Objek Wisata Muslim di Beijing | Cheria Holiday Objek Wisata Muslim di Beijing

Objek Wisata Muslim di Beijing

Objek Wisata Muslim Beijing, China


Banyak tempat wisata di China paling populer yang berasal dari Beijing. Yang selalu ramai di kunjungi wisatawan karena memiliki lokasi wisata yang indah dan eksotis. Selain itu kota ini banyak mempunyai bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Oleh karena itu, selain tempat wisata di Shanghai yang wajib dikunjungi, Beijing juga sangat wajib anda kunjungi.

Wisata-wisata Muslim di Beijing


Taman Xiangshan

Taman Xiangshan
Taman Xiangshan

Taman ini merupakan satu dari 10 taman yang paling besar di China. Taman ini letaknya di sebelah barat kota Beijing, kira-kira 20  km jauhnya. Taman Xiangshan bertempat di bukit setinggi 500 meter dan mempunyai pemandangan alam mempesona, banyak pepohonan dan perbukitan. Di sini kita juga dapat jumpai paviliun. Taman ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 400 hektar.

Tak akan menyesal berkunjung ke Taman Xiangshan karena dari lokasi ini, kita dapat melihat keindahan kota Beijing dari ketinggian. Selain itu, pada saat ini taman Xiangshan ini berhasil memikat para turis baik domestik maupun mancanegara karena keindahan yang akan ditawarkan taman ini, tak peduli pada musim apa berkunjung. Misalnya, jika kita berkunjung pada musim semi, kita akan melihat indahnya bunga-bunga bermekaran, kemudian jika kita datang di musim gugur, kita bisa melihat daun-daun merah dengan indahnya berguguran, seperti yang ada di foto diatas ini. Bahkan, jika kita datang di musim salju pun, kita akan melihat indahnya pepohonan taman ini dilingkupi oleh gumapalan salju.

Tian An Men

Tian An Men
Tian An Men

Tian An Men adalah sebuah gerbang yang dibangun pada tahun 1417 yang merupakan gerbang depan dari kota-kota kerajaan Dinasti Ming dan Qing. Gerbang ini awalnya bernama Cheng Tian Men, pernah terbakar beberapa kali dan dibangun lagi pada 1651. Pembangunan gerbang kembali sekaligus juga mengganti namanya menjadi Tian An Men atau disebut dengan pintu negara.

Tian An Men adalah salah satu karya bangunan terbaik yang dibangun pada masa tiongkok kuno. Tanggal 1 Oktober 1949, Ketua Mao Zedong mengumumkan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, dan itu artinya membuka lembaran baru sejarah Tiongkok. Tian An Men banyak menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia karena nilai historis yang dimilikinya dan kandungan seni yang tinggi.

Complex of Olympic Stadium

Complex of Olympic Stadium
Complex of Olympic Stadium

Kompleks yang terdiri dari National Aquatics Centre yang dari luar kelihatan seperti sisik ikan, National Stadium dengan nama lain Bird Nest, Olympic Sport Centre, dan National Indoor Stadium ini khusus dibangun untuk olimpiade Beijing yang dilaksanakan tahun 2008 lalu.
Complex of Olympic Stadium
Complex of Olympic Stadium

Mencapai lokasi ini sangat mudah karena ada jalur subway khusus, yaitu line 8 dan anda harus turun di stasiun yang terakhir. Ketika anda mencapai lokasi ini, anda akan dapat menyaksika berbagai macam event-event olahraga semisal sepak bola, olahraga atletik semisal lari marathon dan sprint, atau juga olahraga angkat beban sepert gymnastic. Jika sedang tidak ada event apapun, tempat ini tetap memancing minat para wisatawan karena tempat ini sangat cocok dijadikan latar berfoto-foto ria. 

Badaling Great Wall

Badaling Great Wall
Badaling Great Wall

Badaling Great Wall adalah great wall atau tembok besar yang medannya lumayan mudah, tidak seberat lokasi yang lain seperti Simatai atau Mutianyu. Terdapat dua pilihan yaitu short course (kiri) atau long course (kanan). Jalur long coure dahulu pernah digunakan shooting Jackie Chan.

Di sini pun kita dapat mengambil foto dengan pemadangan atau latar belakang yang menakjuban berupa tembok cina yang populer di dunia dan juga ada perbukitan yang mempunyai tulisan Beijing Welcomes You. Tulisan itu dibuat saat penyambutan pada olimpiade tahun 2008. Pokoknya jika anda mengunjungi Beijing, harus mencicipi suasana Badaling Great Wall. 

