travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata

Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata


Salam Cheria! Berikut ini Cheria Wisata memberikan info mengenai cara Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata untuk Sahabat Cheria di seluruh Nusantara. Penasaran? Berikut rincian lengkapnya.

Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata
Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata 


Berwisata meskipun menyenangkan, namun faktanya seringkali membuat bingung orang yang mau berwisata lho. Mengapa? Karena biasanya saat berwisata selain mencari tempat-tempat yang menyenangkan, yang tidak kalah pentingnya juga adalah mencicipi kuliner setempat. Sementara bagi orang Islam hal yang terpenting saat mencicipi kuliner harus ada kejelasan halal haramnya terutama pada saat berwisata ke tempat yang mayoritas berpenduduk non Islam.

Bagi orang dewasa mungkin tidaklah sulit membedakan mana yang halal dan mana yang haram, karena dengan cara tertentu kita dapat mendeteksi halal haramnya suatu makanan. Akan tetapi, bagi anak-anak yang seringkali merengek minta dibelikan makanan yang menurut mereka menarik saat dilihat. Sementara banyak makanan yang terlihat menarik namun mengandung unsur yang haram.

Kuliner Halal Bagi Anak
Kuliner Halal Bagi Anak

Ini akan menjadi masalah, manakala tidak diberi bekal atau pengetahuan oleh orang tua sejak dini. Oleh karenanya, alangkah baiknya orang tua mengenalkan makanan mana yang halal dan mana yang haram. Terutama pada saat anak-anak sedang diajak untuk berwisata ke tempat yang mayoritas non Islam.

Penting rasanya hal ini dilakukan, supaya anak tidak salah dalam memilih makanan yang dilarang oleh agama. Sehingga pada saatnya nanti anak-anak tumbuh menjadi dewasa akan dengan sendirinya sadar dalam memilih makanan. Karena hal ini sudah terbiasa dan tertanam dalam diri mereka sejak dini.

Cara Mengenalkan Makanan Halal dan Haram

Yup! Peran orang tua sangatlah penting dalam melahirkan pribadi anak yang unggul. Untuk itu, saat orang tua mengajak anaknya berwisata maka perkenalkan mereka mana makanan yang halal dan yang haram. Jurnal Halal No. 105 edisi Januari - Februari 2014 memberikan informasi cara mengenalkan makanan halal dan haram kepada anak :

Mengenalkan Label Halal
Usahakan selalu memberi makanan yang sudah bersertifikat halal MUI, mulai dari makanan ringan sampai restoran saat akan bersantap bersama keluarga. Hal ini tentunya akan memberikan jaminan yang pasti bagi setiap makanan yang akan Anda santap bersama dengan keluarga.


Label Halal MUI
Label Halal MUI


Mengenalkan Kandungan Makanan
Ajak anak mengamati kandungan yang tertera di label makanan. Jika di dalamnya terdapat bahan yang meragukan seperti gelatin, pastikan gelatin tersebut halal. Gelatin sendiri banyak terdapat pada jajanan favorit anak-anak seperti permen lunak, es krim, dan puding. Karena itu, mengenalkan komposisi makanan dapat mendidik anak berhati-hati sebelum mengonsumsi makanan.

Ajak Anak Berbelanja
Saat berwisata belanja bersama anak dan menemukan makanan atau minuman haram, ajari anak untuk mengenali perbedaannya. Misalnya daging sapi dan daging babi. Tunjukkan perbedaan warna, tekstur, dan lain-lain yang menjadi ciri khas masing-masing.

Ajak Anak ke Pameran Halal
Anda juga dapat mengajak anak berkunjung ke pameran produk-produk halal. Di sana ada aneka makanan dan minuman yang terjamin halal, sehingga anak akan tahu bahwa tak sedikit makanan atau minuman halal yang boleh mereka konsumsi. Anak juga bisa meminta penjelasan kepada penjaga stand tentang makanan atau minuman tersebut. Dengan demikian, anak jadi terbiasa memerhatikan kehalalan makanan atau minuman yang ia konsumsi.


Pameran Produk Halal
Pameran Produk Halal


Mengenalkan Lewat al-Qur’an dan Hadits
Saat Anda berwisata dan tiba waktunya beribadah, ajak anak membaca, mengkaji, atau bahkan menghafalkan ayat dan hadits tentang halal. Contohnya adalah QS. Al-Maidah ayat 3. Atau, kenalkan ia dengan hadits yang berbunyi, Rasulullah bersabda, “Tidak akan masuk surga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang haram. Neraka lebih utama untuknya.” (HR. Ahmad).

Nah dengan modal pengetahuan tersebut, In Shaa Allah sudah sangat cukup menjadi bekal anak dalam memilih makanan yang halal. Memang, seharusnya memperkenalkan makanan halal-haram tidak hanya pada saat berwisata saja, namun diluar acara wisata juga sangat baik untuk diperkenalkan makanan yang halal.

Oleh karenanya, penjelasan di atas dapat dilakukan pada saat anak berwisata maupun di luar wisata. Supaya anak paham betul, karena banyak juga makanan yang mengandung unsur haram yang beredar di sekitar kita, khususnya jajanan atau makanan yang pangsa pasarnya adalah anak-anak. Namun, kita tidak mengetahui akan hal itu.

Info Paket Tour Wisata Muslim

Nah, karena menjadi hal yang penting, sudah semestinya tugas orang tualah yang memandu anak-anaknya. Bagi orang tua yang hendak mengajak anak-anaknya berwisata, namun masih bingung dalam membedakan jajanan atau makanan mana yang halal dan mana yang haram, Cheria Wisata siap membantu dalam menyediakan berbagai Paket Tour Wisata Muslim Seru Nan Hemat yang menyediakan Anda makanan halal selama berlibur. Menarik bukan?


Promo Paket Tour Wisata Muslim Murah Tahun 2014
Promo Paket Tour Wisata Muslim Murah Tahun 2014 

Bagi Anda yang ingin merencanakan wisata muslim bersama dengan keluarga ataupun ingin mengkonsultasikan liburan Anda dengan berbagai Paket Tour Muslim Promo yang Kami miliki, Anda dapat menghubungi Cheria Wisata langsung ke :

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74
Semoga artikel Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata ini dapat bermanfaat untuk Anda ya. Selamat berlibur.


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Mengenalkan Makanan Halal dan Haram Dengan Wisata