travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

10 Masjid Unik di Rusia

10 Masjid Unik di Rusia


Negara Beruang Merah alias Rusia ini merupakan negara yang terletak paling utara di muka bumi. Dahulu negara ini terkenal sebagai negara adidaya yang menerapkan sistem komunis di negaranya. Mungkin karena sejarah kelam tersebut membuat negara ini jarang menjadi destinasi impian para traveler.
Masjid Unik di Rusia
10 Masjid Unik di Rusia

Namun seiringjalannya waktu, ternyata Rusia berubah menjadi negara yang terbuka sehingga ajaran Islam pun masuk dengan mudahnya ke negara ini. Bahkan Islam menjadi negara terbesar kedua yang dianut oleh rakyat Rusia. Banyaknya muslim di Rusia membuat keberadaan masjid semakin banyak jumlahnya. Berikut ini akan dijelaskan tentang 10 masjid unik yang ada di Rusia.

Masjid Unik di Rusia


1. Masjid Nord Kamal

Masjid Nord Kamal
Masjid Nord Kamal

Masjid ini merupakan masjid paling utara di dunia. Dibuka pada 1998, bangunan ini masuk Guinness Book of World Records sebagai masjid paling utara di dunia. Masjid Nord Kamal terletak di Norilsk, kota industri di Siberia utara.

2. Masjid Katedral Moskow (Masjid Agung Moskow)

Masjid Katedral Moskow
Masjid Katedral Moskow

Masjid ini telah direkonstruksi dan kini menjadi masjid terbesar di Eropa. Masjid berlantai enam ini memiliki menara setinggi 79 meter yang merupakan menara masjid tertinggi di Eropa.

3. Masjid Biru

Masjid Biru
Masjid Biru

Masjid Biru didirikan pada tahun 1910 di Pulau Petrogradsky yang merupakan pulau terbesar ketiga di Sungai Neva di Sankt Peterburg. Masjid ini merupakan masjid satu-satunya yang mendapat julukan “Masjid Sungai” di Eropa. Mengapa demikian? Karena letaknya memang di dekat sungai. Kubah masjid hampir sama dengan makam Tamerlane di Samarkand, Uzbekistan.

4. Masjid Sultan Delimkhanov


Masjid unik ini terletak di Dzhalka, sebuah desa di Chechnya. Masjid ini merupakan masjid pedesaan terbesar di Eropa. Masjid ini diberi nama dari Sultan Delimkhanov, pejabat desa yang dibunuh pada tahun 1990-an. Masjid ini diperkirakan mampu menampung lima ribu jamaah.

5. Masjid Jum'ah

Masjid Jum'ah
Masjid Jum'ah

Masjid ini terletak di Derbent, Dagestan. Masjid ini dibangun antara tahun 733 dan 734 SM. Dengan demikian masjid ini merupakan masjid tertua di Rusia. Masjid ini juga masuk dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO.

6. Masjid Agung


Salah satu keluarga terkaya di Turki membiayai pembangunan Masjid Agung di Makhachkala, Dagestan pada 1997. Setelah renovasi pada tahun 2004–2007, masjid ini dapat menampung 17 ribu umat. Dengan demikian masjid ini menjadi masjid terluas di Rusia.

7. Masjid Kul Sharif

Masjid Kul Sharif
Masjid Kul Sharif

Masjid dengan Jumlah Menara Terbanyak di Rusia ini dibangun di kota Kazan. Menara masjid legendaries ini dihancurkan oleh Ivan Grozny selama kampanye militernya pada 1547 – 1552. Masjid dengan enam menara setinggi 55 meter ini merupakan bagian dari Kompleks Arsitektur dan Sejarah Kremlin Kazan yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2000.

8. Masjid-Madrasah Agung Lala-Tulip


Masjid ini terkenal sebagai masjid paling modern di Rusia. Pusat Muslim utama di Republik Bashkortostan ini dibangun pada tahun 1990-1998. Sebagai masjid berdesain modern, menara masjid kembar setinggi 53 meter ini berdiri terpisah dari gedung utama yang memiliki ruang ibadah di dalamnya.

9. Masjid Bulgar

Masjid Bulgar
Masjid Bulgar

Masjid yang berada di Kazan ini adalah satu-satunya masjid berwarna putih di Rusia. Berdasarkan tradisi Muslim, putih menyimbolkan kesucian dan perdamaian. Muslim juga mengenakan warna putih saat menghadiri shalat Jumat dan melaksanakan ibadah haji. Masjid Bulgar juga memiliki Qur'an terbesar di dunia yang dihiasi nephrite, emas, phianite, dan hiasan daun perak.

10. Masjid Jantung Chechnya

Masjid Jantung Chechnya
Masjid Jantung Chechnya

Masjid ini diberi nama dari nama presiden pertama Republik Chechnya, Akhmat Kadyrov. Masjid ini dibangun dengan gaya Turki. Sekilas, masjid ini tampak menyerupai Masjid Biru (Blue Mosque) di Istanbul. Masjid ini juga memiliki kamera yang dipasang di luar masjid sehingga bisa mengadakan Live Video Stream (24 jam dalam seminggu disiarkan online) di masjid ini.

Wisata Muslim Rusia


Keunikan masjid-masjid tersebut menjadi daya tarik kuat bagi Muslim yang semula masih ragu untuk berkunjung ke Rusia. Masjid-masjdi tersebut terkenal dengan keunikannya. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Rusia maka salah satu atau beberapa masjid ini wajib menjadi destinasi kunjungan Anda dengan Paket Paket Wisata Halal Rusia Friendly 2017 bersama Cheria Holiday.



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading 10 Masjid Unik di Rusia