Taman Beihai (Beihai Park)

Taman Beihai
Taman Beihai

Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika tengah berwisata ke Beijing adalah Taman Beihai. Taman ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Dan pada musim tertentu, kita akan disuguhi pemandangan alam taman dan area sekitarnya yang berselimut kabut, membuat suasana kian mempesona.

Pembangunan Taman Beihai dilakukan pada masa Dinasti Yuan. Luas area wisata yang satu ini adalah 70 hektar. Ada danau yang mengelilingi Taman Beihai dengan sebuah pulau di tengahnya. Di pulau tersebut dibangun sebuah pagoda oleh kaisar yang dimaksudkan untuk menghormati para leluhur. Ini termasuk wisata sejarah yang terkenal di Beijing.

Taman Jingshan


Lokasi wisata selanjutnya bernama Taman Jingshan atau yang dikenal dengan nama Jingshan Park. Tempat ini mempunyai keindahan yang mempesona dan daya tarik berupa adanya 5 buah paviliun persembahyangan yang tersebar di puncak bukit sekeliling Taman Jingshan. Dahulu paviliun-paviliun tersebut digunakan sebagai tempat sembahyang dan juga peristirahatan para kaisar.

Di sekitar taman Jingshan juga ditanami dengan aneka buah. Dulu buah itu menjadi persembahan kaisar untuk permaisuri. Perlu diketahui bahwa taman ini dibangun pada masa Dinasti Jin dan mempunyai luas sekitar 58 hektar. Anda pasti akan merasa nyaman ketika liburan kemari, dikarenakan udara dan hawanya yang sejuk, apalagi jika anda berkunjung di bulan Mei.

Istana Musim Panas (Summer Palace)

Summer Palace
Summer Palace

Salah satu bangunan paling megah yang ada di Beijing adalah Istana Musim Panas. Lokasi ini pun telah diakui sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi (UNESCO). Nah, berkeliling istana ini sangatlah menyenangkan. Wilayah istana yang terdiri dari bukit-bukit hijau, luasnya mencapai 300 hektar. Mirip dengan Taman Beihai, Istana Musim Panas pun dikelilingi danau yang memiliki pulau kecil di tengahnya. Konon, pulau itu adalah tempat di mana dewa naga yang melindungi warga berada.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun 1750 dulu, tempat ini digunakan sebagai tempat kediaman keluarga kerajaan di masa-masa akhir pemerintahan Dinasti Qing. Bahkan jika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menemukan lebih dari 3000 barang peninggalan sejarah yang dibuat langsung dengan tangan manusia. Maka, selain melepas penat, berwisata disini juga akan membuat anda belajar mengenai sejarah tempat ini.

Tembok Besar Cina

The Great Wall
The Great Wall

The Great Wall atau Tembok Besar Cina, siapa yang tak kenal? Namanya sudah populer sampai ke seluruh dunia. Bangunan yang memiliki panjang kira-kira 8.800 km tersebut masuk dalam salah satu keajaiban dunia, lho. Anda akan melihat bangunan ini layaknya seekor naga, yang membentang luas dari timur ke barat wilayah Cina. Jadi tak heran jika tembok besar ini pada masa lalu difungsikan sebagai benteng pertahanan pasukan Cina dari serangan musuh.

Nah, kalau berkunjung ke Beijing, wajib untuk datang ke sini! Satu lagi daya tarik dari tempat wisata tersebut adalah salah satu ujung tembok besar yang langsung mengarah ke Laut Bohai. Jadi dari lokasi itu, kita dapat menatap salah satu pemandangan terindah di dunia yang paling menakjubkan. Wow!

Taman Tiantan

Taman Tiantan
Taman Tiantan

Taman yang terletak di Distrik Chongwen ini dikenal juga dengan nama The Temple of Heaven. Nama tersebut disematkan karena Taman Tiantan merupakan tempat sembahyang atau memuja dewa dan dewi yang ada di langit. Desain bangunan begitu cantik dan membutuhkan ketelitian serta pengukuran yang terperinci di tiap bagiannya.

