Simak Tips Liburan Saat Pandemi

Tips Liburan Aman Saat Pandemi
Image : pixabay.com

Sobat traveler punya rencana untuk liburan bersama keluarga saat pandemi? Jika rencana liburan sudah matang, tapi tanda-tanda pandemi masih belum jelas kapan akan berakhir, sobat tidak perlu berkecil hati, karena sobat traveler tetap bisa liburan kok. Yuk kita simak tips liburan saat pandemi agar liburan tetap aman, nyaman dan pastinya kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Merebaknya pandemi Corona membuat sebagian orang enggan untuk pergi berlibur, dengan alasan masalah kesehatan. Tapi meski begitu, rupanya animo masyarakat untuk liburan tetaplah tinggi, apalagi liburan akhir tahun sudah di depan mata, banyak dari mereka yang sudah punya rencana untuk pergi berlibur.

Nah sebelum sobat memutuskan untuk liburan, sebaiknya simak beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini :

Tips Liburan Aman Saat Pandemi

1. Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sehat

Berlibur saat kondisi tubuh sehat, merupakan sebuah anugerah yang harus dijaga dengan baik, karena kita bisa berlibur dengan bebas menjelajahi destinasi favorit. Jangan memaksakan diri untuk bepergian ketika sedang merasa sakit. Jika kondisi tubuh tidak fit dan imunitas menurun, maka risiko untuk terkena penyakit, seperti infeksi Virus Corona semakin tinggi.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk pergi berlibur. Bahkan jika perlu, lakukan rapid test atau swab secara mandiri.

2. Persiapan dan Perencanaan yang Matang

Sebelum memutuskan untuk liburan, susun rencana dengan matang dan pastikan semua perlengkapan penting untuk protokol kesehatan telah lengkap. Selain itu, pastikan sobat membawa semua perlengkapan dan perbekalan dengan jumlah yang cukup selama liburan, agar sobat tidak perlu repot-repot mencari minimarket saat persediaan telah habis.

3. Selalu Sedia Hygiene Kit Selama Liburan

Tips liburan saat pandemi selanjutnya adalah bekali diri dengan membawa hygiene kit ke manapun selama liburan. Hygiene kit saat ini menjadi barang yang wajib dibawa saat bepergian. Kebersihan diri memang sangat perlu diperhatikan, untuk itulah gunanya hygiene kit ini, mulai dari hand sanitizer, desinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair dan tidak lupa sediakan beberapa masker cadangan. 

4. Pilih Destinasi Wisata yang Aman

Sobat traveler bisa memutuskan untuk berlibur ke tempat wisata yang aman, agar liburan tidak dihinggapi rasa was-was. Sebelum berlibur, pastikan juga destinasi wisata tersebut telah dibuka untuk umum dan aman untuk dikunjungi, tetap menerapkan protokol kesehatan, jauh dari keramaian (biasanya jumlah pengunjungnya dibatasi) dan tidak berada di zona merah Corona.

5. Membawa Bekal Sendiri

Selama liburan, usahakan untuk menjaga asupan makanan dengan baik, mulai dari memperhatikan kebersihan makanan (higienis), kandungan gizinya dan juga nutrisinya. Jika memungkinkan, sobat juga bisa memutuskan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah, sehingga makanan tetap higienis dan terjamin kualitasnya. Saat kita membeli makanan di luar, tidak ada jaminan bahwa makanan tersebut bebas dari cemaran bakteri dan virus.

Jika membawa bekal tidak memungkinkan, maka sobat bisa membeli di restoran yang menerapkan protokol kesehatan dan pastikan juga para pegawainya menjaga kebersihan diri dengan baik, seperti misalnya memakai masker.

6. Cek Protokol Kesehatan di Destinasi Wisata 

Tips liburan saat pandemi yang bisa sobat terapkan selanjutnya adalah cari informasi mengenai protokol kesehatan yang diberlakukan di destinasi wisata yang akan dituju. Kemungkinan karena beberapa hal, biasanya tempat wisata menerapkan protokol kesehatan yang berbeda-beda.

Hal ini cukup penting dilakukan untuk mengetahui apa saja yang harus sobat traveler persiapkan sebelum mengunjungi tempat wisata yang dituju, karena bisa saja pihak pengelola menerapkan peraturan baru selama pandemi, misalnya saja mengubah jam operasional, membatasi jumlah pengunjung dan lain sebagainya.

7. Berlibur dengan Anggota Keluarga Serumah

Pergi berlibur dengan teman dan sahabat tentu sangatlah menyenangkan, tapi karena situasi yang sedang tidak kondusif, maka sobat bisa menunda dulu rencana liburan bareng teman. Di saat pandemi seperti ini, sobat bisa memutuskan untuk liburan bersama keluarga serumah. Karena dinilai jauh lebih aman, dan kita tahu dengan siapa saja keluarga kita berinteraksi. Berbeda dengan teman, kita tidak tahu dengan siapa saja ia berinteraksi.

8. Patuhi Protokol Kesehatan

Tips liburan saat pandemi yang terakhir adalah tetap patuhi dan jalani protokol kesehatan di mana pun berada. Selalu pakai masker saat keluar rumah dan selama berada di tempat wisata, selalu jaga jarak aman dengan pengunjung lainnya, jangan lupa untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan pastikan hygiene kit selalu tersedia.

Nah demikian tips liburan saat pandemi yang bisa sobat traveler terapkan sebelum pergi berlibur. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi website Cheria untuk mengetahui harga-harga promo terbaru dari Cheria Holiday. Terima kasih dan selamat berlibur!

Belum ada Komentar untuk "Simak Tips Liburan Saat Pandemi "

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel