Tailor Made Your Halal Tour

Anda ingin paket tour halal atau paket umroh spesial sesuai yang anda ingin kan sendiri atau Spesial Customize Request / Private Halal Tour

Dengan senang hati Cheria Holiday akan membantu mewujudkannya, silahkan jangan ragu untuk segera menghubungi staf marketing kami.

Wisata Halal Jawa Tengah Semakin Menggelora

Wisata Halal Jawa Tengah Semakin Menggelora


Jawa Tengah juga termasuk provinsi yang berpenduduk mayoritas muslim. Agama Islam berkembang cukup pesat di Jawa Tengah setelah runtuhnya kerajaan Hindu pada abad ke- 16. Banyak tempat-tempat wisata syariah yang dapat didatangi di Jawa Tengah. Provinsi yang memiliki ibukota Semarang ini terdapat destinasi wisata syariah yang kaya akan sejarah dan keunikannya.

Wisata Halal Jawa Tengah

Wisata Halal Jawa Tengah
Wisata Halal Jawa Tengah Semakin Menggelora

Ada beberapa tempat wisata muslim yang memiliki fasilitas terjamin halal di Jawa Tengah yang patut Anda kunjungi antara lain Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak, Masjid Agung Jawa Tengah, Makam Sunan Kalijaga, Makam Raden Patah, Pariwisata halal kini menjadi andalan Indonesia di kancah dunia.
Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus

Setelah memborong penghargaan wisata halal dunia di ajang WHTA tahun 2016, pemerintah terus menggenjot sejumlah daerah untuk mengembangkan wisata halal termasuk Provinsi Jawa Tengah. Halal tourism tidak terkait langsung dengan agama Islam, tetapi halal lebih ditujukan kepada servis dan gaya hidup.
Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

Saat ini sudah menjadi gaya hidup di banyak negara untuk mengonsumsi makanan halal apapun agamanya. Populasi penduduk Thailand tidak banyak Muslim, tetapi mereka menerapkan standar pelayanan internasional halal yang bagus dan nyaman, sehingga para wisatawan dari Timur Tengah pun merasa nyaman.

Potensi pariwisata halal di Jawa Tengah sangat tinggi jika ditinjau dari banyaknya destinasi dan paket-paket pariwisata yang sudah ada seperti pariwisata religi seperti ziarah makam wali songo. Pada makam Sunan Kalijaga yang selalu ramai peziarah, mereka tidak hanya wisata religi tetapi ada kegiatan lain yang dapat dilakukan.

Potensi pariwisata halal cukup tinggi, pasar dunia telah memprediksi pada tahun 2019 sebesar 20 juta wisatawan dari negara ASEAN dan negara OKI akan berkunjung ke Indonesia. Jawa Tengah harus dapat menarik para wisatawan yang banyak dengan meningkatkan fasilitas-fasilitas pariwisata seperti menambah keunikan cinderamata dan tempat-tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Kementerian pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan di Jawa Tengah sekitar 2 juta wisatawan. Jadi potensi yang dimiliki Jawa Tengah ini dapat menjadi potensi yang berpengaruh bagi pendapatan masyarakat tersebut dan membantu perekonomian negara asal bisa mengembangkan dan memperluas informasi tentang pariwisata Jawa Tengah.
Kuliner Jawa Tengah
Wisata Kuliner Jawa Tengah

Kategori wisata di Jawa Tengah tidak hanya berfokus pada wisata religi karena konsep halal bukan menyangkut religi saja melainkan sudut pandang makanan yang disajikan, tempat yang disediakan dan fasilitasnya. Jenis-jenis wisata yang ada di Jawa Tengah meliputi wisata  sejarah seperti museum-museum serta wisata kuliner yang menyajikan makanan halal, wisata budaya, dan wisata belanja.
Syawalan
Syawalan

Jawa Tengah memiliki wali-wali yang sangat banyak antara lain Sunan Kalijaga, Sunan Kudus dan Sunan Muria. Budaya yang dibawa oleh para wali tidak hanya mencakup Islam seperti bangunan yang di makam Sunan Kudus terdapat arbitrase.  Ada juga event- event pada waktu tertentu yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Jawa Tengah seperti acara syawalan  yang  selalu ada di setiap kabupaten kota di Jawa Tengah pada saat Idul Fitri selesai.

Tour Muslim Friendly di Jawa Tengah


Syawalan merupakan budaya Islam yang sudah menjadi kebudayaan di tanah jawa. Hal ini menjadi salah satu faktor unik di Jawa Tengah. Untuk mencapai target itu pemerintah, sektor swasta, dan perguruan tinggi saling bekerja sama untuk  meningkatkan dan mempromosikan pariwisata halal di Jawa Tengah.

Untuk memajukan paradigma wisata halal tersebut banyak hal yang harus diperhatikan seperti fasilitas ibadah dan ketersediaan makanan halal. Semua hal tersebut dapat terwujud dengan baik sehingga wisata halal tidak lagi sekedar wacana. Ikuti berbagai Paket Tour Domestik Muslim Friendly bersama Cheria Holiday. Selamat liburan...


Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Wisata Halal Jawa Tengah Semakin Menggelora