Mulai dari Staycation Hingga Wisata Alam, Ini 6 Tren Wisata Saat Pandemi

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19

Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 ini, telah menyebabkan dampak yang besar hampir di segala bidang, termasuk dunia pariwisata. Pemberlakuan aturan-aturan baru terkait traveling selama pandemi, ternyata ikut memengaruhi tren wisata masyarakat. Hal ini pun memicu kebiasaan baru dalam melakukan perjalanan wisata.

Jika sebelum pandemi, masyarakat bebas melakukan perjalanan wisata ke mana pun mereka mau, tanpa ada aturan-aturan yang terlalu ketat. Tapi semenjak pandemi, seluruh tempat wisata di berbagai belahan dunia membuat peraturan baru kepada setiap pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

Kewajiban yang harus diterapkan mulai dari wajib memakai masker, membatasi jumlah pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan dan berbagai aturan kesehatan yang sebelumnya tidak ada. Tujuannya adalah untuk mengurangi penyebaran virus sekaligus mencegah timbulnya klaster baru penderita Corona.

Lantas, tren wisata saat pandemi apa saja yang bakalan banyak dilirik oleh masyarakat? Simak yuk ulasannya berikut ini :

1. Staycation

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Tidak sedikit masyarakat yang memilih staycation bersama keluarga dibanding harus bepergian keluar kota apalagi keluar negeri. Terutama saat era New Normal, masyarakat sudah telalu jenuh bekerja di rumah terus, dan memutuskan untuk beristirahat sejenak dengan cara memesan akomodasi yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.

Staycation merupakan solusi yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk refreshing sejenak dari beragam rutinitas harian yang cukup padat. Meski situasi tidak menentu saat pandemi seperti sekarang ini, sebagian masyarakat tetap memutuskan untuk melakukan staycation.

2. Wisata alam

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Berwisata alam dengan cara mengunjungi pantai ataupun pegunungan memang menyenangkan. Dan salah satu solusi yang dipilih oleh masyarakat untuk refreshing adalah dengan berwisata ke pantai, gunung, atau wisata alam lainnya. Wisata alam biasanya dilakukan sebagai cara untuk menghindari keramaian dan kerumunan pengunjung sekaligus untuk refreshing sejenak dari rutinitas yang cukup padat.

3. Pilih jalur darat

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Destinasi wisata yang dipilih oleh masyarakat cenderung tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga perjalanan yang mereka lakukan bisa ditempuh hanya dengan berkendara menggunakan mobil pribadi mereka. Wisatawan disebut bakal cenderung tidak akan memilih perjalanan menggunakan pesawat terbang, terkait situasi yang masih belum kondusif di tengah-tengah pandemi.

4. Wisata jarak dekat

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Di saat situasi yang belum serba pasti ini, sebagian besar wisatawan cenderung memilih untuk melakukan perjalanan jarak dekat dengan tujuan wisata domestik. Bahkan menurut riset Booking.com pada tahun 2020, 76 persen wisatawan Indonesia ingin bepergian dalam negeri di masa-masa tidak pasti ini.

5. Memilih tempat wisata yang aman

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Saat pandemi, setiap tempat wisata menerapkan aturan baru, yakni pemberlakuan protokol kesehatan bagi semua pengunjung, tanpa terkecuali. Tapi wisatawan cenderung memilih properti yang menyediakan fasilitas yang lengkap dan menerapkan standar kesehatan yang tinggi, agar liburan bersama keluarga tetap aman, nyaman dan menyenangkan. 

6. Berhubungan kembali dengan keluarga

Tren Wisata Saat Pandemi Covid-19
Image : pixabay.com

Sebagian besar wisatawan memiliki rencana untuk melakukan perjalanan dengan pasangan atau liburan mengajak anak-anak mereka. Hal ini dilakukan agar mereka dapat berbagi pengalaman dengan orang yang mereka cintai. Berkumpul bersama orang-orang tersayang memang mampu mengembalikan kualitas kehidupan yang lebih baik, sehingga akan berpengaruh terhadap mood dan pikiran positif.

Bagaimana dengan sobat traveler, kalau disuruh memilih, mau ikutan tren wisata yang mana nih? Semuanya tentu punya value yang baik ya, tidak hanya bagi diri sendiri dan keluarga, tapi juga untuk orang lain. 

Selama pandemi belum selesai, masing-masing dari kita tentu ingin melindungi orang-orang yang kita sayangi dengan berbagai cara agar tetapp aman dan terhindar dari paparan Virus Corona. Meski melakukan perjalanan, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan ya guys!

Terima kasih dan selamat liburan!

Belum ada Komentar untuk "Mulai dari Staycation Hingga Wisata Alam, Ini 6 Tren Wisata Saat Pandemi"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel