Moskow Menjadi Magnet Kuat Wisata di Rusia

Moskow Menjadi Magnet Kuat Wisata di Rusia


Pernahkah Anda terpikirkan untuk berkunjung ke Rusia? Rusia ternyata memiliki daya tarik wisata yang kuat dibandingkan dengan berbagai negara lain di sekitarnya. Ibu kota Rusia yaitu Moskow menyimpan banyak pesona yang membuat banyak turis baik lokal maupun asing begitu tertarik untuk menjelajahinya.

Magnet Kuat Wisata di Rusia

Wisata Moskow di Rusia
Moskow Menjadi Magnet Kuat Wisata di Rusia

Moskow merupakan kota klasik nan modern. Banyak bangunan kuno berdiri namun bersinar warna-warni bak negeri dongeng. Salah satu daya tarik dari Moskow adalah Lapangan Merah. Lapangan Merah Moskow, dalam bahasa lokal disebut Krasnaya Ploshcad. Kawasan ini memang dikenal sebagai simbol politik.

Tak heran sebab di sini terdapat kediaman resmi presiden Rusia dengan latar belakang sejarah yang mengikutinya. Namun pada arti harfiyahnya, Krasnaya merupakan bahasa Rusia kuno yang berarti indah. Krasnaya juga diartikan sebagai merah dan merupakan warna keindahan. Nama tersebut memang tidak salah karena lapangan merah ini memang kawasan yang indah.
Lapangan Merah Moskow
Lapangan Merah Moskow

Lapangan Merah Moskow merupakan lapangan yang berbentuk bujur sangkar dengan luas sekitar 244.000 meter persegi. Di lapangan ini terdapat sebuah gereja tua yang indah dan merupakan salah satu ikon dari Kota Moskow sendiri. Gereja tersebut dinamakan Gereja St. Brasil.

Di Lapangan Merah ini ternyata dahulu sempat menjadi pendaratan seorang turis dadakan. Kisahnya terjadi pada tahun 1987 di mana seorang turis yang berbekal peta biasa bernama Mathias Rust masuk ke wilayah udara Uni Soviet. Ia pun mendaratkan pesawat Cessna di sini. Untuk menghindari para pejalan kaki, sang turis ini memilih mendarat di dekat sebuah jembatan.

Selain pernah menjadi tempat mendarat dadakan seorang turis, Lapangan Merah Moskow juga sempat menjadi lokasi aksi teror. Pada tahun 2003 lalu, seorang janda dari pemberontak Chenchen melakukan aksi bom bunuh diri di pintu masuk alun-alun. Akibat insiden ini, 5 orang dinyatakan tewas. 
Kazan Cathedral
Kazan Cathedral

Ada 2 bangunan tua di Lapangan Merah Moskow yang dibangun ulang. Pertama, Kazan Cathedral pernah diruntuhkan Joseph Stalin pada tahun 1936 kemudian dibangun ulang lagi setelah masa keruntuhan Uni Soviet. Selain itu, Resurrection Gates juga pernah dipindahkan pada tahun 1931 agar tank bisa masuk dan kemudian dibangun ulang lagi di tahun 1994.

Diktator utama di Uni Soviet, Vladmir Lenin, yang meninggal pada 1924 diawetkan di salah satu sayap alun-alun. Tubuh Vladmir mulai dipamerkan pada tahun 1930 dalam pusara granit. Tak hanya itu, jasad Vladmir Lenin juga diberi pemutih setiap minggu agar warna kulitnya tidak memudar dan tidak ditumbuhi jamur.

Di puncak Kremlin (kediaman resmi presiden Rusia) terdapat tower yang disebut dengan Tsar Tower. Bangunan ini tinggi menjulang dan terlihat seperti kastil-kastil dalam negeri dongeng. Dulunya, Tsar Ivan the Terrible pernah menjadi tempat ini sebagai tempat untuk memata-matai subjeknya. 

Alun-alun ini juga memiliki sebuah bangunan dengan gaya Victoria dan dibuka sejak 1893. Mal ini merupakan tempatnya barang-barang mahal dan sejak difungsikan sebagai mal, tempat ini sudah terisi lebih dari 1000 toko. Bangunan ini juga dikenal sebagai Gosudarstvenny Universalny Magazin (GUM).

Lapangan Merah Moskow merupakan saksi bisu sejarah kota ini. Di sini terdapat makam para pemimpin Soviet, tepatnya di Kremlin. Bukan hanya para pemimpin negara ini, tapi juga makam seorang jurnalis Amerika yang pernah mendokumentasikan kelahiran Uni Soviet, serta para tentara Bolshevik yang dimakamkan secara massal ada di sini.

Lapangan Merah Moskow memang menjadi simbol atau ikon Rusia. Di sini hanya terdapat 2 buah patung patriot yaitu Kuzma Minin dan Pangeran Dmitry Pozharsky. Keduanya merupakan pejuang negara yang mengalahkan serbuan Polandia pada tahun 1612.

Gereja St. Basil

Gereja St. Basil
Gereja St. Basil

Di Lapangan Merah Moskow ini terletak sebuah gereja yang sangat indah bernama Gereja St. Basil. Gereja ini merupakan gereja terkenal yang ada di Rusia dan termasuk salah satu ikon kota ini. Gereja St. Basil merupakan gereja yang dibangun pada tahun 1555-1561 dan sempat menjadi bangunan tertinggi di Moskow. Namun predikat tersebut tergeser saat kehadiran Menara Lonceng Ivan di tahun 1600.

