Jawa Barat Percantik Diri

Jawa Barat Percantik Diri untuk Menjadi Destinasi Wisata Muslim Friendly


Berbagai produk baik makanan, minuman, fashion, atau jasa wisata halal mulai menjadi tren di kalangan masyarakat Tanah Air bahkan dunia saat ini. Hal tersebut akan menjadi potensi ekonomi besar, karena produk halal kini tidak hanya dikonsumsi oleh umat Islam, tetapi juga oleh masyarakat non-muslim.

Produk yang halal pasti baik dan bermanfaat untuk setiap manusia sehingga bersifat global. Produk usaha halal tidak hanya menjadi kebutuhan umat Islam, tetapi juga menjadi kebutuhan khalayak luas. Potensi yang meningkat itu seiring tren gaya hidup halal secara global. Potensi Indonesia menyumbangkan wisata halal sangat besar potensinya namun belum digali oleh para pelaku usaha.

Peluangnya sangat besar bagi siapa pun pelaku usaha, apalagi pelaku usaha syariah dengan prinsip halalan thoyyiban. Wisata tidak lagi menjadi kebutuhan tersier karena masyarakat membutuhkan wisata untuk menghilangkan penat dan bosan yang diakibatkan oleh pekerjaan atau aktivitas lainnya sehari-hari.

Jawa Barat Wisata Muslim Friendly

Jawa Barat
Jawa Barat Percantik Diri untuk Menjadi Destinasi Wisata Muslim Friendly

Jawa Barat sebagai provinsi yang dihuni oleh penduduk mayoritas beragama Islam ini tidak diragukan lagi soal kehalalan terutama yang terkait dengan makanan. Para wisatawan tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan makanan halal kecuali di tempat tertentu saja yang dihuni oleh kaum nonmuslim.

Dalam pariwisata halal ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian yakni pasokan makanan, ketersediaan tempat ibadah, dan pasokan air yang mencukupi. Tiga hal itu menjadi kekuatan suatu tempat menjadi destinasi wisata halal di mana pun.

Pemilihan tempat wisata halal tidak sembarangan. Beberapa tempat wisata yang pantas menyandang wisata halal adalah tempat yang mempunyai pelayanan wisatawan pada aturan-aturan islam. Mulai dari pelayanan hotel, penyediaan makanan dan minuman hingga memiliki fasilitas yang terpisah untuk pria dan wanita yang bukan mukhrimnya.
Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Ada beberapa tempat wisata halal di wilayah Jawa Barat antara lain Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Green Canyon Pangandaran, Kawah Putih Bandung, Taman Safari Indonesia di Bogor, Masjib Kubah Emas Depok, Pemandian Air Panas Ciater Bandung dan Wisata Lembang Bandung. Ada lagi tempat yang bisa dikunjungi oleh Anda yang ingin melakukan destinasi wisata islami di Jawa Barat, yaitu replika Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi dan Masjid Terapung di Gedebage, Bandung yang masih dalam pembangunan. Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang paling siap untuk menerapkan konsep wisata halal.
Kawah Putih
Kawah Putih

Kunjungan para wisatawan yang cukup tinggi ke Jawa Barat khususnya Bandung menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Jawa Barat untuk menyebarluaskan pemahaman tentang wisata halal kepada para pelaku usaha terutama yang terkait dengan pariwisata. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang mendeklarasikan wisata halal.

Provinsi ini sangat potensial untuk maju karena beberapa faktor yakni kebudayaan dan keindahan alamnya untuk wisata halal berkembang. Kelemahan akses di Jawa Barat masih menjadi halangan untuk bagi Jawa Barat untuk dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal terutama internasional. Selain itu, Indonesia khususnya Jawa Barat belum mampu menghasilkan produk wisata halal yang dipercaya oleh turis asing.

Padahal sisi produk itu yang menjadi perhatian utama bagi para wisatawan Muslim. wisata halal tidak berarti bahwa daerah tertentu hanya bisa dikunjungi wisatawan Muslim, namun dititikberatkan pada ketersediaan infrastruktur mendasar bagi orang yang beragama Islam. Ketersediaan mushola yang layak, tempat wudhu dan makanan halal di tempat-tempat wisata harus menjadi perhatian utama.

Label halal menambahkan keyakinan wisatawan muslim untuk berkunjung ke suatu tempat. Wisatawan Muslim khususnya akan memilih paket perjalanan atau tempat wisata yang menjamin mereka dapat menjalankan ibadah wajibnya dan menyantap makanan berlabel halal sehingga tidak ada keraguan lagi saat menyantap makanan.

Destinasi Wisata Muslim Friendly


Sosialisasi pentingnya sertifikat halal untuk pengusaha makanan terus dilakukan. Baru 20 persen pengusaha makanan yang telah memiliki sertifikat halal dan kebanyakan pengusaha besar yang memiliki cabang di seluruh Indonesia. Padahal melabelkan usaha kuliner tidak akan merugikan pengusaha bahkan diyakini akan menambah pengunjung yang saat ini sedang dalam trend halal style.

Label halal sudah diterapkan secara pasti di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Untuk itu Jawa Barat terus mempercantik diri supaya siap untuk menjadi destinasi wisata halal yang mendunia. Terdapat berbagai Paket Tour Domestik Muslim Friendly yang bisa Anda ikuti bersama keluarga dengan Cheria Holiday.



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Jawa Barat Percantik Diri