travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

10 Fakta Unik Masjid Nabawi

10 Fakta Unik Masjid Nabawi


Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi tidak pernah sepi dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia. Baik musim haji maupun musim umrah.

Di masjid suci, umat Islam mendapat kesempatan untuk mengunjungi makam Rasulullah SAW, Abu Bakar, Umar bin Khattab. Umat Islam juga mendapatkan kesempatan memperbanyak ibadah seperti shalat Arabain, beribadah di Raudah (taman surga) dan aktivitas ibadah lainnya.

10 Fakta Unik Masjid Nabawi
10 Fakta Unik Masjid Nabawi

Saat ini, Masjid Nabawi tengah mengalami perluasan. Ini mengingat semakin banyak umat Islam yang datang setiap tahunnya. Berbagai fasilitas juga diperbaiki sehingga membuat nyaman umat Islam yang beribadah di sana. Namun, ada sejumlah fakta menarik Masjid Nabawi yang mungkin belum diketahui umat Islam.

10 Fakta Menarik Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi


1. Masjid Terbesar Kedua


Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah S.A.W, setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah dia dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah S.A.W. tiba di Madinah, yalah di tempat unta tunggangan Nabi S.A.W. menghentikan perjalanannya.

2.Ukuran Masjid Saat ini Lebih Besar


Awalnya, masjid ini berukuran sekitar 50 m × 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m Rasulullah S.A.W. turut membangunnya dengan tangannya sendiri, bersama-sama dengan para shahabat dan kaum muslimin. Ukuran Masjid Nabawi saat ini 100 kali lebih besar dari bangunan aslinya. Ini berarti, ukuran Masjid Nabawi di era modern jauh lebih besar dari kota Madinah di masa lalu. Fakta itu bisa dilihat dari dahulu jarak antara makam baqi dengan Masjid Nabawi cukup jauh. Tapi sekarang ini, makam Baqi justru berbatasan langsung dengan Masjid Nabawi.

3. Tempat Pertama di Jazirah Arab yang Menikmati Listrik.


Semasa Ustmaniyah, Masjid Nabawi untuk kali pertama menikmati aliran listrik. Ini membuat Masjid Nabawi menjadi tempat kedua di wilayah Ustmaniyah yang menikmati aliran listrik sesudah Istana Sultan di Istanbul.

4. Ada kuburan kosong di ruang Nabi


Sebagian besar umat Islam percaya ada satu lahan makam yang belum terisi. Lokasinya persis di sebelah Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab dimakamkan. Umat Islam percaya kelak makam itu akan diisi Nabi Isa AS di akhir zaman. Namun, kepercayaan itu masih diperdebatkan.

5. Tidak Memiliki Kubah


Selama lebih dari 650 tahun setelah Rasulullah SAW wafat, tidak ada kubah di atas makam beliau. Baru pada tahun 1290, Kekalifahan Mamluk menambahkan kubah yang terbuat dari kayu. Kubah hijau yang kita lihat sekarang sebenarnya kubah luar di atas makam Nabi. Namun, ada kubah yang lebih kecil yang bertuliskan nama Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab

6. Hancur oleh Api


Setelah Rasulullah SAW wafat, Masjid Nabawi sempat terbakar. Mimbar Rasulullah hancur dilalap api. Demikian pula dinding pembatas makam Rasulullah SAW sempat runtuh.

7. Kubah di Masjid Nabawi Menjadi Warna Ungu


Sebelumnya kubah di Masjid Nabawi berwarna putih. Kemudian 150 tahun kemudian berubah warna menjadi ungu-biru. Perubahan ini dikarenakan, warna itu merupakan favorit warga Arab di Hijaz.

8. Memiliki 3 Mihrab


Kebanyakan masjid hanya memiliki satu mihrab. Namun, Masjid Nabawi memiliki tiga. Mihrap yang saat ini digunakan tempat imam memimpin Shalat. Mihrab lainnya, Suleymaniye merupakan mihrab yang dibangun semasa Usmaniyah untuk imam Hanafi. Sementara mihrab terakhir dibangun di tempat Rasulullah selalu memimpin shalat. Mihrab ini kemudian digunakan imam Maliki untuk memimpin shalat.

9. Penuh Tanda-Tanda Rahasia


Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah S.A.W Diterima dari Abu Huraira

"Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku." (Riwayat Bukhari) 

Setiap bagian Masjid Nabawi memiliki rahasia seperti kode Da Vinci. Tentu, rahasia itu tidak dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian umat Islam saat shalat.

10. Apa yang ada di Kamar Fatimah?


Ketika Masjid Nabawi diperluas, kamar tempat putri Rasulullah, Fatimah dibongkar. Kemudian, pada masa Perang Dunia I, isi dari kamar Fatimah itu diungsikan tentara Ustmaniyah ke Istanbul. Kini, isi kamar itu berada di Museum Topkapi, Istanbul.

Anda dapat mengambil Paket Umroh Plus atau Umrah Backpacker dengan Cheria Wisata, selain itu terdapat juga paket Umrah Ramadhan untuk Anda dan keluarga. Hubungi kontak Cheria Wisata untuk informasi perjalanan Umrah di Cheria Wisata.




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading 10 Fakta Unik Masjid Nabawi