Masuk ke dalam bangunan, ada hiasan dinding yang khas. Bangunan ini dibatasi oleh  tembok yang sangat panjang. Bagian utara dari tembok tersebut menyimbolkan surga dan bagian selatan dari tembok bangunan ini menyimbolkan bumi ini. Selain itu, jika anda ingin menyaksikan beraneka macam atraksi khas Negeri Tirai bambu, bisa datang kemari. Karena tiap tahun di sini ada perayaan. Semoga anda beruntung menyaksikan persembahan serta beragam atraksi yang menarik. Dengan mengunjungi tempat ini, anda akan mendapat manfaat wisata religi.

Danau Shichahai


Tempat wisata selanjutnya adalah Danau Shichachi. Sebetulnya ini adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 147 hektar. Akan tetapi masyarakat banyak yang datang kemari untuk rekreasi dan melakukan bermacam kegiatan. Selain lokasinya lumayan indah, magnet dari danau ini terletak pada sunset dan surise yang dapat tampak dari Danau Shichachai.

Wisatawan pun ada yang berkunjung kemari untuk sekedar menyegarkan pikiran, jalan-jalan, bahkan ada yang mancing juga, lho. Di sekitar danau terdapat banyak penjual souvenir. Jadi kita tak perlu jauh-jauh lagi untuk belanja souvenir khas. Beberapa barang yang dijual antara lain kalung, gelang, serta batu giok.

Istana Terlarang

Istana Terlarang
Istana Terlarang

Istana Terlarang sering disebut juga dengan the Forbidden City. Istana ini adalah peninggalan dari Dinasti Ming dan Qing, dua dinasti paling besar yang ada di Cina. Lokasinya mempunyai luas kurang lebih 70 hektar dengan jumlah ruangan mencapai 9900. Ruangan sebanyak itu punya fungsi masing-masing.

Oh, ya, di sekitar lokasi istana juga dapat kita temukan taman dan sungai. Hawa yang sejuk dan pemandangan yang mempesona membuat betah berada lebih lama di Istana Terlarang. Tiang-tiang yang menyangga istana ini terbuat dari kayu. Akan tetapi uniknya adalah kayu penyangganya mempunyai bau yang wangi.

Gedung Teater Nasional

National Grand Theatre
National Grand Theatre

Gedung Teater Nasional atau National Grand Theatre adalah salah satu ikon Beijing yang populer karena keunikan bentuk bangunannya. Gedung ini mempunyai bentuk setengah telur dan dikelilingi oleh danau buatan. Jadi air danau memantulkan bayangan gedung, yang membuat bangunan seolah mengambang di air.

Dalam National Grand Theatre ini, dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukkan yang pastinya akan dapat menghibur anda, mulai dari drama, ballet, pertunjukkan tari, maupun opera. Jika saat kebetulan berkunjung ke gedung ini namun tidak ada pertunjukkan apapun, masih dapat menikmati pameran karya seni yang selalu hadir di tempat ini, selain juga memanjakan mata anda akan kemegahan arsitekturnya. National Grand Theatre ini akan sangat pas untuk dijadikan latar foto selfie. 

XiDan

XiDan
XiDan

Di sini kita akan temukan banyaknya mall yang tersebar. Salah satunya adalah mall yang bernama Joy City. Banyak toko barang-barang ternama seperti Uniqlo, Zara, Muji, Sephora, dan lain sebagainya. Selain Joy City, banyak mall-mall di daerah XiDan yang akan anda temukan, seperti Grand Pacific Mall, Xidan Shopping Centre, Hanguang Department Store, Huawei Mansion, Xidan Pearl Market, Beijing Books Building, Maison Mode, dan Xidan Culture Plaza. Banyak sekali bukan? berkunjung ke tempat ini dijamin akan memuaskan.

Disini juga bisa menemukan banyak hal lain untuk beraktivitas lho. Di Xidan ini, dapat di jumpai bioskop, tempat bermain bola bowling, bahkan kolam renang dan media indoor untuk panjat tebing di bagian dalam mall yang tersebar di lokasi ini.

Tian Yi dan Fu Zhi Men Market

Tian Yi
Tian Yi

Dua lokasi belanja ini terletak di daerah yang sama akan tetapi lebih jauh Tian Yi. Kalau Fu Zhi Men, begitu turun dari stasiun kita sudah bisa melihat lokasinya. Beda dengan Tian Yi yang butuh naik bus lebih dahulu. Barang-barang yang dijual dikedua lokasi ini pun berbeda. Sementara di Fu Zhi Men kita bisa dapati bermacam payung sampai dengan taplak meja dengan harga variatif, di Tian Yi kita bisa mendapatkan bermacam aksesoris, perlengkapan untuk imlek sampai dengan beraneka macam mainan anak-anak.

Kalau di Tian Yi lebih baik membeli grosiran, karena kalau satuan harganya jauh lebih mahal. Satu lagi keunikan dari Tian Yi adalah pintu toilet yang ada di sana hanya setengah saja. Pokoknya bagi anda yang suka berburu aksesoris, sampai dengan mainan berupa boneka-boneka lucu dan lainnya, jangan lupa mampir kemari.

Wang Fu Jing

Wang Fu Jing
Wang Fu Jing

Lokasi ini wajib di kunjungi ketika berlibur ke Negeri Tirai Bambu. Namanya Wang Fu Jing, tempat yang terkenal dengan beraneka macam kuliner ekstrim mulai dari sate kalajengking sampai dengan sate kecoa, siapa yang berminat? Silakan cicipi ketika datang kemari. Untuk yang tak ingin kulineran ekstrim, tenang saja. Ada juga, kok, jajanan yang normal seperti sate Xinjiang (daerah di Cina yang mayoritas penduduknya menganut agama islam) sampai dengan bakso sapi, tersedia.

Di tempat yang satu ini ada juga mall, tapi tak terlalu hits seperti mall lain yang ada di Cina. Justru yang terkenal adalah bookstorenya. Ya, book store di sini mencapai 7 lantai. Wah, bagi yang kutu buku bisa tidak pulang-pulang dan pasti borong banyak buku, nih.

Wu Dao Kou Fuzhuang Shichang


Terletak di Cheng Fulu Kounan, lokasi ini merupakan gudangnya barang-barang yang sebagian besar berasal dari Korea serta jajanan yang murah dan enak seperti chou doufu hingga tteoboggi Korea. Barang-barang yang asalnya dari Korea itu kualitasnya baik, kok. Dan modelnya unik serta lucu walau harganya lumayan mahal. Jangan lupa ditawar, ya.

Selain barang-barang dari Korea, di tempat ini juga menjual berbagai macam baju-baju maupun perlengkapan aksesoris lainnya dengan harga yang bisa dibilang murah. Kenapa murah?karena barang maupun baju yang dijual sini tidak original ya. Jadi kalau tipe orang yang tidak mementingkan untuk membeli barang-barang original, maka dapat berkunjung ke tempat ini. Selain itu, sekali lagi, tawar menawar harga tidak berdosa lho saat berkunjung ke tempat ini, layaknya menawar harga barang di pasar.


Zhong Guan Cun

Zhong Guan Cun
Zhong Guan Cun

Bagi  yang tengah berlibur ke Cina dan ingin membeli peralatan elektronik, silakan berkunjung ke Zhong Guan Cun. Ini adalah pusatnya penjualan bermacam barang elektronik. Dan boleh ditawar juga jika membeli di sini.

Ada banyak toko-toko yang menjual peralatan elektronik di tempat ini, ada Hailong Market, Guigu Market, Taipingyang Market, Dinghao Market, dan Kemao Market. Anda tinggal pilih mau beli peralatan eletronik anda dimana dan anda juga bisa membandingkan harganya lho ke satu toko ke toko yang lainnya. Peralatan elektronik yang biasanya sangat laris untuk dijual disini adalah hardware PC beserta software PC. Bahkan, disini juga ada Apple Centre lho, dan juga bazar atau pameran-pameran elektronik yang diselenggarakan secara terbuka dan menawarkan berbagai diskon.

Dong Wu Yuan


Jika ingin mendapatkan baju-baju murah made in Cina, bisa berkunjung ke Dong Wu Yuan. Dong Wu Yuan ini merupakan kompleks pertokoan terbesar di China bagian utara. Di  tempat ini dapat memilih perlengkapan fashion seperti t-shirt, rok, celana panjang, jaket, dan lain-lain dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang baik.

Tak hanya itu saja, setelah puas belanja berbagai macam fashion item, bisa juga membeli berbagai macam perlengkapan dapur atau pernak pernik lucu, bahkan perhiasan seperti anting-anting juga lho. Namun, harap diingat perlu memiliki skill menawar yang bagus untuk bisa membawa pulang berbagai hal tadi dengan harga yang murah meriah. Selesai berbelanja, mampir ke kebun binatang untuk melihat panda atau planetarium yang lokasinya tak jauh dari Dong Wu Yuan.

Taman Yihe


Taman Yihe atau disebut dengan taman musim panas adalah taman yang dibangun pada masa lampau dan termasuk taman kuno yang tergolong utuh dan paling terawat sampai dengan saat ini. Taman Yihe mempunyai panorama alam nan mempesona dengan banyak bagunan yang megah. Taman yang mempunyai 3000 bilik ini terbagi ke dalam 3 tata ruang yaitu kompleks politik, tamasya, dan kehidupan.

Kompleks politik yang dulu dipergunakan untuk menyambut tamu negara dan juga tempat tinggal keluarga kerajaan ini pun dipakai berkantor oleh Ibusuri Chixi beserta Kaisar Guangxi. Kompleks tamasya terdiri atas perbukitan di bagian depan dan belakang Gunung Wanshou serta danau belakang juga Danau Kunming, seluruhnya adalah bagian utama dari Taman Yihe. Taman klasik ini sangat termasyur di dunia dengan tata ruang yang serasi serta pemandangan alam nan memikat. Lokasi Taman Yihe di distrik Haidian, Beijing. Mempunyai luas wilayah sekitar 290 hektar. Apabila ditempuh dari Tian An Men jaraknya sekitar 20 km.

Makam Dinasti Ming


Makam Dinasti Ming atau yang dikenal dengan sebutan Shisanling/Changling adalah makam 13 kaisar Dinasti Ming. Dalam kurun waktu 230 tahun atau sejak dibangunnya makam ini oleh Kaisar Yongle di tahun 1409 sampai dengan pemakaman Kaisar Chengzen yang merupakan kaisar terakhir dari Dinasti Ming, sudah dibangun 13 makam kaisar yang teramat megah.

Di lokasi makam Dinasti Ming ini telah dimakamkan 13 kaisar, 2 putra mahkota, 23 permaisuri, lebih dari 30 selir, dan 1 kasim. Pembangunan makam yang dimulai pada 1409 berakhir pada 1644 dan telah berusia lebih dari 300 tahun. Luas kompleks makam yaitu 40 km2. Makam Dinasti Ming adalah kompleks bangunan makam kaisar yang paling besar di dunia. Di dalam lokasi ini paling banyak permaisuri maupun kaisar yang dimakamkan.

Silk Market

Silk Market
Silk Market

Kali ini kita akan mengunjungi salah satu tempat wisata belanja yang ada di Beijing dan sangat terkenal di kalangan wisatawan. Namanya adalah Silk Market. Di lokasi ini banyak toko dan kios pedagang yang menjual kaos-kaos khas Cina, souvenir, sampai dengan tas yang kualitasnya kw super, ada. Mencapai lokasi ini, anda bisa naik subway line 1. Nah, kalau sudah sampai lokasi dan anda menemukan barang yang dicari, anda harus jago dalam menawar karena kebanyakan barang dipatok dengan harga lumayan tinggi.

Kalau harga belum cocok, anda dapat berpindah ke lapak pedagang lainnya. Karena semua pedagang di sini menjajakan barang serupa. Nah, tak jauh dari Silk Market, kita dapat jumpai sebuah mall besar bernama The Place yang terkenal denganTV berlayar raksasa dan panjang.

San Li Tun

San Li Tun
San Li Tun

Daerah yang terkenal dengan pusat perbelanjaan dan kehidupan malamnya adalah San Li Tun. Ini termasuk kawasan elit yang mempunyai banyak restoran mahal, bar, dan club. Restoran yang populer di sini antara lain 1001 Nights yang merupakan restoran Turki dan Spice Spirit yang merupakan restoran yang terkenal dengan kuliner amat pedas, membuat bibir kembang kempis.

Di sini pun terdapat sebuah mall/tempat belanja yang terkenal banyak dikunjungi wisatawan bernama The Village (2 lantai) dengan restoran yang jumlahnya cukup banyak dan menu variatif, kisaran harga lumayan mahal. Di sebelah mall ada Yashou Market, sama seperti di Silk Market dalam kisaran harganya dan butuh juga kemampuan menawar. Di San Li Tun juga terdapat sebuah kedai pizza yang terkenal memiliki citarasa paling enak di Beijing, namanya adalah Kro’s Nest Pizza, jangan lupa dicoba melalui Paket Tour Muslim Beijing 2018 bersama Cheria Holiday.

Ikuti Paket Tour Muslim Inner Mongolia 2018

» Thanks for reading Objek Wisata Muslim di Beijing