Liburan Naik Camper Van? Persiapkan 8 Hal Penting Ini!

Camper Van

Selain dengan menggunakan mobil pribadi pada umumnya, melakukan perjalanan wisata bisa dilakukan dengan menggunakan camper van. Camper van sendiri merupakan kendaraan yang dimodifikasi interiornya dan dilengkapi dengan tempat tidur, dapur hingga kamar mandi, untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang selama melakukan perjalanan.

Camper Van atau biasa disebut juga caravan, merupakan kendaraan yang cocok digunakan saat kita ingin liburan bersama keluarga dan juga anak-anak. Desain interiornya yang luas dan besar, mobil ini mirip seperti rumah yang bisa berkeliling.

Jalan-jalan naik camper van tentu sangat menyenangkan. Tapi meski begitu, sobat traveler perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum pergi berlibur menggunakan camper van atau caravan. Berikut 8 point penting yang perlu sobat perhatikan :

1. Sesuaikan Budget

Sesuaikan Bujet
Image : pixabay.com

Hal pertama yang perlu sobat perhatikan adalah kondisi budget yang cukup. Pasalnya harga paket trip camper van maupun camper SUV berkisar antara Rp. 1.7 juta hingga Rp. 4.8 juta. Harga tersebut tentu akan berbeda di setiap agen travel yang menyediakan paket trip camper van. Jadi pastikan untuk memilih paket yang harganya sesuai dengan kemampuan. Yang jelas pastikan apakah fasilitasnya cukup lengkap, sehingga bisa membuat perjalanan sobat nyaman.

2. Persiapkan Itinerary

Persiapkan Itinerary
Image : pixabay.com

Itinerary atau rencana perjalanan memang kerap dibutuhkan oleh para traveler sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika kita bepergian sendiri tanpa menggunakan jasa agen travel, menyusun itinerary menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Sobat traveler bisa menyusun itinerary sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Liburan dengan itinerary yang tersusun dengan baik, tentu akan membuat waktu liburan menjadi lebih efisien, menyenangkan dan pastinya nyaman.

3. Pertimbangkan Destinasi Wisata yang Ingin Dituju

Pertimbangkan Destinasi yang Ingin Dituju
Image : pixabay.com

Liburan menggunakan camper van, sangat identik dengan wisata alam terbuka. Untuk merasakan sensasi liburan yang lebih greget, biasanya para traveler sengaja untuk bermalam di tengah hutan atau wisata alam. Nah sebelum memutuskan untuk melakukan hal ini, sebaiknya sobat traveler memastikan tempat wisata yang sobat pilih sebagai camp site punya fasilitas yang cukup, mulai dari toilet, kamar mandi atau tempat ibadah.

4. Bawa Perlengkapan yang Memadai

Bawa Perlengkapan yang Memadai
Image : pixabay.com

Tips liburan naik camper van berikutnya adalah pastikan sobat membawa perlengkapan liburan yang cukup dan memadai, mulai dari obat-obatan, vitamin, perlengkapan mandi, disinfektan, sunscreen, makanan, pakaian, hiburan, kotak P3K sudah tersedia di mobil, gadget dan lain sebagainya.

5. Bawa Pakaian Sesuai Destinasi yang Dituju

Bawa Pakaian Sesuai Destinasi yang Dituju
Image : pixabay.com

Tips selanjutnya adalah menyiapkan pakaian yang sesuai destinasi wisata yang ingin dituju. Kalau ingin mengunjungi tempat berbasis alam yang terletak di area pegunungan, maka sobat traveler sebaiknya membawa jaket tebal agar tidak kedinginan. Bisa juga dipertimbangkan membawa sleeping bag untuk bersantai.

Begitu juga sebaliknya, kalau ingin mengunjungi wisata pantai yang panas, maka bisa menyiapkan pakaian yang adem berbahan tipis. Jangan lupa, bawa juga perlengkapan untuk berenang di pantai.

6. Bawa Barang Seperlunya Saja

Bawa Barang Seperlunya Saja
Image : pixabay.com

Meski ukuran interior mobil camper van lebih luas dibanding mobil pribadi pada umumnya, tapi sobat tetap membawa barang perlengkapan traveling seperlunya saja. Karena kalau barang bawaan terlalu banyak, maka ruangan pun akan sangat terbatas. Apalagi kalau jumlah penumpang di dalam mobil cukup banyak.

7. Persiapkan Hiburan untuk di Mobil

Persiapkan Hiburan untuk di Mobil
Image : pixabay.com

Tips ini juga tidak kalah pentingnya agar selama di perjalanan tidak merasa bosan, maka kita bisa mempersiapkan hiburan untuk di mobil. Seperti playlist musik atau koleksi film pilihan yang bisa ditonton bersama-sama. Membawa camilan untuk di perjalanan juga sangat disarankan loh.

8. Cek Kondisi Kendaraan

Cek Kondisi Kendaraan
Image : pixabay.com

Tips liburan naik camper van yang terakhir adalah pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jarak jauh. Pastikan semua bagian penting kendaraan, seperti rem, aki, bahan bakar dan roda dalam keadaan baik. Jangan lupa juga persiapkan surat-surat kendaraan guys!

Nah demikian tips liburan naik camper van yang bisa sobat traveler persiapkan saat ingin liburan mengendarai camper van atau caravan. Liburan dengan camper van ini cukup populer di beberapa negara, salah satunya adalah Australia, yang lokasinya berdekatan dari Indonesia.

Bagi sobat traveler yang tertarik ingin mengunjungi Australia, sobat bisa langsung hubungi Cheria Holiday dan pilih Paket Tour Australia.

Paket Tour Australia Bersama Cheria Holiday

Terima kasih dan selamat liburan!

Belum ada Komentar untuk "Liburan Naik Camper Van? Persiapkan 8 Hal Penting Ini!"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel