Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh



tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,

Dalam mengerjakan segala sesuatu pastinya harus ada tata cara yang berlaku untuk ditaati agar kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan semestinya.

Begitu juga halnya dengan penunaian ibadah umroh, ada tata cara umroh yang harus kita laksanakan agar nantinya ibadah umroh tersebut mendapatkan ridho Allah SWT serta memberikan kebaikan pula untuk kita yang melaksanakannya.

Maka dari itulah, Cheria Travel akan memberikan artikel Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh untuk membantu para calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh nantinya.

Ada beberapa tahap dalam tata cara umroh yang akan kami jelaskan dalam artikel ini dan Insya Allah akan menambah pengetahuan kita semua akan tata cara umroh yang baik dan benar.

Nah berikut ini adalah rincian dari Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh tersebut yaitu :
  • Para jamaah menuju tempat miqat yaitu adalah tempat dimana untuk memulai niat umroh serta berpakaian ihram di Bir Ali. Akan tetapi para jamaah umroh juga dibolehkan untuk mengenakan pakaian ihrom di Madinah tetapi niatnya tetap dimulai di Bir Ali. Setelah para jamaah telah selesai berganti pakaian maka diharuskan untuk melaksanakan shalat sunnah ihram sebanyak 2 rakaat.
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
  • Mengucapkan niat umroh, yaitu adalah : "Labbaikallohumma umrotan" yang bermaksud “Saya penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk melaksanakan umroh”.
  • Sejak para jamaah telah memakai pakaian ihrom maka para jamaah tidak diperkenankan untuk menggunakan wewangian, mandi menggunakan sabun, menyikat gigi memakai odol, mengenakan peci ataupun pakaian lain dan juga berhubungan suami istri.
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
  • Setelah itu, dalam perjalanan sepanjang menuju Makkah, para jamaah diharuskan untuk membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya yaitu adalah :
"Labbaikallohumma labbaik. Labbaika la syarikalaka labaik. Innal hamda wanni'mata laka wal mulk, la syarikalak".
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
Yang bermaksud “Saya penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian dan kenikmatan adalah milik-Mu dan juga kerajaan, tidak ada sekutu bagi-Mu”

  • Ketika para jamaah umroh telah sampai di Masjidil Haram, maka para jamaah melakukan tawaf untuk mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali putaran. Rincian putaran tersebut adalah :
         •    Di putaran 1 - 3 para jamaah hanya berlari-lari kecil.
         •    Di putaran 4 - 7 para jamaah hanya akan berjalan biasa.

tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,

  • Tempat awal mulai tawaf  yang harus diperhatikan para jamaah umroh adalah pada garis lurus (tapi garisnya tidak ada) antara pintu Ka'bah dan tanda lampu yang di pasang di sisi masjid ini para jamaah akan melambaikan tangan sebanyak 3 kali sambil mengucapkan : "Bismillah, Allahu Akbar" sambil melihat ke arah Ka'bah.

  • Di sepanjang tawaf  para jamaah umroh disarankan untuk membaca do'a dan untuk memudahkan maka anda dapat membaca do'a "Rabbana atina fiddun-ya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina adzabannar".

  • Setelah itu maka para jamaah akan melaksanakan shalat sebanyak 2 rakaat di depan makam Ibrahim.
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
  • Pada saat akan minum air zam-zam disarankan para jamaah untuk berdoa terlebih dahulu untuk meminta ridho Allah SWT.

  • Para jamaah melaksanakan Sa'i diantara Shofa dan Marwa sebanyak 7 kali bolak balik. Cara menghitungnya adalah dari Shofa ke Marwa dihitung 1 putaran, lalu dari Marwa ke Shofa dihitung menjadi 2 putaran dan seterusny sampai berakhir di Marwa. Untuk tata caranya, Sai dilakukan dengan cara berjalan tetapi pada batas antara 2 lampu maka para jamaah akan berlari-lari kecil.
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
  • Para jamaah diharuskan untuk mencukur rambut. Boleh mencukur rambut sebagian tetapi lebih afdholnya disarankan untuk mencukur semua. Biasanya pada saat sampai di Marwa pada putaran terakhir, para jamaah akan mencukur rambut sebagian dulu sebagai suatu pertanda selesai dalam menunaikan umroh dan pada saat keluar dari masjid maka diharuskan untuk mencukur semua rambut.
tata cara umroh, tata cara umrah, umroh 2013, paket umroh 2013,
  • Dan alhamdulillah selesailah sudah tata cara umroh ini.
Note : Bila sudah berada di Makkah, maka salah satu tempat miqatnya bisa di Tan'im. Jadi ke Tan'im dulu untuk niat ihram, baru ke Masjidil Haram untuk thawaf, dan seterusnya seperti di atas.

Bagaimana menurut anda semua mengenai artikel Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh ini? Insya Allah jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh maka tidak akan ada kesulitan yang berarti untuk menghalangi kita semua dalam melaksanakannya.

Untuk membantu anda dalam memilih Paket Umroh 2013 yang terbaik maka Cheria Tour memberikan referensi yang terbaik pula untuk anda dalam artikel yang berjudul Paket Umrah 2013 dan juga Paket Umroh Reguler 2013.

Jika ada yang ingin anda konsultasikan mengenai Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh ataupun berbagai paket umroh 2013 ini slahkan hubungi kami untuk mendapatkan solusi dan berbagai referensi menarik lainnya.

Semoga artikel Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh ini dapat bermanfaat untuk anda semua ya. Kunjungi juga video singkat kami yang mengulas mengenai artikel ini.





Salam Cheria Travel.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Memahami dan Menguasai Tata Cara Umroh di blog Cheria Wisata Informasi lebih lanjut silahkan hubung bagian marketing Cheri Wisata.

Artikel terbaru :

4 comments

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Cheria Tour Travel

Menyediakan Paket Umroh Plus dan Reguler Berangkat Setiap Pekan Dengan Pesawat Garuda Indonesia, Emirat, Turkish, Etihad dan Maskapai Ternama Lainnya.

Silahkan Menghubungi Kami Untuk Request Paket Wisata Halal

Dan Apakah mereka tidak Mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. dan telah datang kepada mereka Rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak Berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang Berlaku zalim kepada diri sendiri (QS Ar-Ruum [30] 9).