Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi Covid-19

Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi Covid-19

Menginap di hotel biasa dilakukan setiap traveler saat melakukan perjalanan yang cukup jauh. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa lelah selama menjelajahi destinasi wisaya yang dituju. Meski di tengah-tengah pandemi Covid-19, animo masyarakat untuk pergi berlibur rupanya mulai meningkat. Apalagi menjelang akhir tahun, lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia berencana liburan akhir tahun.

Menginap di hotel memang menyenangkan. Tapi di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang mengurungkan niat untuk menginap di hotel dengan alasan kesehatan. Tapi selama kondisi tubuh kita fit dan tetap menerapkan protokol kesehatan, maka kita tidak perlu terlalu khawatir dan memikirkan hal tersebut, agar tidak menjadi beban saat kita ingin menginap di hotel.

Nah sebelum sobat traveler memutuskan untuk liburan saat pandemi dan ingin menginap di hotel, mimin punya beberapa tips agar pengalaman menginap di hotel menjadi lebih aman, dan pastinya tetap menyenangkan.

1. Hotel menerapkan protokol kesehatan

Hotel Menerapkan Protokol Kesehatan

Tips aman menginap di hotel saat pandemi Covid-19 adalah wajib memastikan apakah hotel yang akan dituju telah menerapkan protokol kesehatan. Biasanya ada dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau IAKMI terkait sertifikasi kebersihan dan kesehatan. Sobat traveler juga perlu memeriksa apakah protokol kesehatan diterapkan juga dalam pembersihan berkala barang-barang, seperti kunci kamar, agar tamu merasa aman dan nyaman.

2. Kamar hotel dilengkapi ventilasi yang baik

Kamar Hotel Dilengkapi dengan Ventilasi Udara yang Baik

Berikutnya adalah pastikan agar kamar hotel yang dituju punya aliran udara yang baik, agar tidak ada virus atau bakteri yang menetap dalam satu ruangan, apalagi kalau kamar tersebut pernah disinggahi banyak orang. Kalau jendela kamar hotel bisa dibuka, maka sobat traveler bisa membuka jendelanya guna mendapatkan pertukaran udara dari luar ruangan.

3. Hotel favorit berada di zona merah

Hotel Favorit Berada di Zona Merah

Kalau ingin menginap di hotel yang berada di zona merah, maka pastikan protokol kesehatan benar-benar dijalankan dengan baik dan tepat. Sebab di zona apa pun hotel tersebut berada, selama menerapkan protokol kesehatan dengan baik, maka seharusnya hotel tersebut cukup aman disinggahi. 

Sebagai alternatif, maka sobat traveler bisa memutuskan untuk memilih hotel lainnya yang berada di lokasi yang lebih aman. Tentu harus memilih hotel yang telah mengimplementasikan protokol kesehatan. Tapi lagi-lagi, kalau tidak ada kepentingan yang mendesak, sebaiknya hindari untuk bepergian terlebih dulu.

4. Hotel luas jadi pertimbangan

Area Hotel yang Luas

Sebaiknya sobat traveler memilih hotel yang cukup luas yang punya banyak area terbuka, sehingga bisa dipastikan ada sirkulasi udara yang memadai. Jadi saat memesan hotel, pastikan bangunannya cukup luas dan punya banyak area terbuka.

5. Pertimbangkan layanan hotel

Pertimbangkan Layanan Hotel

Untuk mengurangi kontak fisik, bahkan setiap tamu dianjurkan untuk membawa barang bawaannya sendiri, tanpa dibantu oleh staff hotel. Jadi sobat traveler sementara tidak dianjurkan untuk memanfaatkan layanan hotel.

6. Persiapkan perlengkapan kesehatan yang memadai

Persiapan Perlengkapan Kesehatan yang Memadai

Selain membawa pakaian, sobat traveler juga bisa mempertimbangkan untuk membawa vitamin dan obat-obatan pribadi yang memadai, agar selalu dalam keadaan sehat. Sehingga kalau memang merasa tidak enak badan, setidaknya sobat traveler sudah punya stock obat-obatan sendiri. Jadi tidak perlu repot membeli lagi.

7. Tubuh dalam keadaan sehat

Tubuh dalam Keadaan Sehat

Hindari bepergian saat tubuh dalam keadaan tidak sehat, apalagi di masa pandemi seperti ini, risiko untuk tertular cukup tinggi, karena daya tubuh yang sedang terganggu. Jadi sobat traveler wajib dalam keadaan sehat saat akan menginap di hotel.

8. Bawa peralatan makan sendiri

Bawa Peralatan Makan Sendiri

Kalau sobat traveler ingin mencicipi kuliner di luar hotel, maka sobat bisa mempertimbangkan untuk membawa sendiri peralatan makan, agar lebih aman. Lain halnya kalau ingin makan di hotel, berhubung telah menerapkan protokol kesehatan, maka tidak perlu membawa perlengkapan makan.

Nah demikian artikel yang bisa mimin bagikan seputar tips aman menginap di hotel saat pandemi Covid-19. Tetap waspada dan wajib menerapkan protokol kesehatan di mana pun kita berada, terutama saat bepergian.

Terima kasih dan selamat liburan!

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Menginap di Hotel Saat Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel