5 Tips Liburan Saat Musim Hujan

Tips Liburan Saat Musim Hujan
Image : pixabay/free-photos

Pergi liburan memang paling asyik dilakukan saat cuaca cerah dan terang, sehingga liburan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Kita tidak perlu khawatir lagi saat berlibur di musim kemarau. Kita juga bebas mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang diinginkan.

Namun lain lagi ceritanya kalau sudah memasuki musim hujan, tentu saja ada beberapa persiapan khusus yang harus kita perhatikan sebelum liburan. Apa saja tips liburan saat musim hujan tiba? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Update prakiraan cuaca

Sebelum pergi liburan, sebaiknya cek prakiraan cuaca sehari sebelumnya, agar Anda punya persiapan yang tepat dalam merencanakan liburan Anda. Cara paling mudah, Anda bisa mengeceknya melalui website resmi maupun sosial media milik BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

2. Pilih pakaian yang tepat

Suhu akan cenderung sangat dingin ketika musim hujan tiba, terutama ketika Anda berwisata ke daerah pegunungan. Maka dari itu, Anda harus persiapkan pakaian yang bisa membuat hangat badan, seperti sweater atau jaket tebal. Tidak ada salahnya jika Anda membawa baju ganti, jaga-jaga saja kalau Anda kehujanan. Jangan lupa juga bawa sandal ya.

3. Sedia payung dan jas hujan

Tips pergi berlibur saat musim hujan berikutnya adalah membawa payung dan juga jas hujan untuk jaga-jaga kalau hujan turun dengan deras. Pilih payung yang bisa dilipat agar tidak memakan banyak tempat. Jas hujan bisa Anda pakai sebagai alternatif pengganti payung.

4. Berwisata kuliner yang hangat-hangat

Rasanya kurang lengkap kalau berlibur tidak mencicipi kuliner di tempat wisata yang dituju. Sepertinya kuliner yang berkuah dan panas/hangat menjadi pilihan yang tepat saat Anda berwisata di musim hujan, karena bisa menghangatkan badan Anda.

Anda bisa mencicipi hidangan berkuah dan panas, seperti bakso kuah, varian soto maupun minuman penghangat badan, seperti susu hangat, kopi atau jahe hangat. Makanan dan minuman yang hangat tentu saja sangat cocok dikonsumsi ketika liburan saat musim hujan tiba.

5. Destinasi wisata indoor, pilihan yang pas

Liburan bakalan kurang menyenangkan ketika hujan-hujanan, apalagi kalau mau pergi mendaki gunung, jalanan menjadi licin dan berisiko tinggi. Meski begitu, Anda masih bisa berlibur di musim penghujan dengan memilih destinasi wisata indoor, seperti di pusat perbelanjaan, museum atau tempat wisata yang ada atapnya (Trans Studio contohnya).

Selain ke-5 tips di atas, hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah selalu menjaga kondisi agar tetap sehat dan stamina terjaga, sehingga perjalanan Anda tidak menemui kendala yang berarti. Anda bisa mengkonsumsi vitamin untuk menjaga stamina selama di perjalanan. Demikian 5 tips berlibur pada saat musim hujan tiba yang bisa kami bagikan.

Selamat berlibur!

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Liburan Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel