perubahan arah kiblat ini pun tertuang dalam Al Quran di Surat Al Baqarah.

Masjid Qiblatain
Bagian Dalam Masjid Qiblatain

Oleh sebab itu, Masjid Qiblatain jadi saksi sejarah penting dalam sejarah Islam. Di dalam masjidnya pun masih ada tempat imam salat yang menghadap ke Masjidil Aqsha. Tapi tentu saja, tempat tersebut dan tidak dipergunakan lagi.

Para jamaah haji biasanya menyempatkan datang ke Masjid Qiblataian yang ada di Jalan Khalid bin Al Walid, sebelah barat laut Kota Madinah saat melancong ke kota tersebut. Inilah satu-satunya masjid yang punya dua arah kiblat di dunia.

Anda dapat mengambil paket Umrah plus atau Umrah Backpacker dengan Cheria Wisata, selain itu terdapat juga paket Umrah Ramadhan untuk Anda dan keluarga. Hubungi kontak Cheria Wisata untuk informasi Paket Umroh Promo 2016 di Cheria Wisata.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Masjid Berkiblat 2 Masjid Qiblatain Madinah