Sumatera Barat Berusaha Menjadi Destinasi Wisata Halal

Sumatera Barat Berusaha Menjadi yang Destinasi Wisata Halal Terbaik


Sumatera Barat terpilih menjadi salah satu promotor wisata halal dunia pada tahun 2016. Kota Padang sedang melakukan perbaikan untuk menyajikan wisata halal terbaik bagi para wisatawan. Fasilitas penyokong wisata halal adalah ketersediaan restoran halal sebagai tujuan kuliner dan hotel sebagai tempat penginapan. Tercatat ada 48 rumah makan yang layak dan halal bagi wisatawan dan pemerintah mengimbau pengelola hotel untuk mendukung keberadaan wisata halal tersebut.
Sumatera Barat
Sumatera Barat

Pemerintah setempat juga menjalin kerja sama dengan pengusaha dan investor dari Arab Saudi dan Qatar untuk mengembangkan beberapa obyek wisata halal. Tawaran kerja sama dari negeri Timur Tengah menjadi angin segar bagi penguatan upaya pemerintah dalam mengembangkan wisata. Pemerintah juga meminta dukungan dari negara tetangga yang berpenduduk mayoritas muslim seperti Malaysia dan Brunei Darussalam dan berbagai negara lain, seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Menjadi Destinasi Wisata Halal Terbaik


Konsep halal dalam kegiatan wisata ini lebih terarah dari segi pembangunan. Sejumlah sarana dan prasarana yang dibangun hanya dalam dua tahun ini bisa menjadi penyokong kemajuan pariwisata maritim. Ikon wisata halal yang akan dibangun di Kota Padang yakni masjid megah di Pantai Padang. Masjid ini akan menampung cukup banyak jamaah yang akan beribadah saat sedang berwisata di Pantai Padang.

Pembangunan masjid tersebut dimulai tahun 2017 ini. Struktur masjid yang dibangun akan mampu menahan hantaman ombak terutama ombak Samudera Hindia yang memang dikenal cukup kuat. Provinsi Sumatera Barat semakin gencar mempromosikan wisata halal ke negara-negara muslim. Kini sudah banyak objek wisata di Sumatera Barat yang unggul menjadi destinasi wisata halal, seperti Danau Di Atas dan Danau Di Bawah.

Orang Timur Tengah senang dengan tempat wisata alam yang sejuk dan pantai yang identik dengan laut sehingga Sumatera Barat menjadi destinasi favorit mereka. Berikut objek wisata yang menjadi destinasi wisata halal yang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan Timur Tengah.

Danau Di Atas dan Di Bawah

Danau Kembar
Danau Kembar

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Danau ini berlokasi di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok. Dua danau ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Solok dan 56 kilometer dari Padang. Untuk menuju Danau Di Atas, wisatawan harus melalui jalan yang menurun, sedangkan untuk menuju Danau Di Bawah, pengunjung justru harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau juga ditanami pohon buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang. Benar-benar danau yang indah untuk dikunjungi.

Pulau Cubudak

Pulau Cubadak
Pulau Cubadak

Pulau Cubadak terletak di kawasan Mandeh, Pesisir Selatan yang telah dikelola menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resor ini memiliki 13 bungalow dan satu suite dengan pemandangan alam yang menawan dan dilengkapi pula oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan diving, snorkeling dan memancing. Resor juga dilengkapi dengan motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya.

Lembah Anai

Lembah Anai
Lembah Anai

Lembah Anai merupakan maskot wisata di Padang khususnya dan Sumatera Barat secara umum. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama alam yang memukau serba hijau dan memanjakan mata sehingga sangat cocok untuk rileksasi pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari yang melelahkan.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan Kota Tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita rakyat terkenal berjudul Siti Nurbaya. Jembatan ini membentang gagah sejauh 260 meter yang menawarkan panorama sangat indah terutama ketika senja mulai datang.

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai
Pulau Sikuai

Pulau Sikuai terletak di sisi barat Pulau Sumatera yang hanya terletak sekitar 1,6 kilometer dari kota Padang. Pulau ini dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit dan berangkat dari Dermaga Airud Bungus.

Danau Maninjau

Danau Maninjau
Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk mengunjungi danau ini, Anda harus menempuh sekitar 140 kilometer dari Padang, 27 kilometer dari Lubuk Basung atau 36 kilometer dari Bukittinggi. Danau Maninjau ini sangat terkenal dan menjadi ikon Sumatera Barat bersama dengan Danau Singkarak.

Wisata Friendly Sumatera Barat


Keindahan Sumatera Barat ditambah dengan mayoritas penduduknya beragama Islam semakin memperkuat daerah ini menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia. Keberhasilan Sumbar menyabet penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia di ajang World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, akhir tahun 2016, memberikan secercah harapan untuk memperkenalkan objek wisata daerah ini ke pentas dunia.

Dampak positif yang ingin dicapai tentu saja peningkatan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah (PAD). Tujuan positif itu tidak berarti apa-apa bila pemerintah daerah dan stakeholders terkait tidak siap menghadapi kenyataan manis ini sehingga semua harus berusaha untuk membangun dan memperindah Sumatera Barat untuk menjadi destinasi wisata halal terbaik. Ikuti berabagai Paket Tour Domestik Muslim Friendly yang menarik dan seru untuk di jelajahi bersama Cheria Holiday. Selamat liburan...



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hbungi segera cs kami.

» Thanks for reading Sumatera Barat Berusaha Menjadi Destinasi Wisata Halal