Pembangunan Gereja St. Basil pada awalnya bertujuan untuk menandakan penangkapan seorang tentara dari Mongolia. Ivan IV merupakan pemerintah kala itu. Menurut cerita, 2 orang yang mengepalai proyek ini dibuat buta olehnya untuk mencegah pembuatan bangunan yang sama di masa yang akan datang.

Gereja ini awalnya hanya berwarna putih di mana kubah-kubahnya yang berbentuk bawang itu berwarna emas. Namun Gereja St. Basil sudah berubah menjadi berwarna warni pada kubahnya. Gereja ini menjadi daya tarik tersendiri pada malam hari. Konon pada siang dan malam hari ada aura mistik yang berbeda yang terpancar dari bangunan tersebut.

Bangunan ini kemudian beralih fungsi sebagai museum pada tahun 1928. Gereja ini menjadi lokasi diselenggarakannya misa hanya pada hari penyembuhan di Bulan Oktober Pada tahun 1990. Gereja St. Basil masuk dan dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Lapangan Merah / Alun-alunnya


Lapangan Merah merupakan alun-alun Kota Moskow. Berbagai kegiatan diselenggarakan di sini. Mulai dari pesta rakyat, perayaan-perayaan hingga berbagai hiburan seperti konser music sejumlah band ternama pernah menggung di sini seperti Linkin Park, Scorpion, dan masih banyak lagi.

Kenapa disebut sebagai Lapangan Merah? Karena bangunan yang ada di sekitar sini didominasi oleh warna merah. Selain sebagai lokasi sejarah dan alun-alun, di sini juga menjadi lokasi niaga dan di sekelilingnya terdapat sejumlah bangunan penting Moskow.

Kremlin


Salah satu bangunan di sekitar Lapangan Merah adalah Kremlin. Bangunan ini merupakan bangunan penting karena di sini dahulu para pemimpin Rusia tinggal dan juga dimakamkan. Saat ini, Kremlin juga merupakan kantor presiden. Kremlin merupakan bangunan raksasa bagai istana negeri dongeng.

Bangunan ini berbentuk benteng dengan panjang tembok sekitar 2 km dan tingginya 19 meter. Luas tanah sekitar 27,5 hektar membuat siapa saja tidak bisa mengabaikan bangunan ini. Posisinya pun berada di tengah-tengah. Kremlin dikelilingi Sungai Moskva, Gereja St. Basil, Lapangan Merah, dan juga Alexander Park. 

Benteng ini terdiri atas 5 istana, 4 gereja, dinding dan menara Kremlin. Menaranya terdiri atas 20 menara dan lainnya terdapat juga pemakaman para raja Rusia dahulu beserta barang-barang peninggalannya.

Peninggalan berharga seperti mahkota, pakaian, perhiasan, senjata, dan lain sebagainya. Benteng ini juga sempat mengalami kerusakan saar invasi Polandia dan Perancis. Banyak peristiwa sejarah yang membuat benteng ini rusak. Namun ada juga menara yang masih tetap kokoh, yaitu menara yang dibuat oleh seseorang asal Italia di tahun 1400-an.

Cafe dan Kuliner


Menurut banyak cerita, cafe atau tempat makan yang nyaman banyak ditemukan di Moskow. Bagi yang belum terbiasa dengan masakan sana, ada juga restoran yang menyediakan makanan-makanan asal Asia. Namun tetap saja, harganya cukup mahal. 

Belanja

Belanja di Moskow
Belanja di Moskow

Pasar tradisional Moskow yakni Izmailovo bisa menjadi target wisata belanja Anda. Berbagai cenderamata disediakan di sini dengan harga yang relatif lebih murah. Anda bisa menemukan gantungan kunci atau berbagai penak-pernik lain sebagai oleh-oleh si sini.

Ada juga barang-barang antik dan kuno. Namun, lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Jika malas atau tidak ada waktu ke sana, di Lapangan Merah juga banyak penjaja kaki lima yang menawarkan aneka pernak pernik untuk oleh-oleh. 

Tips


Berfoto di depan bangunan Gereja St. Basil pada malam hari akan tampak lebih indah ditambah lampu-lampu dari bangunan sekitarnya. Banyak orang yang berpendapat bahwa gereja ini tampak seperti Disneyland. Anda yang masih belum puas dengan keasyikan di Lapangan Merah bisa menikmati karya-karya seni terbaik Rusia di Galeri Negara Tretyakov.

Museum ini merupakan salah satu museum terbesar di dunia dan letaknya tidak jauh dari Kremlin. Lukisan, patung, grafis, dan maha karya yang menggambarkan sejarah negeri ini ada di galeri ini. Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan Moskow dari jendela-jendela yang ada di sini.

Untuk jalan-jalan menggunakan kereta bawah tanah juga patut dicoba. Konon yang membuat unik bukanlah keretanya melainkan stasiun bawah tanah yang berbeda dari stasiun di negara lainnya. Suasana perang yang membuat stasiun kereta bawah tanah (Moskow Metpo atau Metro) lebih mirip sebagai bunker dibanding sebuah stasiun.



Tour Muslim Moskow


Ketahui berbagai fakta menarik Moskow lainya dengan Paket Wisata Halal Moskow Rusia Friendly 2017 bersama Cheria Holiday.


Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Moskow Menjadi Magnet Kuat Wisata di Rusia